Tubuhnya Tak Lagi Sempurna, Menantu SBY Unggah Foto Pelukan Ketiga Anaknya, Minta Doa Perlindungan

Jumat, 01 April 2022 | 13:58
Instagram

Menantu SBY mengunggah foto pelukan dengan ketiga anaknya. Tubuh Aliya Rajasa tak lagi sempurna. Dia meminta doa perlindungan.

Fotokita.net - Tubuh Siti Rubi Aliya Rajasa, menantu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), tak lagi sempurna. Dia rela menjalani hidup tanpa kantong empedu. Menantu SBY itu mengunggah foto pelukan ketiga anaknya. Dia meminta doa perlindungan.

Aliya Rajasa, istri dari Edhie Baskoro Yudhoyono, putra bungsu SBY telah menjalani operasi pengangkatan kantong empedu pada Rabu (7/4/2021). Dia membagikan kabar kurang menyenangkan ini melalui akun Instagram pribadinya.

Saat memberi kabar itu, Aliya membagikan sejumlah foto saat dia menjalani perawatan di rumah sakit. Ibu tiga anak ini pun mengabarkan bahwa dirinya baru saja menjalani operasi pengangkatan kantong empedu.

"Alhamdulillaah ala kulli hal kemarin saya harus menjalankan operasi pengangkatan kandung / kantong empedu karena sudah bengkak oleh batu," ungkap Aliya Rajasa.

Putri Hatta Rajasa ini mengungkapkan hal yang dialaminya ini mungkin karena faktor keturunan atau makanan. Kini Aliya harus hidup tanpa kantong empedu dan memulai gaya hidup yang lebih sehat. Maklum, tubuhnya tak lagi sempurna.

"Mungkin karena faktor turunan atau mungkin krn makanan, namun statistik menyatakan kasus ini sering ditemukan pd profil 4F: female, fourty, fat, fertile.

Walau saya tidak sepenuhnya sesuai dengan ciri tadi namun qadarullah ini semua terjadi hingga harus diangkat empedunya... kedepannya harus life style intervention (krn sudah tidak memiliki kantong empedu/ gallbladder) dengan merubah pola makan dan yg dimakan..," ujarnya.

Baca Juga: Ayahnya Eks Kapolri Era SBY, Enji Baskoro Disebut Hamili Janda Kembang, Foto Pamer Buku Nikah Ayu Ting Ting Bertebaran

Dalam kesempatan itu, dia memohon doa untuk kelancaran pemulihannya itu. "Bismillaah semoga dilancarkan semua proses pemulihannya mohon doanya teman-teman.. semoga kita semua sehat panjang umurnya diberikan nikmat usia yg barokah utk terus menimba ilmu dan memperbanyak amal ibadah... Amiin YRA ????," tambahnya.

Selain itu, selama menjelang operasi ternyata Aliya sempat didatangi oleh Ani Yudhoyono lewat mimpinya. Diapun merasa dikuatkan selain dengan kehadiran sang suami dan keluarga yang mendampingi.

"Terima kasih memo (Ani Yudhoyono, red) yg hadir di mimpiku di malam menjelang operasi., menjadi kekuatan tersendiri bagiku dan mas Ibas pd saat menjalankan operasi..☺️Alfatihah utk memo tercinta (emoji)," pungkasnya.

Menjalani operasi pengangkatan kantong empedu, sang suami, Ibas Yudhoyono pun tampak setia mendampingi dan memberikan dukungannya. Menurut keterangan Ibas di unggahannya, Aliya menjalani operasi pada Selasa (6/4/2021) lalu.

Ia menjalani operasi di RSCM Jakarta dengan penangan dari tim dokter yang dipimpin oleh Prof. Toar. "Atas izin Allah SWT, Tuhan YME dan Alhamdulillah tgl 6 April 2021. Team Prof. Toar beserta para dokter dan suster RSCM telah berhasil mengangkat Kantong/Kandung Batu Empedu dari perut istriku tercinta Siti Rubi Aliya Rajasa. Kami mendapatkan analisa dari Prof. Marcell (RS Abdi Waluyo) termasuk referensi Prof. Dadang (RS MMC) kemudian dirawat semalam di RSCM dan akhirnya dilanjut esok harinya ke ruang operasi. Alhamdulillah..," terang Ibas.

Bagi Ibas, apa yang dialami istrinya ini pun menjadi sebuah pelajaran untuknya dan keluarga. "Allah memberikan pelajaran bagi kita semua dan terutama untuk saya beserta keluarga. Bagaimana caranya bisa lebih beryukur dan bagaimana caranya untuk lebih bersabar. Selama ini pun kami tetap "berfikir positif, berbuat ikhlas, bertutur bijak".

Terima Kasih atas segala perhatian bapak/ibu/teman” sekalian untuk segala doa kesembuhan ‘speed recovery’ untuk aliya @ruby_26 . InsyAllah, kami telah kembali ke rumah bersama keluarga dalam rangka pemulihan sisa operasi dan penyesuaiannya.

Baca Juga: Sempat Terlibat Jual Beli Pulau, Foto Bupati Penajam Paser Utara Jadi Olok-olok, Kini Bikin Anak SBY Tanggung Malu

Instagram

Menantu SBY mengunggah foto pelukan dengan ketiga anaknya. Tubuh Aliya Rajasa tak lagi sempurna. Dia meminta doa perlindungan.

Untuk itu saya tetap ingin menyampaikan rasa terima kasih dan mendoakan agar kita semua senantiasa diberikan panjang usia, sehat serta bahagia lahir dan batin," ungkapnya.

Mengutip dari Mayo Clinic, kantong empedu adalah organ tubuh sebesar buah pir yang letaknya ada di kanan perut atau di bawah organ hati. Kantong ini membantu pencernaan dengan cara menyimpan dan melepaskan cairan empedu yang dihasilkan organ hati.

Empedu membawa limbah pencernaan seperti kolesterol dan bilirubin. Lantas, ada dua jenis batu empedu yang paling umum:

1. Batu kolesterol: Batu empedu yang paling umum ini terbentuk dari kolesterol. Warnanya kuning kehijauan.

2. Batu pigmen: Batu empedu yang terbentuk dari bilirubin ini umumnya berukuran kecil. Warnanya cokelat tua sampai hitam.

3. Batu empedu ukurannya bisa beragam, mulai dari sekecil pasir hingga sebesar bola golf. Selain itu, jumlahnya bisa tunggal dan jamak.

Handrawan Nadesul, konsultan kesehatan mengungkapkan bahwa penderita penyakit batu empedu, prinsip utamanya adalah perawatan kandung empedu.

Baca Juga: Ucap Syahadat di Depan Kyai, Ferdinand Hutahaean Ngaku Mualaf Sejak 2017, Foto Ini Jadi Bukti?

Instagram

Menantu SBY mengunggah foto pelukan dengan ketiga anaknya. Tubuh Aliya Rajasa tak lagi sempurna. Dia meminta doa perlindungan.

Salah satu perawatannya adalah menghindari makanan berlemak karena lemak akan merangsang munculnya batu empedu.

"Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berlemak, karena lemak bisa merangsang munculnya batu empedu," saran Handrawan.

Saran yang juga diungkapkan Marganda, pakar kesehatan dari Rumah Sakit Omni Internasional Alam Sutera, Tangerang.

"Batu empedu biasanya timbul karena si pasien banyak mengonsumsi makanan yang berlemak, seperti bumbu rendang, soto berkuah santan kental, steak, dan lain sebagainya," kata Marganda.

Terkini, menantu SBY mengunggah foto pelukan ketiga anaknya. Dia meminta doa perlindungan kepada Yang Maha Kuasa. Rupanya, istri Edhi Baskoro Yudhoyono mengabarkan dirinya kini tengah hamil anak keempat.

Kabar itu disampaikan Aliya Rajasa melalui postingan di akun instagramnya, @ruby_26, Jumat (4/3/2022). Aliya Rajasa mengunggah foto dirinya yang tengah bersama tiga anaknya.

Melalui keterangan foto yang ia tuliskan, menantu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengatakan dari tiga nantinya bakal menjadi empat. Ia juga menuliskan doa agar bayi dan dirinya selalu diberi kesehatan.

Baca Juga: 7 Foto Perbedaan Pesawat Kepresidenan Era Jokowi dengan Generasi SBY, Cikeas Ungkap Fakta Sebenarnya

Instagram

Menantu SBY mengunggah foto pelukan dengan ketiga anaknya. Tubuh Aliya Rajasa tak lagi sempurna. Dia meminta doa perlindungan.

"Bismillaah Dari 3 mau jadi 4 (emoticon). Wasyfihi ma'ii. Anta asy-syaafii laa syifaa 'an illaa syifaa 'uka syifaa 'an laa yughaadiru saqama. Artinya: "Ya Allah, semoga Engkau lindungi bayiku ini selama ada dalam kandunganku. Berikanlah kesehatan kepadanya bersamaku," tulisnya.

Foto unggahan Aliya kemudian direspons oleh sahabat dan warganet lainnya yang menyampaikan ucapan selamat di kolom komentar.

Untuk diketahui, Aliya Rajasa saat ini memiliki tiga anak yakni dua laki-laki dan seorang perempuan. Ketiga anak Aliya Rajasa tersebut yakni Airlangga Satriadhi Yudhoyono, Pancasakti Maharajasa Yudhoyono dan Gayatri Idalia Yudhoyono.

Ibas dan Aliya menikah pada 24 November 2011 lalu. Deri pernikahan itu, mereka telah dikaruniai tiga orang anak. Aliya Rajasa mengenang kembali momen ketika mengandung si kecil.

Lewat Instagram, Aliya membagikan potret ketika sedang hamil anak pertama. Putri dari Hatta Rajasa itu tampil memesona dalam balutan maternity dress.

"Counting down the days to my first born Son’s Birthday (menghitung hari menjelang ulang tahun anak pertamaku)," tulis Aliya di keterangan foto dalam unggahan pada 21 Desember 2020.

Dalam foto tersebut, Aliya Rajasa mengenakan gaun berwarna putih. Siluet asimetris memberi nuansa klasik pada gaun tersebut. Aliya yang pada saat itu tengah hamil besar terlihat memancarkan aura mother glow. Ia memperlihatkan baby bump yang semakin membesar.

Penampilan pemilik nama lengkap Siti Ruby Aliya Rajasa makin menawan dengan memakai pulasan makeup soft. Meski foto tersebut telah diambil delapan tahun lalu, penampilan menantu SBY itu terlihat sama seperti sekarang ini. Foto tersebut langsung dibanjiri pujian warganet. Tak sedikit yang mengira kalau Aliya hamil lagi.

Baca Juga: Satu Indonesia Kena Prank, Ini Foto Tampang Anak Akidi Tio yang Ditangkap Polisi, Feeling Mantan Menteri SBY Terbukti

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma