Ayah Gisel Ditangkap Gegara Pesta Ganja, Janda Gading Marten Emosi di Tengah Razia Narkoba: Banyak Wartawan Foto

Senin, 24 Januari 2022 | 14:57
Istimewa

Alal Suryanto, ayah Gisel yang menganut agama berbeda dengan sang anak.

Fotokita.net - Gisella Anastasia atau Gisel mengaku sempat syok ketika mendapatkan kabar ayahnya, Alal Suryanto ditangkap polisi gegara pesta ganja. Dia menyebut, ayahnya bukanlah pemakai narkoba. Beberapa tahun kemudian, janda Gading Marten itu sempat emosi di tengah razia narkoba. "Banyak banget wartawan yang foto," katanya.

Ayah Gisel terpaksa berurusan dengan polisi lantaran kedapatan menggelar pesta ganja dan minuman keras (miras) bersama lima temannya. Peristiwa itu terjadi pada 2 Desember 2008 pukul 02.00 WIB.

Ayah Gisel, Alal Suryanto dicokok Kepolisian Sektor Tandes di Jl. Wisma Tengger 5, no. 8, Surabaya. Polisi baru tahu, kalau Alal adalah ayah dari Gisel saat pria tersebut berulang tahun pada 6 Desember.

Ayah Gisel ditangkap bersama lima orang lainnya. Keenam orang tersebut ditangkap setelah menggelar pesta ganja. Polisi menyita 68,7 gram ganja kering senilai Rp 600 ribu. Ganja tersebut dibeli Alal dengan patungan bersama seorang tersangka bernama Ricky.

Pada polisi, Alal mengaku ia sebenarnya sudah lama tidak memakai ganja. Saat ditangkap 2 Desember 2008, ia mengaku hanya kebetulan ngeganja.

Ayah Gisel yang diciduk polisi gegara pesta ganja itu mendapat nasihat begini dari putrinya. Namun, Gisel menyampaikannya hanya melalui telepon.

"Di telepon Gisele cuma nanya, gimana kabarnya Pa?. Gisele mengingatkan ayahnya, sudah jangan macam-macam lagi," tutur Kapolsek Tandes AKP Hendryana saat ditemui di kantornya Polsek Tandes, Surabaya, Senin (15/12/2008)."Sebelum ngeganja, mereka sudah mabuk-mabukan," jelas Hendryana.

Baca Juga: Ayah Gisel Dapat Nasihat Begini Usai Dicokok Gegara Pesta Ganja, Foto Mertua Gading Marten di Ultah Gempi Bikin Bahagia

Gisel mengaku tak pernah menyangka karena ayahnya bukanlah pemakai narkoba."Saat aku masih sekolah, Papa itu bukan pemakai narkoba. Makanya aku sempat kaget pas tahu Papa ditangkap polisi. Apalagi, Mama memang sempat menutup-nutupi kasus ini," kata Gisel, Kamis (29/1/2009) seperti dilansir Kapanlagicom.

Ketika itu, masih kata Gisel, ayahnya dalam kondisi baik-baik saja. Dirinya pun berdoa agar sang ayah bisa menjalani proses ini dengan baik.

"Aku komunikasi sama Papa pas ulang tahunnya tanggal 6 Desember kemarin. Saat itu aku bilang ke Papa untuk sabar dan meminta dia untuk tidak mengulangi lagi mengonsumsi narkoba," ujarnya.

Belasan tahun kemudian, Gisel berbincang intens persoalan hidup saat menjadi tamu dalam Daniel Mananta Network. Di samping bercerita soal kehidupan pernikahan, Gisel mengungkap memiliki keyakinan berbeda dengan ayahnya.

"Papa memang masih berbeda kepercayaan, aku juga enggak harus Papa harus (masuk) Kristen, ya enggak juga, enggak apa-apa," kata Gisel, dikutip Kamis, 17 September 2020. Kendati memiliki seorang ayah yang berbeda keyakinan, ibu dari Gempita Nora Marten itu tetap mendoakan sang ayah untuk mengenal keyakinan Kristen yang kini diimani.

"Aku selalu berdoa untuk papa bisa kenal sosok Yesus yang aku sayang, yang mengampuni aku, yang lemah lembut, yang baik banget, aku pingin dia tahu juga tentang sosok ini yang penuh kasih," terang Gisel.

Baca Juga: Ogah Dianter Kemana-mana, Sikap Gisel ke Ayahnya Berubah Drastis, Foto Gempi Jadi Bukti

Iqbal Wijayanto

Dalam keterangan foto Gempi, Gisel dengan gembira menyebut nama ayahnya, Alal Suryanto. Sikap Gisel kini sudah berubah drastis.

Gisel mengaku, kedua orangtuanya begitu sibuk. Sehingga dia kehilangan figur ayah dalam hidupnya. Gisel pernah memandang sebelah mata sosok ayahnya. Kini dia mencoba berubah. "Mungkin dulu aku treat dia dengan... aku enggak kurang ajar, cuma mungkin kayak memandang dia sebelah mata sometimes," kata Gisel.

"Sekarang aku lagi belajar buat berubah. Lagi belajar buat mengasihi dia. Mengisi aja terus dengan harapan mudah-mudahan dia kenal Kristus, kenal kasih," ujarnya. Perihal pernikahan, Gisel mengaku dari pihak ibu perceraian dirinya dengan Gading adalah yang pertama. Namun, dari pihak ayah merupakan ke sekian kali. Hingga saat ini kedua orangtua Gisel bertahan demi dirinya. Gisel enggan kejadian itu terulang di rumah tangganya. "Aku enggak mau end up kayak orangtuaku yang harus bertahan demi aku ceritanya waktu itu memang, kalau sekarang mungkin sudah tua-tua ya sudah legowo ya, aku juga selalu berdoa supaya hubungannya terus diperbaiki," terangnya.

Saat masih menjalani rumah tangga dengan Gading Marten, Gisel pernah terjaring razia narkoba. Gading Marten dan Giseltermasuk dua di antara ratusan orang yang diperiksa dalam razia narkotika di tempat hiburan malam di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (30/12/2016) dini hari. Namun hasil tes urine mereka diketahui negatif.

Sebelumnya diberitakan, tim gabungan BNN, TNI, dan polisi merazia beberapa lokasi di Kemang termasuk Parc 19 dan Venue. Polisi meringkus delapan orang positif narkoba di Parc 19 dan delapan orang lainnya di Venue. Tim mengerahkan 750 pasukan dan delapan anjing pelacak untuk razia itu.

Baca Juga: Pelit Bagi Informasi Keluarga Sendiri, Foto Gisel Mesra dengan Ayah dan Ibunya yang Beda Agama Jadi Sorotan

Instagram

Kedatangan ayah Gisel, Alal Suryanto dalam pesta ulang tahun Gempi menjadi sorotan. Sayangnya, ayah Gisel tak melakukan foto bersama cucunya.

Usai pemeriksaan, Gisel dan Gading langsung kembali ke rumah. Pasangan selebriti dengan satu anak itu mengunggah keterangan bahwa tidak ada yang terjadi dengan mereka, di media sosial Instagram. Gisel mengunggah video berdurasi sekitar satu menit bersama Gading.

Mantan kontestan ajang kompetisi menyanyi itu berkata mengawali keterangannya, “Hai, kami baru pulang dari tempat nongkrong biasa di Kemang, yang biasa tempat dengerin band.”

Melalui video itu keduanya menegaskan bahwa mereka tidak terlibat masalah apa pun, terutama narkotika.

Gisel juga mengonfirmasi bahwa suaminya tidak pernah menolak melakukan tes urine yang diminta Badan Narkotika Nasional, sama sekali, seperti diberitakan.

Penyanyi asal Surabaya, Jawa Timur itu mengakui mereka sempat emosi pada media di tengah razia gabungan yang digunakan untuk sweeping penggunaan narkotika menjelang tahun baru.

"Kita sih baik2 aja.. sdh smpe rmh dengan selamat. cmn td smpt bete krn wartawan foto2in banyak bgt, dgn asumsi dr kita bahwa itu pasti akn dipergunakan dengan kurang tepat d berita2 online (yg kita tau bgt kadang suka nulis hal2 yg bikin masyarakat tertarik dengan permainan kata katanya..)"

Baca Juga: Foto Gisel Cium Bibir Putri Gading Marten Bikin Heboh, Papa Gempi Beri Kode Begini Disebut Rujuk

"Aku tau resiko pekerjaan ini, selama ini gak pernah masalah kl mau diberitain apa apa jg.. cmn kl sdh menyangkut masalah ini ak ga bs tinggal diam.. krn salah sedikit akan salah persepsi.

Barusan ada penulisan berita yg menurutku tidak mencerminkan kondisi sebenarnya mangkanya ak angkat bicara.. semoga yg nulis bisa lbh bijak lg ya kedepannya.. makasi.. nite..""Oiya kenapa ak pasang lgs di instagram, krn i believe kekuatan sosmed ini lumayan ya cepet bgt penyebarluasannya.. dibanding ak hrs nelponin kantor tribun news.com yg jm sgini udh tutup.. thanks."

Keluarga Gading sendiri memang pernah terlibat narkotika, tapi pasangan yang menikah pada pertengahan September 2013 itu bersih. Hanya ayah Gading, Roy Marten yang pernah tertangkap dan dua kali masuk masuk penjara karena kasus narkoba, tahun 2006 dan 2007.

Sekarang Roy sendiri sudah bersih, bahkan punya hubungan baik dengan BNN untuk mengampanyekan anti narkoba. Ia bahkan mendukung selebriti yang menggunakan narkoba agar tertangkap BNN dan dihukum atau setidaknya direhabilitasi, agar jera atas perbuatannya.

Unggahan Gading dan Gisel ke soal klarifikasi bahwa mereka bersih narkoba di Instagram, langsung disaksikan sekitar 238 ribu orang dan dikomentari sampai hampir 500 orang.

Baca Juga: Foto Ayah Kandung Gisel Muncul di Pesta Ulang Tahun Gempi, Sikapnya ke Gading Marten Tuai Komentar

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya