Duh! Sebelum Meninggal, Tjahjo Kumolo Ngeluh Karier Istrinya Jadi PNS Sudah Mentok Gegara Ini, Foto Sosoknya Ditangisi

Sabtu, 02 Juli 2022 | 11:34
Facebook

Mendiang Tjahjo Kumolo sempat mengeluhkan karier istrinya menjadi PNS sudah mentok gegara ini. Foto sosoknya ditangisi.

Fotokita.net - MenteriPendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) meninggal duniapada Jumat (1/7/2022) sekira pukul 11.00 WIB di RS Abdi Waluyo. Tjahjo meninggalkanseorang istri dan tiga orang anak. Sebelum meninggal dunia, Tjahjo Kumolo sempat mengeluhkan karier istrinya yang menjadi pegawai negeri sipil (PNS) sudah mentok gegara ini. Foto sosoknya ditangisi.

Sosok istri dari Tjahjo Kumolo adalah Erni Guntarti yang merupakan seorang dokter.Tjahjo Kumolo dan sang istri dikaruniai tiga orang anak dari pernikahannya.Ketiganya yakni Rahajeng Widyaswari, Karunia Putripari Cendana dan Arjuna Cakra Candrasa.

Istri Tjahjo Kumolo, Erni Guntarti adalah Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan (DWP).Ia juga menjadi penasehat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Sebelum meninggal dunia, Tjahjo Kumolo mengeluh karier istrinya menjadi PNS sudah mentok gegara ini. Foto sosoknya ditangisi.

Istri Tjahjo Kumolo, Erni Guntarti meulai menjabat sebagaipenasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sejak November 2019. Dia menggantikanNy. Mulyani Syafruddin.

Suasana hangat saat acara pisah sambut penasihat DWP Kementerian PANRsangat terasa. “Insyaallah tugas dan panggilan ini, semoga saya bisa melanjutkan semua tugas ini,” ungkap dr. Erni, pada sambutannya dalam acara pisah sambut penasihat Kementerian PANRB, di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Beberapa kegiatan DWP Kementerian PANRB fokus pada aksi sosial. Beberapa kegiatan sukses dilakukan, seperti santunan kepada anak yatim, juga bantuan kepada istri yang ditinggal suaminya. Para istri pegawai Kementerian PANRB ini juga melakukan kegiatan sosial di RSUP Nasional Cipto Mangunkusumo.

Di luar kota, mereka juga pernah bakti sosial di tempat rehabilitasi bagi pengguna narkotika, di Lido, Sukabumi. Menyambut HUT DWP Kementerian PANRB, mereka juga melakukan bakti sosial di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Baca Juga: Blak-blakan Gaji DPR, Foto Krisdayanti Digeruduk, Tjahjo Kumolo Sampai Buka Isi Dompet Jadi Menteri Jokowi

Erni berharap, seluruh anggota dan pengurus DWP Kementerian PANRB bisa semakin kompak dan bahu membahu menjalankan tugas sosial. “Semoga atas dukungan ibu-ibu sekalian, kita bisa bekerja sama dan bertugas bersama,” tambah Erni.

Kepada Ny. Mulyani Syafruddin, Erni mangucapkan terima kasih. Ia berharap dapat melanjutkan program sosial yang sudah dijalankan dan disusun oleh Ny. Mulyani. "Selamat jalan Bu Mulyani. Selamat bertugas di tempat yang baru, karena dimanapun kita bisa berkarya," ujarnya disambut riuh tepuk tangan anggota dan pengurus DWP Kementerian PANRB.

Tjahjo Kumolo wafat pada Jumat (1/7/2022) pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo. Tjahjo sempat dibawa ke rumah duka di Kompleks Widya Chandra.

Sejumlah pejabat, di antaranya Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, melayat ke rumah duka. Selepas dari rumah duka, jenazah Tjahjo Kumolo dibawa ke Masjid Quba, KemenPAN-RB, Jakarta, untuk disalatkan.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin hingga Menko Polhukam Mahfud Md turut hadir di lokasi untuk menyalatkan jenazah Tjahjo. Jenazah Tjahjo Kumolo kemudian dimakankan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, secara upacara militer.

Putri Tjahjo Kumolo mewakili keluarga menuturkan bahwa ayahnya meninggal dunia sekira pukul 11.00 WIB di RS Budi Waluyo.Tjahjo Kumolo diketahui mengalami sakit dan dirawat di rumah sakit.

Rahajeng pernah menyampaikan bahwa sang ayah mengalami infeksi hingga ke bagian paru-paru."Saya mewakili keluarga pak Tjahjo membenarkan berita bahwa bapa sudah berpulang hari ini hari Jumat pada jam kurang lebih jam 11 lebih," kata Rahajeng kepada wartawan di RS Budi Waluyo.

Baca Juga: Pajang Foto Megawati di Rumahnya, Ini Jawaban Tjahjo Kumolo Soal Jokowi Dimaki-maki Ketum PDIP

Facebook

Mendiang Tjahjo Kumolo sempat mengeluhkan karier istrinya menjadi PNS sudah mentok gegara ini. Foto sosoknya ditangisi.

Rahajeng pun mewakili keluarga memohon maaf kepada masyarakat bila mendiang ayah banyak melakukan kesalahan selama hidup."Saya sebagai anak pertama mewakili bapak mohon maaf apabila bapak ada salah selama ini," ujarnya.

Pada tahun 2014, Tjahjo ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai menteri dalam negeri (Mendagri).Lalu, pada pemerintahan Presiden Jokowi periode 2019-2024, Tjahjo kembali dipercaya masuk kabinet untuk menjabat sebagai Menpan-RB.

Pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 1 Desember 1957 itu sudah menjadi Sekjen PDI Perjuangan periode 2010-2015. Tjahjo adalah putera dari Bambang Soebandiono (Alm 1986), seorang Veteran Perjuangan Kemerdekaan TNI NPV: A.57390, Pangkat terakhir Letnan Satu) dan Ibu Toeti Slemoon (Alm. 2004).

Tjahjo kuliah di Fakultas Hukum Universitas Dipenogoro, hingga meraih gelar sarjana hukum tahun 1985. Saat menjadi mahasiswa, Tjahjo sudah aktif berorganisasi. Tahun 1983-1985, dia sudah menjabat Ketua Biro Organisasi KNPI Dati I Jawa Tengah dan kemudian terpilih menjadi Ketua DPD KNPI Dati I Jawa Tengah (1985-1988) dan Sekretaris Jenderal KNPI Dati I Jawa Tengah (1987-1990).

Kiprahnya secara nasional dimulai ketika Tjahjo terpilih menjadi Anggota Komisi II, III dan Anggota BKSAP DPR RI (1987, 1992) dan Ketua Umum DPP KNPI (1990-1993). Dia juga aktif sebagai Ketua PP PPM (1989-1993), Dewan Pertimbangan PP PPM (1993-1997) dan Wantim PP FKPPI (1990-1997).

Selepas menjabat Ketua Umum DPP KNPI, Tjahjo menjadi Anggota Penasehat MPI/KNPI (1993-1996). Dia juga sempat mengikuti pendidikan di Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) di Jakarta, 1994. Tahun 1999, Tjahjo terpilih menjadi Anggota DPR dari PDIP (1999-2004), dia dipercaya sebagai Wakil Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPR-RI (1999-2002) dan Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPR-RI (2002-2003).

Lalu, Pemilu 2004 dia terpilih lagi menjadi Anggota DPR dari PDI-P, dia bertugas di Komisi XI dan Anggota BKSAP DPR RI (2004-2008) serta Wakil Ketua Tim Lumpur Sidoarjo DPR-RI (2006-2007). Bahkan menjabat Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR-RI (2004-2009).

Pada Pemilu 2009, terpilih kembali menjadi Anggota DPR (2009-2014) dan bertugas sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR-RI (2009-2014) sekaligus sebagai Anggota Komisi I dan Koordinator GKSB Indonesia-Jepang (2009-2010).

Baca Juga: Naik Rp 400 Juta, Begini Rincian Harta Tjahjo Kumolo yang Jadi Warisan Keluarga, Foto Menteri Paling Miskin di Kabinet Jokowi Dibanjiri Doa

Facebook

Mendiang Tjahjo Kumolo sempat mengeluhkan karier istrinya menjadi PNS sudah mentok gegara ini. Foto sosoknya ditangisi.

Dalam struktur organisasi, Tjahjo menjabat Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PDI Perjuangan (2005-2009) dan Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Politik-Pemenangan Pemilu (2005-2010). Menjelang Kongres III PDI Perjuangan (2010), Tjahjo pun kembali dipercaya menjadi Ketua OC. Pada Kongres III ini, Tjahjo Kumolopun dipilih Ketua Umum terpilih, Megawati Soekarnoputri, menjabat Sekjen PDI Perjuangan (2010-2015).

Dalam sebuah cerita yang pernah disampaikan, Tjahjo Kumolo mengenal istrinya, Erni Guntarti sejak duduk di bangku SMP.Keduanya pun terus bersama-sama merintis karir hingga sang istri menemani Tjahjo Kumolo hingga menduduki jabatan menjadi menteri.

Istri Tjahjo Kumolo, Erni Guntarti, mengenang sang suami ketika masih hidup. Erni mengingat bahwa setiap apapun pekerjaan yang dilakukannya selalu didukung oleh Tjahjo.

"Bapak sih selalu mendukung apapun yang saya kerjakan, karena saat saya kerja, apa yang saya kerjakan selalu didukung. Sebagai dokter waktu itu di klinik DPR, bapak nggak pernah melarang saya yang saya kerjakan. Jadi nggak harus di rumah," ujar Erni kepada wartawan, Jumat (1/7/2022).

Erni cerita awal mula mengenal suaminya sejak masa SMP. Erni dan Tjahjo duduk di bangku sekolah SMP dan SMA, bahkan kuliah bersama-sama. "Sudah dekat sekali, sudah lama kenal, pokoknya ketika itu ya hidup apa adanya," kata Erni.

Sebelum Tjahjo meninggal, Erni cerita bahwa suaminya kerap mendengarkan lantunan ayat suci saat tidur. Menurutnya, kegiatan itu merupakan hal baru yang dilakukan Tjahjo dalam sebulan terakhir.

"Kebiasaan baru bapak maksud saya. Kalau bangun tahajud dan mendengarkan alunan ayat suci sampe pagi. Itu terakhir yang saya ingat," ucap Erni.

Baca Juga: Simak Biodata Tjahjo Kumolo yang Hobi Berburu Benda Gaib Ini, Foto Menteri Jokowi Dibanjiri Belasungkawa

Facebook

Mendiang Tjahjo Kumolo sempat mengeluhkan karier istrinya menjadi PNS sudah mentok gegara ini. Foto sosoknya ditangisi.

Beberapa waktu sebelum meninggal, dalam acara tatap temu dengan staf Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Mendagri Tjahjo Kumolomenceritakan tentang istri dan 3 anaknya. Tjahjo menuturkan, sang istri merupakan dokter yang mengabdi di salah satu rumah sakit pemerintahan tanpa posisi dan jabatan apapun.

"Istri saya cuma satu, PNS yang jabatannya sudah mentok. Karena suaminya oposisi terus," ujar Tjahjo saat berpidato di depan para stafnya, di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (28/10/2014).

Selain itu, Tjahjo juga menceritakan 3 anaknya. Menurut dia, anaknya yang pertama mengikuti ibunya menjadi seorang dokter. Sedangkan anaknya yang kedua merupakan seorang artis sinetron.

"Anak saya kedua artis sinetron, sama kayak suaminya. Nanti tahu sendiri siapa, tidak perlu saya kenalkan," jelas Tjahjo yang kemudian disambut meriah oleh para stafnya.

Selain itu, Tjahjo pun bercerita, anaknya yang ketiga pernah ditawari masuk ke Garuda Indonesia, setelah Jokowi terpilih menjadi presiden.

"Anak saya ketiga, sekarang kerja di Lion Air jadi Pilot, ngelamar di Garuda ditolak. Tapi pas Jokowi jadi Presiden saya ditelepon oleh Dirut-nya, minta anaknya masuk. Saya tolak, kan sudah tidak diterima," tutur politisi senior PDIP itu.

Baca Juga: Heboh Kue Klepon Tidak Islami, Ternyata Menpan RB Tjahjo Kumolo Lebih Dulu Dicolek Soal Seragam Kopri yang Tak Lazim Ini, Netizen Dibikin Gempar

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya