Foto Mobil Pemerkosa Wanita di Maros Diviralkan, Korban Dibuang Tanpa Busana, Ini Modus Pelaku

Rabu, 29 Desember 2021 | 11:21
Facebook

Warga yang geram memviralkan foto mobil 2 pria pemerkosa wanita muda di Maros. Pelaku dapat ditangkap dengan cepat. Ini modus pelaku.

Fotokita.net - Mobil 2 pria pemerkosa seorang wanita berinsial P (23) di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan sempat terekam kamera warga. Foto mobil pemerkosa wanita ini diviralkan. Sebab, pelaku membuang korban dalam kondisi tanpa busana ke jalan. Ini modus pelaku yang kemudian berhasil ditangkap oleh polisi.

Peristiwa keji ini terjadi pada Senin (27/12/2021) sekitar pukul 03.15 WITA. Wanita berinisial P melaporkan kepada petugas di Polres Maros pemerkosaan yang dialaminya. Dalam kejadian itu, dua priainisial ADR (38) dan MFD (19) menjadi pelaku.Setelah diperkosa, korban ditinggal begitu saja di tepi jalan dalam keadaan tanpa busana.

Korban yang dibuang di tepi jalan dalam kondisi tanpa busana akhirnya ditolong tulang becak. Dia lalu diantar kePolres Maros pada pagi hari. Selanjutnya anggota Satreskrim Polres Maros bergerak mencari pelaku. Hasilnya, polisi berhasil menangkap kedua pelaku.

"Dua orang terduga pelaku sudah kita amankan," ujar Kasat Reskrim Polres Maros, AKP Haris Sumarsono, kepada awak media, Selasa (28/12/2021). Haris menjelaskan kronologi kejadian pemerkosaan itu. Kedua pelaku adalah warga Kabupaten Barru.

Baca Juga: Foto Tampang Penumpang Wanita Dilecehkan Sopir Grab Terlanjur Viral, Tersangka Lawan Balik dengan Cara Ini

Awal perkosaan terjadi saat perempuan P dijemput ADR, MFD bersama dengan sejumlah pria lainnya. Pelaku mau bawa korban untuk dibawa pesta minuman keras di sebuah kafe di Kota Makassar, Minggu (26/12/2021) sekitar pukul 23.00 Wita.

Dari pemeriksaan sementara, pelaku mengenal korban. Haris menerangkan kronologi kejadian kekerasan seksual itu bermula saat dua pelaku bersama seorang rekan lagi menjemput korban di Jalan Ratulangi, Makassar. Mereka lalu beranjak menuju sebuah kafe di jalan Toddopuli.

Saat di kafe, perempuan tersebut selalu minta pulang. Namun, pelaku tidak langsung mengantar korban. "Saat di kafe, si perempuan ini selalu minta pulang, tapi para pelaku terkesan mengulur waktu untuk mengantarnya," tutur Haris.

Ketika memasuki waktu pukul 03.00 WITA, Senin (27/12), mereka meninggalkan kafe dan beranjak menuju Kabupaten Maros. Kemudian salah satu pelaku, ADR memaksa korban untuk minum minuman keras (miras), sementara satu pelaku berada di kursi belakang kendaran sambil tertidur.

Baca Juga: Foto Suapi Ariel Noah Bikin Baper, Wanita Ini Bukan Sosok Sembarangan, Begini Nasibnya Sekarang

"Setelah berada di Jalan Talamangape dan memarkirkan kendaraan. Tiba-tiba MFD menarik korban ke kursi belakang lalu memegang tangan korban," kata Haris.

ADR dan MFD pun bergantian memaksa menyetubuhi korban. Saat aksi perkosaan sedang terjadi, melintas kendaraan pengangkut sampah dengan lampu yang terang. Sehingga, kata Haris pelaku langsung berhenti menyetubuhi korban akibat kaget dengan kendaraan yang melintas.

"Jadi analisa dan faktanya korban sudah sempat minta pulang, tapi pelaku ini sengaja mengulur waktu saja, pada saat di TKP ya terjadi itulah. Korban berontak dan melawan dan keluar dari mobil dalam keadaan telanjang," ujar Haris.

Korban yang berhasil meloloskan diri kata Haris dalam keadaan tak menggunakan busana, kemudian ditemukan oleh seorang warga dan memberikan pakaian kepada korban. "Tidak lama setelah lari diselamatkan sama tukang becak. Sementara, kedua pelaku ini sudah kita amankan dan mereka akan dijerat dengan pasal 285 KHUPidana," ujar Haris.

Baca Juga: Foto Wanita Pamer Aurat di Bandara Yogyakarta Dikenali Ojol, Siskaeee Sulit Ditangkap Gegara Alasan Ini

Saat di perjalanan, para pelaku memaksa korban minum minuman keras. Kemudian, dalam kondisi teler, pelaku melampiaskan perbuatan bejatnya kepada korban. "Setelah itu, korban dibuang keluar dari mobil dalam keadaan tanpa busana," jelas Haris.

"Ada dua orang [pelaku] yang telah kita amankan. Sementara, kondisi korban memang shock, tapi tadi setelah memberikan [keterangan] sudah lebih baik," kata Haris, Selasa (28/12/2021).

Mobil milik dua pelaku pemerkosaan yang meninggalkan korbannya tanpa busana di jalanan di Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), ternyata sempat tertangkap kamera warga. Polisi membenarkan video tersebut. "Itu mobil memang yang dipakai (terduga pelaku) itu," ujar Haris Sumarsono, Rabu (29/12/2021).

Dari tangkapan layar video itu, foto mobil pemerkosa wanita di Maros diviralkan warga. Dalam video beredar, tampak sebuah mobil jenis minibus silver di tepi jalan. Warga pun menarasikan mobil tersebut milik pelaku pemerkosaan. "Siapa tahu ada yang kenal ini mobil ya, pemerkosaan penumpang," ujar warga perekam video viral.

Baca Juga: Nasibnya Berujung Tragis, Foto Wanita Cianjur yang Dinikahi Pria Arab Ditangisi, Mahar Rp 150 Juta Habis Buat Keperluan Ini

Menurut Haris, pelaku pemerkosaan bergilir itu memang sempat melarikan diri ke arah Kota Makassar setelah melakukan aksi bejatnya. Dua pelaku tersebut kemudian ditangkap di Kabupaten Maros saat melaju ke arah Kabupaten Barru.

"Kan di Makassar dia putar-putar setelah kejadian, habis melakukan. Kemudian dia tertangkap sama anggota di Maros," kata Haris.

"Nah, pada saat mobil dihentikan dan pelaku ditangkap, warga sekitar memang sempat menyaksikan dan mereka mungkin ada yang merekam (video hingga viral)," pungkas AKP Haris.

Baca Juga: Foto Jasad Sarah yang Disiram Air Keras Suami Bikin Bergidik, Ini Alasan Pria Arab Ngotot Nikahi Wanita Cianjur Itu dengan Mahar Fantastis

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya