Umbar Senyum Saat Foto Bareng, Dorce Gamalama Ungkap Permintaan Terakhirnya, Denny Sumargo Sampai Merinding

Rabu, 16 Februari 2022 | 09:57
Instagram

Dorce Gamalama

Fotokita.net - Artis multitalenta Dorce Gamalama tutup usia pada Rabu (16/2/2022). Dorce dikabarkan meninggal karena Covid-19. Sebelumnya, sang artis sempat menungkapkan permintaan terakhirnya hingga bikin Denny Sumargo merinding.

Sahabat Dorce,Hetty Soendjaya sudah memberikan konfirmasi perihal meninggalnya Dorce. Menurut Hetty, Dorce berpulang pada Rabu pukul 07.30 WIB di rumah sakit Simprug, Jakarta.

Hetty juga menyebutkan,Dorce meninggal dunia karena Covid-19. Saat ini jenazah masih ditangani oleh pihak rumah sakit. Saat dihubungi awak media, Hetty Soendjaya mengatakan, pihak keluarga belum bisa memastikan di mana jenazah Dorce Gamalama akan dimakamkan karena harus mengikuti protokol Covid-19.

Sebelum meninggal dunia,selama beberapa bulan ini Dorce bolak-balik dirawat di rumah sakit karena diabetes. Dorce memang punya riwayat sakit yang panjang. Beberapa kali ia dikabarkan dalam kondisi tak sadarkan diri di ICU.

Dorce mengaku mengidap batu ginjal dan harus segera dilakukan operasi. Gara-gara itu, Dorce Gamalama selama berbulan-bulan harus merasakan sakit punggung dan pinggang.

"Alhamdulillah Allah masih kasih nikmat makan, nikmat tidur, nikmat minum Alhamdulillah nggak ada masalah. Cuma ada ini dikit, batu ginjal aja. Batunya mesti diangkat. Ditembak kan nggak bisa, jadi mesti diangkat," kata Dorce Gamalama dalam wawancaranya dengan detikcom ketika itu.

Sosok kelahiran 21 Juli 1963 itu juga menceritakan soal pantangan yang sangat harus dia jaga. Menurutnya saat itu batu ginjal yang ada di dalam tubuhnya tidak terlalu parah. Dorce mengatakan ukuran batu ginjal di dalam tubuhnya masih kecil-kecil.

Baca Juga: Meninggal Dunia Karena Covid-19, Ini Wasiat Dorce Gamalama yang Memicu Kontroversi Ulama, Foto Sahabat Raffi Ahmad Bikin Pilu

Selain batu ginjal, Dorce Gamalama juga mengatakan dirinya mengidap penyakit gula. Namun, sakit gula yang diidapnya ada faktor genetik.

"Iya, kalau gula sudah dari dulu cuma dulu kan naik ya sampai 300, kadang turun sampai 200. Nah sekarang sudah 125 nih, kemarin sebulan terakhir agak bertahan soalnya saya minum bidara cina. Alhamdulillah agak turun," jelas Dorce Gamalama.

Dorce Gamalama dikenal sebagai artis yang sangat rama kepada penggemarnya. Dia tak pernah menampik permintaan foto bareng fans. Ketika berjumpa di mana pun, Dorce Gamalama selalu menebar tawa dan senyum ketika diajak berpose di depan kamera.

Itu sebabnya, Dorce Gamalama dikenal memiliki pergaulan luas. Foto Dorce Gamalama pun mudah dijumpai di media sosial. Sekalipun memiliki akun Instagram sendiri, Dorce Gamalama sayangnya kurang aktif mengunggah foto kegiatan sehari-harinya.

Namun, kondisi berbeda apabila kita jumpai di Facebook. Foto Dorce Gamalama banyak dibagikan oleh fansnya. Mereka begitu bahagia berjumpa sang idola ketika tak sengaja bertemu, lalu mengunggahnya di akun Facebook masing-masing.

Terlahir dengan nama Dedi Yuliardi, Dorce Gamalama meraih sukses bukan dalam sekedipan mata. Dorce Gamalama lahir pada21 Juli 1963 di Solok, Sumatera Barat. Dorce Gamalama sebagai bayi laki-laki.

Dorce Gamalama memiliki orangtua bernama Achmad dan Dalifah. Ayah Dorce Gamalama memiliki profesi seniman yang juga tentara. Dia punya garis keturunan Arab-Binjai. Ibunda Dorce Gamalama memiliki usaha beras, asli orang Minang.

Baca Juga: Wasiat Dorce Gamalama Tuai Kontroversi Ulama, Netizen Salahkan Keluarga, Foto Terkininya Bikin Pilu

Instagram

Atta Halilintar mengunggah foto dirinya berdoa di sisi Dorce Gamalama yang duduk di atas kursi roda. Denny Sumargo ungkap pesan Dorce.

Dorce Gamalama tak pernah merasakan kasih sayang seorang ibu. Sebab, baru merasakan nikmatnya belaian selama 3 bulan, Dorce Gamalama ditinggal pergi sang ibunda untuk selama-lamanya. Dorce tak pernah tahu penyebab ibunya meninggal dunia di usia 40 tahun.

Kepergian sang ibu membuat ayah Dorce terguncang. Setelah 2 bulan ditinggal pergi istrinya ke alam baka, ayah Dorce pergi dari rumah tanpa memberikan alasan. Dorce kecil menjadi sebatang kara. Terlebih lagi, pada usia 1 tahun, Dorce mendapatkan kabar ayahnya ditemukan tak lagi bernyawa.

Kisah kelam masa kecil Dorce telah diungkapnya dalambuku bertajuk 'Aku Perempuan: Jalan Berliku Seorang Dorce Gamalama', Dorce menceritakan detail segala kisah masa lalu kelamnya yang penuh perjuangan. Buku tersebut terbit pada Agustus 2005 lalu.

Kegigihan Dorce Gamalama meraih jalan sukses pantas diteladani. Dia mencapai singgasana popularitas dengan kerja keras sepenuh hati. Hal ini termasuk perubahan gendernya, dari laki-laki menjadi seorang perempuan sejati. Tanpa memedulikan cibiran orang, Dorce Gamalama secara sadar mengubah identitas dirinya.

Dalam sebuah kesempatan, Dorce Gamalama mengutarakan harapan yang diingginkan apabilanapasnya tak lagi berhembus. Artis serba bisa ini ingin meninggal dalam kondisi pilihannya, sebagai seorang wanita.

"Jika sudah tak ada umur, aku berharap meninggal dalam keadaanku yang sekarang (wanita). Aku memohon sama Tuhan," ujarnya di Hotel Century, Jakarta Pusat, Jumat (11/72014).

Dorce Gamalama bergitu berharap ketikameninggal dunia dalam kondisinya sebagai wanita. Bahkan Dorce tak memaksa jika pilihan itu membingungkan orang yang bakal memandikan jenazahnya.

Baca Juga: Terbaring Lemah di Ranjang, Foto Dorce Gamalama yang Ingin Dimakamkan Sebagai Wanita, MUI Sampai Buka Suara

Instagram

Dorce Gamalama selalu mengumbar senyum saat foto bersama. Dia mengungkapkan permintaan terakhirnya ke Denny Sumargo.

Dorce Gamalama berujar, "Kalau misalnya bingung pas nanti meninggal siapa yang mandikan, ya nggak usah dimandikan, langsung dikubur saja. Gue punya kafan sendiri."

Dorce Gamalama tak pernah terlintas dalam pikiriannya bermain-main dengan pilihannya untuk menjadi wanita. Dia sudah melakukan operasi kelamin dan mengajukan ke pengadilan atas perubahan kelaminnya tersebut.

Artis yang akrab disapa Bunda Dorce itu pun tak pernah peduli dengan pandangan orang lain atas statusnya. Bahkan ia tak masalah meski banyak orang memanggilnya banci.

Sampai detik ini, ia nyaman dengan statusnya. Yang ia harapkan adalah Tuhan tahu apa isi hatinya, bukan bagaimana orang lain memandangnya.

"Sampai saat ini, gue tetap jalani sesuai dengan apa yang gue yakini. Gue nggak akan pernah berubah. Tetap sebagai perempuan. Apalagi ada ketetapan dari Pengadilan. Jadi mohon dihargai," tandasnya.

Dorce Gamalama rupanya yang sudah mempersiapkan hari kematiannya. Dalam artian Dorce Gamalama mempersiapkan segala sesautu yang dibutuhkan orang-orang sekitarnya ketika ia meninggal nanti. Dia juga sudah menyiapkan wasiat pilu.

Dorce Gamalama sudah mempersiapkan penutup jenazah, kain kafan, tanah kuburan, keranda dan lain sebagainya ketika hari kematiannya kelak.

Baca Juga: Foto Dorce Gamalama Terima Amplop Tebal dari Sule Tuai Komentar, Sikapnya ke Mantan Presiden Jadi Sorotan

Instagram/@dg_kcp
Instagram/@dg_kcp

Dorce Gamalama

Melalui acara Good Friend Inews TV, Dorce Gamalama mengakui sudah mempersiapkan perlengkapan kematiannya tersebut. Artis senior ini mengaku tidak ingin merepotkan orang di sekitarnya ketika mengurus jenazahnya kelak. Selama masih diberi kesempatan untuk hidup, Dorce Gamalama memilih untuk menyediakan perlengkapan kematiannya sekarang.

"Aku tidak mau merepotkan orang, karena menyiapkan sendiri itu lebih baik. Karena keinginan sendiri kita masih bisa beli kan, tapi kalau misalnya udah mati siapa yang mau beli. Paling beli kain kafan doang sama tikar," kata Dorce Gamalama.

Selain itu, Dorce juga sudah siap dengan surat wasiat yang akan mempermudah orang-orang di sekitarnya, kelak jika ia meninggal. Dorce Gamalama juga meyakini orang-orang di sekitarnya akan peduli mengurus dan memandikan jenazahnya. Dalam kesempatan ini, dia melontarkan wasiat pilu.

"Tapi kalau kita punya wasiat ini begini, di sini, ini kuburan gue. Jadi nanti orang kalau nanya yang mandiin Dorce siapa tuh laki atau perempuan. Ngga usah bingung-bingung," ujarnya.

Menurutnya keyakinan dalam diri sendiri adalah hal yang paling penting. Jika seseorang meyakini akan mendapat rezeki berlimpah makan akan banyak datang rezeki dalam hidupnya.

Keyakinan seperti itu lah yang dipegang teguh oleh Dorce Gamalama dalam menjalani kehidupan. Karena itu, Dorce Gamalama meyakini orang sekitarnya tidak akan diam dan acuh ketika dirinya meninggal. Dia juga tak mempersoalkan cara orang akan memandikan jenazahnya kelak, secara perempuan atau laki-laki akan terlihat pada jenis kelaminnya.

"Jadi nanti kalau gue meninggal, ngga mungkin orang diam. Pasti ada lah yang mandiin sesuai dengan jenis kelamin aku, kalau perempuan ya perempuan loh," tuturnya. Selain itu, Dorce Gamalama mengaku dirinya tidak ingin memiliki umur panjang jika tidak memberi manfaat untuk orang sekitarnya. Setiap kali Dorce berdoa ia selalu meminta agar hidupnya bermanfaat untuk orang lain.

Baca Juga: Pilu! Foto Tatapan Kosong Dorce Gamalama ke Betrand Peto, Ruben Onsu Penuhi Permintaan Sang Presenter Senior

"Aku (umurnya) panjang boleh tapi bermanfaat. Aku selalu doanya begitu ya Allah kalau memang umurku panjang aku bermanfaat. Tapi kalau aku tidak bermanfaat, pendekin aja. Artinya ngapain aku hidup kalau ngga bermanfaat untuk orang lain," tandasnya.

Selain soal itu, ada hal lain yang juga dari Dorce yang ingin dia sampaikan kepada penggemar dan masyarakat luas. Terkait dengan sebagai apa dirinya dimakamkan nanti. Mungkin terdengar sedikit kontroversial, tapi begitu adanya.

Dorce mengungkapnya dalam podcast bersama Denny Sumargo beberapa waktu lalu. "Ini ada satu pertanyaan yang kontroversi, kalau tidak mau dijawab tidak apa. Bunda kalau kemudian nanti berpulang, kita tidak tahu kapan, bunda ingin meninggalnya sebagai apa?" tanya Densu dalam video berdurasi sekitar 28 menit itu.

"Sebagai saya sekarang. Saya perempuan, saya punya kelamin perempuan, jadi harus," jawab Dorce yang duduk di kursi roda. Ditemui di tempat terpisah, Denny Sumargo pun menceritakan soal itu sekali lagi.

Instagram

Dorce Gamalama selalu mengumbar senyum saat foto bersama. Dia mengungkapkan permintaan terakhirnya ke Denny Sumargo.

"Itu pesannya dia. Gue sempat tanya, satu pertanyaan yang sensitif, gue bilang, kalau nggak mau jawab jangan, dia jawab, bunda dimakamkan secara wanita," ujar Densu. Dalam video tersebut, Bunda Dorce banyak bicara soal betapa inginnya dia bisa segera berjalan lagi.

"Gue lihat kondisi bunda yang biasanya sehat dan bugar, kemarin melihat kondisinya sedih. Kenapa? Karena gue adalah salah satu orang yang mengikuti zaman bunda saat masih aktif.

Bunda bukan entertainer yang main di sensasi, tapi prestasi. Gue sekaligus silaturahmi dan kenalan langsung. Senang akhirnya bisa ketemu sama sosok yang gue senangin dan terhibur sama karyanya dari kecil," tambah Densu. Untuk idolanya itu, Densu juga ikut memberikan bantuan. "Ya adalah (bantuan). Ya nggak perlu tahu apalah. Ada bantu," pungkasnya.

Baca Juga: Dunia Berputar Cepat Foto Dorce Gamalama Jadi Ratu Panggung Nikahan Muncul, Tubuh Sang Artis Serba Bisa Kini Habis Diegerogoti Penyakit Berbahaya Ini

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya