Jadi Korban Kecelakaan Tragis, Begini Alasan Mantan Danseskoal Sengaja Biarkan Anaknya Tampil dengan Rambut Gondrong, Foto Sosok Andalan Ahmad Dhani Muncul

Minggu, 31 Juli 2022 | 09:26
Facebook

Mantan Danseskoal Laksamana Muda (Purn) Herry Setianegara sengaja membiarkan anaknya cari duit bareng Ahmad Dhani. Begini alasannya.

Fotokita.net - Mantan Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI AL (Seskoal), Laksamana Muda (Purn) Herry Setianegara menjadi korban meninggal dalam kecelakaan tragisdi ruas tol kawasan Jawa Tengah.

Kecelakaan yang merenggut nyawa mantan Danseskoal itu terjadipada Sabtu (30/7/2022) pukul 07.10 WIB. Selain Herry, sopir mobil dinasmobil dinas Badan Keamanan Laut (Bakamla)Frigat Inggristianto Putro meninggal dunia di lokasi kecelakaan tragis itu.

Menjadi korban meninggal dalam kecelakaan tragis, ternyata begini alasan mantan DanseskoalLaksamana Muda (Purn) Herry Setianegara sengaja membiarkan anaknya tampil dengan rambut gondrong hingga menjadi tangan kanan Ahmad Dhani di Republik Cinta Management. Foto sosok andalan Ahmad Dhani muncul.

Kecelakaan tragis itu terjadi dalam peristiwa tabrakan. Mobil dinas Bakamla yang ditumpangi mantan Danseskoal Laksamana Muda (Purn) Herry Setianegara adalah mobil Mobil Toyota Fortuner bernomor 25213-00, menabrak bagian belakang truk tronton Hino bernomor polisi AG 9656 UB.

Kecelakaan itu bukanlah adu banteng (dua kendaraan yang melaju berlawanan arah terlibat tabrakan), melainkan merupakan tabrakan searah. Berdasarkan rekaman CCTV dari Polda Jawa Tengah, mobil itu menabrak truk dengan sangat keras. Pihak kepolisian menyebut kecepatan mobil dinas itu 120 km/jam. Sopir mobil itu tidak sempat menurunkan kecepatannya.

"Dilihat dari olah TKP dan CCTV di jalan Tol dugaan sementara, penyebab kecelakaan dikarena mobil Toyota melaju kencang dan tidak sempat mengerem terjadi laka," kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Iqbal Alqudusy kepada wartawan pada Sabtu (30/7/2022).

Kecelakaan tragis yang menimpa mantan DanseskoalLaksamana Muda (Purn) Herry Setianegara sudah membuat musisi Vega Antares, additional playerDewa 19 berduka cita. Manajer Vega AntaresBoyke Vidykrisna Hutama memberikan konfirmasi atas kabar itu kepada wartawan.

Baca Juga: Alami Kecelakaan Maut, Mantan Danseskoal Ternyata Sengaja Ajak Anak-anak dari Sini Saat Syukuran Rumah, Foto Sang Jenderal Dibanjiri Doa

Jenazah mantan Danseskoal langsung diberangkatkanmenuju rumah duka di komplek TNI AL, Pramuka, Jakarta Pusat pada Sabtu."Iya mas, ini saya habis dari sana. Sekarang posisinya jenazah lagi di perjalanan dari Boyolali kurang lebih jam 5 dari rumah sakit ke rumah duka," papar Boyke.

Menurut Boyke, Vega Antaresseharusnya manggung bersama Dewa 19 di Banjarmasin pada Sabtu malam. Namun, begitu dapat kabar duka yang merenggut nyaw ayahnya, Vega terpaksa harus membatalkan penerbangannya.

"Vega lagi di rumah duka, karena nunggu jenazah sama ibunya. Harusnya beliau berangkat ke Banjarmasin tadi pagi manggung sama Dewa 19, tapi dikabarin dia cancel keberangkatan. Sekarang ada di rumah duka," jelas Boyke.

Vega Antares dikenal sebagai salah satu sosok andalan Ahmad Dhani di Republik CInta Management. Dia menjadi gitaris sekaligus backing vocalMahadewa(grup band bentukanAhmad Dhani). Beberapa waktu lalu, Vega sempat membeberkan awal mula menjadi seorang musisi profesional kepada Dodit Mulyanto.

Facebook

Mantan Danseskoal Laksamana Muda (Purn) Herry Setianegara sengaja membiarkan anaknya cari duit bareng Ahmad Dhani. Begini alasannya.

Sekalipun ayahnya seorang anggota TNI AL yang disegani, Vega justru cari duit bareng Ahmad Dhani di Dewa 19.Awalnya,Vega Antares menceritakan jika talentanya dalam dunia musik karena mewarisi bakat yang diturunkan oleh orangtuanya. Ibunya adalah seorang penyanyi keroncong di Surabaya, sementara ayahnya meskipun profesinya sebagai tentara tapi mempunyai hobi dalam dunia musik.

"Cuma (bapak) kalau ada acara musik, selalu aktif, nyayinya suaranyawuenakdan selalusupportsih sama kesukaanku," kataVega Antaresdikutip dari kanal YouTubeDodit Mulyanto, Rabu (23/11/2021).

"Awalnya memang belum bekerja, hobi-hobi aja kan, ya dibelikan gitar akustik, selalusupport.Dari situ, adikku juga begitu akhirnya," tambah Vega Antares.

Baca Juga: Meninggal Bersama Mantan Danseskoal, Ini Foto Wajah Sopir Mobil Dinas Bakamla, Prajurit TNI AL yang Punya Kesenangan Begini

Facebook

Mantan Danseskoal Laksamana Muda (Purn) Herry Setianegara sengaja membiarkan anaknya cari duit bareng Ahmad Dhani. Begini alasannya.

Saat berbincang banyak hal bersama Dodit,Vega Antaresmengungkapkan bahwa sebanarnya ia sudah aktif bermusik sejak masih di bangku SMP bersama teman-temannya. Bahkan, Vega sempat punya sebuah band yang bernama Vox, yang kemudian dilirik oleh salah satu label di Jakarta untuk membuat album.

Pada tahun 2009,Vega Antaresberangkat ke Jakarta untuk melebarkan sayapnya untuk menjadi musisi profesional dan kemudian bekerja denganAhmad Dhani sebagaigitarrs di Mahadewa.

Mahadewa adalah grup musik bergenre rock yang beranggotakan Ahmad Dhani, Judika, Vega Antares, Gavin Iedema, Wiratama, Wawan TMG, dan Ikmal Tobing. Selain sebagai gitaris,Vega Antares juga aktif menjadi pengajar atau mentor di sekolah musik milik Ahmad Dhani.

Menjadi korban kecelakaan tragis, begini alasan mantan DanseskoalLaksamana Muda (Purn) Herry Setianegara sengaja membiarkan anaknya tampil dengan rambut gondrong hingga mencari jadi tangan kanan Ahmad Dhani di Republik Cinta Management. Foto sosok andalan Ahmad Dhani itu muncul di media sosial.

Pada tahun 2013,Laksamana Muda (Laksda) TNI Herry Setianegara yang lahir pada 17 Juli 1958 di Malang, Jawa Timur bercerita tentang latar belakang keluarganya. Dia lahir dari keluarga tentara.

“Ayahku CPM (Corps Polisi Militer). Jabatan terakhir beliau Dan Pomdam Udayana Bali dengan pangkat Kolonel CPM TNI-AD. Beliau sudah meninggal tapi ibuku masih sehat sampai sekarang dalam usia 87 tahun,” kata Herry yang ketika ditemui penulis Robinson Simarmata masih menjabat sebagai Gubernur Akademi TNI Angkatan Laut (AAL).

Herry mengaku sangat menghormati ibunya. “Hanya 2 (dua) yang saya takuti. Pertama takut pada Tuhan yang saya wujudkan dengan tidak melanggar aturan. Kedua, takut pada ibu yang melahirkan saya. Tanpa beliau, saya tidak akan menjadi apa-apa,” kata ayah dua putra dan kakek seorang cucu, lulusan AAL tahun 1983 ini.

Seorang Perwira Menengah di jajaran AAL mengakui, Herry sebagai Perwira Tinggi (Pati) yang sangat humoris dan low profil. “Biasanya kalau sudah berpangkat bintang, semua harus protokoler. Tapi Pak Herry tidak demikian. Beliau masih mau berbincang dengan bawahan di lapangan. Bahkan beliau masih mau nyetir sendiri meski hingga 7 jam perjalanan,” kata sumber itu.

Baca Juga: Kepergok Marinir TNI AL, Ini Daftar Foto Rahasia Negara yang Dipotret 6 Intel Asing Pakai Kamera HP di Kaltara, Tampang Pelaku Sengaja Disebarkan

Facebook

Mantan Danseskoal Laksamana Muda (Purn) Herry Setianegara sengaja membiarkan anaknya cari duit bareng Ahmad Dhani. Begini alasannya.

Jiwa humoris dan low profile pun dirasakan Robinson Simamarta yang menjumpai jenderal berdarah Minang ini. Gurauan yang dilontarkan sontak menghalau kesan angker di balik baju doreng dengan bintang dua di pundak ditambah kumisnya yang amat lebat.

Meski dilahirkan di tengah keluarga tentara, ternyata sejak muda Laksda Herry suka menyanyi. Sebagaimana diakui seorang anggota TNI-AL.

“Saya sudah lama mengenal beliau karena pernah bertugas di KRI yang sama. Suatu ketika KRI kami mendarat di Banda Aceh, jauh sebelum tsunami melanda daerah itu tahun 2004. Masyarakat Aceh datang berbondong-bondong ke dermaga ingin melihat Kapal Perang RI dari dekat.

Pemda setempat pun telah menyiapkan pentas musik untuk menyambut awak KRI. Ketika itu Pak Herry masih berpangkat Kapten. Tapi tanpa sungkan beliau menggunakan PDH Kopral Satu (Koptu) lalu menjadi MC acara dan bernyanyi bersama masyarakat. Sejak itu saya sangat terkesan pada beliau,” kata Sertu TNI-AL Miftachi mengisahkan sambil menyetir mobil dinas.

Agaknya darah seni itu pula yang mengalir kepada kedua anaknya Vega Antares Setianegara dan Shaula Alnilam Setianegara. Karena Vega memilih menjadi gitaris Dewa 19 dibawah bendera Republik Cinta Manajemen (RCM) pimpinan Ahmad Dani. Shaula juga tergabung dalam RCM sebagai drummer The Virgin.

“Anak saya Vega sudah punya anak, diberi nama Vittorio. Meski baru berusia 1 tahun, bakat seni Vittorio sudah mulai tampak. Dia sangat suka bermain musik. Soal nanti cucuku ini mau ikut ayahnya di dunia musik atau ikut jejak kakeknya sebagai tentara, silahkan saja,” kata Laksda Herry.

Menanggapi anaknya lari dari ‘pakem’ tentara, mantan Kepala Staf Gugus Tempur Laut Wilayah Barat (KS Guspurlabar) ini mengaku tetap bangga. “Isteri saya memang seniman. Sesungguhnya saya juga tentara seniman. Perlu Anda tahu, berperang itu seni. Makanya ada buku The Art of War. Seni berperang. Memimpin juga seni. Kalau kemudian anak saya memilih menjadi seniman murni, silahkan. Go a head,” imbuhnya.

Laksda Herry mengakui, awalnya ingin Vega berpenampilan tegap, gagah. Itu sebabnya ketika beranjak remaja, Vega mulai dilatih beladiri karate.

Baca Juga: Bukan Pelda, Ternyata Anggota TNI AL Korban Kecelakaan Maut Truk Pertamina di Cibubur Punya Pangkat Lebih Tinggi, Foto KTA Jadi Buktinya

Facebook

Mantan Danseskoal Laksamana Muda (Purn) Herry Setianegara sengaja membiarkan anaknya cari duit bareng Ahmad Dhani. Begini alasannya.

“Saya lihat dia tidak berminat. Malah meringis. Tapi kalau dikasih gitar, dia bisa menikmatinya sampai berjam-jam. Dan petikan gitarnya enak. Kami terkejut ternyata Vega sering ngamen di lampu merah Surabaya. Melihat kenyataan itu, kami putuskan memasukkan dia les gitar dan ternyata berkembang pesat.”

Kemudian dia kuliah S-1 Psikologi dan melanjutkan S-2 Manajemen dari London, Inggris. Sekarang Shaula juga sudah lulus S-1 Psikologi. Akhir Oktober ini akan berangkat ke Hoolywood Amerika mengambil S-2. “Saya tidak merasa gagal meski mereka tidak ada yang jadi tentara. Justru saya bangga dengan anak-anakku” kata mantan Kepala Lembaga Penyedia Tenaga Angkatan Laut (Kalapetal).

Sekarang anak sulungnya Vega menjadi dosen terbang di sekolah-sekolah musik yang didirikan Ahmad Dhani. “Baru saja Vega telp kalau posisinya sedang di Batam untuk mengajar dan nanti malam balik lagi ke Jakarta. Hebat, kan?” katanya dengan wajah berbinar.

Itu sebabnya kalau sedang bepergian bersama isteri melihat ada pengamen jalanan, hatinya langsung tergerak memberi uang. “Itu kawan-kawan atau komunitas Vega,” katanya sambil tertawa.

Dibalik kesuksesan seorang pria pasti ada topangan kuat seorang wanita. Hal itu diakui mantan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Mabesal ini yang mengaku sangat berutang budi pada isteri tercintanya Ny. Rr. Ken Respati.

“Di hadapan isteri dan anak-anakku, saya pernah berterus terang mengatakan, betapa saya berutang budi pada isteriku. Karena dialah yang berjuang berat membesarkan anak-anak. Saya lebih banyak menghabiskan waktu di medan tugas.

Di medan tugas saya sering membayangkan anak saya sakit pada malam hari yang kebetulan hujan deras lalu mati lampu. Dalam kondisi kalut, isteri saya ambil payung lalu menggendong anak berjalan mencari tempat berobat.Itu perjuangan luar biasa. Dia sangat berjasa membesarkan anak saya. Dengan anak-anak tidak bermasalah sangat menolong saya bisa totalitas mengemban tugas yang dipercayakan negara,” cerita Herry panjang lebar.

Atas dedikasi dan pengabdiannya, Herry telah menerima beberapa tanda jasa diantaranya Bintang Jalasena Nararya, Satya Lencana Kesetyaan VIII, XVI, XXIV, serta Satya Lencana Bhakti Sosial.

Baca Juga: Foto Driver Ojol Korban Bogem Mayor TNI AL Viral, KSAL Angkat Bicara

Facebook

Mantan Danseskoal Laksamana Muda (Purn) Herry Setianegara sengaja membiarkan anaknya cari duit bareng Ahmad Dhani. Begini alasannya.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya