Ustaz Yusuf Mansur Bikin Syok Hotman Paris, Sang Ulama Murka Gegara Omongan Ade Armando, Foto Ayah Wirda Mansur Disorot

Minggu, 17 April 2022 | 15:12
YouTube

Ustaz Yusuf Mansur bawa segepok berkas ke Hotman Paris. Namun, sang ulama dibuat murka gegara omongan Ade Armando.

Fotokita.net - Ustaz Yusuf Mansur belakangan ini terus menjadi sorotan usai video marah-marah sang ulama beredar luas di jagat maya. Yusuf Mansur sempat bikin syok pengacara Hotman Paris. Namun, dia dibuat murka gegara omongan Ade Armando. Foto ayah Wirda Mansur kembali disorot.

Video Ustaz Yusuf Mansur yang marah-marah terkait bisnis yang dijalankannya sudah menjadi meme di mana-mana. Dalam video itu, Yusuf Mansur menjelaskan kondisi bisnis Paytren yang terus menjadi sorotan.

Dari video itu, foto ayah Wirda Mansur kembali disorot. Maklum, beberapa waktu lalu, Yusuf Mansur menjadi perbincangankarena dugaan melakukan wanprestasi investasi patungan usaha. Pendiri program Wisata Hati ini juga digugat ke Pengadilan Negeri Tangerang oleh para korban patungan usaha pada 9 Desember 2021.

Agar inti masalah itu menjadi terang benderang, Ustaz Yusuf Mansur bertemu dengan pengacara kondang Hotman Paris. Penceramah yang dikenal melalui ajakan sedekah ini bicara panjang lebar mengenai kronologi ia disebut melakukan wanprestasi di program Hotman Paris Show yang tayang pukul 21.30 WIB pada 23 Desember 2021.

Dipandu pembawa acara Melaney Ricardo, Ustaz Yusuf Mansur menjawab berbagai pertanyaan seputar kasus wanprestasi yang tengah dihadapinya bersama Hotman Paris.

Hotman Paris bahkan menanyakan soal pendapatnya ketika mendengar pemberitaan soal dirinya belakangan ini yang menuduh dirinya selalu meminta umatnya untuk melakukan sedekah yang lebih menjurus kepada sebuah pemaksaan.

“Saya ini dulu bosan jadi orang susah, jadi orang miskin. Lalu saya diperkenalkan dengan ilmu sedekah. Mulai dari saya jualan es di terminal sampai saya bisa membeli salah satu klub bola di Eropa,” ujar Ustaz Yusuf Mansur.

Baca Juga: Foto Ustaz Yusuf Mansur Dijadikan Konten Fitnah, Sang Pendakwah Ingin Berjumpa Ustaz Yahya Waloni, Netizen: Banyak Drama Dia

Hotman Paris mencoba menggali informasi dari dua sisi. Saat Ustaz Yusuf Mansur menjelaskan soal masalah kasus wanprestasi investasi patungan usaha, ia juga menghadirkan Ichwan Tony, kuasa hukum yang ditunjuk para korban Ustaz Yusuf Mansur.

Dengan demikian, informasi yang diberikan Ustaz Yusuf Mansur dan Ichwan Tony bisa membuka tabir masalah investasi patungan usaha secara terang benderang kepada masyarakat.

Setelah melakukan beberapa percakapan dan mengulik permasalahan dari sumbernya, didapati jawaban bahwa penipuan tersebut termasuk kasus kecil dengan melibatkan 12 orang dan berhubungan dengan sejumlah uang yang tidak sampai dua ratus juta.

Sontak, host sekaligus pengacara ternama Hotman Paris langsung menanyakan kepada Ustadz Yusuf Mansur mengapa perkara tersebut tidak diselesaikan lewat jalur damai saja, Ustaz Yusuf Mansur pun langsung memberikan jawabannya dengan tegas.

“Nah, makanya, pasti kan ada sesuatu, Bang. memang ada yang pengen untuk dijadikan masalah terus” ujar Ustaz Yusuf Mansur.

Memang, kasus penipuan yang terjadi di Indonesia semakin marak terjadi bahkan belum dapat benar-benar dituntaskan. Untuk itu, perlu dilakukan pengungkapan kejahatan secara benar untuk dijadikan pembelajaran bagi masyarakat Indonesia agar tidak tertipu di kemudian hari.

Dalam kesempatan itu, Hotman Paris juga menghadirkan secara langsung kuasa hukum sekaligus pihak pelapor yaitu Ichwan Toni. Sebagai seorang pengacara yang mewakili para pihak pelapor, Ichwan akan melengkapi pembahasan dengan memberikan klarifikasi dari sisi yang disebut para korban.

Baca Juga: Halu Tingkat Dewa! Wirda Mansur Tulis Wishlist Mau Foto di Semua Negara, Ahli Grafologi Ungkap Fakta Mengejutkan

YouTube

Ustaz Yusuf Mansur bawa segepok berkas ke Hotman Paris. Namun, sang ulama dibuat murka gegara omongan Ade Armando.

Para korban wanprestasi patungan usaha yang diduga dilakukan Ustaz Yusuf Mansur memilih Ichwan Tony sebagai kuasa hukum untuk menangani perkara yang dituduhkan kepada sang ulama. Ichwan berkeyakinan, proses persidangan bisa menghasilkan keputusan yang terbaik bagi para korban investasi yang dijalankan Ustaz Yusuf Mansur.

"Gugatan ini kita layangkan agar yang bersangkutan saudara UYM bisa melakukan suatu kewajibannya yang dulu pernah dijanjikan baik itu melalui media televisi maupun yang tertuang di dalam surat sertifikasi dalam hal ini masalah patungan usaha," kata Ichwan saat ditemui di Pengadilan Negeri Tangerang.

Saat mendatangi Hotman Paris, Ustaz Yusuf Mansurmembawa segepok bukti pengembalian dana jemaah yang ikut dalam patungan usaha Hotel Siti. Diamenandaskan sudah mengembalikan dana milik 2.500-an investor dari total 2.900 peserta patungan usaha tersebut.

Di kanal Youtube Daqu Channel, Yusuf Mansur mengunggah video segepok dokumen yang disebutnya bukti transfer pengembalian dana 2.500 investor tersebut. Terlihat ada tiga orang yang membawa dokumen-dokumen tersebut.

“Ini yang saya maksudkan kemarin, dokumen pengembalian dana dari rentang waktu 2012 sampai 2021. Sisanya kurang lebih 400-an. Nah yang 400-an ini yang keluarga, teman deket yang sejak awal ya sudah buat sedekah itu. Sebenarnya kalau mau rajin yang 2.500-an ini bisa buat testimoni,” ujar Yusuf Mansur seperti dikutip Solopos.com, Rabu (22/12/2021).

Yusuf Mansur lantas menunjukkan bukti-bukti transfer tersebut. Sebagian besar dari dana yang dipulangkan itu dilebihi 10 persen.

“Saya suka lebihin 10%. Nah ini bukti pengajuan mereka dan yang ini bukti transfer pengembalian. Ini yang diminta pihak sono ‘mana buktinya’. Nah kita videoin malah diputer balik,” katanya.

Baca Juga: Ustaz Yusuf Mansur Berutang Nyawa ke Syeikh Baleid, Intip Foto Mushaf Alquran Karya Pendakwah yang Mimpi Berjumpa Rasulullah

YouTube

Ustaz Yusuf Mansur bawa segepok berkas ke Hotman Paris. Namun, sang ulama dibuat murka gegara omongan Ade Armando.

Pengusaha kuliner asal Kota Solo, Jody Broto Suseno yang juga menjadi salah satu pemilik Hotel Siti mengunggah foto Yusuf Mansur saat datang ke acara Hotman Paris ke Instagram miliknya, @Jody_waroeng. Unggahan itu nyaris bersamaan waktunya dengan unggahan Yusuf Mansur di kanal Youtube Daqu Channel.

“Yg nanya bukti2 nih… 2500an patungan usaha tercatat dan terarsip dg rapi, semuanya sdh dikembalikan ke jemaah dg lebihan 10% kira2,” tulis pemilik Waroeng Steak And Shake itu seperti dikutip Solopos.com.

Menurut Jody, pengembalian dana milik jemaah itu dikarenakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tidak mengizinkan penghimpunan dana massal dari umat tanpa asal legal. Pengembalian itu, ujar dia, merupakan iktikad baik dari Ustaz Yusuf Mansur lantaran menjaga amanah jemaah.

“Ini dikembalikan krn OJK tdk mengijinkan shg itikad baik semua dikembalikan.Tapi mmg nggak gampang, apalagi sebagian uang sdh masuk ke hotel siti yg asetnya sampe saat ini sekitar 150M… btw saat ini tinggal 400-an org yg blm dikembalikan dan ustadz menemui kesulitan utk mencari yg 400-an org ini di antaranya yg 12 melaporkan ustadz ke perdata,” kata dia.

“400 Org kalo dikali 10jt kira2 4M… temen2 gampang kalo mau liat ustadz @yusufmansurnew penipu atau bukan? bandingin aja 4M dg 150M yg ustadz keluarin… kalo kata pak @hotmanparisofficial paling cuma dpt pintunya aja itu…?,” lanjutnya.

Jody menambahkan, kunci memahami masalah yang kini sedang ramai diperbincangkan saat ini adalah mengedepankan kejernihan hati dan memakai hati nurani.

“Memahami masalah ini husnudzon, jangan pake emosi dan pahami dg hati nurani dan akal sehat kalo kata Ade Armando…??. Banyak hikmah dan pelajaran dari kasus ini dan semuanya kalo kita husnudzon akan membuat kita makin dkt sama Allah SWT,” katanya.

Baca Juga: Ikut Selamatkan Nyawa Ustaz Yusuf Mansur, Ini Foto Syeikh Baleid Penulis Mushaf Alquran Kerajaan Maroko

Unggahan Jody di Instagramnya langsung banjir komentar. Salah satunya dari adiknya, Joice Sitawati yang kini mengelola Waroeng Steak Obong. “Barakallah Ustadz @yusufmansurnewSemoga Allah beri kemudahan & kelancaran utk bisa menyelesaikan semua urusannya,” tulis @joicesitaw.

Sebelum berbicara dengan Hotman Paris, Ustaz Yusuf Mansur dibuat murka gegara omonganDosen Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (UI), Ade Armando. Yusuf Mansur tersinggung atas pernyataan Ade yang menyebut dirinya 'pakai akal sehat'.

Ustaz Yusuf Mansur meradang atas narasi Ade Armando ini bermula, saat mencuatnya video Ade Armando berjudul "YUSUF MANSUR BUKTI BERAGAMA HARUS PAKAI AKAL SEHAT" yang disiarkan dalam akun YouTube Cokro TV pada Sabtu, 18 Desember 2021.

Pada video itu, Ade Armando sempat berbicara masa lalu Ustaz Yusuf Mansur yang dulu pernah dipenjara dan berjualan es. Selain ia juga berbicara soal kasus Yusuf Mansur seperti pembangunan Hotel Siti Tangerang sampai kondotel di Yogyakarta yang kini disomasi oleh investor.

Dosen UI ini menilai, Ustaz Yusuf Mansur telah mendorong para jamaah agar langsung menyumbangkan sebagian dari kekayaan kepada Yusuf sendiri. "Dari berbagai video yang kembali beredar, terlihat bagaimana Yusuf minta kepada jamaah untuk menyumbangkan perhiasan yang mereka miliki kepada Yusuf," kata Ade.

Menurut Ustaz Yusuf Mansur, sebagai akademisi harus menggunakan sumber primer dan tidak hanya berdasarkan pemberitaan di berbagai media. "Monggo saya nunggu iktikad baik dan akal sehat Pak Haji (Ade Armando-red). belum lagi mem-framing kasus perumahan fiktif ke saya yang bukan pada tempatnya," tegas Ustaz Yusuf Mansur kepada MNC Portal, Minggu (19/12/2021).

"Saya udah konsul ke kanan kiri, tinggal nunggu iktikad baik Pak Haji aja dan agar dipakai akal sehatnya benar-benar di kemudian hari, jangan hanya jargon saja," tambahnya. Ustaz Yusuf Mansur pun mengaku telah mengingatkan Ade melalui pesan singkat sejak subuh. Namun belum ada tanggapan dari Ade hingga saat ini.

"Yang jelas, saya sudah WA (WhatsApp) dan ingatkan beliau. 2x di IG (Instagram) dan 1x di wa beliau," kata dia.

Baca Juga: Utang Indonesia Makin Numpuk, Ustaz Yusuf Mansur Beli Bank Milik Hari Tanoe, Ternyata Modalnya Dari Sini

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya