Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Istri Ridwan Kamil Unggah Foto Jenazah, Gubernur Jawa Barat Berduka Usai Mendarat dari Papua: Al Fatihah

Minggu, 17 Oktober 2021 | 08:58
Facebook

Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya mengunggah foto jenazah yang ditemukan di sungai melalui akun media sosial.

Fotokita.net - Istri Ridwan Kamil,Atalia Praratya mengunggah foto jenazah yang ditemukan di sungai melalui akun media sosial. Gubernur Jawa Barat berduka usai mendarat dari Papua. Al Fatihah.

Peristiwa susur sungai yang para siswa MTs Harapan Baru, Ciamis, Jawa Barat sudah membuat banyak pihak prihatin. Sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru meninggal dunia saat mengalami kecelakaan didi Leuwi Ili, Sungai Cileuer, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing dalam perjalanan menuju Pondok Pesantren Cijantung pada Jumat (15/10/2021).

Kejadian nahas itu membuat publik terkejut melihat kondisi siswa yang sudah tidak lagi bernyawa saat ditemukan tim SAR gabungan. Istri Gubernur Jawa Barat,Atalia Praratya Ridwan Kamil mengunggah foto jenazah korban susur sungai yang ditemukan melalui media sosial. Atalia juga tampak memeluk hangat orangtua korban dalam kunjungannya ke lokasi kejadian.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang baru mendarat dari kunjungan kerja di Papua begitu terkejut mendapatkan berita kecelakaan yang menimpa siswa MTs Harapan Baru. Ridwan Kamil yang berduka langsung mengunjungi takziah yang digelar di rumah korban.

Humas MTs Harapan Baru Cijantung, Dandeu Rifai, mengungkapkan musibah itu terjadi saat mereka menempuh rute terakhir di Pondok pesantren Cijantung. Pada kejadian itu sebanyak 11 siswa meninggal dunia, seluruhnya kelas VII. Sementara itu, seorang siswa kelas IX dan guru pendamping selamat.

Baca Juga: Foto Jasad Korban Susur Sungai di Ciamis Tersebar Luas, Siswa MTs Harapan Baru yang Selamat Ungkap Fakta Mengejutkan

Humas MTs mengatakan, mereka tengah mengikuti program tadabur alam.Diisi dengan kegiatan bersih dan pengenalan lingkungan. Tiga hari sebelum kegiatan, tim sudah dilakukan survei lapangan, serta memasang tanda jejak. Termasuk di bantaran Sungai Cileueur.

“Entah kenapa, saat briefing untuk perjalanan terakhir langsung ke pondok, karena jaraknya sudah dekat, ada anak terpeleset. Temannya mencoba menolong dengan menarik, yang lain juga. Tiga pembimbing langsung mencebur dengan maksud ikut menyelamatkan, akan tetapi anak-anak sudah terseret,” tuturnya.

"Selaku Humas MTs, saya menyampaikan belasungkawa. Kejadian hari Jumat, mereka sedang tholabul ilmi, dan kejadiannya di air. Menurut para kiai, sudah masuk syahid,” tuturnya.

Humas MTs mengatakan, sekolah memberikan kebijakan seluruh siswa kelas VII atau peserta susur sungai untuk kembali ke rumah. Siswa yang belajar di tempat tersebut juga sekaligus santri di PP Cijantung.

"Untuk meminimalisir dampak psikologis, kami memberi kelonggaran santri pulang ke rumah orangtua masing-masing, biar lebih cepat pulih. Apabila memang sudah siap, dipersilakan kembali ke pondok,” kata Dandeu.

Baca Juga: Istri Ridwan Kamil Positif Covid-19 Meski Sudah 2 Vaksin, Menkes Budi Gunadi Sentil Hal Ini: Kita Bukan Superman

Facebook

Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya mengunggah foto jenazah yang ditemukan di sungai melalui akun media sosial.

Untuk mempercepat pemulihan psikis, seluruh peserta kepanduan susur sungai diberi kesempatan pulang ke rumah. Sementara itu seluruh jenazah sudah dikebumikan di tempat masing-masing.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, beberapa keluarga tampak datang menjemput anaknya yang menjadi santri di PP Cijantung pada Sabtu (16/10/2021).

Beberapa santri juga tampak ikut mengantar kepulangan teman yang dijemput orangtuanya. Sementara itu di dalam masjid juga banyak santri yang berdoa untuk temannya yang mendapat musibah. Mereka syok begitu mendengar berita musibah yang dialami siswa MTs Harapan Baru.

"Saya mencari-cari informasi, anak saya ikut kegiatan. Alhamdulillah selamat,” kata Ahmad, warga Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, orangtua salah seorang santri.

Dia mengatakan menjemput putrinya itu, untuk memberi ketenangan, dan mempercepat pemulihan psikisnya. "Dari pesantren juga menganjurkan demikian. Biar secara psikis lebih cepat pemulih, bersama keluarga,” ujarnya.

Hal serupa juga dikatakan, Ny. Mamah asal Nagreg. Dia menjemput pulang putrinya, dengan maksud agar lebih tenang. Sebab, beberapa temannya yang satu kobong, ikut menjadi korban meninggal.

Baca Juga: 7 Foto Kece Windy Cantika Aisah, Penampilannya Bikin Pangling di Luar Arena, Pernah Dapat Uang Puluhan Juta dari Ridwan Kamil

Facebook

Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya mengunggah foto jenazah korban susur sungai di Ciamis melalui akun media sosial.

“Anak saya cerita, sempat melihat kerudung temannya yang mengambang. Terus terang saya sangat terenyuh, dapat memahami perasaannya. Jadi biar lebih cepat tenang dijemput pulang,” ujarnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang berduka mengikuti takziah yang digelar orangtua korban usai mendarat dari Papua. "Semendaratnya dari Papua, kami melangsungkan takziah kepada keluarga2 yang kehilangan putra putrinya saat musibah di Ciamis," tulis Ridwan Kamil di Instagram yang dikutip Fotokita.net, Minggu (17/10/2021).

Dalam unggahan itu, Ridwan Kamil tampak memeluk salah satu orangtua korban yang begitu syok atas kehilangan anaknya dalam kegiatan yang digelar MTs Harapan Baru. Melihat orangtua korban yang begitu syok, Ridwan Kamilmemberikan petunjuk kepada jajarannya.

"Saya sudah meminta Bupati Ciamis dan Kemenag Jawa Barat agar betul-betul mengevaluasi kegiatan2 cinta alam yang beresiko melalui pengetatan standar keamanan dan keselamatan yang maksimal. Alfatihah dan doa terbaik kepada para siswa yang meninggal dunia. ????"

Dalam kesempatan yang sama, Ridwan Kamil juga memberikansantunan kepada keluarga korban susur sungai di Ciamis. "Semoga mengurangi beban yang sedang dialami keluarga-keluarga tersebut," katanya.

Ridwan Kamil juga mengeluarkan keputusan,"semua kegiatan susur sungai untuk dihentikan sampai waktu yang tidak ditentukan, sampai ada tata cara keselamatan dan keamanan yang paripurna. Memerintahkan BPBD untuk menyusun pedoman keselamatan kegiatan alam bagi para pelajar bersama organisasi pecinta alam profesional seperti Wanadri."

Baca Juga: Disindir Telak Ridwan Kamil, Giliran Sosok Ini Sentil Raffi Ahmad Karena Pesta Tanpa Prokes Usai Divaksin Bareng Jokowi

Facebook

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang baru mendarat dari kunjungan kerja di Papua begitu terkejut mendapatkan berita duka.

Sementara itu, istri Ridwan Kamil,Atalia Praratya mengunggah foto jenazah korban susur sungai di Ciamis yang ditemukan tim SAR gabungan. AtaliaPraratya selaku Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat (Jabar) meninjaulangsung lokasi tewasnya 11 orang santri yang sedang melakukan kegiatan susur sungai di Sungai Cileueur Dusun Wetan Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, Sabtu (16/10/2021).

Atalia menegaskan, kegiatan susur sungai yang tengah dilakukan para korban saat itu bukanlah kegiatan Pramuka seperti diberitakan, melainkan kegiatan mandiri yang dilakukan secara rutin oleh pihak Madrasah Tsanawiyah (MTs) Harapan Baru Ponpes Cipasung Kabupaten Ciamis.

Menurut Atalia, berdasarkan informasi pihak ponpes, kegiatan susur sungai tersebut murni diinisiasi oleh pesantren dengan niat luhur untuk mendidik santriwan dan santriwati untuk mencintai lingkungan salah satunya dengan bersih-bersih sungai.

Facebook

Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya mengunggah foto jenazah yang ditemukan di sungai melalui akun media sosial.

"Kegiatan ini adalah bukan kegiatan pramuka, karena MTs yang bersangkutan bukan termasuk kedalam Gugus Depan, termasuk juga tidak melaksanakan ekskul pramuka," ujar Atalia. "Tapi ini adalah kegiatan panduan mandiri yang dilakukan secara rutin oleh sekolah yang bersangkutan," sambungnya.

Atalia menjelaskan bahwa Pramuka memiliki pedoman No 277 Tahun 2007 yang mengatur tentang pedoman pelaksanaan dan manajemen resiko kegiatan Pramuka, termasuk didalamnya kegiatan susur sungai. Adapun berdasarkan Surat Edaran Kwarnas, saat ini pihak Gerakan Pramuka masih menunda segala bentuk kegiatan yang bersifat tatap muka yang menghadirkan banyak peserta, seperti perkemahan, seminar, pelatihan, dan sebagainya, sampai waktu yang ditentukan kemudian. Bahkan, kegiatan seperti jambore pun saat ini masih dilakukan secara virtual.

Baca Juga: Proses Vaksinasi Jokowi Disiarkan Langsung Rabu Besok, Ridwan Kamil Mendadak Ingatkan Efek Samping Ini Usai Disuntik Vaksin Sinovac 2 Kali

Facebook

Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya mengunggah foto jenazah korban susur sungai di Ciamis melalui akun media sosial.

Selain itu kata Atalia, pihaknya terus mengikuti arahan pemerintah pusat terkait pembatasan kegiatan sekolah tatap muka. "Pramuka sendiri memiliki pedoman yang sudah sangat matang sekali disusun, nomor 277 tahun 2007 terkait dengan pedoman pelaksanaan kegiatan, termasuk juga management resiko terkait dengan kegiatan, termasuk di dalamnya susur sungai," papar Atalia.

"Kami sangat mengikuti aturan pemerintah dan juga surat edaran terkait dengan pembelajaran tatap muka terbatas, sehingga untuk kegiatan-kegiatan tertentu khususnya kegiatan-kegiatan lapangan ini memang sangat tidak kita dorong," jelasnya.

Meski demikian, Atalia mengatakan bahwa peristiwa ini merupakan musibah dan tidak perlu saling menyalahkan. Pun Atalia menyampaikan belasungkawanya atas nama Pemprov Jabar dan Kwarda Jabar khususnya dan masyarakat Jabar umumnya.

"Tentu saja apapun yang telah terjadi itu semua kehendak Yang Maha Kuasa, ini adalah musibah yang tidak bisa kita hindari dan tidak perlu menyalahkan siapapun," ujar Atalia.

"Saat ini saya hadir sebagai kepanjangan tangan Gubernur atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat, termasuk warga Jawa Barat seluruhnya, kami menyampaikan rasa duka cita yang mendalam, kami mendoakan agar supaya hal-hal seperti ini bisa kita sama-sama perhatikan lebih dalam lagi," imbuhnya.

Usai meninjau lokasi kejadian, Atalia melanjutkan kunjungannya dengan melakukan takziah serta menyerahkan santunan ke rumah duka almarhum Candra Ryzkie Hermawan di Kampung Karang, Desa Ciamis, Kecamatan Ciamis, dan almarhumah Khansaa Khairun Nisa di Dusun Desa Kulon RT 09/RW 03, Kelurahan Cimari, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tulis Surat Buat Jokowi, Komentar Menantu SBY Atas Pertanyaan Sang Gubernur Malah Banjir Respon, Begini Kronologinya

Facebook

Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya mengunggah foto jenazah korban susur sungai di Ciamis melalui akun media sosial.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya