Foto Anak Baduy Luar Kebal Disuntik Vaksin Bikin Gempar, Ternyata Orang dengan Golongan Darah Ini Paling Gampang Tertular Covid-19

Selasa, 08 Maret 2022 | 15:42
Facebook

Anak Baduy Luar disebut kebal disuntik vaksin Covid-19. Di sisi lain, orang dengan golongan darah ini ternyata paling gampang tertular Covid.

Fotokita.net - Foto seorang anak dari suku Baduy Luar di Lebak, Banten dikabarkan kebal saat disuntik vaksin Covid-19. Foto ini berasal dari tangkapan layar sebuah video yang yang bikin gempar netizen. Terlepas dari itu, ternyata orang dengan golongan darah ini paling gampang tertular Covid-19.

Sebuah foto yang menampilkan seorang anak laki-laki dengan tenang mendapatkan vaksin Covid-19 tersebar luas di media sosial. Di foto yang viral itu, wajah anak itu menunjukkan ekspresi tenang saat jarim suntik ditusukkan ke lengannya.

Namun, foto itu memfokuskkan pada jarum suntik yang berusaha menembus kulit lengan bocah laki-laki. Foto ini berasal dari tangkapan layar sebuah video viral di media sosial. Dalam narasinya, jarum suntik yang berisikan vaksin Covid-19 gagal menembus kulit lengan kiri bocah laki-laki itu.

Mulanya, video yang merekam bocah laki-laki itudiunggah pada 5 Maret 2022 oleh akun Twitter @alfajri221810. Dalam video itu tampak seorang bocah yang terlihat santai saat akan menerima suntikan. Bukan panik atau menangis, bocah tersebut malah tersenyum tatkala petugas kesehatan akan menyuntikan vaksin.

Namun, dalam video tersebut tampak petugas kesehatan yang mulai panik, ia kesulitan saat akan menyuntikan jarum pada lengan bocah tersebut. Bahkan jarum suntik pun terlihat tak menembus kulit bocah tersebut, meski petugas kesehatan telah mendorongnya dengan kuat.

Dalam keterangan yang tertulis dalam video, diterangkan bahwa si bocah itu dibekali ilmu kebal. 'Karena dibekali ilmu kebal dari orang tuanya. Anak Suku Baduy Luar ini kebal suntik vaksin.

"Dinas kesehatan provinsi Banten kesulitan saat suntik vaksin pada anak-anak suku baduy luar karena banyak anak-anak yang dibekali ilmu kebal oleh kedua orang tua nya," ucap akun Twitter @alfajri221810.

Baca Juga: Meninggal Dunia Karena Covid-19, Ini Wasiat Dorce Gamalama yang Memicu Kontroversi Ulama, Foto Sahabat Raffi Ahmad Bikin Pilu

Unggahan yang telah ditonton setengah juta orang, dibagikan lebih dari 9500 pengguna Twitter dan disukai sebanyak 28.000 itu menjadi sorotan tajam netizen.

Peristiwa itu diduga terjadi saat Dinkes provinsi Banten memberikan vaksin pada anak SD dari suku Baduy. Setelah viral, video ini juga dibagikan oleh akun Instagram @birunyarina, Minggu (06/03/2022).

Dalam video tersebut terlihat suasana pemberian vaksin Covid-19 untuk anak SD. Viral beredar video seorang anak laki-laki diklaim warga Baduy yang tengah menerima vaksin.Saat petugas mencoba memberikan vaksin, petugas kesulitan menusukkan jarum karena anak tersebut diduga dibekali ilmu kebal.

"Dinas kesehatan Provinsi Banten kesulitan saat suntik vaksin pada anak-anak suku badui luar karena banyak anak-anak yang dibekali ilmu kebal oleh kedua orang tua nya," demikian narasi dalam unggahan video yang diunggah pada Sabtu (5/3).

Lebih lanjut, Dinkes Kabupaten Lebak di mana video tersebut diduga diambil menyatakan pihaknya tidak mengadakan program vaksinasi pada anak sekolah masyarakat baduy.

Pernyataan tersebut juga diperkuat dari hasil koordinasi sejumlah Kepala Puskesmas di wilayah tersebut.

"Dinas Kesehatan Kabupaten lebak menyatakan bahwa tidak ada giat vaksinasi anak sekolah masyarakat badui (dalam video kebal jarum)," ujar Ati.

Baca Juga: Foto Wajah Gempi Kaget Disuntik Vaksin Covid-19 Bikin Bangga Gisel, Netizen: Kok Nggak Dihabisin Nyuntiknya?

Facebook

Anak Baduy Luar disebut kebal disuntik vaksin Covid-19. Di sisi lain, orang dengan golongan darah ini ternyata paling gampang tertular Covid.

"Hal tersebut diperkuat dari hasil koordinasi kepala puskesmas penyangga masyarakat badui (PKM Cisimeut, PKM Sobang, PKM Bojongmanik dan PKM Cirinten)," katanya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Puskesmas Cisimeut Kecamatan Leuwidamar Lebak, Dede Herdiansyah, memastikan video tersebut hoax. Pihaknya menyatakan tidak pernah menemukan ada anak Baduy yang kebal kala disuntik vaksin.

"Kalau videonya mungkin betul ada kejadian seperti itu. Tapi, kalau dibilang itu orang Baduy itu tidak benar. Karena kami tidak menemukan ada orang Baduy yang kami suntik kebal," ujar Dede dimintai konfirmasi, Minggu (6/3/2022).

Dede mengaku, selama melaksanakan vaksinasi bagi warga Baduy Luar dan Baduy Dalam, tidak pernah ditemukan kejadian seperti itu. Hingga saat ini, total ada 187 orang Baduy yang telah divaksinasi.

"Kami melakukan vaksinasi ke orang Baduy Luar dan Dalam di Desa Kanekes (Wilayah perkampungan suku Baduy), kami sudah menyuntik sekitar 187 orang Baduy. Kesulitan kami hanya mereka belum percaya divaksin bukan soal kebal-kebalan," katanya.

Terlepas dari foto anak Baduy Luar yang disebut kebal disuntik vaksin, ternyata orang dengan golongan darah ini paling gampang tertular Covid-19.

Sudah lebih dari dua tahun, virus Corona masih mengancam kesehatan masyarakat dunia. Selain badan yang kurang sehat, imun yang rendah, masyarakat juga bisa mudah terserang COVID-19 karena golongan darah yang mereka miliki.

Baca Juga: Foto Joki Vaksin Pinrang Bikin Penasaran, Akun IG Dokter Tirta Diserbu Netizen: Covid Jiper Liat Dia

Twitter

Anak Baduy Luar disebut kebal disuntik vaksin Covid-19. Di sisi lain, orang dengan golongan darah ini ternyata paling gampang tertular Covid.

Dikutip dari Journal of Epidemiology and Global Health yang diterbitkan Springerlink pada 3 Januari 2022, ada kaitan antara 'kekebalan' seseorang terhadap COVID-19 dengan golongan darah, artinya orang dengan golongan darah tertentu mungkin lebih 'kebal' terinfeksi COVID-19.

Penelitian dilakukan pada 370 pasien di Arab Saudi yang terinfeksi COVID-19 dengan golongan darah berbeda-beda.

Penelitian diklasifikasikan menjadi dua kelompok berdasarkan jenis kelamin dan usia. Pada beberapa jurnal dan artikel yang belakangan dipublikasikan, disebutkan tipe golongan A tinggi risiko terinfeksi COVID-19. Namun temuan yang dilakukan para peneliti di Arab Saudi, menemukan hasil berbeda.

"Artikel melaporkan pengamatan yang bertentangan, menunjukan bahwa individu dengan golongan darah tipe B lebih rentan terhadap infeksi SARS-CoV-2 daripada tipe A," tulis jurnal tersebut, dikutip Selasa (8/3/2022).

Lebih lanjut, penelitian itu mengungkapkan bahwa individu dengan golongan darah tipe B dan AB memiliki risiko lebih tinggi dites positif COVID-19.

"Sedangkan individu tipe O lebih kecil kemungkinannya terpapar COVID-19," tambah keterangan jurnal tersebut.

Hasil penelitian menemukan golongan darah tipe O berisiko rendah dites positif COVID-19 dan cukup terlindungi saat terinfeksi COVID-19, tak bergejala berat. Kemudian untuk golongan darah B, memiliki tingkat COVID-19 lebih tinggi, tetapi gejala yang dilaporkan terbilang masih ringan.

"Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memvalidasi ukuran sampel yang lebih besar di antara individu-individu dari kelompok etnis yang berbeda," tulis hasil penelitian tersebut.

Baca Juga: 'Selamat Jalan Sahabatku, Rest In Love Sayang' Kekasih Rano Karno Unggah Foto Duka, Lawan Main Mandra di Sinetron Si Doel Meninggal Karena Covid-19

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya