Sarah Sayang Ibu, Foto Belaian Pipi Mak Nyak Si Doel Banjir Doa, Ternyata Aminah Cendrakasih Alami Kebutaan Gegara Kebiasaan Buka Puasa Ini

Jumat, 15 April 2022 | 20:46
Instagram

Mak Nyak Si Doel mengalami kebutaan akibat kebiasaan buka puasa ini. Sarah membelai pipi Mak Nyak yang terbaring lemah di ranjang.

Fotokita.net - Aminah Cendrakasih pemeran Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan selama 12 tahun mengalami kebutaan. Mak Nyak Si Doel hanya bisa terbaring lemah di atas ranjang. Foto belaian lembut Sarah di pipi Mak Nyak dibanjiri doa. Ternyata Aminah Cendrakasih alami kebutaan gegara kebiasaan buka puasa ini.

Mak Nyak mengungkap kondisi keluarganya, yang membuatnya tak bisa menjalani pengobatan rutin. “Enggak berobat jalan dan enggak bisa jalan,” kata Aminah.

Menurut Aminah Cendrakasih, keluarganya juga tak sanggup menyewa seorang Asisten Rumah Tangga. Ia hanya dirawat oleh anak dan sejumlah kerabat. “Kita pembantu aja enggak punya. Keluarga sendiri,” kata Aminah.

Kendati sudah terbaring lama, Aminah tak merasa tertekan. Baginya, kediaman merupakan tempat terbaik untuk beristirahat.

“Sakit tua aja, pada pegel. Tapi badan nggak apa-apa. Kalau apa-apa di kamar kita sendiri kan kita tetap senang,” katanya saat ditemui di kediamannya, di kawasan Pinang, Tangerang, Selasa (28/5/2019).

Pembawa acara Raffi Ahmad bersama sutradara dan aktor Rano Karno mengunjungi Aminah Cendrakasih, pemeran Mak Nyak di Si Doel Anak Sekolahan.

Raffi sangat senang bertemu dengan artis senior favoritnya seperti dilansir Kompascom. Dia mengaku sering menonton sinetron Si Doel Anak Sekolahan saat masih duduk di bangku sekolah menengah pertama.

Baca Juga: Foto Pemain Sinetron Si Doel Ramai Dibahas, Adik Rano Karno Dikabarkan Menikah Sesama Jenis, Begini Faktanya

Pada kesempatan itu, Raffi memohon ampun pada Mak Nyak karena berniat menukar Oplet Si Doel dengan Roll Royce. Selain itu Raffi juga memberikan rezeki uang tunjangan hari raya (THR) kepada Mak Nyak.

Saat bertemu dengan Mak Nyak, Rano Karno membocorkan niat Raffi menukar Oplet Si Doel dengan Rolls Royce. "Mak Nyak saya juga nih tadi mau kasih THR sekali-kali buat Mak Nyak," ujar Raffi.

Ternyata sebelum bertemu dengan Mak Nyak, Raffi sempat meminta izin kepada Rano Karno tentang THR untuk aktris legendaris itu. "Dia nanya, 'Bang boleh enggak ini saya kasih THR buat Nyak?' Boleh saya bilang, memang kenapa?" kata Rano.

Mak Nyak yang hanya bisa berbaring di kasur mengucapkan terima kasih dan mendoakan Raffi Ahmad. "Saya senang soalnya, iya enggak apa-apa Nyak, buat anak-anak Mak Nyak juga buat sekeluarga," kata Raffi.

"Biar makin sukses, ya," timpal Mak Nyak.

"Pokoknya buat Raffi atas nama keluarga besar Si Doel mengucapkan terima kasih," kata Rano Karno.

Penggemar sinetron Si Doel Anak Sekolahan tentu sudah tak asing lagi dengan Mak Nyak yang menjadi Ibu Doel yang diperankan Rano Karno.

Baca Juga: Foto Almarhum Lawan Main Rano Karno Sulit Ditemukan, Ternyata Ini Alasan Bintang Sinetron Si Doel Tak Muncul dalam Pemakaman Sahabatnya

Instagram

Mak Nyak Si Doel mengalami kebutaan akibat kebiasaan buka puasa ini. Sarah membelai pipi Mak Nyak yang terbaring lemah di ranjang.

Peran ini dihidupkan dengan apik oleh Aminah Cendrakasih yang kini telah berusia 83 tahun. Selain bermain di sinetron Si Doel Anak Sekolahan, Aminah Cendrakasih sudah berkarya di dunia hiburan sejak tahun 1950an.

Berdasarkan penelusuran di Wikipedia, wanita kelahiran 29 Januari 1938 ini memulai karier sebagai aktris dengan bermain di film Rindu pada tahun 1951.

Lama menghilang, kabar aminah cendrakasih sekarang atau kabar mak nyak sekarang tengah sakit dan terbaring tak berdaya selama bertahun-tahun.

Di masa tuanya ia harus mengalami kebutaan karena penyakit glukoma yang dideritanya.Ia juga mengalami kesulitan ekonomi di masa tuanya.

Sejak sekitar 12 tahun lalu, Aminah memang berjuang melawan glukoma yang menyerang kedua matanya.

Tanda-tanda yang yang ia rasakan, pada awal pengelihatannya hanya buram.Kemudian, beberapa tahun kemudian kondisi matanya menjadi semakin memburuk.

Pemeran Sarah di sinetron Si Doel Anak Sekolahan, Cornelia Agatha ikut menjenguk Mak Nyak yang hanya bisa terbaring lemah di atas ranjang. Sarah membelai lembut pipi Mak Nyak Si Doel. Foto Sarah bersama Mak Nyak dibanjiri doa.

Baca Juga: Sehabis Berikan Amplop Cokelat Tebal, Raffi Ahmad Dapat Pesan Menohok dari Artis Senior yang Tergolek Lemah di Atas Ranjang: Ampun, Ampun Mak Nyak!

Instagram

Mak Nyak Si Doel mengalami kebutaan akibat kebiasaan buka puasa ini. Sarah membelai pipi Mak Nyak yang terbaring lemah di ranjang.

Saat dijenguk Sarah, tatapan Mak Nyak terlihat kosong. Maklum,Aminah Cendrakasih sudah tidak bisa melihat lagi. Hal ini terjadi karena dirinya memang tengah berjuang melawan glaukoma yang menyerang kedua matanya sejak 12 tahun yang lalu. Rupanya kebiasaan buka puasa ini membuat Aminah Cendrakasih mengalami kebutaan atau glaukoma.

Slaukoma sendiri adalah gangguan penglihatan yang disebabkan karena adanya kerusakan pada syaraf optik yang diakibatkan karena adanya tekanan di dalam mata. Jika kondisinya semakin buruk, penderita bisa mengalami kebutaan pada kedua matanya.

Sayangnya, kondisi ini tidak bisa dikembalikan atau dipulihkan ke kondisi semula. Berhubungan dengan Bulan Puasa, ternyata kebiasaan berbuka masyarakat Indonesia dengan minuman manis dan gorengan, bisa menyebabkan penyakit yang satu ini.

Meski makanan dan minuman tidak disebut sebagai faktor utamanya, tetapi makanan dan minuman tetap memberikan dampak pada penyakit yang satu ini.

Hidangan buka puasa tersebut identik dengan makanan atau minuman manis, kemudian dilengkapi dengan berbagai jenis gorengan, Kebiasaan berbuka dengan makanan atau minuman manis ini ternyata tidak sepenuhnya membawa hal yang baik bagi tubuh.

Mengonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan dapat menyebabkan diabetes, sedangkan glaukoma sendiri merupakan salah satu gangguan yang paling sering menyerang pasien diabetes.

Diabetes yang tidak ditangani dengan tepat bisa menyebabkan buruknya suplai darah ke retina sehingga mengganggu fungsi retina.

Maka, mengatur jumlah makanan dan minuman manis yang dikonsumsi sangat memegang peranan penting dalam mencegah diabetes. Tentunya, kebiasaan buka puasa ini sudah membuat Aminah Cendrakasih atau Mak Nyak Si Doel alami kebutaan.

Baca Juga: Dulu Tenar Hingga Jadi Idola Raffi Ahmad, Artis Senior yang Kini Mengalami Kebutaan dan Terbaring Lemah di Ranjang Mendadak Dapat Amplop Cokelat Tebal dari Suami Nagita Slavina

Instagram

Mak Nyak Si Doel mengalami kebutaan akibat kebiasaan buka puasa ini. Sarah membelai pipi Mak Nyak yang terbaring lemah di ranjang.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya