Minta Dikawal Kopassus, Foto Anggota Termuda DPR Bareng Jenderal Andika Perkasa Tuai Komentar, Profesi Ayahnya Jadi Sorotan

Kamis, 02 Desember 2021 | 16:04
Instagram

Foto anggota termuda DPR Hillary Brigitta Lasut bareng Jenderal Andika Perkasa memang beberapa kali diunggah di Instagram.

Fotokita.net - Anggota termuda DPR Hillary Brigitta Lasut menjadi perbincangan lantaran mengakui meminta bantuan pengawalan Kopassus dan Kostrad TNI AD. Foto Hillary bareng Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang beredar di media sosial juga menuai komentar. Profesi ayahnya menjadi sorotan.

Hillary Brigitta Lasut adalah politikus Nasdem yang bertugas di Komisi I DPR. Melalui akun Instagram miliknya, Hillary mengakui meminta bantuan pengawalan TNI. Anggota termuda DPR ini menyampaikan permintaan itu dengan menghubungiKSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Politikus cantik yang berusia 25 tahun ini mengaku sudah lama mempertimbangkan bantuan pengawalan TNI karena secara fisik dan mental selalu siap untuk keadaan darurat. Hillary mengaku terlalu sering merepotkan Kapolri kalau memintanya kepada kepolisian. "Terkait banyaknya kasus masyarakat kecil di Sulut yang saya kawal, saya merasa lebih nyaman kali ini meminta bantuan TNI," terang Hillary.

Sebagai anggota Komisi I DPR, salah satu mitra kerja Hillary adalah TNI. Ketika uji kelayakan dan kepatutan Panglima TNI digelar, Hillary menjadi salah satu wakil rakyat yang terlibat di dalamnya. Hal ini dibuktikan dengan foto unggahan Hillary yang menunjukkan Jenderal Andika Perkasa sedang mengikuti tes yang digelar oleh Komisi I DPR itu.

Setelah terpilih sebagai Panglima TNI, Hillary juga mengunggah foto dirinya bareng Jenderal Andika Perkasa. Lulusan S2 Amerika ini menuliskan kesannya saat berjumpa dengan mantan KSAD itu. Dia merasa kagum dengan sifat sang jenderal yang rendah hati. Bahkan, saat sopir Hillary meminta foto bareng, Andika Perkasa melayaninya dengan senang hati.

Baca Juga: Foto Raul Lemos Dampingi KD di Gedung DPR Tuai Komentar, Krisdayanti Terima Gaji Ratusan Juta, Rupanya Lebih dari Separuhnya Harus Kembali ke Rakyat

Foto Hillary bareng Jenderal Andika Perkasa memang beberapa kali diunggah di akun Instagram miliknya. Sebelum Jenderal Andika Perkasa dilantik sebagai Panglima TNI, rupanya Hillary sudah melakukan kunjungan ke kantornya. Itu sebabnya, rekan Hillary sesama anggota DPR, Meutya Hafid menggodanya di kolom komentar. "Eheym," tulis politikus Golkar itu.

MelaluiInstagram miliknya, Hillary membeberkan alasan meminta bantuan TNI untuk pengamanan. Dia berbicara dunia politik yang misterius hingga tugas-tugas ke luar. "Kalau ditanya kenapa, jujur saja saya harus mengakui, cukup tidak mudah untuk menjadi seorang perempuan berusia 20-an dan belum menikah, khususnya di dunia politik yang dinamis dan tidak tertebak," kata Hillary.

"Keharusan untuk tugas luar, bertemu banyak orang, dan bertemu masyarakat sampai larut malam, serta mengutarakan pendapat dan suara rakyat yang terkadang berbeda haluan dengan kepentingan sebagian golongan kuat membuat ancaman dan rasa khawatir tidak terelakkan," imbuh dia.

Hillary mengaku tinggal sendiri di Ibu Kota dengan bibi dan adik-adiknya yang semua masih kecil. Selain itu, ayahnya bertugas di daerah perbatasan yang membuat dirinya mempertimbangkan pengamanan. "Tidak ada yang kuat secara fisik di rumah, adik laki-laki saya yang paling besar baru lulus SMP, yang paling kecil baru 3 tahun," ujar Hillary.

Baca Juga: Foto Tampang Thomas Sondegau Jadi Sorotan, Anggota DPR Papua Diciduk Pakai Narkoba Bareng Wanita di Jakarta, Begini Nasibnya Sekarang

Instagram

Foto anggota termuda DPR Hillary Brigitta Lasut bareng Jenderal Andika Perkasa memang beberapa kali diunggah di Instagram.

Anggota Komisi I DPR itu menyebut dirinya berkewajiban menjaga adik-adiknya selepas kepergian almarhum ibunda. Ini membuatnya bertekad membuka diri meminta bantuan pengamanan, khususnya karena dia mengaku sering berselisih paham dengan banyak pihak ketika membela masyarakat Sulut.

Sementara itu,Fraksi NasDem DPR RI buka suara perihal anggotanya, Hillary Brigitta Lasut, menyurati TNI guna meminta bantuan pengamanan. Menurut Fraksi NasDem, Brigitta meminta bantuan pengamanan Kopassus dan Kostrad."Kalau saya lihat surat itu, telegramnya itu, Kopassus dan Kostrad kan," kata Ketua Fraksi NasDem DPR Ahmad Ali dilansir detikcom, Kamis (2/12/2021).

Fraksi NasDem juga mengaku kaget Brigitta meminta bantuan pengamanan ke TNI. Ahmad Ali menegaskan semestinya anggota DPR termuda itu memberitahukan ke fraksi. "Kalau saya sih kaget, tahunya dari media. Harusnya memberitahukan kepada fraksi," ungkap Ahmad Ali.

Terlepas dari pemintaan pengawalan dari Kopassus TNI AD, profesi ayah Hillary menjadi sorotan beberapa waktu lalu. Apabila dilihat dari latar belakang keluarganya, Hillary tumbuh di lingkungan orangtua yang pandai di bidang politik Tanah Air.

Itu sebabnya, Hillary Brigitta Lasut tercatat anggota DPR RI termuda periode 2019-2024. Saat ini, Hillary menginjak usia ke 25 tahun. Hillary menjadi wakil rakyat dari daerah pemilihan Sulawesi Utara. Ia berasal dari partai Nasdem.

Baca Juga: Raul Lemos Pamer Foto Makan Jagung Bareng Pendukung KD, Ternyata Gaji Krisdayanti di DPR Cuma Puluhan Juta, Ini Fakta Sebenarnya

Instagram

Foto anggota termuda DPR Hillary Brigitta Lasut bareng Jenderal Andika Perkasa memang beberapa kali diunggah di Instagram.

Hillary adalah putri dariElly Engelbert Lasut merupakan bupati Kepulauan Talaud periode 2019-2024. Selain itu, sang ibu, Telly Tjanggulung adalah mantan bupati Minahasa Tenggara periode tahun 2008-2013. Namun, ibunda Hillary telah meninggal dunia.

Telly Tjanggulung tutup usia di Rumah Sakit Siloam Kebun Jeruk, Jakarta, Selasa (5/1/2021) dini hari, karena kanker serviks yang dideritanya selama beberapa tahun terakhir. Ia dimakamkan di Kelurahan Bumi Nyiur, Manado.

Bukanhanya cantik. Hillary juga merupakan sosok yang berprestasi. Bahkan, di usia muda Hillary berhasil lulus S2 dari Washington University. Wanita kelahiran Manado ini adalah lulusan S1 Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan (UPH) dan S2 di Washington University.

Beberapa waktu lalu, profesi ayah Hillary sempat menjadi sorotan. Sebab, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud terpilih pada Pilkada serentak 2018 Elly Engelbert Lasut-Moktar Arunde Parapaga tak kunjung dilantik. Bahkan, Elly dikabarkan memiliki hubungan kurang harmonis dengan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey gegara masalah pelantikan dirinya sebagai Bupatu Talaud.

KPU telah menetapkan keduanya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Talaud terpilih pada Agustus 2018. Sehingga, sejak ditetapkan hingga saat ini, terhitung sudah satu tahun lebih keduanya belum dilantik.

Baca Juga: Pantas Anggota DPR Nekat Gelar Hajatan Saat PPKM Level 4, Resto Java Terrace Ternyata Punya Cerita Unik, Intip Foto Aestheticnya

Instagram

Foto anggota termuda DPR Hillary Brigitta Lasut bareng Jenderal Andika Perkasa memang beberapa kali diunggah di Instagram.

Sebetulnya, KPU telah menetapkan keduanya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Talaud terpilih pada Agustus 2018. Sedianya, agenda pelantikan digelar pada 21 Juli 2019. Itu jika mengacu pada akhir masa jabatan Bupati Talaud sebelumnya, Sri Wahyumi Manalip. Namun, Gubernur Sulwesi Utara Olly Dondokambey tak kunjung melantik Elly.

Persoalannya saat itu adalah terkait periodisasi Elly menjabat sebagai Bupati Kepulauan Talaud yang dianggap sudah tiga periode. Olly enggan melantik karena merujuk kepada Putusan MA No. 584/K/TUN/2019 tanggal 6 Desember 2019.

Berdasarkan putusan MA itu, Elly dianggap menjalani jabatan untuk tiga periode. Sebab sebelumnya, Elly pernah menjabat sebagai Bupati Kepulauan Talaud periode 2004-2009. Kemudian, Elly kembali menjabat sebagai Bupati Kepulauan Talaud periode 2009-2014. Tetapi dia lantas diberhentikan karena tersangkut kasus korupsi. Masa jabat Elly di periode kedua inilah yang kemudian dipersoalkan.

Elly dilantik menjabat untuk periode kedua pada 21 Juli 2009. Kemudian pemberhentiannya lewat SK Mendagri RI Nomor 131.71-3200 Tahun 2014 dengan kop surat Menteri Dalam Negeri dan ditetapkan Gamawan Fauzi per tanggal 10 Agustus 2011. Sehingga, untuk periode kedua dia menjabat selama 2 tahun 1 bulan.

Namun pada 2017, putusan Mendagri Gamawan Fauzi dianulir Mendagri Tjahjo Kumolo lewat surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Bernomor 131.71-3241 Tahun 2017. Dalam SK tersebut dikatakan masa jabatan Elly berakhir di akhir periode. Namun SK tersebut kemudian dicabut melalui MA No. 584/K/TUN/2019 tanggal 6 Desember 2019.

Baca Juga: Rela Jadi Kacung Warkop DKI, Foto Jadul Komedian yang Maksa Kasino Ajari Ngelawak Beredar, Kini Makin Tajir Sebagai Anggota DPR

Dalam putusan MA itu, Mendagri diperintahkan untuk mencabut Keputusan tahun 2017 tersebut yang digunakan KPU sebagai dasar Elly baru menjabat Bupati Talaud satu periode, sehingga diloloskan sebagai peserta Pilkada Talaud. "Ada putusan Mahkamah Agung ini makanya tidak dilantik bahwa yang bersangkutan itu kalau dilantik sudah tiga periode," kata Gubernur Olly di Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Pada Rabu (24/2/2020), Mendagri Tito Karnavian telah melantik Elly Engelbert Lasut-Moktar Arunde Parapaga sebagai Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud. Namun, pelantikan itu tidak dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey maupun Wakil Guber Sulawesi Utara Steven Octavianus Estefanus Kandouw.

Meski begitu, Elly menyebut, gubernur tidak mempersoalkan pelantikannya. "Beliau tidak datang ke pelantikan mungkin saja ada halangan," kata Elly. Setelah ini, Elly dan Moktar Arunde akan menghadap Olly Dondokambey. Keduanya akan melaporkan hasil pelantikan yang baru saja dilakukan.

"Kami akan meminta arahan beliau selaku Gubernur Sulawesi Utara. Kami akan mencoba menjaga, memperbaiki dan membangun hubungan baik dengan Pak Gubernur," lanjut Elly.

Dikutip dari radiogram Kemendagri tertanggal 25 Februari 2020 pelantikan Elly Lasut-Moktar Arunde berdasarkan Surat Keputusan Mendagri Nomor 131.71-2750 tahun 2019 tentang pengesahan pengangkatan Bupati Talaud Provinsi Sulawesi Utara dan Keputusan Mendagri Nomor 132.71.2751 tahun 2019 tentang pengesahan pengangkatan Wakil Bupati Talaud Provinsi Sulawesi Utara.

Baca Juga: Maki-maki Ibunda Anggota DPR, Foto Tampang Anak Jenderal Terlanjur Viral, Ternyata Bapaknya Punya Jabatan Ini di TNI AD

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya