Jawaban Mengapa Nama Penerima Dapat Nomor Antrian di Eform BRI, Pas ke Bank Tidak Dapat Banpres BPUM Tahap 3

Senin, 27 September 2021 | 16:39
Facebook

Mengapa nama penerima dapat nomor antrian di Eform BRI, tapi pas ke bank NIK itu tidak dapat Banpres BPUM tahap 3? Ternyata ini jawabannya.

Fotokita.net - Berikut jawaban mengapa nama penerima dapat nomor antrian di Eform BRI, tapi pas ke bankNIK itu tidak dapat Banpres BPUM tahap 3.

Bulan September menjadi batas waktu pencarian program Banpres BPUM tahap 3 di tahun 2021.Pendaftaran sebagai penerima BPUM telah dibuka oleh pemerintah beberapa waktu yang lalu di berbagai daerah khususnya di pulau Jawa.

Proses pendaftaran kali ini dilakukan secara online dengan mengakses link yang telah disediakan. Hal ini diharapkan dapat mempermudah pelaku usaha dalam mendaftarkan dirinya.

Dengan adanya program bantuan ini pemerintah berharap dapat membantu beberapa sektor pelaku usaha yang mengalami dampak dengan adanya pandemi Covid-19 dan kebiakan soal PPKM berbagai level di berbagai daerah.

Pemerintah sendiri akan memberikan sejumlah dana bantuan kepada para pelaku usaha yang telah terdaftar sebagai penerima. Jumlah yang akan diberikan bahkan mencapai Rp 1,2 juta per orang.

Baca Juga: Jawaban Bagaimana Cara Membatalkan Antrean BPUM BRI, Tak Perlu Panik Lupa Nomor Referensi BLT UMKM Rp 1,2 Juta

Penyaluran atau pencairan bantuan BPUM bagi para pelaku usaha yang sebelumnya telah terdaftar diketahui dilakukan mulai September 2021. Proses penyaluran tersebut dilakukan sebagai kelanjutan dari tahap sebelumnya.

Penyaluran bantuan BPUM ini sendiri telah menargetkan sejumlah pelaku usaha, jumlah yang akan menerima sejumlah dana dari program BLT UMKM ini bahkan mencapai jumlah 500 ribu orang.

Lantas, mengapa nama penerima dapat nomor antrian di Eform BRI, tapi pas ke bank NIK itu tidak dapat Banpres BPUM tahap 3? Simak jawabannya di sini.

Bagi para pelaku usaha yang akan melakukan pencairan bantuan tak perlu terburu-buru. Sebab pemerintah melalui Kemenkop UKM telah memastikan akan menambah waktu atau jadwal penyaluran.

Penambahan waktu penyaluran atau pencairan tersebut rencananya bahkan akan diperpanjang hingga akhir tahun tepatnya pada bulan Desember 2021.

Hal ini menunjukkan bahwa penyaluran berlangsung cukup lama, sebab jika dihitung berdasarkan waktu penyaluran awal tahap 1 sudah berlangsung sedari awal tahun 2021, maka hal ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha.

Baca Juga: Ini Ciri Utama yang Dialami Penerima Banpres BPUM 2021, Buruan Cairkan BLT UMKM Rp 1,2 Juta di BRi dan BNI

Istimewa

Ilustrasi BPUM BRI. Ini ciri-ciri NIK KTP yang lolos BPUM BRI.

Selanjutnya, untuk proses pencairan yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha dapat melalui 2 bank yaitu BRI dan BNI. Namun sebelumnya pelaku usaha harus memastikan diri telah terdaftar sebagai penerima bantuan.

Untuk bank BRI, dapat melakukan pengambilan nomor antran melalui fitur reservasi online yang bisa dilakukan dengan mengakses laman resmi yaitu https://eform.bri.co.id/bpum.

Dengan melakukan reservasi online, maka pelaku usaha dapat memilik tempat unit usaha BRI dan waktu pencairan yang akan dilakukan. Sehingga nantinya dapat menghindari antrean yang terlalu panjang.

Sedangkan bagi para pelaku usaha yang namanya terdaftar dalam penerima bantuan BNI dapat langsung mengunjungi unit BNI terdekat dengan domisili dan membawa bukti pendaftaran yang telah dimiliki.

Rupanya, ini jawabanmengapa nama penerima dapat nomor antrian di Eform BRI, tapi pas ke bank NIK itu tidak dapat Banpres BPUM tahap 3.

Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM), lebih dikenal dengan bantuan langsung tunai usaha mikro, kecil, dan menengah (BLT UMKM), senilai Rp 1,2 juta hanya cair sekali.

Baca Juga: Jawaban Mengapa Banpres BPUM 2021 Tidak Langsung Cair ke Rekening BRI dan BNI, Ini Cara Cek Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta di Link Resmi

Istimewa

Ilustrasi BPUM BRI. Ini ciri-ciri NIK KTP yang lolos BPUM BRI.

Jadi untuk kalian yang sudah pernah menerima Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM dipastikan tidak akan menerima lagi bantuan dari pemerintah tersebut.

Informasi tentang Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM senilai Rp1,2 juta yang hanya cair sekali disampaikan oleh akun resmi Twitter Bank BRI yakni @BANKBRI_ID, 3 Juni 2021.

“Hai Sobat BRI, saat ini dana bantuan BPUM tahun 2021 sebesar Rp1.200.000,- diberikan 1 kali. Bank BRI hanya sebagai penyalur dana bantuan, kami sarankan untuk bertanya dan melapor ke Dinas Koperasi setempat (1).”

“Hai Sobat BRI, Kami informasikan dana BPUM hanya diberikan 1 kali dan hanya dapat dilakukan 1 kali pencairan ya. Dalam mendukung transaksi Cashless, kegiatan perbankan bisa dilakukan secara digital melalui aplikasi BRImo. Tks~Priska.”

“Hai Sobat BRI, saat ini Pemerintah hanya menyalurkan dana BPUM 2021 sebesar Rp1.2 juta sebanyak 1 kali. Sehingga penerima bantuan hanya dapat mencairkan 1 kali dana BPUM. Akun resmi sosial media BRI yang bercentang biru (Verified). Tks~Diva”

Baca Juga: Ini Ciri-ciri Tetap Dapat Bantuan BPUM Rp 1,2 Juta Meski NIK KTP Tak Terdaftar di Eform BRI, Buruan Cairkan BLT UMKM

Demikian informasi yang disampaikan akun @BANKBRI_ID menjawab pertanyaan warganet tentang pencairan BLT UMKM atau Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) senilai Rp 1,2 juta.

Sebagaimana diketahui, BLT UMKM awalnya cair Rp 2,4 juta pada tahun 2020. BPUM BRI ini juga cair lagi pada tahun 2021 dengan nominal Rp 1,2 juta.

Masyarakat menganggap bahwa BLT UMKM tahun 2020 sebagai tahap 1, sedangkan yang cair pada 2021 sebelum lebaran adalah tahap 2.

Sehingga mereka menantikan BLT UMKM Tahap 3 yang saat ini sedang dibuka. Mereka juga masih bingung tentang BPUM BRI cair berapa kali.

Itu sebabnya, Kementerian Koperasi dan UKM memberikan klarifikasi melalui akun instagramnya yang telah terverifikasi, @kemenkopukm.

"Dana Banpres Produktif Usaha Mikro telah tersalurkan sebesar Rp 11,76 triliun. Perlu diingat bersama, hanya ada 2 tahap penyaluran BPUM, tahap kedua sedang dalam persiapan." tulis Kemenkop UKM pada 9 Juni 2021 lalu.

Baca Juga: Buruan Cairkan BLT UMKM Sebelum Hangus, Ini Ciri-ciri NIK KTP yang Lolos BPUM BRI

"Waspada Hoax Terkait BPUM!. Jika #SobatKUKM menerima informasi terkait BPUM, pastikan informasi tersebut sama dengan yang dikeluarkan oleh saluran informasi resmi Kementerian Koperasi dan UKM RI." tambahnya.

Tak hanya itu, Bank BRI, sebagai salah satu lembaga penyalur bantuan ini juga mengklarifikasi bahwa pada tahun 2021 ini BPUM BRI hanya cair sekali per orang.

BLT UMKM Tahap 3 yang saat ini sedang dibuka akan diprioritaskan ke pelaku usaha mikro yang belum pernah dapat.

"Mohon bantuannya yang sudah melalukan pencairan tetapi pada efrom bri masih terdaftar apakah bisa melakukan pencairan kembali ? Meski sudah mendapat 1,2 juta.Terima kasih" tanya pemilik akun twitter @Phay43002311.

Baca Juga: Cara Pencairan BPUM 2021, Cek Penerima BLT UMKM di BRI dan BNI Lewat eform.bri.co.id/bpum

FB

Pada saat penyaluran Banpres BPUM 2021, penerima mengalami ciri utama untuk mendapatkan BLT UMKM sebagai berikut ini.

"Kami informasikan pencairan dana BPUM 2021 hanya dilakukan 1 kali dengan nominal Rp 1.200.000,- . Jika sebelumnya sudah melakukan pencairan dengan nominal tersebut, mohon abaikan informasi melalui e-Form." balas BRI pada 22 Juni 2021.

Masyarakat yang selama ini sudah pernah mendaftar BLT UMKM atau BPUM BRI namun NIK KTP tidak terdaftar di link eform.bri.co.id bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

- Bantuan tidak dicairkan melalui BRI, melainkan BNI, sehingga namanya terdaftar di banpresbpum.id.

- Tidak memenuhi syarat sehingga tidak berhak dinyatakan sebagai penerima.

- Pendaftaran masih diproses sehingga perlu sabar hingga pencairan dilakukan.

Baca Juga: Cek Data Penerima BPUM 2021 di eform.bri.co.id/bpum, Ini Cara Cairkan Dana BLT UMKM Rp 1,2 Juta

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya