Ikuti Ivan Gunawan, Celine Evangelista Pamer Foto Boneka Arwah, Ahli Lihat Fenomena Ini di Kalangan Selebriti

Selasa, 04 Januari 2022 | 14:37
Instagram

Foto Celine Evalingesta bersama bayi boneka arwah baby Joseph diunggah oleh selebgram Furi Harun di akun Instagram miliknya.

Fotokita.net - Artis cantik Celine Evangelista mengikuti jejak desainer kondang Ivan Gunawan. Mantan istri Stefan William itu memamerkan foto boneka arwah atau spirit doll yang sedang menjadi sorotan publik. Ahli psikologi melihat adanya fenomena ini di kalangan selebriti.

Jelang pergantian tahun 2021, Ivan Gunawan membuat gempar netizen di jagat maya. Sahabat Ruben Onsu ini tiba-tiba memperkenalkan kelahiran dua anaknya melalui akun Instagram miliknya. Sontak, pengumuman itu langsung heboh.

Rupanya, setelah ditelusuri, Ivan Gunawan mengenalkan kelahiran dua bayi boneka yang mengisi keluarga kecilnya.Kedua 'anak' itu diberi nama Miracle Putra Gunawan dan Marvelous Putra Gunawan. Miracle lahir pada tanggal 16 Desember 2021, sedangkan Marvel 23 Desember 2021. Ivan Gunawan mendapatkan boneka tersebut dari sahabatnya, Ruben Onsu. Kedua bonekanya dibuat di Rusia.

"Karena saya bukan mengadopsi ya. Karena saya dapat dia itu dari Ruben, walaupun semua orang juga tahu kalau itu boneka ya. Tapi setiap orang punya cara untuk memperlakukan sesuatu yang dia suka, yang dia sayang," sebut Ivan Gunawan kepada awak media, Senin (3/1/2022).

Di depan awak media, Ivan Gunawan mengaku masih waras. Bagi pria berusia 40 itu, bayi boneka adalah caranya dalam menyayangi suatu hal. Ivan Gunawan juga ingin belajar bagaimana menjadi orang tua. Meskipun berbeda rasanya, tapi Ivan Gunawan mengaku senang dengan bayi itu.

Baca Juga: Murka Disebut Anak Setan, Ivan Gunawan Bikin Sesi Foto Bayi Boneka, MUI Buka Suara

"Mungkin ada juga orang yang suka ngomong sama mobilnya, sama motornya gitu kan. Jadi mungkin yang gila bukan cuma saya ya," imbuh Ivan Gunawan. "Karena menurut saya mereka bukan boneka," tegas sahabat Ayu Ting Ting ini.

Ivan Gunawan sempat murka saat banyak netizen yang mengatakan bayi boneka miliknya sebagai anak setan. Igun geram dengan komentar miring masyarakat. Sahabat Ruben Onsu ini menegaskan apabila dua 'anaknya' yang merupakan spirit doll itu bukanlah anak setan.

"Lebih tenang, senang, dan aku mau bilang sekali lagi karena ini infotainment ya. Bahwa anak saya bukan anak setan, nggak ada urusannya sama iblis, sama jin, dan segala macam," kata Ivan Gunawan.

Seperti mengikuti jejak Ivan Gunawan, Celine Evangelista juga memamerkan boneka arwah miliknya. Foto Celine Evalingesta bersama bayi boneka arwah itu sebetulnya diunggah oleh selebgram Furi Harun di akun Instagram miliknya. Celine Evangelista mengadopsi baby Joseph. Furi Harun juga membuat konten video obrolannya dengan Celine Evangelista dan boneka arwahnya di TikTok.

Nama Furi Harun belakangan menjadi perbincangan netizen di jagat maya. Ternyata ada banyak netizenyang menghujatnya. Pasalnya Furi dianggap musyrik lantaran kerap kali berinteraksi dengan teman gaibnya melalui mediator boneka.

Baca Juga: Foto Anak Kedua Ivan Gunawan Diunggah, Respons Ayu Ting Ting Bikin Netizen Serbu Akun IG Baby Eqqel

Instagram

Ivan Gunawan memamerkan foto dua bayi boneka arwah miliknya bersama Futri Harun. Celine Evangelista mengikuti jejak Ivan Gunawan.

Wanita berusia 40 tahun itu mengoleksi 349 spirit doll atau boneka arwah. Celine Evangelista termasuk salah satu artis Tanah Air yang membeli boneka arwah dari Furi Harun sebagai koleksinya di rumah. Apabila dilihat di akun Instagram miliknya, Furi Harun menjual boneka arwah miliknya.

Ahli psikologiMeity Arianty, STP., M.Psi. melihat adanya fenomena ini di balik tren mengoleksi boneka arwah di kalangan artis. Meity mengatakan jika boneka dalam masyarakat kebanyakan dianggap hanya sebuah mainan terutama bagi anak perempuan. Namun ada juga orang yang mengartikan boneka sebagai simbol karena paling dekat dengan kehidupan manusia.

Selama ini bermain dengan boneka identik untuk anak kecil. Namun menurut Meity, jika sudah dewasa kegiatan bermain boneka tersebut dianggap sudah bukan mainan lagi.

"Untuk anak kecil, boneka bukan hanya sekadar mainan namun sebenarnya memiliki fungsi psikologis. Dimana penampakan boneka yang menyerupai bayi kecil dianggap dapat menggantikan teman bermain bagi anak-anak yang memiliki fantasi," ungkap Mei kepada awak media Wollipop yang menghubungi melalui pesan WhatsApp.

Bermain boneka untuk anak-anak memiliki beragam manfaat. Seperti dapat mengajarkan anak-anak tanggung jawab, belajar memperlakukan boneka seperti miniatur kecilnya jadi harus dirawat, dipakaikan baju, diberi makan, disisir rambutnya, ditimang-timang, dinyanyikan, dan ada yang mengajak bicara. Ada juga anak kecil yang menganggap boneka sebagai pengganti teman atau saudara yang tidak dimilikinya, sehingga ia tidak merasa kesepian.

Baca Juga: Ogah Pusing Dibilang Halu, Ivan Gunawan Makin Rajin Pamer Foto Eqqel, Ternyata Anak Igun Sengaja Dibuat di Negara Ini

Instagram

Foto Celine Evalingesta bersama bayi boneka arwah baby Joseph diunggah oleh selebgram Furi Harun di akun Instagram miliknya.

Lantas apa fungsi koleksi boneka dan memainkannya untuk orang dewasa? Meity mengatakan untuk wanita dewasa mungkin masih ada yang menyukai boneka dan menyimpan boneka masa kecilnya, yang biasanya dilakukan untuk mengingat masa kecilnya yang indah.

Sehingga dianggap menyimpan kenangan manis. Ada juga yang diberikan oleh orang yang dicintainya sebagai simbol cinta. Sehingga menyimpan boneka di tempat tidurnya.

Menurut ahli psikologi yang akrab disapa Mei itu normal atau tidaknya tergantung sejauh mana boneka itu bisa menggantikan manusia sesungguhnya bagi orang tersebut. "Misalnya boneka itu menjadi fokus utamanya. Sehingga dia memperlakukan seperti manusia sesungguhnya sehingga lama kelamaan ia jadi tidak dapat membedakan mana khayalan dengan kenyataan, ini bisa menyebabkan masalah mental," ucap dosen psikologi di Universitas Gunadarma itu.

Ada juga orang dewasa yang masih mempertahankan kehidupan masa kecilnya dengan bermain boneka. Sehingga fantasinya akan masa kanan-kanaknya terus ada, begitupun sifat kekanak-kanakan di dalam dirinya.

"Padahal layaknya orang dewasa seharusnya sudah memiliki mental dan emosi yang matang, sehingga jangan sampai perlakukan kamu terhadap boneka mengganggu perkembangan mental dan emosi kamu," jelas Mei.

Baca Juga: Foto Luna Maya dengan Miracle Putra Gunawan Diunggah, Ini Respons Sahabat Igun Ditagih Stoller Dior

Instagram

Foto Celine Evalingesta bersama bayi boneka arwah baby Joseph diunggah oleh selebgram Furi Harun di akun Instagram miliknya.

"Jika hanya sekadar lucuan-lucuan atau jadi membuat kamu bahagia atau menjadi lebih kreatif, misalnya jika kamu desainer jadi bisa membuat baju-baju yang lucu buat anak-anak. Atau kamu belajar mengasuh anak dari boneka buat persiapan pernikahan atau memiliki anak kelak," imbuh Mei.

Lantas bagaimana dengan yang dilakukan Ivan Gunawan, Celine Evangelista serta sejumlah artis Tanah Air? "Aku sih melihatnya hanya buat lucu-lucuan, karena kebanyakan artis kan suka membuat sensasi atau ingin menciptakan sesuatu di masyarakat untuk meningkatkan popularitasnya. Atau karena kebutuhan pekerjaan dan banyak alasan lainnya," terang Mei.

Sehingga menurut Mei, sebagai masayarakat tidak usah terpengaruh dan menganggapnya terlalu serius aksi para artis yang mengoleksi boneka arwah. "Toh ada yang melakukan itu sudah memiliki anak dan mungkin buat teman bermain anaknya sehingga jangan terlalu dilebih-lebihkan," Mei menegaskan.

"Masyarakat harus cerdas memilih mana hal-hal yang bermanfaat buat diri sendiri dan mana yang hanya buat hiburan. Sehingga jika tidak bermanfaat buat diri kamu sebaiknya tidak usah diperhatikan. Masih banyak masalah di Indonesia yang jauh lebih penting. Tidak usah juga terlalu dikomentari dan jadi buruk sangka dengan mengatakan orang tersebut stres, aneh, pesugihan, sesaat dan lainnya. Karena kita nggak pernah benar-benar tahu niat seseorang sehingga jangan menghakimi, toh kita bisa memilih mau melihat atau tidak," tandas Mei.

Baca Juga: Foto Stefan William Peluk Mesra Ria Andrews Diunggah, Celine Evangelista Tak Mau Kalah, Rayakan Halloween Bareng Pria Tampan

Instagram

Foto Celine Evalingesta bersama bayi boneka arwah baby Joseph diunggah oleh selebgram Furi Harun di akun Instagram miliknya.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya