Gadaikan Mobil, Janda Aktor Ganteng Ini Pontang-panting Rawat Anaknya yang Idap Penyakit Langka, Foto Terkininya Bikin Pangling

Jumat, 29 April 2022 | 16:02
Instagram

Janda aktor Raditya Oloan, Joanna Alexandra mengakui pontang-panting merawat anaknya yang mengidap penyakit langka.

Fotokita.net - AktorRaditya Oloan, meninggal dunia pada Kamis, (6/5/2021). Radityameninggalkan seorang istri, Joanna Alexandra dan keempat anaknya. Sejak suaminya meninggal, Joanna sudah setahun hilang dari media sosial (medsos). Janda aktor ganteng ini pontang-panting rawat anaknya yang idap penyakit langka.

Raditya tutup usia setelah masukrumah sakit pertama kali lantaran dinyatakan positif Covid-19. Pada 30 April 2021, Raditya sebetulnya sudah dinyatakan negatif dari virus corona. Tetapi, kondisinya malah makin memburuk.Lalu, Joanna memberi kabar selanjutnya, Raditya mengalami kritis sejak 1 Mei 2021.

Kepergian Raditya Oloan untuk selama-selamanya meninggalkan suasana duka dalam keluarga Joanna Alexandra. Raditya dan Joanna telah merajut rumah tangga selama 10 tahun. Mereka dikaruniai empat anak.Melalui Instagram pribadinya, Joanna rajin memamerkan kebersamaan sang suami dan keempat anak mereka.

Setelah dinyatakan positif Covid-19, ayah empat anak yang biasa disapa Radit itu sempat menjalani isolasi mandiri selama dua hari. Dokter memutuskan, Radit menjalani isolasi di Wisma Atlet agarperawatan lebih terjamin.

Tak lama berselang, semua penghuni rumah dari istri, anak sampai pekerja ikut dilarikan ke sana. “Total ada 10 orang kena Covid dan dirawat di sana,” kata Icha, adik dari Raditya Oloan ditemui di rumah duka, kawasan Senen, Jakarta Pusat.

Karena memiliki bawaan komorbid asma yang diidap sejak kecil, kesembuhan Raditya Oloan lebih lama dari anggota keluarga yang lain. Setelah masuk ruang HCU di Wisma Atlet, Radit selanjutnya dipindahkan ke ICU RS Persahabatan. Dikatakan bahwa Radit sempat membaik dan diminta pulang karena telah keluar dari ICU dan pindah ke ruangan lain.

“Tapi, drop di situ karena ada radang di tubuhnya. Akhirnya masuk ICU non-Covid enam hari sampai akhirnya mengembuskan napas terakhir,” kata dia.

Baca Juga: Suaminya Meninggal Karena Badai Sitokin, Foto Terkini Artis Cantik Ini Hilang dari Medsos, Begini Kabarnya Sekarang

Kondisinya sempat membaik dan telah dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab. Namun, kondisi Raditya justru menurun setelah diketahui mengalami cytokine storm atau badai sitokin pasca Covid-19. Pada Sabtu (8/5/2021), jenazah Radit masih disemayamkan di rumah duka. Radit dimakamkan pada Minggu 9 Mei 2021, di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat.

“Besok setengah sepuluh diberangkatkan dari rumah duka menuju San Diego Hills. Baru di sana ada ibadah terakhir sebelum dimasukkan ke makam. (Kenapa di sana) nggak ada alasan khusus, cuma dirasa keluarga tempat terbaik dari sisi pemakaman,” kata Icha.

Sekitar dua bulan berselang dari kepergian sang suami untuk selamanya,Joanna Alexandra tak aktif lagi di sosial media. Sejak itu, Joanna tidak pernah mengunggah foto terbaru.

Foto terkini artis cantik inijustru datang dari sang bunda, Nina Kairupan. Melalui Instagram pribadinya, Nina Kairupan mengunggah sejumlah foto keluarga Joanna dan keempat anaknya.

Dari foto itu terlihat kondisi Joanna baik-baik saja. Belum lama ini bahkan Joanna mengajak anak-anaknya berlibur ke Bali. Joanna tampil beda saat liburan. Rambutnya dikepang cornrow, begitupun dengan kedua putrinya juga rambutnya dikepang sama seperti sang ibunda.

Dalam foto tersebut juga nampak Joanna bisa tersenyum lebar. Netizen yang melihat hal ini merasa ikut bahagia ternyata Joanna mampu melewati masa-masa sulitnya. "Senang liat senyum mama Jo,sehat selalu ya mama Jo dan kiddos,Gbu," kata akun dyantietumangger.

"Mama Jo...semangat," kata akun beatrix_haque. "Tuhan yang mengambil Tuhan juga yang akan menguatkan," kata akun btrixary.

Beberapa waktu lalu, anak Joanna Alexandra, Zoey Havilah, wisuda TK. Foto-foto anak ketiga Joana dengan mendiang suami, Raditya Oloan, beredar di media sosial. Dikutip dari akun Instagram @support_zuriel_zeraia, Sabtu 19 Juni 2021, terlihat Zoey memeluk lukisan yang bergambar foto sang ayah. Saat itu, Zoey memakai baju wisuda TK.

Baca Juga: Sudah Jarang Tampil di Televisi, Raditya Oloan Ternyata Nafkahi Keluarga dengan Cara Ini Usai Nikah Muda dengan Joanna Alexandra

Instagram

Janda aktor Raditya Oloan, Joanna Alexandra mengakui pontang-panting merawat anaknya yang mengidap penyakit langka.

“Happy graduation Kakak Uwii. Cantiknya Mama Jo and Daddy Radit,” tulis @support_zuriel_zeraia.

Wisuda tersebut digelar secara online. Zoey begitu menggemaskan dengan mengenakan toga warna merah. Di momen wisuda tersebut, Zoey ditemani oleh ibu, kedua kakak dan adiknya. Joanna sebagai seorang ibu merasa bangga sebentar lagi Zoey akan masuk SD. Ia terlihat memeluk putrinya dengan penuh kasih sayang.

Foto unggahan ini menuai pujian dari netizen. “Kakak Uwi cantiknya,” tulis @dinacherie_2611. “Happy graduation Zoey cantik,” tulis @paskayuli.

Joanna terakhir kalo memamerkan foto dirinya bersama sang suami tercinta pada 4 Mei 2021.Foto unggahan Joanna Alexandra saat itu memberikan doa dan semangat kepada sang suami yang sedang berjuang melawan Covid-19.

Hingga kini,banyak yang mempertanyakan ke mana Joana Alexandra. Namun dilihat dari Instagram ibundanya, Nina Kairupan, istri mendiang Raditya Oloan itu tampak biasa saja menjalani hidup tanpa suami. Tak banyak yang berubah dari penampilan Joanna Alexandra.

Di laman Instagram Nina Kairupan, aktivitas Joanna Alexandra lebih sering mendampingi si bungsu Ziona pergi ke dokter, pergi ke makam Raditya Oloan bersama anak, dan menemani anak-anaknya bermain.

Joanna juga terlihat senang saat pergi liburan ke Bali bersama keluarganya. Sang bunda pernah mengungkapkan kerinduannya melihat Instagram Story Joanna Alexandra. "Kangen mamajobikin ig story lagi," tulis Nina Kairupan di akun @ninakairupan.

Foto Joanna bersama keempat anaknya mengunjungi makam Raditya juga diunggah di Instagram milik Nina Kairupan. Mereka terlihat bahagia bisa menengok makam Raditya yang terawat dengan rapi. Dalam foto-foto yang dibagikan, Joanna menunjukkan kebahagiaan dalam keluarga bersama keempat buah hati.

Baca Juga: 4 Foto Anak Bungsu Joanna Alexandra, Idap Penyakit Langka Hingga Pontang-panting Tutupi Biaya Pengobatan

Instagram

Joanna Alexandra enggan mengunggah foto dirinya di medsos sejak suaminya meninggal karena badai sitokin. Begini kabarnya sekarang.

Anak bungsu Joanna Alexandra,Ziona Eden Alexandra Panggabean menderita penyakit genetik langka, Campomelic Dysplasia. Lahir secara prematur, Ziona Eden Alexandra Panggabean lahir pada 24 Mei 2017 di Rumah Sakit Bunda, Jakarta Pusat.

Joanna memang tak memungkiri bila dia sempat terpukul dengan kondisi yang dialami Ziona Eden. Meski demikian, Joanna mengakui sudah menerima kenyataan hingga tak ingin berlarut-larut dalam kesedihan.

Beberapa waktu lalu, Joanna menegaskan sikapnya, "Kalau kita sedih nggak mungkin dia sembuh. Kalau kita nerima, pasti mikirnya, oke selanjutnya apa yang bisa dikerjain untuk membantu penyembuhan anak."

Sebelum meninggal dunia, Raditya Oloan juga terus mendukung kesembuhanZiona Eden. Joanna mengatakan, dia dan suami terus berdoa serta berserah kepada Tuhan. "Kita ajak dia terapi ketemu dokter. Jadi semua dilakuin dalam keadaan hati berserah".

Joanna memang tak pernah berpikir bahwa akan mendapatkan anak yang 'spesial'. Meski demikian, Joanna menganggap anak bungsunya sebagai hadiah dari Tuhan. Dalam hal pengobatan Ziona Eden, salah satu pemeran film Lewat Tengah Malam ini mengakui sudah mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Joanna kembali menceritakan proses kelahiran Ziona. Ketika itu, ia melahirkan Ziona secara normal, tetapi si buah hati harus masuk NICU. Rupanya, Ziona harus berada di NICU selama hampir sepuluh hari.

"NICU itu kalau nggak salah puluhan juta per hari, tergantung alat yang dipakai, belum lagi tes darah. Kalau tes kolestrol atau apa kan cuma ratusan ribu, ini tuh tes setiap hormon dicek, itu sempat satu kali tes darah ada (biayanya) 14 juta," beber Joanna.

Biaya pun belum berhenti sampai di situ. Joanna ternyata pernah melakukan tes genetika yang biayanya pun tak murah. Selain itu, masih ada biaya fisioterapi Ziona yang rutin dilakukan tiga kali seminggu, selama lebih dari 3 tahun ini.

Baca Juga: Unggah Foto Berdua, Ini Permintaan Joanna Alexandra yang Tak Bisa Dipenuhi Sang Suami, Andien: Tuhan Punya Rencana Besar

Instagram

Janda aktor Raditya Oloan, Joanna Alexandra mengakui pontang-panting merawat anaknya yang mengidap penyakit langka.

Pemeran Milinka dalam film The Tarix Jabrix 2 ini melanjutkan cerita, "Karena tes genetiknya ini nggak ada di Indonesia labnya, jadi sampel darahnya dikirim ke Jerman, itu juga sekitar 9 jutaan lagi. Terus pas hasil tesnya datang, masih agak membingungkan nih, karena penyakit langkanya Zio masih jarang bangetlah. Akhirnya, orang tuanya harus dites lagi, aku sama Radit, jadi segitu lagi bayar."

Secara keseluruhan biaya pengobatan Ziona telah membuat keuangan keluarga pontang-panting. Joanna dan Raditya sempat menjual mobil mereka. Selain itu, mereka mendapat bantuan dari rekan-rekan satu komunitas yang dengan senang hati turut membantu meringankan beban keluarga Joanna.

Soal kebaikan reman-teman komunitas, Joanna bercerita, "Waktu awal-awal Zio lahir, aku sempet jual mobil sama suami. Dulu juga sempat ada teman-teman dari komunitas aku mereka bikin charity juga buat Zio."

Hingga Raditya Oloan pergi meninggalkan keluarga kecil ini, Joanna pun tak pernah patah semangat dalam kesembuhan Ziona. Joanna selalu berkeyakinan bahwa dibalik cobaan yang menimpanya selama ini, Tuhan tak pernah meninggalkannya.

Ia juga menyakini bahwa selalu ada kemudahan dibalik kesulitan yang dia hadapi. Wanita berambut pirang ini pun berpesan agar tetap tabah dalam menjalani hidup karena semakin kita merasa stres, semakin beban tersebut memuncak.

"Sampai sekarang ada aja sih, Tuhan benar-benar cukupin, jadi aku ngerasa jangan dibawa stres, karena kalau stres nambah beban. Mending kita jalanin yang kita bisa, kalau memang perlu pertolongan, ya kita minta. Aku kadang minta sama orang tua aku," kata Joanna.

Keuangan memang jadi tantangan terbesar. "Tantangan terbesar itu keuangan, tapi percaya Tuhan. Paling suka bayangin kalau gede Zio seperti apa. Apakah dia bisa jalan, apa dia akan pakai kursi roda sampai tua?

Apa dia nanti akan punya banyak teman? Suka banyak pikiran seperti itu, tapi sama suami selalu mengatakan kata-kata baik. Aku nggak mau mikir yang jelek-jelek. Zio pasti akan jalan, Zio pasti akan bertambah sehat. Pertarungan terbesar di pikiran, kita kadang stres mikirin hal-hal yg belum tentu terjadi, ngapain dibayang-bayangin. Sudahlah," sebut Joanna dengan mantap.

Baca Juga: Foto Pilu Suami Joanna Alexandra di ICU, Terbaring Lemah Hingga Dipasangi Slang Oksigen, Istri Raditya Oloan: Mohon Doanya

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya