Tragis, Foto Ini Rekam 2 Warga Afghanistan Jatuh dari Pesawat Militer AS Usai Coba Kabur dari Negeri Taliban

Senin, 16 Agustus 2021 | 19:51
Twitter

Foto yang merekam kepanikan warga Afghanistan di bandara Kabul usai kemenangan Taliban terhadap pemerintahan yang sah.

Fotokita.net - Foto ini merekam 2 warga Afghanistan yang jatuh dari pesawat militer Amerika Serikat (AS) usai mencoba kabur dari negeri yang kini dikuasai Taliban.

Adegan kekacauan dan kepanikan disaksikan di bandara Kabul saat lautan orang berdesakan untuk naik ke pesawat untuk meninggalkan negara itu setelah kemenangan militer Taliban.

Foto yang menunjukkan kepanikan warga Afghanistan itu diambil dari sebuah video yang merekam kekacauan dari negara yang sebelumnya dipimpin Presiden Ashraf Ghani ini.

Dalam sebuah video yang mengerikan, dua orang terlihat secara tragis jatuh dari sebuah pesawat di Kabul saat mereka mengikat diri ke roda pesawat untuk terbang keluar dari Afghanistan di tengah ketegangan.

Dalam video yang mengerikan, dua orang terlihat jatuh dari pesawat di udara. Video ini beredar secara luas di media sosial, seperti Twitter dan Instagram.

Bukan hanya video, foto yang merekam 2 warga Afghanistan jatuh dari pesawat militer AS usai mencoba kabur dari negeri Taliban itu viral. Netizen pun tak mampu memberikan kata-kata.

Baca Juga: Ahli Sebut Pesan Covid-19 dalam Foto Jokowi Pakai Baju Baduy, Netizen Blak-blakan Ngomong ke Presiden: PPKM Jangan Diperpanjang!

Twitter

Foto ini merekam 2 warga Afghanistan yang jatuh dari pesawat militer Amerika Serikat (AS) usai bergelantung di bagian roda.

Sejak Minggu (15/8/2021) Taliban telah kembali berkuasa di Afghanistan usai diusir dari kekuasaan selama 20 tahun silam.

Banyak warga sipil mencoba melarikan diri dari negara itu. Situasi di bandara Kabul sangat kritis karena semua penerbangan komersial yang meninggalkan negara itu ditangguhkan.

Banyak orang Afghanistan berpegangan pada roda pesawat evakuasi Amerika dan beberapa jatuh dari langit saat lepas landas.

Twitter

Foto ini merekam 2 warga Afghanistan yang jatuh dari pesawat militer Amerika Serikat (AS) usai bergelantung di bagian roda.

Kepanikan telah mencengkeram orang-orang Afghanistan sehari setelah Taliban merebut ibu kota Kabul dan menyatakan kemenangan, mengumumkan akhir dari eksperimen Barat selama 20 tahun yang bertujuan untuk membangun kembali negara itu.

Di video lain, adegan kekacauan dan kepanikan disaksikan di bandara Kabul saat lautan orang berdesakan untuk naik ke pesawat dalam upaya putus asa meninggalkan negara itu setelah kemenangan militer Taliban. Wilayah udara Afghanistan telah ditutup sekarang.

Baca Juga: Sandal Karet dalam Foto Jokowi Pakai Baju Baduy Bikin Salfok, Netizen Merasa Keputusan yang Ditunggu-tunggu Ini Jauh Lebih Penting Buat Rakyat

Twitter

Foto ini merekam 2 warga Afghanistan yang jatuh dari pesawat militer Amerika Serikat (AS) usai bergelantung di bagian roda.

Menurut Reuters, lima orang tewas dalam kekacauan di bandara pada hari Senin, ketika pasukan AS menjaga evakuasi staf kedutaan.

Pemerintah Afghanistan runtuh pada hari Minggu setelah Presiden Ashraf Ghani meninggalkan negara yang dilanda perang dan Taliban menguasai ibukota Afghanistan Kabul dan istana presiden.

Sebelumnya hari ini, Taliban menjanjikan 'ketenangan' untuk Afghanistan, mengatakan bahwa itu akan "sejauh mungkin" untuk perbaikan kehidupan rakyat.

Dalam sebuah video baru, Mullah Abdul Ghani Baradar, salah satu pendiri dan wakil pemimpin Taliban, mengatakan bahwa sekaranglah saatnya untuk menafkahi rakyat Afghanistan dan meningkatkan kehidupan mereka.

Baca Juga: Foto Ustaz Abdul Somad Jalan-jalan ke Tanah Makam Bikin Netizen Bak Tersambar Petir, UAS Bicara Kematian: Masya Allah Ustadz

“Sekarang saatnya uji coba, kita akan memberikan pelayanan kepada bangsa kita, kita memberikan ketenangan kepada seluruh bangsa, bahwa kita akan melangkah sejauh mungkin untuk kemajuan kehidupan mereka,” katanya.

Baradar pada hari Minggu mengatakan bahwa kemenangan Taliban, yang membuat semua kota di negara itu jatuh ke tangan mereka hanya dalam 10 hari, secara tak terduga cepat dan tidak ada tandingannya di dunia.

Dalam pesan video, dia mengatakan ujian sebenarnya akan dimulai sekarang dengan memenuhi harapan orang-orang dan melayani mereka dengan menyelesaikan masalah mereka, Al Jazeera melaporkan.

Baca Juga: Foto Jokowi Pakai Baju Adat Baduy Diserbu Komentar, Alasan Presiden Buat Bangga Warga Lebak, Netizen Malah Tanya Ini

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya