Ditangkap Taliban, Foto Gubernur Wanita Pertama di Afghanistan Viral, Potretnya Saat Angkat Senjata Curi Perhatian

Jumat, 20 Agustus 2021 | 11:53
Instagram

Foto gubernur wanita pertama di Afghanistan, Salima Mazari viral di media sosial usai dia ditangkap Taliban.

Fotokita.net - Foto gubernur wanita pertama di Afghanistan, Salima Mazari viral di media sosial usai dia ditangkap Taliban. Salima Mazari termasuk wanita pemberani yang mau mengangkat senjata untuk memerangi Taliban. Potret mencuri perhatian.

Dari laporan terkini, Salima Mazari yang tercatat sebagai gubernur wanita pertama di Afghanistan dilaporkan telah ditangkap Taliban.Namun, tidak ada pernyataan resmi tentang statusnya saat ini.

Banyak pemimpin politik Afghanistan telah meninggalkan negara itu, termasuk Presiden Ashraf Ghani yang kabur ke Dubai, UEA. Namun,Salima Mazari tetap tinggal sampai provinsi Balkh menyerah, ketika distriknya di Chahar Kint jatuh ke tangan Taliban.

Laporan mengatakan pemimpin wanita telah ditangkap Taliban setelah gerilyawan menguasai seluruh negara dan kepemimpinan Afghanistan, termasuk Presiden Ashraf Ghani, melarikan diri dari negara itu.

Beberapa tahun yang lalu, Salima Mazari menjadi salah satu dari hanya tiga gubernur wanita yang pernah ada di Afghanistan. Sementara banyak provinsi Afghanistan hancur tanpa banyak perlawanan, Salima Mazari mencoba segalanya untuk menjaga Chahar Kint di Provinsi Balkh tanpa cedera.

Baca Juga: Kabur Bawa Uang Satu Helikopter, Presiden Afghanistan Buka Suara, Ini Foto Terkini Ashraf Ghani dari Tempat Pelarian

Distrik Chahar Kint, dengan Salima Mazari sebagai gubernurnya, melakukan pertempuran besar melawan Taliban. Semangatnya terhapus di distriknya dan hal yang sama terlihat dalam perjuangan mereka melawan kekuatan tirani, bertekad lebih dari sebelumnya untuk membangun kembali Imarah mereka.

Hingga musim gugur yang terakhir, Chahar Kint adalah satu-satunya wilayah di bawah kendali seorang wanita yang tidak termasuk dalam kelompok teror mana pun di wilayah tersebut. Menurut The Guardian, Salima Mazari berhasil menegosiasikan penyerahan 100 pejuang Taliban tahun lalu.

Selama beberapa tahun terakhir, Salima Mazari telah mendapatkan banyak pujian dan perhatian sebagai pemimpin wanita di Afghanistan. Berbicara kepada The Guardian pada awal serangan Taliban terbaru dalam merebut Afghanistan, Salima Mazari telah menyatakan keprihatinan tentang keselamatan rakyatnya.

Beberapa hari setelah Taliban mengambil alih Afghanistan, Salima Mazari, salah satu dari sedikit perempuan gubernur distrik di negara itu, diyakini telah ditangkap. Sejak laporan ini mencuat, foto gubernur wanita pertama di Afghanistan itu viral di media sosial. Potretnya mengangkat senjata untuk memerangi Taliban mencuri perhatian.

Netizen yang ada di seluruh dunia memberi dukungan pada Salima Mazari. Mereka menggaungkan tagar #freesalima melalui beragam platform media sosial, seperti Twitter, Instagram dan Facebook.

Baca Juga: Siap Mati di Tangan Taliban, Ini Alasan Wali Kota Wanita Termuda di Afghanistan Tak Mau Ikut Kabur, Intip Foto Kesehariannya

Instagram

Foto gubernur wanita pertama di Afghanistan, Salima Mazari viral di media sosial usai dia ditangkap Taliban.

Laporan yang mengutip para pendukung Salima Hazari juga menunjukkan bahwa dia akan segera dieksekusi mati.

Ketika militan mengambil alih negara dengan kecepatan yang mengkhawatirkan selama dua minggu terakhir, Mazari menjadi terkenal setelah melawan Taliban.

"Tidak akan ada tempat bagi perempuan. Di provinsi-provinsi yang dikuasai Taliban, tidak ada lagi perempuan di sana, bahkan di kota-kota. Mereka semua dipenjara di rumah mereka," kata Mazari kepada kantor berita AP dalam sebuah wawancara dari Mazar-i-Sharif minggu lalu, sebelum jatuh.

Dia telah merekrut ratusan orang untuk berperang melawan Taliban, dengan banyak yang harus menjual sapi, domba, dan bahkan tanah mereka untuk membeli senjata.

Jatuhnya Mazar-i-Sharif, kota terbesar keempat di negara itu, yang telah dijanjikan untuk dipertahankan oleh pasukan Afghanistan dan dua mantan panglima perang yang kuat, secara tidak sengaja menyerahkan kendali pemberontak atas seluruh Afghanistan utara.

Tapi segera setelah ketakutannya tentang pengambilalihan Taliban terwujud, laporan menunjukkan bahwa dia telah ditangkap.

Baca Juga: Foto Wali Kota Wanita Termuda di Afghanistan yang Pasrah Dibunuh Viral, Taliban Ungkap Fakta Sebenarnya

Instagram

Foto gubernur wanita pertama di Afghanistan, Salima Mazari viral di media sosial usai dia ditangkap Taliban.

Salima Mazari yang juga anggota komunitas Hazara-kebanyakan dari mereka adalah Muslim Syiah. Komunitas ini dianggap sekte sesat oleh Taliban Sunni.

Sesuai laporan yang mengutip para pendukungnya, eksekusinya dapat dimaksudkan sebagai pesan oleh Taliban, untuk mencegah orang lain yang mungkin ingin menawarkan perlawanan. Namun belum ada pembaruan resmi tentang hal yang sama.

Sementara itu, perayaan Hari Kemerdekaan Afghanistan pada hari ini, mempertaruhkan Taliban, penguasa baru Kabul melawan para patriot muda, yang dengan bangga melabuhkan identitas nasional mereka dengan bendera negara mereka.

Keretakan antara Taliban dan brigade muda tersulut setelah Taliban mencoba mengganti bendera nasional Afghanistan, yang dilacak ke Raja Amanullah, dengan bendera mereka sendiri.

Emosi tinggi dengan cepat berkobar mengarah ke pertarungan bebas di antara keduanya. Cedera dan kematian menyusul.

Baca Juga: Kini Hidup Nyaman di Amerika, Ini Foto Niloofar Rahmani Pilot Wanita Pertama Afghanistan yang Nyaris Dibunuh Taliban

Instagram

Foto gubernur wanita pertama di Afghanistan, Salima Mazari viral di media sosial usai dia ditangkap Taliban.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya