Jadi Buronan Netizen, Ini Foto Tampang Pembunuh Anak Muda di Bekasi, Motifnya Cuma Masalah Sepele

Rabu, 26 Januari 2022 | 19:07
Tribun Jakarta

Foto tampang Tegar yang disebarkan itu juga menyertakan potret laporan polisi perihal kematian korban. Motifnya cuma masalah sepele.

Fotokita.net - Foto tampang pria bernama Tegar sempat disebarkan netizen di media sosial. Dalam narasi yang beredar, Tegar jadi buronan lantaran diduga membunuh seorang anak muda berisinial AY di Bekasi, Jawa Barat. Ternyata motifnya cuma masalah sepele ini.

Netizen geram melihat kabar pembunuhan AY di media sosial. Itu sebabnya, foto tampang Tegar yang disebut sebagai pelaku pembunuhan disebarkan ke berbagai grup percakapan di media sosial. Tegar menjadi buronan netizen.

"Nama: Tegar. Kasus Pembunuhan Remaja di Jatiwaringin Pondokgede Kota Bekasi...Bila melihat orang tsb...silakan menghubungi nmr ini atau pihak berwajib: 08389******* 0882********," demikian tulisan yang disematkan pada postingan foto wajah Tegar di media sosial.

Foto tampang Tegar yang disebarkan itu juga menyertakan potret laporan polisi perihal kematian korban. Dari laporan polisi itu terungkap kronologi jasad AY ditemukan dalam kondisi tangan dan kaki terikat serta mulut dilakban.

Resmob Polda Metro Jaya dan Polres Metro Bekasi Kota mengungkap kasus pembunuhan pria dengan modus bully pengurungan di kamar mandi hingga meninggal dunia. Ternyata AY disekap temannya, Tegar.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan menyebutkan korban awalnya dilaporkan meninggal dunia karena jatuh tangga di rumahnya Jalan Swadaya III, Jatiwaringin Pondok Gede, Bekasi pada Selasa 18 Januari 2022.

"Awalnya korban dilaporkan meninggal dunia karena jatuh dari tangga. Namun beberapa hari kemudian kakak korban membuat LP ke Polres Bekasi Kota untuk melakukan penyelidikan," ujar Endra Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Rabu (26/1/2022).

Baca Juga: Foto Tampang Penghuni Penjara di Rumah Bupati Langkat Bikin Nyesek, Polri Ungkap Motif Sang Pejabat Daerah

Facebook

Foto tampang Tegar yang disebarkan itu juga menyertakan potret laporan polisi perihal kematian korban. Motifnya cuma masalah sepele.

Dia mengungkapkan kecurigaan kakak korban lantaran mendapatkan laporan dari salah satu teman korban lainnya. Korban sempat diikat dan dilakban mulutnya dan dikurung di dekat kamar mandi.

"Kemudian polisi bergerak melakukan penyelidikan. Dari pengungkapan kasus ini, ditangkap satu orang tersangka inisal TAW (21)," kata dia.

Pelaku Tegar lalu melancarkan aksinya pada Selasa (18/1/2022). Saat itu pelaku meminta korban datang ke salah satu rumah teman sekolahnya.

Korban AY lalu datang ke lokasi tanpa rasa curiga. Singkatnya, korban kemudian disekap di dalam kamar mandi dengan keadaan kaki dan tangan terikat serta mulut ditutup lakban.

Dalam keadaan terikat kaki dan tangan hingga mulut yang tertutup lakban, korban ditinggal di kamar mandi oleh pelaku. 30 menit berselang, korban AY ditemukan telah meninggal dunia.

"Ditinggal di kamar mandi 30 menit dan tersangka menghampiri lagi kepada korban dan korban sudah dalam posisi terjatuh dan tidak bernyawa," ujarnya.

Pelaku awalnya sempat tidak mengakui perbuatannya. Kepada keluarga korban, pelaku berdalih korban meninggal akibat terjatuh dari tangga.

Baca Juga: Foto Tampang Sopir Truk Tronton Kecelakaan Balikpapan Disebarkan, Tingkahnya di Kantor Polisi Bikin Geram

Facebook

Foto tampang Tegar yang disebarkan itu juga menyertakan potret laporan polisi perihal kematian korban. Motifnya cuma masalah sepele.

Keluarga korban yang tidak percaya lalu melaporkan kasus ini ke Polres Metro Bekasi Kota. Dari lima orang saksi yang diperiksa mengerucut dugaan korban meninggal akibat dibunuh oleh Tegar.

"Dari lima orang saksi ada, yang bilang dan saksikan, sebelum korban meninggal dunia, sempat melibat korban diikat dengan tali dan mulut dilakban sehingga menutup mulut dan hidungnya sehingga mengganggu pernapasan," tutur Zulpan.

Polisi lalu mengejar pelaku. Dia ditangkap oleh tim gabungan Subdit Resmob Polda Metro Jaya dan Polres Metro Bekasi di rumah neneknya di daerah Banjarnegara, Jawa Tengah.

Pelaku TAW kini telah ditetapkan sebagai tersangka. Dia dijerat dengan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana.

Tegar ditangkap tim gabungan Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya dan Polres Metro Bekasi di bawah pimpinan AKBP Handik Zusen dan Kompol Alexander Yurikho di tempat persembunyiannya di Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Rabu (26/1/2022) dini hari tadi.

"Tim dari Reskrim Polres Metro Bekasi Kota dibantu Resmob Polda Metro Jaya melakukan penangkapan kepada tersangka pada Rabu 26 Januari pukul 01.00 WIB. Jadi baru dini hari tadi di rumah neneknya di Banjarnegara, Jawa Tengah," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (26/1/2022).

Baca Juga: Bikin Kapolda Jateng Murka, Ini Foto Tampang Kasat Reskrim Polres Boyolali yang Dicopot, Penyebabnya Gegara Pelecehan

detik

Foto tampang Tegar yang disebarkan itu juga menyertakan potret laporan polisi perihal kematian korban. Motifnya cuma masalah sepele.

Dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, polisi menghadirkan tersangka Tegar. Di acara itu, Tegar memakai baju tahanan warna oranye dan tangan terikat kabel ties. Motif pelaku melakukan pembunuhan terhadap korban AY juga terungkap.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan mengatakan pelaku membunuh korban lantaran sakit hati. Pelaku Tegar mengaku kesal karena tidak diajak mencari kerja oleh korban.

"Tersangka dalam melakukan aksinya ini didasari ada perasaan sakit hati kepada korban karena korban ini yang merupakan teman SMK pelaku dalam mencari pekerjaan tidak mengajak tersangka," kata Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (26/1/2022).

Pelaku yang mengetahui korban telah mendapatkan pekerjaan merasa dikhianati oleh korban. Tegar kemudian menyiapkan skenario untuk membunuh korban.

"Korban ini sudah dapat kerjaan dan buat tersangka ini sakit hati, kenapa pada saat melamar kerjaan di sebuah pabrik swasta tidak ajak tersangka. Atas dasar itu, tersangka buat skenario untuk lakukan aksinya," jelas Zulpan.

Baca Juga: Foto Tampang Penikam Prajurit Raider Kostrad Disebarkan, Pelaku Emosi Gegara Masalah Sepele Ini

Facebook

Foto tampang Tegar yang disebarkan itu juga menyertakan potret laporan polisi perihal kematian korban. Motifnya cuma masalah sepele.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma