Bukan Cuma Muhammad, Holywings Ternyata Pakai Nama-nama Ini Buat Promosi Miras Gratis, Foto Posternya Sengaja Disebarkan

Jumat, 24 Juni 2022 | 20:38
Facebook

Holywings juga memakai nama-nama ini buat promo miras gratis di outletnya. Namun, nama Muhammad berujung dipolisikan.

Fotokita.net - Holywings Group sedang menjadi perbincangan satu Indonesia. Promo minuman keras (miras) gratis buat pemilik nama Muhammad dan Maria sengaja diunggah melalui akun Instagram Holywings. Ternyata bukan cuma nama Muhammad, Holywings juga memakai nama-nama ini buat promo miras gratis. Foto posternya sengaja disebarkan di media sosial.

Holywings memang sudah menghapus unggahan promo miras gratis buat pemilik nama Muhammad dan Maria. Namun, jejak digital yang terlanjur beredar luas berbuntut panjang. Sejumlah pihak melaporkan manajemen Holywings ke polisi.

Sekalipun manajemen Holywings sudah menyampaikan permintaan maaf secara terbuka, banyak pihak masih belum puas. Sejumlah organisasi profesi dan ormas tetap mempolisikan Holywings terkait promo minuman beralkohol gratis itu. Ternyata bukan cuma Muhammad, Holywings ternyata juga menggunakan nama-nama ini untuk promosi miras gratis.

Selain memanfaatkan media sosial miliknya, manajemen Holywings juga menyebarkan permintaan maaf kepada wartawan. Langkah ini sengaja ditempuh lantaran promosi miras gratis memakai nama Muhammad dan Maria sudah melebar kemana-mana.

"Holywings Indonesia dengan ketulusan yang mendalam meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia atas kekhilafan dan ketidaksengajaan terkait promosi minuman beralkohol menggunakan nama 'MUHAMMAD' dan 'MARIA'," tulis Manajemen Holywings Indonesia dalam keterangan resmi yang disebarkan ke sejumlah media, Jumat (24/6/2022).

Dalam keterangan resmi itu, manajamen Holywings menyadari promo yang disebarkanmelalui akun Instagram resmi Holywings @holywingsindonesia & @holywingsbar pada Rabu (22/6/2022) sudah memantik kesan yang negatif.

Sejumlah pihak juga sudah melakukan langkah hukum terhadap manajemen Holywings.Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) hingga Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (SAPMA PP) DKI Jakarta melaporkan Holywings ke Polda Metro Jaya karena promo itu dinilai telah menistakan agama.

Baca Juga: Dibantu Hotman Paris Lawan Ayah Taqy Malik, Begini Alasan Sunan Kalijaga Ngotot Polisikan Holywings Gegara Minuman Buat Muhammad, Sampai Bawa Foto Anies Baswedan

Melalui keterangan resmi, Manajemen Holywings berjanji akan bersikap kooperatif menjalani proses hukum yang sedang berjalan. Bahkan Holywings telah menyerahkan barang bukti terkait promosi tersebut ke polisi.

"Berdasarkan kejadian ini, tim promosi Holywings Indonesia sejumlah 3 orang telah menjalani pemeriksaan 1x24 jam pada tanggal 23 Juni 2022 mulai dari jam 1 siang di kantor Polres Metro Jakarta Selatan dan memberikan barang bukti berupa 1 buah handphone, 1 buah laptop, & 1 buah PC komputer yang digunakan untuk kebutuhan promosi tersebut," tulis manajemen Holywings..

Rupanya permintaan maaf itu belum dirasa cukup. Sejumlah organisasi profesi dan ormas tetap melaporkan manajemen Holywings ke polisi. Hingga kini setidaknya ada dua laporan polisi terkait dugaan penistaan agama dengan terlapor manajemen Holywings dilaporkan ke Polda Metro Jaya.

Himpunan Advokat Muda Indonesia tercatat sebagai pelapor pertama. Lalu, laporan kedua terhadap manajemen Holywings dilayangkanSAPMA Pemuda Pancasila dan KNPI DKI Jakarta. Polda Metro Jaya telah menerima kedua laporan tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan, kedua laporan itu telah diterima oleh penyidik Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Penyidik tengah mempelajari laporan terhadap Holywings soal promo minuman gratis untuk 'Muhammad dan Maria'.

"Terkait dengan adanya laporan tindak pidana penistaan agama melalui media elektronik bahwa saya membenarkan hari ini Polda Metro Jaya terima dua laporan polisi dari dua kelompok berbeda.

Di mana mereka melaporkan sebagai terlapor adalah pihak Holywings terkait apa yang di-upload di media sosial oleh Holywings yang dianggap menistakan agama tertentu," kata perwira menengah Polri ini.

Baca Juga: Ogah Lawan Hotman Paris, Ini Foto Pengacara yang Sengaja Polisikan Holywings Gegara Promo Minuman Muhammad dan Maria

Facebook

Holywings juga memakai nama-nama ini buat promo miras gratis di outletnya. Namun, nama Muhammad berujung dipolisikan.

Polisi pemilik pangkat melati tiga itu juga menambahkan pihaknya akan bersikap profesional dalam mengusut kasus tersebut. Zulpan pun meminta masyarakat untuk menyerahkan penanganan kasus itu kepada pihak kepolisian.

"Laporan sudah kita terima dan Polda Metro Jaya akan tangani kasus ini secara profesional. Penyidik akan melakukan penyidikan terkait laporan ini," terang Zulpan.

Sementara itu, Ketua Umum Himpunan Advokat Muda Indonesia, Sunan Kalijaga, telah melaporkan perihal promosi miras gratis Holywings itu ke Polda Metro Jaya. Sunan Kalijaga meminta manajemen Holywings bertanggung jawab atas unggahan tersebut.

"Lalu ada permohonan maaf resmi di akun IG ofisial mereka. Lalu mereka menyatakan promosi tersebut tidak diketahui oleh manajemen atau para owner. Buat saya gampang, kalau itu benar ada oknum Holywings yang ingin merusak nama baik Holywings, tunjukin orangnya, laporkan orangnya karena sebabkan kegaduhan, sebabkan SARA, kerugian nama baik dari Holywings," terang Sunan.

Laporan tersebut sudah teregister dengan nomor STTLP/B/3135/VI/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA. Pelapor melaporkan atas dugaan penistaan agama melalui media elektronik di Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 UU ITE.

Di sisi lain,Polda Metro Jaya melarang GP Ansor DKI Jakarta melakukan konvoi ke outlet Holywings buntut promosi miras buat pemilik nama Muhammad dan Maria.

Sebelumnya, promo minuman alkohol gratis bagi pengunjung bernama Muhammad dan Maria di Holywings terus menuai protes. GP Ansor DKI Jakarta berencana melakukan konvoi ke outlet-outlet Holywings di Jakarta untuk menuntut ditutup buntut promo minuman tersebut.

"Ansor Banser DKI Jakarta. Konvoi kendaraan bermotor untuk mendesak pihak Holywings menutup tempat usahanya," bunyi poster viral, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: Tutup Mata Selamanya, Innalillahi Vicky Prasetyo Unggah Foto Duka. Kehilangan Sosok yang Berjasa Saat Kalahkan Aldi Taher

Facebook

Holywings juga memakai nama-nama ini buat promo miras gratis di outletnya. Namun, nama Muhammad berujung dipolisikan.

Kombes Endra Zulpan sudah buka suara terkait ajakan konvoi tersebut. Zulpan mengimbau GP Ansor tidak melakukan konvoi tersebut. "Saya juga imbau kepada masyarakat terkait adanya ajakan selebaran yang kami dapatkan untuk konvoi ke tempat kafe Holywings. Dalam hal ini Polda Metro Jaya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lakukan hal yang demikian," kata Zulpan.

Zulpan meminta masyarakat mempercayakan proses hukum ke pihak kepolisian. Zulpan mengimbau masyarakat tidak melakukan hal-hal yang berpotensi menimbulkan pelanggaran hukum.

Ternyata bukan cuma Muhammad, manajemen Holywings juga memakai nama-nama ini buat promo miras gratis. Foto posternya sengaja disebarkan melalui media sosial.

Promo miras gratis bagi pemilik nama tertentu tampaknya menjadi salah satu program andalan bagi tim marketing Holywings. Apabila ditelusuri melalui Fanpage Facebook milik Holywings, promo miras gratis itu sudah dimulai sejak Mei 2022.

Facebook

Holywings juga memakai nama-nama ini buat promo miras gratis di outletnya. Namun, nama Muhammad berujung dipolisikan.

Pada setiap Kamis, tim promosi Holywings menggelar promo bagi pemilik nama tertentu yang mereka untuk mendapatkan sebotol miras secara cuma-cuma. Foto posternya disebarkan melalui akun media sosial Holywings.

Bukan cuma Muhammad, Holywings juga pernah memakai nama-nama, seperti Ronny, Ririn, Tommy, Thalia, Mario, Daniel dan Dewi. Uniknya, Holywings selalu mencari pria dan wanita yang memiliki kesamaan nama yang mereka sebutkan dalam poster promo miras gratis itu.

Namun, promo miras gratis yang dilakukan Holywings menuai kontroversi ketika mereka meluncurkan poster dengan memakai nama Muhammad. Rencananya, promo miras gratis buat pemilik nama Muhammad digelar pada Kamis (23/6/2022).

Baca Juga: Pamer Foto Pemilik Holywings, Hotman Paris Justru Terdiam Dapat Jawaban Wanita Berhijab Ini: Jalan Kaya Berbeda-beda

Facebook

Holywings juga memakai nama-nama ini buat promo miras gratis di outletnya. Namun, nama Muhammad berujung dipolisikan.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya