Foto Tampang Petugas Cleaning Service Bandara Soetta Viral, Sosoknya Banjir Penghargaan Gegara Serahkan Cek Rp 35,9 Miliar

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 12:38
Istimewa

Foto tampang Halimah viral di media sosial. Petugas cleaning service ini kebanjiran penghargaan usai menyerahkan cek senilai Rp 35,6 miliar.

Fotokita.net - Foto tampang petugas cleaning service Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Banten, viral di media sosial. Ternyata sosok petugas ini banjir penghargaan gegara menyerahkan cek senilai Rp 35,6 miliar kepada petugas keamanan.

Seorang petugas cleaning service yang bekerja di Bandara Soetta mencuri perhatian usai menemukan dompet yang berisi cek senilai Rp 35,6 miliar. Dia secara tidak sengaja menemukan dompet itu pada Jumat (29/10/2021).

Petugas cleaning service yang bernama Halimah itu lantas menyerahkan dompet berisi cek Rp 35,6 miliar kepadaSupervisor Aviation Security (Avsec) yang bertugas saat itu. Halimah yang berusia 29 tahun langsung menyerahkan dompet yang ditemukannya tanpa terlebih dahulu memeriksa isinya.

Halimah baru mengetahui isi dompet yang ditemukandi area Central Corridor Depature Terminal 2E Bandara Soekarno-Hatta setelah pihak Avsec memeriksanya. Dompet warna cokelat berisi barang berharga itu diduga milik salah satu calon penumpang.

Kabar Halimah menyerahkan cek Rp 35,6 milar itu tersebar kemana-mana. Sejumlah media online memberitakannya. Foto tampang petugas cleaning service Bandara Soetta itu viral. Bahkan, Wakil Gubernur DKI Jakarta A. Riza Patria ikut membagikan foto tampang Halimah disertai dengan kalimat penghargaan atas kejujurannya itu.

Baca Juga: Pamer Foto Jadul Sebelum Jadi Transjender, Selebgram yang Ngamuk di Bandara Tuding Mbah Mijan Dukun Palsu

Bagi Halimah, yang sudah bekerja selama 10 tahun sebagai petugas cleaning service Bandara Soetta, menjadi kewajiban untuk mengembalikan kepada petugas keamaan saat menemukan barang tertinggal di areanya bertugas. Bahkan, tanpa memeriksa isi dompet yang ditemukan itu, Halimah langsung menyerahkan ke petugas berwenang.

Itu sebabnya, ketikapetugas Avsec memeriksa isi dompet, Halimah tentu tidak menyangka di dalamnya terdapat lima buah buku tabungan berbagai bank, sebuah paspor, dan dua lembar cek senilai Rp 35,5 miliar.

"Besar atau kecil nilai barang, selama itu bukan milik kami, maka sudah jadi kewajiban bagi petugas di lapangan untuk melaporkannya," kata Halimah yang ditemui banyak awak media di Bandara Soetta usai penemuan cek senilai Rp 35,6 miliar itu.

Penemuan cek itu bermula ketika pada Jumat (29/10/2021) sekitar pukul 10.00 WIB, Halimah sedang bersih-bersih di ruang tunggu keberangkatan Terminal 2E Bandara Soetta. Saat itulah ia menemukan dompet berisi 5 buku tabungan dan paspor yang di dalamnya berisi cek.

Baca Juga: Miris! 7 Foto Satelit Ini Rekam Kerumunan Warga Afghanistan di Bandara Kabul, Putus Asa Tak Bisa Kabur dari Rezim Taliban

Istimewa

Foto tampang Halimah viral di media sosial. Petugas cleaning service ini kebanjiran penghargaan usai menyerahkan cek senilai Rp 35,6 miliar.

"Setelah itu langsung saya amankan dan diserahkan ke sekuriti bandara. Saat dicek isinya, ada cek senilai Rp 35,9 miliar, paspor, dan lima buku tabungan," kata Halimah.

Kata Halimah, ada dua cek di dalam dompet tersebut. Namun cek yang satunya sudah dalam kondisi terparaf belum tertera nilainya. Halimah mengungkapkan lima tabungan tersebut nilainya cukup fantastis. Namun dirinya tidak mengetahui secara detail nominal uang di lima buku tabungan tersebut.

"Sampai saat ini saya belum mendapat informasi lanjutannya dari sekuriti bandara sudah dikembalikan ke yang empunya atau belum," tambahnya. Ia mengatakan dirinya mesti bertanggung jawab dan sudah menjadi tugasnya mengembalikan barang milik penumpang. Baginya, kejujuran adalah nomor satu.

"Walaupun sekecil apa pun itu, kita harus mengembalikan dan melaporkan penemuan itu barang ke sekuriti," ucapnya.

Baca Juga: Mencak-mencak di Bandara Sampai Viral, Ini Foto Lawas Selebgram Gebby Vesta Sebelum Jadi Transjender

Istimewa

Foto tampang Halimah viral di media sosial. Petugas cleaning service ini kebanjiran penghargaan usai menyerahkan cek senilai Rp 35,6 miliar.

Kejujuran Halimah ini diapresiasi PT Angkasa Pura Solusi. Dihubungi terpisah, PT Corporate & Marketing Communication Manager Angkasa Pura Solusi Virgiawan mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kejujuran dari petugas cleaning service tersebut.

"Kami sangat mengapresiasi sekali. Semoga prinsip amanah yang dipegang teguh Halimah dapat memotivasi rekan-rekan lain untuk senantiasa menjunjung tinggi integritas dalam bekerja serta amanah," ucap Virgiawan.

"Mengapresiasi kejujurannya dalam bertugas. Manajemen PT Angkasa Pura Solusi akan memberikan reward kepada petugas tersebut," tutur Virgiawan. Virgiawan berujar, pemilik dompet yang jatuh tersebut dapat menghubungi call center Bandara Soekarno-Hatta di nomor 138.

Halimah adalah seorang cleaning service yang bekerja di bawah naungan PT Angkasa Pura Solusi. Dia sudah 10 tahun bekerja sebagai cleaning service. Terakhir, jabatan Halimah adalah sebagai tema leader cleaning service. Atas kejujurannya itu, warga Tangerang itu mendapat kenaikan jabatan setingkat lebih tinggi, yakni sebagai supervisor cleaning service.

Baca Juga: Terkuak, Begini Cara WN India Bisa Masuk Jakarta Tanpa Proses Karantina, Polisi Beberkan Kronologinya: Ini Mafia

Istimewa

Foto tampang Halimah viral di media sosial. Petugas cleaning service ini kebanjiran penghargaan usai menyerahkan cek senilai Rp 35,6 miliar.

"Alhamdulillah, dari pengawas cleaning service menjadi supervisor cleaning service. Saya sangat bersyukur sekali atas rezeki yang diberikan ini. Pasti semua merasa bahagia atas apresiasi yang diberikan kepada saya ini," ujar Halimah kepada awak media detik, Jumat (29/10/2021).

Foto tampang Halimah viral di media sosial. Sosoknya kini kebanjiran penghargaan usai menyerahkan cek senilai Rp 35,6 miliar.

Selain penghargaan berupa promosi jabatan, Halimah dijanjikan mendapatkan satu penghargaan lainnya. Halimah sudah 10 tahun bekerja sebagai cleaning service di Bandara Soetta.

"Saya belum tahu, itu mah masih rahasia perusahaan, yang udah tahu ya itu tadi, naik jabatan. Tetapi katanya memang ada lagi penghargaannya," tuturnya.

Baca Juga: Serbu Pasukan TNI Polri di Ilaga, Ini 5 Jenis Senjata yang Digunakan Anak Buah Lekagak Telenggen

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya