Promosi Jadi Danjen Kopassus, Foto Brigjen Widi Prasetijono Disebut Kembaran Tukul Arwana, Begini Kisah Mantan Ajudan Jokowi

Minggu, 23 Januari 2022 | 15:02
Facebook

Dalam foto lawas, Widi terlihat duduk sebangku dengan Tukul Arwana. Widi dan Tukul terlihat berbincang akrab dalam sebuah acara.

Fotokita.net - Brigjen Widi Prasetijono mendapatkan promosi jabatan sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD. Mantan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini menggantikan Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa.

Sebelum mendapatkan promosi jadi Danjen Kopassus, Brigjen Widi Prasetijono menjabat sebagaiKasdam IV/Diponegoro. Foto jenderal TNI yang memulai karier dari Grup 2 Kopassus ini disebut kembaran Tukul Arwana. Begini kisah mantan ajudan Jokowi.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa telah menandatangani surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI, Jumat (21/1/2022).

Dalam salinan surat keputusan yang sampai ke tangan awak media, Andika Perkasa telahmenunjuk Brigjen TNI Widi Prasetijono sebagai Danjen Kopassus baru menggantikan Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa.

Teguh Muji yang digantikan Widi kini menjabat sebagai Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cendrawasih. Teguh sebelumnya resmi menjabat Danjen Kopassus sejak 9 Desember 2021 menggantikan Mayjen TNI Mohamad Hasan. Dengan demikian, masaMuji memimpin pasukan elite TNI AD ini terbilang cukup singkat, hanya sekitar 1,5 bulan.

Pergantian posisi di satuan Kopassus bersamaan dengan mutasi terhadap total 328 perwira TNI melalui SK yang sama, termasuk di antaranya untuk posisi Pangkostrad dan Wakasad.

Dalam keterangan tertulis Puspen TNI disebutkan ada 328 pati TNI yang dimutasi termasuk 10 perwira tinggi bintang 3 TNI. Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Prantara Santosa tak membantah SK yang beredar tersebut di mana salah satu isinya berisi soal mutasi Danjen Kopassus.

Baca Juga: Foto Jenazah Serda Miskel Rumbiak Jadi Propaganda Musuh, Jenderal Kopassus Gebrak Meja Gegara Anak Buahnya Ditembak Mati KKB

Lewat SK tersebut juga, posisi Pangkostrad kini diisi Mayor Jenderal Maruli Simanjuntak yang ditinggal Jenderal TNI Dudung Abdurachman karena naik jabatan menjadi KSAD. Sementara, posisi Wakasad diduduki Mayjen Agus Subiyanto. Agus menggantikan posisi Letnan Jenderal Bakti Agus Fadjari yang diangkat menjadi Komandan Jenderal Akademi TNI.

Brigjen TNI Widi Prasetijono merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1993. Pria kelahiran 4 Juni 1971 mengawali karier militernya melalui kesatuan Infanteri Kopassus. Jabatan sebelumnya adalah Kasdam IV/Diponegoro 2020-2022.

Dengan ditunjuk sebagai Danjen Kopassus, Widi mendapatkan promosi jabatan, sekaligus kenaikan pangkat bagi Widi, yang sebelumnya menjabat Kasdam IV/Diponegoro.

Widi adalah lulusan Akmil Angkatan 1993 ditunjuk sebagai Danjen Kopassus setelah sekitar dua tahun menjadi Kasdam IV/Diponegoro. Di awal karir, Widi memang pernah dipercaya sebagai Danton Grup 2 Kopassus dan Kasi Logistik Grup 1 Kopassus.

Jenderal TNI AD yang lahir 4 Juni 1971 silam ini pernah menjabat sebagai Dandim 0735/Surakarta.Widi Prasetijono pernah bertugas di Kota Solo, Jawa Tengah yakni pada 2011-2012.

Ketika itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menjabat Wali Kota Solo, sebelum akhirnya masuk kontestasi politik Pemilihan Gubernur DKI Jakarta.

Sepanjang kariernya di TNI, sejumlah posisi strategis pernah dipegang oleh Widi Prasetijono. Di antaranya ia pernah menjadi ajudan Presiden Jokowi pada 2014. Setelah itu, ia menjabat sebagai Danrindam III Siliwangi pada 2016.

Baca Juga: Pancing Emosi Habib Bahar Bin Smith, Foto Profil Jenderal Kopassus Ini Ramai Dibahas, Dulu Ikut Operasi Perang Timor Timur

Facebook

Dalam foto lawas, Widi terlihat duduk sebangku dengan Tukul Arwana. Widi dan Tukul terlihat berbincang akrab dalam sebuah acara.

Widi kemudian kembali bertugas di Solo sebagai Komandan Korem 074/Warastratama pada 2017. Danrem 074/Warastratama bertanggung jawab atas pertahan di kota-kota eks Karesidenan Surakarta, seperti Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri, dan Boyolali.

Setahun di Korem 074/Warastratama, Widi dipindahtugaskan sebagai Danrem 091/Aji Surya Natakesuma, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), selama dua tahun, sejak 2018 hingga 2020.

Setahun kemudian, ia dimutasi menjadi Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma Komando Daerah Militer VI/Mulawarman.

Di periode pertama kepemimpinan Jokowi, Widi mendapat tugas sebagai ajudan Jokowi. Dia lalu kembali ke Soloraya pada 2018 lalu dengan jabatan Danrem 074/Warastratama.

Dia lalu kembali ke Jawa Tengah (Jateng) usai ditunjuk mengisi jabatan Kasdam IV/Diponegoro yang diembannya hingga saat ini.

Terakhir, Widi ditunjuk sebagai Danjen Kopassus berdasarkan Surat Keputusn Panglima TNI Nomor Kep/66/I/2022 yang diterbitkan pada Jumat, 21 Januari 2022, dan diteken Kepala Setum TNI, Brigjen Edy Rochmatullah.

-Danton Grup 2 Kopassus (1995)-Kasilog Grup 1 Kopassus (2003)-Danyonif 400/Raider (2009-2010)-Dandim 0735/Surakarta (2011-2012)-Pabandya-1/Pampa Spaban II/Pampers Spamad-Ajudan Presiden Joko Widodo-Danrindam III/Siliwangi (2016−2017)-Danrem 074/Warastratama (2017-2018)-Danrem 091/Aji Surya Natakesuma (2018-2020)-Kasdam IV/Diponegoro (2020-2022)-Danjen Kopassus (2022-Sekarang)

Baca Juga: Nasi Sudah Jadi Bubur, Foto Brimob Ribut Sama Kopassus di Papua Terlanjur Viral, Ternyata Kalap Dagangannya Ditilap Karyawan Tambang

Facebook

Dalam foto lawas, Widi terlihat duduk sebangku dengan Tukul Arwana. Widi dan Tukul terlihat berbincang akrab dalam sebuah acara.

Brigjen Widi Prasetijono diketahui memiliki akun media sosial pribadi. Namun, sudah lama dia tidak membarui akun media sosial miliknya itu. Foto unggahan terakhirnya adalah potret keluarganya pada 23 Juli 2019.

Dalam foto keluarga yang diunggah itu, Jenderal Widi memiliki empat anak, dua perempuan dan laki-laki. Anaknya yang paling bontot adalah laki-laki. Mereka terlihat sengaja berpose di depan kamera untuk kebutuhan dokumentasi foto keluarga.

Foto Widi saat baru merintis karier di Grup 2 Kopassus juga diunggah. Foto ini diunggah pada 29 Februari 2012. Di foto lawas itu, Widi tengah menimang anaknya yang baru lahir. Sementara, dia mengenakan baju dinas Kopassus.

Pada 20 Juli 2012, Widi mengunggah foto keluarga. Dia berpakaian dinas Kopassus lengkap. Ketika itu, dia baru dikaruniai tiga orang anak. Istrinya memangku anak ketiganya, yang baru lahir.

Facebook

Dalam foto lawas, Widi terlihat duduk sebangku dengan Tukul Arwana. Widi dan Tukul terlihat berbincang akrab dalam sebuah acara.

Di antara foto yang diunggah di akun media sosial prajurit Kopassus itu, satu potret Widi justru menarik perhatian. Foto ini diunggah pada 24 Oktober 2009. Ketika itu, Widi sudah menjabat sebagai Komandan Yonif 400/Raider, sebuah batalyon yang berisi pasukan elite TNI AD.

Dalam foto itu, Widi terlihat duduk sebangku dengan komedian kondang Tukul Arwana. Widi dan Tukul terlihat berbincang akrab dalam sebuah acara. Tentu saja, foto Widi bareng Tukul Arwana mencuri perhatian rekannya.

"Kok kayak kakak adik yach," tulis rekan Widi, Trisno Widodo. Mendapatkan komentar itu, Widi langsung membalas. "Kebetulan, masih saudara kembar... dari Hongkong, hehehe."

Dari situ lah, foto Brigjen Widi Prasetijono disebut kembaran Tukul Arwana muncul. Rupanya, dia sendiri yang mengaku menjadi saudara kembar komedian yang kini sedang berjuang memulihkan kondisinya usai mendapatkan serangan stroke hingga menyebabkan pendarahan di otak.

Baca Juga: Foto Brimob Kejar Kopassus Pakai Senjata Laras Panjang Ramai Dibahas, Jenderal Andika Perkasa Turun Tangan

Facebook

Dalam foto lawas, Widi terlihat duduk sebangku dengan Tukul Arwana. Widi dan Tukul terlihat berbincang akrab dalam sebuah acara.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya