Murka Disebut Anak Setan, Ivan Gunawan Bikin Sesi Foto Bayi Boneka, MUI Buka Suara

Senin, 03 Januari 2022 | 19:19
Instagram

Ivan Gunawan mengaku masih waras. Bagi pria berusia 40 itu, bayi boneka adalah caranya dalam menyayangi suatu hal.

Fotokita.net - Desainer kondang Ivan Gunawan murka disebut mengadopsi anak setan. Semakin ditekan, Ivan Gunawan justru bikin sesi foto buat bayi boneka. Terkait fenomena ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) buka suara dari sisi agama.

Bayi boneka yang diurusi oleh Ivan Gunawan sudah membuat heboh publik. Fenomena mengadopsi bayi boneka atau disebut juga boneka arwah (spirit doll) ini seperti menjadi tren baru di kalangan selebriti.

Ivan Gunawan mengadopsi dua bayi boneka. Bayi boneka arwah ini diperlakukan selayaknya anak manusia. Menurut catatan BBC, fenomena adopsi bayi boneka bermuladi Thailand pada 2016. Di negeri gajah putih itu, orang-orang ramai mengadopsi boneka yang dinilai memiliki aura supranatural ini.

Di Thailand, boneka arwah ini punya sebutan 'luk thep', secara harfiah artinya adalah malaikat anak. Mereka percaya bahwa boneka ini membawa keberuntungan. Boneka ini dimanjakan oleh pemiliknya seolah-olah anaknya sendiri.

Selain dimanjakan, biasanya setelah membeli boneka arwah ini, pemiliknya akan membawanya ke seorang biksu untuk dibacakan doa. Doa ini dimaksudkan untuk mendatangkan keberuntungan. Namun ada juga yang menganggap doa ini untuk mengundang arwah masuk ke boneka.

Baca Juga: Foto Anak Kedua Ivan Gunawan Diunggah, Respons Ayu Ting Ting Bikin Netizen Serbu Akun IG Baby Eqqel

Beberapa waktu lalu, Ivan Gunawan mengajak jalan-jalan anak pertamanya,Miracle Putra Gunawan atau yang biasa disapa Eqqel. Dalam video yang diunggah di akun Instagram miliknya, sahabat Ayu Ting Ting ini menunjukkan Eqqel diajak menonton film Spiderman di bioskop.

Kata Igun, sapaan akrab desainer yang juga presenter ini, bayi Eqqel sangat senang bisa diajak jalan-jalan ke mall. Di situ, mereka bisa menyaksikan film baru di bioskop. Bukan hanya itu, Ivan Gunawan sengaja menggelar sesi foto khusus untuk bayi boneka miliknya.

"Baby ku sayang EQQEL @anakputramahkota seneng bgt di ajak ke mall ❤️❤️❤️ Nonton spiderman terus photoshoot sama aunty @rittarrajagukguk gemes deh????????????," tulis Igun di akun Instagram miliknya.

Ivan Gunawan sempat murka ketika banyak netizen yang menyebut bayi boneka miliknya sebagai anak setan. Igun geram dengan komentar miring masyarakat. Sahabat Ruben Onsu ini menegaskan apabila dua 'anaknya' yang merupakan spirit doll itu bukanlah anak setan.

Baca Juga: Ogah Pusing Dibilang Halu, Ivan Gunawan Makin Rajin Pamer Foto Eqqel, Ternyata Anak Igun Sengaja Dibuat di Negara Ini

Instagram

Ivan Gunawan mengaku masih waras. Bagi pria berusia 40 itu, bayi boneka adalah caranya dalam menyayangi suatu hal.

Meskipun begitu Ivan Gunawan tetap bangga. Ia senang bisa memelihara anak-anaknya itu meskipun hanya terbuat dari boneka.

"Lebih tenang, senang, dan aku mau bilang sekali lagi karena ini infotainment ya. Bahwa anak saya bukan anak setan, nggak ada urusannya sama iblis, sama jin, dan segala macam," ujar Ivan Gunawan yang dijumpai awak media, Senin (3/1/2022).

Kedua 'anak' itu diberi nama Miracle Putra Gunawan dan Marvelous Putra Gunawan. Miracle lahir pada tanggal 16 Desember 2021, sedangkan Marvel 23 Desember 2021. Ivan Gunawan mendapatkan boneka tersebut dari sahabatnya, Ruben Onsu. Kedua bonekanya dibuat di Rusia.

"Karena saya bukan mengadopsi ya. Karena saya dapat dia itu dari Ruben, walaupun semua orang juga tahu kalau itu boneka ya. Tapi setiap orang punya cara untuk memperlakukan sesuatu yang dia suka, yang dia sayang," tutur Ivan Gunawan.

Baca Juga: Pamer Foto Bareng Ivan Gunawan dan Ruben Onsu, Crazy Rich Uci Flowdea Ngaku Ditipu Saat Rintis Bisnis Ini, Kini Lapor Polisi Gegara Medina Zein

Instagram

Ivan Gunawan mengaku masih waras. Bagi pria berusia 40 itu, bayi boneka adalah caranya dalam menyayangi suatu hal.

Di depan awak media, Ivan Gunawan mengaku masih waras. Bagi pria berusia 40 itu, bayi boneka adalah caranya dalam menyayangi suatu hal. Ivan Gunawan juga ingin belajar bagaimana menjadi orang tua. Meskipun berbeda rasanya, tapi Ivan Gunawan mengaku senang dengan bayi itu.

"Mungkin ada juga orang yang suka ngomong sama mobilnya, sama motornya gitu kan. Jadi mungkin yang gila bukan cuma saya ya," imbuh Ivan Gunawan. "Karena menurut saya mereka bukan boneka," tukas Ivan Gunawan.

Selain Ivan Gunawan, sejumlah selebriti mengaku mengasuh spirit doll seperti anak sendiri, dengan diberi makan dan minum. Terkait fenomena ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) buka suara dari sisi agama.

Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI Pusat KH Muhammad Cholil Nafis bicara soal boneka arwah ini. Dia menyebut tidak boleh memelihara makhluk halus.

"Punya boneka mainan itu boleh, tapi kalau itu diisi atau dipersepsikan tempat arwah hukumnya tidak boleh memelihara makhluk halus. Kalau disembah musyrik tapi kalau berteman saja berarti berteman dengan jin," kata Cholil kepada wartawan, Senin (3/1/2021).

Baca Juga: Sepandai-pandainya Tutupi Rahasia, Akhirnya Terbongkar Juga, Sosok Ini Ungkap Identitas Kekasih Baru Ivan Gunawan: Awalnya Temen, Jadi Demen

Instagram

Ivan Gunawan mengaku masih waras. Bagi pria berusia 40 itu, bayi boneka adalah caranya dalam menyayangi suatu hal.

Dia menilai tidak seharusnya memperlakukan boneka layaknya anak karena boneka adalah benda mati. Cholil menyarankan umat Islam tidak terjebak hal mistis dan menuhankan selain Allah SWT.

"Baiknya uang yang dimiliki disumbangkan kepada anak yatim dan duafa dari pada memelihara boneka yang mistis itu," ucapnya.

Baru-baru ini, fenomena spirit doll atau boneka arwah semakin ramai dibahas masyarakat usai beberapa selebriti mengaku merawatnya seperti anak sendiri. Mereka juga mulai memamerkannya ke publik melalui media sosial.

Tetapi, tak jarang sebagian masyarakat melihat seseorang yang merawat spirit doll ini memiliki gangguan jiwa. Sebab, para pemilik spirit doll memperlakukan boneka mereka layaknya anak atau bayi manusia.

Baca Juga: Blak-blakan Cium Bibir Ayu Ting Ting Karena Cinta, Ivan Gunawan Semprot Boy William Usai Jawab Pertanyaan Sepele Ini: Suka-suka Gue Dong!

Instagram

Ivan Gunawan mengaku masih waras. Bagi pria berusia 40 itu, bayi boneka adalah caranya dalam menyayangi suatu hal.

Ketua Bidang Pengkajian dan Penelitian MUI Prof Utang Ranuwijaya juga menyampaikan pandangannya. Dia menyebut mempercayai benda yang memiliki roh atau kekuatan supranatural (seperti batu cincin, keris, dan boneka) termasuk perbuatan syirik yang dari sisi akidah Islam fenomena boneka arwah itu sangat berbahaya.

"Kekuatan-kekuatan gaib yang dianggap ada pada benda-benda itu sebenarnya adalah tipu daya jin yang memperdaya manusia, bukan benda itu sendiri. Dari sini sebenarnya sumber kemusyrikan itu datang," ujarnya.

"Maka jauhilah perbuatan-perbuatan yang akan mendatangkan kemusyrikan, karena Allah SWT tidak akan mengampuni dosa dari perbuatan hamba-Nya yang melakukan kemusyrikan," tambahnya.

Baca Juga: Setuju Tinggal di Luar Negeri Usai Menikah, Ivan Gunawan Bongkar Alasannya Kecup Bibir Ayu Ting Ting: Ini Beneran Masa Settingan

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya