Foto Ferdinand Hutahaean Terus Dihujat, Komentarnya Bikin Telinga Nissa Sabyan Tambah Panas

Kamis, 06 Januari 2022 | 11:08
Instagram

Ferdinand Hutahaean terlihat rajin mengunggah foto bersama petinggi kepolisian. Komentarnya pernah bikin panas telinga Nissa Sabyan.

Fotokita.net - Mantan politisi Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean menjadi perbincangan luas di jagat maya. Pemicunya, cuitan Ferdinand Hutahaean di Twitter diduga mengandung SARA. Dari situ lah, foto Ferdinand Hutahaean yang muncul di akun media sosial pribadinya terus dihujat netizen. Dulu, komentarnya juga bikin telinga vokalis Sabyan Gambus, Nissa Sabyan tambah panas.

Ferdinand Hutahaean terus mendapat kecaman. Netizen juga menghujat habis-habisan foto mantan anggota Partai Demokrat itu di Instagram. Maklum, Ferdinand saat ini sudah dipolisikan di dua tempat, Polda Sulawesi Selatan dan Bareskrim Polri.

Pelaporan terhadap Ferdinand Hutahaean bermula dari cuitannya yangmenyebut 'Allahmu ternyata lemah'. Cuitan ini viral di media sosial. Netizen begitu geram membaca cuitan Ferdinand hingga membuat dua laporan polisi.

Ferdinand Hutahaean dilaporkan ke polisi karena cuitan di Twitter diduga mengandung SARA.

Pada Selasa (4/1/2022), Ferdinandmenyebut 'Allahmu ternyata lemah'. Tanpa menunggu waktu lama, cuitan ini viral.Namun, saat ini, cuitan itu sudah dihapus.

"Kasihan sekali Allahmu ternyata lemah, harus dibela. Kalau aku sih Allahku luar biasa, maha segalanya, Dialah pembelaku selalu dan Allahku tak perlu dibela," demikian bunyi cuitan Ferdinand.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Dokter Kandungan Keceplosan Sebut Ayus Suami Nissa Sabyan

Sekalipun cuitan itu sudah dihapus, banyak netizen meng-capture kicauan Ferdinand di akun Twitternya. Netizen bereaksi dengan tagar TangkapFerdinand.

Ferdinand kemudian memberikan penjelasan soal cuitannya itu. Dia mengaku cuitannya dialog imajiner.

"Jadi pertama cuitan saya itu tidak sedang menyasar kelompok tertentu, agama tertentu, orang tertentu, atau kaum tertentu. Tapi dalam kondisi down kemarin, saya juga hampir pingsan. Saya tidak perlu bercerita masalah saya apa. Tapi itu adalah dialog imajiner antara pikiran dan hati saya, bahwa ketika saya down, pikiran saya berkata kepada saya, 'Hei, Ferdinand, kau akan hancur, Allahmu lemah tidak akan bisa membela kau, tapi hati saya berkata, oh tidak hey pikiran, Allahku kuat, tidak perlu dibela, saya harus kuatlah'. Kira-kira seperti itu intinya," kata Ferdinand.

Dia merasa cuitannya itu dipelintir sejumlah sehingga muncul tagar #TangkapFerdinand. Ferdinand meminta maaf jika cuitannya mengganggu perasaan.

"Cuitan saya itu adalah dialog imajiner antara pikiran dan hati saya. Dan saya juga minta maaf kepada siapa pun yang merasa terganggu dengan cuitan saya, tapi tidak ada cuitan saya itu untuk menyerang kelompok tertentu, agama tertentu, orang tertentu, atau kaum tertentu. Itu adalah dialog antara pikiran saya dengan hati saya. Jadi itu dialog dengan diri saya sendiri untuk menguatkan saya, memotivasi saya supaya bangkit dari sebuah masalah," ujar Ferdinand.

Baca Juga: Disebut Lecehkan Islam, Foto Ferdinand Hutahean di Satreskrim Banjir Komentar, MUI Buka Suara

Instagram

Ferdinand Hutahaean terlihat rajin mengunggah foto bersama petinggi kepolisian. Komentarnya pernah bikin panas telinga Nissa Sabyan.

Walaupun sudah menghapus cuitan yang diduga mengandung SARA itu, foto Ferdinand Hutahaean di akun Instagram miliknya terus dihujat. Ferdinand terlihat cukup aktif dalam mengisi akun Instagram miliknya dengan sejumlah foto aktivitasnya.

Di antara foto yang dia tampilkan, Ferdinand terlihat beberapa kali berjumpa dengan petinggi kepolisian. Dia juga terlihat rajin menyambangi sejumlah tokoh publik.

Namun, sejak cuitan yang disebut telah melecehkan agama itu viral, hujatan terhadap foto Ferdinand datang bertubi-tubi. Terlebih lagi, beberapa pihak telah melaporkan Ferdinand ke polisi.

Haris Pertama melaporkan Ferdinand Hutahaean ke Bareskrim Polri. Laporan itu terkait dugaan tindak pidana menyebarkan berita bohong.

"Bareskrim Polri telah menerima laporan dari seseorang atas nama inisial HP, yang melaporkan adanya tindak pidana atau dugaan tindak pidana menyebarkan informasi pemberitaan bohong, pemberitaan hoaks, yang mana dapat menerbitkan keonaran di kalangan masyarakat," ujar Brigjen Ahmad Ramadhan.

Laporan itu bernomor LP/B/0007/I/2022/SPKT/Bareskrim Polri tertanggal 5 Januari 2022. Di mana akun yang dilaporkan adalah @FerdinandHaean3.

Haris Pertama melaporkan Ferdinand Hutahaean ke Bareskrim Polri terkait dugaan penodaan agama gara-gara cuitan 'Allahmu lemah'. Polisi langsung memeriksa tiga saksi terkait kasus ini.

Baca Juga: Didukung 8 Partai Politik, Ternyata Wali Kota Bekasi Pendukung Tangan Kanan Jokowi Jadi Capres 2024, Foto Ini Buktinya

Instagram

Ferdinand Hutahaean terlihat rajin mengunggah foto bersama petinggi kepolisian. Komentarnya pernah bikin panas telinga Nissa Sabyan.

"Malam ini dilakukan pemeriksaan terhadap tiga orang saksi," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, kepada wartawan, Rabu (5/1/2022).

Dia mengatakan tiga saksi itu ialah pelapor dan dua saksi lainnya. Ramadhan belum menjelaskan detail apa saja yang ditanyakan kepada tiga orang itu.

"Satu saksi pelapor dan dua saksi lainnya," kata Ramadhan.

Ramadhan menyebut Ferdinand dilaporkan terkait dugaan menyebarkan informasi bermuatan permusuhan berdasarkan SARA, menyebarkan pemberitaan bohong yang dapat menerbitkan keonaran di kalangan masyarakat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 45 a ayat 2 juncto Pasal 28 ayat 2 UU 11 Tahun 2008 tentang ITE dan juga Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 KUHP.

Jauh sebelum cuitan SARA itu bikin banyak pihak geram, Ferdinand Hutahaean sudah pernah membuat komentar yang bikin telinga Nissa Sabyan tambah panas.

Beberapa waktu lalu, Ferdinand Hutahaean ikut-ikutan menanggapi bantahan orang tua Nissa Sabyan terkait perselingkuhan dengan Ayus Sabyan.

Menurut Ferdinand, ayah Nissa Sabyan tak perlu lagi bersumpah kaitan anaknya menjadi pelakor tersebut, apalagi sampai membawa-bawa sumpah agama.

Dia mengatakan, bahwa Ayus Sabyan baru saja secara tersirat mengakui skandal perselingkuhannya dengan vokalis Sabyan Gambus, Nissa Sabyan karena khilaf.

Baca Juga: Foto Wali Kota Bekasi Bareng Anies Baswedan Banjir Komentar, Rahmat Effendi Ngotot Tulis Anggaran Karangan Bunga Rp 1,1 Miliar

Instagram

Ferdinand Hutahaean terlihat rajin mengunggah foto bersama petinggi kepolisian. Komentarnya pernah bikin panas telinga Nissa Sabyan.

"Khilaf ah..!! Nggak apa-apa pak, nggak usah sumpah, publik sudah tak perlu sumpah-sumpah," tulis Ferdinand dalam cuitan di akun twitter pribadinya dengan nama @FerdinandHaean3 dikutip, Senin (22/2/2021).

Dalam pemberitaaan sebelumnya, ayah kandung Nissa Sabyan yakni Komar membantah keras kabar perselingkuhan Ayus dan Nissa Sabyan. Dia menolak tuduhan pelakor terhadap Nissa Sabyan.

Menurutnya, Nissa Sabyan tidak mungkin melakukan hal tersebut (Perselingkuhan). Sebab dia menilai bahwa Nissa masih bocah.

Bukan hanya itu, ayah Nissa Sabyan sangat mengetahui karakter gadisnya yang masih berusia 21 tahun tersebut.

"Kalau dia kan masih bocah, saya tanya ‘Umi beneran gini gini (selingkuhan) nggak?’ Katanya ‘Demi Allah bapak (nggak)’ ," tutur Komar saat ditemui di kediamannya di kawasan Bekasi, Jawa Barat, Minggu (21/2/2021).

Sebagai orang tua, Komar mengaku percaya pada sumpah anaknya. Ia pun tetap mendukung putrinya.

Baca Juga: Innalillahi, Jenazah Pedangdut Legendaris Terbaring di Alas Sederhana Bikin Elvy Sukaesih Berduka, Foto Putrinya yang Nekat Jual Narkoba Diunggah

"Yasudah saya sebagai orangtua kan ada emaknya juga, gitu aja (percaya)," lanjutnya.

Saat ini, sebagai orang tua yang bisa dilakukannya hanyalah berdoa. Ia pun harus mempercayai sang anak saat seluruh dunia tak mempercayainya.

"Ya kalau harus saya taruh di Alquran (sumpahnya) kan nggak enak rasanya, kalau bohong Allah Maha Tahu. Sebab nanti bukannya bapak lagi, tapi kabar nanti yang menjawab," tuturnya.

Sekedar diketahui, Ayus Sabyan baru saja secara tersirat mengakui skandal perselingkuhannya dengan vokalis Sabyan Gambus, Nissa Sabyan.

Video klarifikasi dan permintaan maaf Ayus khilaf itu pun banjir hujatan netizen.

Baca Juga: Bikin Kapolda Metro Tertawa, Foto Tampang Warga Tanah Abang yang Lempar Ide Ring Tinju Tuai Komentar

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya