MUI Sampai Buka Suara, Foto Oki Setiana Dewi Terlanjur Digeruduk, Ternyata Begini Pesan Dakwah Kakak Ria Ricis Soal KDRT

Kamis, 03 Februari 2022 | 17:28
Instagram

Foto Oki Setiana Dewi terlanjur digeruduk netizen. Ternyata begini pesan dakwah kakak Ria Ricis soal KDRT yang bikin MUI ikut buka suara.

Fotokita.net - Artis sekaligus Ustazah Oki Setiana Dewi sedang menjadi perbincangan hangat di media sosial. Pemicunya, kakak Ria Ricis menyampaikan pesan dakwah yang disebut menutupi KDRT (kekerasan dalam rumah tangga). Majelis Ulama Indonesia (MUI) sampai ikut buka suara. Foto Oki Setiana Dewi terlanjur digeruduk.

Pesan dakwah yang disampaikan Ustazah Oki Setiana Dewi tengah menjadi sorotan publik. Pasalnya, video dakwah kakak Ria Ricis dianggap melanggengkan praktik kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Dalam salah satu potongan isi pesannya yang kini tengah viral tersebut, Oki berbicara soal seorang istri yang baru saja dipukul suaminya. Namun, Oki mengatakan sang istri lalu tidak menceritakan tindakan suaminya itu ketika orang tuanya berkunjung ke rumah.

Ketua PBNU Alissa Qotrunnada Wahid menyayangkan dakwah Ustazah Oki Setiana Dewi yang menyinggung soal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Alissa Wahid menegaskan kekerasan suami kepada istri tak pantas ditutupi.

"Saya menyayangkan pemilihan contoh itu, karena sependek yang saya tahu Mbak Oki itu kan sedang membahas tentang bagaimana sebagai perempuan kita itu jangan mudah mengumbar aib keluarga termasuk aib suami, kan begitu message-nya.

Tetapi karena pemilihan kasusnya salah itu, jadi perspektif dasarnya Mbak Oki jadi muncul bahwa KDRT, pemukulan yang dilakukan oleh laki-laki kepada istri itu aib, padahalnya yang aib itu memukulnya, bukan menceritakannya," kata Alissa Wahid kepada wartawan, Kamis (3/2/2022).

Alissa mengatakan bahwa Islam mengajarkan agar suami memperlakukan istri dengan baik dan layak. Dia menekankan bahwa kekerasan suami terhadap istri tak pantas ditutupi.

Baca Juga: Isi Ceramah Jadi Sorotan, Foto Keluarga Oki Setiana Dewi Digeruduk, Anak Bungsunya Harus Disuntik Setiap Hari

"Laki-laki memukul perempuan itu aib, nggak boleh, dosa. Dalam Al-Qur'an itu sudah diperintahkan untuk memperlakukan istri, suami itu memperlakukan istri dengan baik, perintahnya begitu 'perlakukanlah istrimu dengan ma'ruf, dengan layak'. Jadi kalau kekerasan tidak sepantasnya kemudian itu ditutup-tutupi hanya untuk menjaga harga diri suami," tutur dia.

Mantan Sekretaris Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) PBNU itu menyebut bahwa berpura-pura tak ada kekerasan dalam rumah tangga tidak lantas membuat suami berubah. Alissa kemudian menjelaskan dari sisi psikologis.

"Yang kedua memang menyampaikan pesan bahwa berpura-pura tidak ada kekerasan itu akan membuat laki-laki jatuh sayang dan berubah itu, saya ini bicara sebagai psikolog ya, konselor perkawinan dan juga tim yang mengembangkan konsep keluarga masalah Nahdlatul Ulama dan program bina keluarga sakinah Kementerian Agama, saya bisa mengatakan dari pengalaman saya mengkonsul pasangan suami istri itu tidak ada laki-laki yang kemudian merubah menjadi berhenti memukul karena istrinya menutupi dan menerima dipukul, itu tidak," sebutnya.

Alissa mengatakan bahwa laki-laki berhenti melakukan kekerasan seksual ketika dia mengalami pergeseran paradigma atau cara pandang. Salah satunya, kata Alissa, laki-laki tersebut memahami bahwa memukul istri itu tak boleh menurut agama.

"Jadi misalnya kemudian dia belajar memukul istri itu tidak boleh menurut agama, itu akan membuat orang bisa berpikir beberapa kali. Atau kalau istrinya kemudian berdaya dan mengatakan bahwa 'stop saya tidak bisa menerima perilaku seperti ini, dan kalau kamu tidak berubah, ya kita lebih baik berpisah' itu bisa laki-laki berubah. Tapi kalau, justru dengan mendiamkan nggak ada," tuturnya.

Selain itu, Alissa menyoroti contoh kisah dalam ceramah Oki Setiawan Dewi itu. Dalam kisah yang disampaikan Oki, bahwa istri berbohong kepada ibunya, alasan dia menangis lantaran rindu, bukan karena habis dipukul oleh suami.

Menurut Alissa, seharusnya istri mencarikan permasalahan yang sebenarnya kepada orang tua. Dia menilai berbohong kepada orang tua adalah dosa.

Baca Juga: Foto Dimas Ahmad Pose Gokil di Kondangan Ria Ricis Jadi Sorotan, Respons Mantan Penjual Bakso Disindir Datang Sendirian Bikin Syok

Instagram

Foto Oki Setiana Dewi terlanjur digeruduk netizen. Ternyata begini pesan dakwah kakak Ria Ricis soal KDRT yang bikin MUI ikut buka suara.

"Kalau tidak diumbarnya saya setuju, tidak diumbar terus nyerocos ke sana kemari hanya sebatas nyerocos itu saya tidak setuju, tetapi ketika di dalam ceramah itu Mbak Oki menyampaikan bahwa si istri ini kemudian berbohong kepada orang tuanya 'demi' itu salah sekali, salah sekali," sebutnya.

"Dia bisa mengatakan bahwa saya sedang ada masalah dengan suami saya, dan saya menangis karena bertengkar, itu bisa. Tidak kemudian berbohong, itu dua kali loh dosanya tuh, berbohong kepada orang tua itu dosa. Yang kedua juga menutupi kejahatan, kekerasan juga dosa, tidak akan membantu orang menjadi lebih baik," lanjutnya.

Sementara itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengkritik ceramah Ustazah Oki Setiana Dewi yang dianggap menormalkan praktik KDRT. MUI menyebut dalam Islam KDRT itu dilarang. "Islam melarang melakukan kekerasan dalam rumah tangga," kata Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, Muhammad Cholil Nafis, kepada wartawan, Kamis (3/2/2022).

Cholil menyebut apa yang disampaikan Oki tidak tepat. Menurutnya, jika seorang istri atau suami mengalami KDRT, alangkah lebih baiknya diceritakan kepada orang yang tepat. "Ya (diceritakan). Diselesaikan pastinya diceritakan kepada orang yang tepat," ucapnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan penyelesaian kasus KDRT sangat situasional. Perihal KDRT, kata dia, bisa diselesaikan dengan cara datang ke tokoh untuk meminta nasihat hingga dengan menempuh proses hukum

"Cuma kita perlu mencari penyelesaian kalau terjadi KDRT. Apakah dengan nasihat, datang ke tokoh, arbitrase keluarga besan atau sampai pada pelaporan ke pihak hukum. Ini sangat kondisional," ujarnya.

Dakwah Oki Setiana Dewi dianggap menormalkan KDRT. Dalam salah satu video yang tersebar, Oki Setiana Dewi memberikan contoh perilaku istri yang menyembunyikan kesalahan suaminya ketika mendapat tindakan KDRT.

Baca Juga: Meninggal Mendadak Karena Jantung, Ini Alasan Ayah Ria Ricis Dimakamkan di Pesantren Ustaz Yusuf Mansur

Instagram

Foto Oki Setiana Dewi terlanjur digeruduk netizen. Ternyata begini pesan dakwah kakak Ria Ricis soal KDRT yang bikin MUI ikut buka suara.

Awak media detikcom yang mencoba menghubungisuami Oki Setiana Dewi, Ory Vitrio. Ory Vitrio memberikan link ke channel YouTube yang memuat ceramah Oki Setiana Dewi yang tengah ramai.

Video dakwah tersebut berjudul 'Tingkat Tertinggi Akhlak Istri'. Video berdurasi 4 menit 4 detik itu diunggah pada 20 Maret 2019. Pesan dakwahdalam video itu lebih panjang dari video-video yang viral dan tersebar di media sosial.

Awalnya, Oki Setiana Dewi menceritakan soal sikap seorang perempuan yang selalu memperlihatkan kondisi rumah tangganya baik-baik saja, meski kenyataannya berbeda. Berikut awal ceramah Oki Setiana Dewi yang dianggap menormalkan KDRT:

'Rumah tanggaku ya Allah, sedih.' Di depan orang banyak, 'Alhamdulillah baik. Doain ya sakinnah, mawaddah, wa rahmah. Suamiku tuh baik luar biasa,' tapi di sepertiga malam, 'Ya Allah sedih rumah tanggaku ya Allah.' Gitu Bu harusnya.

Ini kalau terjadi permasalahan rumah tangga curhat ke orang lain atau curhat di social media, dikit-dikit posting. Tapi yang udah sepuh-sepuh sih alhamdulillah nggak ada social media, bagus juga nggak gaul di social media.

Karena kalau zaman sekarang punya sosmed dikit, kasih cerita di sosmed, bikin status-status di sosmed, dibaca sama seluruh orang di dunia ini. Ya Allah ternyata rumah tangganya lagi berantakan.

Akhirnya ada laki-laki yang baca, 'Oh rumah tangganya lagi berantakan, aku pepetin ah.' Kesempatan 'Aku ini laki-laki ku tunggu jandamu. Dari dia gadis ku tunggu jandamu. Dia lagi ada problem aku pepetin ah.' Membuka pintu setan, buka-buka rahasia rumah tangga, membuka aib orang lain, atau aib suami sendiri. Buat apa?

Baca Juga: Makam Sang Ayah Masih Basah, Ria Ricis Disemprot Netizen: Mendulang Traffic dari Kematian Ayah Kandung Adalah Sehina-hinanya Konten

Baru selanjutnya, Oki Setiana Dewi menceritakan sebuah kisah nyata pasangan suami dan istri di Jeddah. Cerita inilah yang viral dan muncul anggapan Oki Setiana Dewi menormalkan KDRT.

Ada sebuah kisah nyata di Jeddah. Suami istri lagi bertengkar, suaminya marah luar biasa pada sang istri dipukullah wajah istri. Kemudian istrinya menangis, tiba-tiba terdengar bel pintu rumah berbunyi. Ketika istrinya membuka dalam keadaan sembab matanya, ternyata ibunya sang istri. Suaminya dari kejauhan deg-degan, ya Allah istriku ini pasti ngadu sama mertuaku ini bahwa tadi baru dipukul.

Orang tuanya tanya pada si perempuan ini, 'Anakku kenapa kok kamu menangis matanya sembab begitu kenapa?' Istrinya mengatakan, 'Ibu Ayah ya Allah aku tadi berdoa sama Allah. Aku rindu sama Ibu sama Ayah karena sudah lama nggak ketemu. Aku menangis karena rindu sama Ibu sama Ayah eh tahunya Allah langsung menjawab doa aku. Aku semakin terharu jadi aku menangis aku rindu sama Ibu sama Bapak, bahagia bisa ketemu sama Ibu sama Bapak.'

Suaminya dari kejauhan, 'Ya Allah ini istri.' Padahal bisa loh istrinya ngadu sama orang tuanya itu. Aku baru dipukul, ada KDRT, kekerasan dalam rumah tangga.

Kan kalau perempuan kadang-kadang suka lebay ceritanya, nggak sesuai kenyataan, dilebih-lebihkan gitu. orang kalau lagi marah, sakit hati biasanya ceritanya suka dilebih-lebihkan. Tapi sang istri mengatakan, 'Ya Allah aku tuh menangis karena rindu sama Bapak sama ibu.' Suaminya luluh hatinya, 'Istriku itu masyaallah menyimpan aibku sendiri ya Allah luar biasa.' Makin sayang dan cinta sumi tersebut.

Makanya kalau kita berantem suami istri, khususnya pernikahan muda, dikit-dikit ngadu sama orang tua. Orang tuanya kesel, eh kita sudah buat anak lagi sama suami kita, sudah baik lagi sama suami kita, orang tua masih sebel kita sudah harmonis lagi sama suami kita. Jadi tidak perlulah cerita-cerita yang sekiranya membuat kita menjelek-jelekkan suami kita sendiri.

Baca Juga: Foto Taqy Malik Pamer Uang Dollar di Acara Ultah Istri Juragan 99 Heboh, Netizen Salfok Penampakan Teman Dekat Ria Ricis: Kirain Oppa Korea

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya