Foto Area Mal Margo City Rusak Parah Disorot, Polisi Ungkap Sumber Ledakan Mirip Bom, Ternyata Penyebabnya Dari Sini

Minggu, 22 Agustus 2021 | 11:19
Instagram

Polisi mengungkap sumber ledakan mirip bom yang muncul saat plafon Mal Margo City ambruk. Ternyata penyebabnya dari sini.

Fotokita.net - Foto area Mal Margo City Depok yang rusak parah disorot netizen di media sosial. Polisi mengungkap sumber ledakan mirip bom yang muncul saat plafon Mal Margo City ambruk. Ternyata penyebabnya dari sini.

Foto area dalam dan luar pusat perbelanjaan modern di wilayah Depok, Jawa Barat itu tampak luluh lantak. Foto kerusakan parah Mal Margo City ini beredar luas di media sosial pada Sabtu (21/8/2021) sore.

Tentu saja, foto Mal Margo City yang rusak parahmenjadi sorotan netizen. Banyak di antara mereka yang mencemaskan kondisi pengunjung dan karyawan yang ada di dalam Mal Margo City pada saat kejadian.

Dalam narasi yang beredar, plafon Mal Margo City ambruk lalu diikuti dengan suara ledakan keras mirip bom. Foto di bagian luar mal juga menampakkan puing beton yang menimpa sedikitnya 3 mobil yang di parkir di area Margo City Depok.

Kejadian ambruknya plafon mal Margo City itu terjadi pada Sabtu (21/8/2021) sekitar pukul 16.30 WIB. Insiden itu terjadi di bagian sisi kanan mal atau Margo Prominent. Akibat insiden itu 3 mobil tertimpa puing, dan 11 korban terluka.

Baca Juga: Foto Area Margo City Hancur Lebur Karena Ledakan Mirip Bom Viral, Polisi Temukan Fakta Sebenarnya

Selain foto, video rekaman yang banyak beredar juga menampakkanplafon di dalam Margo City Depok ambruk di lantai. Serpihan plafon yang ambruk berserakan di lantai dalam Margo City Depok.

Logam penahan plafon tampak rusak dan menjuntai ke bawah dari atas plafon. Sementara itu, gipsum yang ambruk terbelah menjadi bagian kecil dan besar.

Serpihan plafon yang ambruk terlihat berdampak ke salah satu gerai yang berada di dalam Margo City Depok.

Di bagian luar Margo City Depok, tampak tembok yang jebol hingga ke lahan parkiran. Tiga kendaraan yang berada di parkiran Margo City Depok tampak terkena serpihan tembok yang jebol.

Peristiwa plafon Mal Margo City amruk ini telah mengakibatkan 11 korban luka-luka. Marketing Communication Manager Margo City Mall Reza Ardiananda mengatakan korban itu dalam kondisi sadar.

"Semua korban yang terkena dampak dari kejadian ini sudah dibawa ke rumah sakit dan dalam keadaan sadar," kata Reza kepada wartawan di Margo City Mall, Depok, Sabtu (21/8/2021).

Baca Juga: Foto Plafon Margo City Depok Ambruk Hingga Keluarkan Asap Viral, Ini Fakta Sebenarnya

Instagram

Polisi mengungkap sumber ledakan mirip bom yang muncul saat plafon Mal Margo City ambruk. Ternyata penyebabnya dari sini.

Seluruh korban itu kini berada di RS UI dan RS Bunda Mulia dan tengah dalam penanganan medis. Reza menyebut pihaknya akan menelusuri lebih jauh jumlah korban yang terdampak dari kejadian tersebut.

"Akan di-update lagi (jumlah korban). Titiknya ada di sebelah kanan area mal dan tidak tersebar ke area kiri dan tengah," katanya.

Reza memastikan pihak pengelola mal akan terus memantau keadaan korban hingga pulih kembali.

"Fokus kita hari ini adalah pada para korban. Alhamdulillah, semua korban dalam keadaan sadar dan semoga semua bisa lekas sembuh," ujarnya.

Peristiwa itu mengakibatkan kerusakan di sejumlah outlet. Kerusakan terbesar menimpa restoran Marugame Udon.

"Yang bisa kami infokan, kejadian ini terjadi di area Margo Prominent area sisi kanan, dan ini dampak yang paling besar ada di area Marugame Udon," kata Marketing Communication Manager Margo City Mall Reza Ardiananda, Sabtu (21/8/2021).

Baca Juga: Polisi Ungkap Ciri-ciri Pelaku, Korban Pembunuhan di Subang Unggah Foto Terakhir Ini, Jadi Firasat Sebelum Dibunuh?

Instagram

Polisi mengungkap sumber ledakan mirip bom yang muncul saat plafon Mal Margo City ambruk. Ternyata penyebabnya dari sini.

Reza mengatakan pihaknya belum bisa menaksir kerugian akibat insiden yang terjadi di Margo City ini. Saat ini pihaknya masih fokus pada penanganan korban.

"Untuk kerugian kami masih belum bisa jawab," ujarnya.

"Alhamdulillah semua korban dalam keadaan sadar dan semoga semua bisa lekas sembuh dan melakukan aktivitas kembali," lanjutnya.

Foto area Mal Margo City rusak parah disorot netizen. Terlebih lagi, dalam narasi yang beredar, terdengar suara ledakan keras mirip bom. Polisi mengungkap sumber ledakan keras mirip bom itu.

Suara ledakan terdengar memang saat peristiwa plafon mal ambruk. Polisi memastikan suara itu bukan berasal dari ledakan bom.

"Saya nyatakan tidak ada ledakan bom, hasil pemeriksaan Jibom, Gegana, dan KBR, tidak ada ledakan bom," kata Kapolresta Depok Kombes Imran Edwin kepada wartawan di lokasi, Sabtu (21/8/2021).

Baca Juga: Merasa Bisa Lolos dari Laporan Ulama Jatim, Youtuber Ini Bak Tantang MUI yang Desak Polisi Jebloskan ke Bui, Foto Dirinya Dikulik

Instagram

Foto plafon Mal Margo City Depok ambruk hingga menyebabkan efek seperti ledakan bom viral di media sosial.

Adapun sumber suara yang mirip ledakan itu berasal dari lift barang yang jatuh. Lift barang jatuh dari lantai 3 ke lantai 1 mengakibatkan plafon ambruk dan menimbulkan suara besar.

"Tidak ada ledakan bom. Tetapi akibat adanya lift yang jatuh akibat beban yang berat, itu mengakibatkan suara yang besar," ujar Imran Edwin Siregar.

Imran Edwin Siregar juga mengatakan polisi bakal melakukan penyelidikan terhadap runtuhnya plafon Mal Margo City Depok. Selama penyelidikan dilakukan, Margo City Depok ditutup sementara.

"Mau nggak mau (Margo City Depok) ditutup sementara selama pemeriksaan," ujar Imran Edwin Siregardi Mal Margo City, Sabtu (21/8/2021).

Imran Edwin Siregar belum mengetahui berapa lama penutupan dilakukan. Dia mengatakan lamanya penutupan itu tergantung perkembangan penyelidikan.

"Berapa lamanya (penutupan) belum tahu, harus kita lihat lagi," tukas Imran Edwin Siregar.

Baca Juga: Foto Tampang YouTuber yang Bikin MUI Murka, Begini Nasibnya Usai Diadukan ke Bareskrim

Instagram

Foto plafon mal Margo City Depok, Jawa Barat ambruk hingga mengeluarkan kepulan asap viral. Ini fakta sebenarnya.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya