Innalillahi, Foto Jenazah Sahabatnya Bikin Nyesek, Andi Soraya Bersaksi Artis Sinetron Ini Ucapkan Syahadat Sebelum Berpulang

Kamis, 06 Januari 2022 | 13:33
Facebook

Foto jenazah Yana Zein sempat menjadi polemik di jagat maya. Namun, Andi Soraya buka suara perihal agama artis sinetron ini.

Fotokita.net - Sahabat artis Andi Soraya, Yana Zein meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit ganas, kanker payudara. Namun, foto jenazah Yana Zein malah jadi polemik yang ramai dibahas netizen di media sosial. Terkait hal ini, Andi Soraya bersaksi artis sinetron Yana Zein mengucapkan 2 kalimat syahadat sebelum berpulang ke Rahmatullah.

Yana Zein meninggal dunia pada Kamis, 1 Juni 2017. Sebelum tutup usia, sahabat Andi Soraya ini sudahtiga tahun mengidap kanker payudara stadium 4. Yana sampai berkali-kali pindah pengobatan.

Di Indonesia, Yana sempat dirawat di rumah sakit Mayapada, Jakarta Selatan dan rumah sakit Siloam, TB Simatupang, Jakarta Selatan. Sebelum akhirnya berobat ke Cina selama empat bulan dan pulang ke Indonesia 28 Mei 2017.

Yana Zein sempat disemayamkan diRumah Duka Kenanga 2 rumah sakit Fatmawati, Jakarta Selatan. Jenazah Yana Zein juga sudah dimasukkan ke dalam peti mati. Ibadah kebaktian ibadah kebaktian penghiburan juga suda digelar.

Namun, foto jenazah artis sinetron itu menjadi polemik hangat setelah perdebatan alot orangtua Yana Zein terekam kamera awak media. Ayah dan ibu kandung Yana Zein,Swetlana Zein dan Nurzaman berdebat panas perihal prosesi pemakaman putri mereka.

Sang ibunda ingin Yana Zein dimakamkan secara Kristen. Namun Nurzaman bersikeras agar putrinya disalatkan dan dikafani layaknya jenazah seorang muslim.

Baca Juga: Innalillahi, Ucap Syahadat Sebelum Meninggal, Foto Jenazah Yana Zein di Peti Mati Sampai Dibahas Netizen Malaysia

Setelah melewati perdebatan yang alot, pihak keluarga akhirnya memutuskan Yana Zein dimakamkan secara Islam.

Pemakaman yang semula akan dilakukan di TPU Kampung Kandang pun dirubah. Yana dikebumikan di TPU Cinere, pada Jumat 2 Juni 2017 sore.

Tentu saja, foto jenazah sahabat Andi Soraya itu menjadi polemik yangmengundang beragam komentar. Tak terkecuali dari orang-orang dekat Yana Zein. Andi Soraya, salah satunya.

Melalui akun Instagram pribadinya, artis yang akrab disapa Aya itu mengucap syukur karena sahabatnya dimakamkan secara Islam.

Dalam postingan tersebut, Andi Soraya mengungkapkan keyakinannya bahwa Yana Zein meninggal sebagai muslim.

"Terimakasih om Nurzaman Zein Ayahanda Yana Zein yang sudah menyelamat kan Yana. Krna memang terakhir yg kami tau tdk lama sebelum yana berpulang, yana masih mengucapkan 2 kalimat syahadat. Sehingga kami jg bingung kl yana berada di rumah duka. Sekali lg kami bersyukur om masih memegang teguh pertanggung jawaban Dunia akhirat kpd Allah swt atas anak om sahabat ku Yana Zein," tulis Andi Soraya.

"Maaf semoga ini tdk menyinggung pihak' lain maupun agama apapun. Semoga ini dpt menjawab pertanyaan dan kebingungan temen' natizen ku," imbuhnya.

Baca Juga: Foto Pemakaman Artis Sinetron Ini Jadi Drama, Ayahnya Sampai Ngotot Mandikan Ulang Jenazah Almarhumah dengan Deterjen

Andi Soraya datang jelang ibadah kebaktian penghiburan atas meninggalnya Yana Zein, Kamis (1/6/2017) malam. Ibadah dilakukan di Rumah Duka Kenanga 2 rumah sakit Fatmawati, Jakarta Selatan.

Andi yang sudah berteman lama dengan Yana Zein menyesalkan belum bisa memenuhi keinginan terakhir perempuan bernama asli Suryana Nurzaman Zein. Kata Andi, Yana sempat bilang pengin baju putih.

"Dan terakhir Yana punya permintaan minta baju," kata Andi Soraya.

Mendengar itu, sahabat Yana, Lingga Suri mengatakan Yana meminta baju putih.

"Iya waktu itu Yana minta baju putihnya dia (baju lama milik Yana). Aku sudah carikan dari pagi sampai sore belum ketemu," kata Lingga.

Gagal menemukan baju putih, Andi Soraya justru mencari foto-foto lama Yana di malam sebelum tahu kabar meninggal sahabatnya itu.

"Waktu semalam aku pulang syuting sekira pukul 12.00 WIB atau setengah satu. Aku cari foto Yana. Aku punya foto banyak sama dia tapi di HP yang lama, ada juga di HP yang hilang," kenang Andi sedih.

Baca Juga: Innalillahi, Jenazah Pedangdut Legendaris Terbaring di Alas Sederhana Bikin Elvy Sukaesih Berduka, Foto Putrinya yang Nekat Jual Narkoba Diunggah

Facebook

Foto jenazah Yana Zein sempat menjadi polemik di jagat maya. Namun, Andi Soraya buka suara perihal agama artis sinetron ini.

Sebagai salah satu sahabat Yana Zein, Andi Soraya mengaku sangat kehilangan sosok sahabatnya itu.

Saat datang ke Rumah Duka RS Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamis (1/6/2017), Andi Soraya pun menangis terisak-isak melihat jenazah sahabatnya.

Ia tak menyangka Yana meninggal karena sebelumnya ia terlihat sudah sehat saat pulang berobat dari Cina.

Sebelumnya Yana Zein memang sempat menyatakan kanker yang ada di tubuhnya sudah hampir 100 % hilang, meski livernya masih harus diperbaiki.

"Aku kaget karena tiba-tiba ini kita mendapat berita yang sangat mengejutkan karena kita pikir ini nggak mungkin terjadi. Kita pikir Yana sudah bisa terselamatkan karena dia memang dari dulu tahu penyembuhan yang baik untuk dia adalah dia pergi ke Tiongkok. Aku juga dapet kabar dari Lingga (sahabat Yana). Aku pikir dia bercanda, mungkin masih koma, tapi pas aku telepon anaknya kok ini sudah di rumah duka, ternyata Yana sudah nggak ada," ujar Andi Soraya.

Di mata Andi Soraya, Yana Zein adalah pribadi yang sangat unik dan menyenangkan. Yana Zein meninggal dunia di usia 44 tahun dan meninggalkan dua putri remaja yaitu Aurelia Callista Carilla dan Alika Pandora Salvine.

Baca Juga: Innalillahi, Berbalut Kain Kafan Foto Jenazah Komedian Legendaris Ini Ditangisi, Guru Lawak Eko Patrio Susul Sahabatnya ke Alam Baka

Facebook

Foto jenazah Yana Zein sempat menjadi polemik di jagat maya. Namun, Andi Soraya buka suara perihal agama artis sinetron ini.

"Yana itu sosok orang yang nggak gampang sama orang. Itu bukan berarti dia orangnya suka milih-milih teman ya.

Tapi Yana itu adalah orang yang punya karakter yang unik. Jadi harus orang-orang yang benar-benar mengerti dia.

Dia susah klik sama orang, tapi kalau dia sudah klik dia akan mengganggu, terserah dia mau ganggu jam berapa saja. Itu dia kalau sudah dekat sama orang," kata ibu dua anak ini.

Meski sangat sedih dan merasa kehilangan, Andi bersyukur karena sekarang Yana sudah tidak merasakan sakit lagi. Ia pun berdoa yang terbaik untuk sahabatnya itu.

"Waktu tadi aku liat jasad Yana aku cuma bilang 'Yan sudah nggak sakit ya? Sudah tenang ya? Sudah nggak ngerasain apa-apa? Mungkin sudah yang terbaik.

Aku doain semoga Allah bisa bukakan pintu maaf. Ringankan semua sehingga Yana diterima di sisi Allah.

Karena cukup sudah ya penyakit yang diderita Yana bukan penyakit yang enak. Setiap hari dia akan alami hal-hal yang menyakitkan. Semoga itu bisa jadi penebusan atas apa yang Yana perbuat di masa lalu," pungkas Andi Soraya.

Baca Juga: Meninggal di Kampung, Foto Jenazah Sahabat Umi Elvy Sukaesih Terus Ditangisi, Pedangdut Legendaris Ini Ungkap Rasa Bersalah Pada Putrinya

Facebook

Foto jenazah Yana Zein sempat menjadi polemik di jagat maya. Namun, Andi Soraya buka suara perihal agama artis sinetron ini.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma