Ironis! Foto Luhut Tertawa Bersama Tersangka Mafia Minyak Goreng Viral, Nama Angelina Sondakh Ikut Disebut-sebut

Kamis, 21 April 2022 | 22:53
Twitter

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menjadi sorotan. Foto Luhut tertawa bersama tersangka mafia minyak goreng viral di media sosial.

Fotokita.net - FotoMenko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tertawa bersama tersangka mafia minyak gorengMaster Parulian Tumanggor viral di media sosial. Saat foto itu ramai dibahas, nama Angelina Sondakh malah ikut disebut-sebut.

Kejaksaan Agung menetapkan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Dirjen Daglu Kemendag) Indrasari Wisnu Wardhana sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pemberian fasilitas ekspor crude palm oil (CPO) atau minyak goreng mentah. Dia dijerat bersama 3 orang lain dari pihak swasta.

Jaksa Agung ST Burhanuddin mengumumkan langsung penetapan para tersangka itu. Burhanuddin menyebut perbuatan para tersangka menyebabkan kerugian perekonomian negara.

"Perbuatan para tersangka tersebut mengakibatkan timbulnya kerugian perekonomian negara atau mengakibatkan kemahalan serta kelangkaan minyak goreng sehingga terjadi penurunan konsumsi rumah tangga dan industri kecil yang menggunakan minyak goreng dan menyulitkan kehidupan rakyat," kata Burhanuddin di kantornya, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Selasa (19/4/2022).

Adapun 3 tersangka dari pihak swasta adalah Stanley MA (SMA) selaku Senior Manager Corporate Affairs Permata Hijau Group, Master Parulian Tumanggor (MPT) selaku Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia, serta Picare Togar Sitanggang (PT) selaku General Manager bagian General Affairs PT Musim Mas.

Nah, foto Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitantertawa bersama Komisaris Utama PT Wilmar Nabati Indonesia, Master Parulian Tumanggor yang kini telah berstatus tersangka kasus mafia minyak goreng viral di media sosial.

Tampak dalam foto tersebut, Luhut mengenakan baju kemeja putih lengan pendek bercelana hitam tengah duduk di kursi, sedangkan MP Tumanggor persis berdiri di sebelahnya sambil tersenyum.

Baca Juga: Pantas Keponakan Luhut Binsar Komentari Foto Luna Maya, Ternyata Mantan Ariel Noah Dapat Uang 71 Miliar dari Pengusaha Ini

Foto Luhut dan MP Tumanggor itu diunggah oleh akun Twitter @RestyCaayah, Rabu (20/4/2022). "Kawan dekat si Luhut yg maen Minyak Goreng disikat @KejaksaanRI," cuit RestyCaayah pada caption foto unggahannya dikutip, Kamis (21/4/2022).

Dalam unggahannya itu ada dua foto berbeda. Foto pertama memperlihatkan MP Tumanggor mengenakan baju tahanan Kejakgung. Sementara foto satu lagi menampilkan Luhut sedang duduk dan MP Tumanggor berdiri di sampingnya sambil tersenyum.

MP Tumanggor adalah tersangka dari pihak swasta sebagai Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia. Dengan statusnya sebagai tersangka mulailah ramai foto kebersamaan MP Tumanggor bersama Menko Luhut.

Beragam komentar netizen pun bermunculan. "Ini MP Tumanggor salah satu tersangka kasus minyak goreng di Kejaksaan Agung. Dia orang dekat opung. Udah tahu kan arah permainannya?" komentar netizen.@panca66, Rabu (20/4/2022).

Sementara itu ada juga netizen yang menegaskan itu hanya sebuah foto pertemanan semata, tidak lebih dari itu. Ia pun membandingkan dengan foto SBY bersama para koruptor saat itu. "Mau liat Foto SBY berfoto dgn Angelina Sondak, Nazaruddin dan Anas Urbaningrum ???" cuit @Andiarsya98.

Menanggapi beredarnya foto tersebut, Ketua Majlis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi Iwan Sumule memberikan komentar satire. "Pak Luhut memang luar biasa. Ternyata tersangka dekat dengannya," cetus Iwan.

Menurut Iwan, kedekatan Luhut dengan Komisaris PT Wilmar itu wajar mengundang reaksi. Sebab, Migor yang sempat langka di pasaran belakangan ini membuat rakyat susah. Sialnya, tersangka itu tampak akrab dengan pejabat tinggi negara dalam hal ini Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan.

Baca Juga: Pakai Rompi Tahanan, Dirjen Kemendag Ternyata Rangkap Jabatan di Perusahaan Ini, Foto Tersangka Mafia Minyak Goreng Bikin Geram

Twitter

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menjadi sorotan. Foto Luhut tertawa bersama tersangka mafia minyak goreng viral di media sosial.

"Migor jadi langka dan mahal di negeri sendiri karena diduga ada persekongkolan dengan perusahaan CPO yang dekat pejabat negara. Sengsara rakyat di negerinya nan subur dan kaya. Ironi!" pungkasnya.

Jubir Menko Luhut, Jodi Mahardi, menepis mentah-mentah isu yang mengaitkan kasus minyak goreng dengan Luhut.

Foto Luhut dan Parulian itu tersebar Twitter dan dibagikan sejumlah netizen. Beberapa di antaranya ditambahi dengan narasi tentang kedekatan Luhut dan Parulian.

Jodi mengatakan tuduhan yang ditujukan ke Luhut sangat tidak berdasar. Jodi menyinggung pihak yang menghalakan segala cara.

Twitter

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menjadi sorotan. Foto Luhut tertawa bersama tersangka mafia minyak goreng viral di media sosial.

"Wah, tuduhan gila banget. Kayaknya orang-orang yang nggak suka dengan Pak Menko Luhut sudah menghalalkan segala cara ya. Urusan minyak goreng tidak ditangani oleh Menko Marves. Gitu aja, simpel kok," kata Jodi kepada wartawan, Kamis (21/4/2022).

Jodi mengatakan foto dengan teman merupakan hal biasa. Jodi lantas menyinggung soal kader Demokrat.

"Foto sama teman kan biasa. Ada kader Demokrat yang komentar mengaitkan dengan kasusnya, padahal Pak Luhut foto bareng sama kader-kader Demokrat yang senior dan junior yang datang ke Pak Luhut juga banyak kok. Kalau teman ya teman saja," imbuh Jodi.

Selain itu, Jodi mendukung proses hukum yang dilakukan Kejagung. Dia berharap kasus tersebut terungkap dengan jelas. "Makanya kami dukung penyidikan hingga tuntas. Sehingga jelas semuanya," ujar Jodi.

Baca Juga: Tutupi Wajah dengan Tangan Diborgol, Dirjen Kemendag Ternyata Terima Duit Bulanan dari Perusahaan Ini, Foto Indrasari Wisnu Wardhana Disorot

Twitter

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menjadi sorotan. Foto Luhut tertawa bersama tersangka mafia minyak goreng viral di media sosial.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya