Ini Sosok Jenderal Made Datrawan yang Disebut dr. Lois Owien dalam Unggahannya

Senin, 12 Juli 2021 | 16:14
Kolase

Dokter Tirta menjadi saksi. Dr. Lois Owien kerap menyebut nama Jenderal Made Datrawan dalam unggahannya. Ini sosok Jenderal Made Datrawan.

Fotokita.net - Inilah sosok Jenderal Made Datrawan yang namanya kerap disebut-sebut dokter Lois Owien dalam setiap unggahannya soal Covid-19.

Dokter Lois Owien telah ditangkap polisipada Minggu (11/7/2021). Pernyataan kontroversial dokter Lois Owien yang tak percaya Covid-19 telah membuat publik resah.

Polri segera melakukan gelar perkara untuk menentukan status kasus dr Lois.

"Digelar dulu kasusnya seperti apa, saat ini belum digelar. Tunggu ya," ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Polisi Argo Yuwono saat dihubungi, Senin (12/7/2021).

Menurut Argo pelaku penyebar informasi palsu atau hoaks, dokter Lois Owien ditangkap tanpa ada perlawanan di rumahnya.

Baca Juga: Dokter Lois Owien Tolak Panggilan IDI, Dokter Tirta Bongkar Fakta Sebenarnya: Tidak Praktik Sejak 2017

"Sudah ditangkap pada hari Minggu 11 Juli 2021 jam 04.00 sore oleh unit Siber Krimsus Polda Metro Jaya," tuturnya, Senin (12/7/2021).

Dalam beberapa unggahannya di media sosial, dokter Lois Owien yang menyatakan dirinya tak percaya dengan Covid-19 kerap menyebut nama Jenderal TNi Made Datrawan. Lantas, siapakah Jenderal Made Datrawan ini?

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Berbayar di Kimia Farma Ditunda, Dokter Tirta Pasrah: Yang Buat Kebijakan Bukan Nakes

Kapala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, bahwa pihaknya akan mengklarifikasi keterangan dokter Lois Owien terkait pernyataannya di media sosial dalam beberapa hari terakhir.

Ahmad juga belum mau merinci kasus ini. Ahmad hanya menyebut perkara yang menjerat dokter Lois Owien salah satunya adalah Undang-undang Wabah Penyakit Menular.

"Polda Metro belum memunculkan pasal jadi masih mengamankan dulu. Masih dalam pemeriksaan. Kan penangkapan itu 24 jam, jadi dari jam 4 sore kemarin sampai 4 sore ini nanti bagaimana menentukan. Jadi belum bisa menentukan pasalnya," imbuh Ahmad.

Baca Juga: Unggah Foto Bareng di Hari Valentine, Ini Alasan Dokter Tirta Ogah Rujuk dengan Mantan Istrinya: Tolong Hargai Kami!

Selain itu, dokter Tirta juga sudah diperiksa terkait laporannya terhadap Lois yang diduga telah menghalang-halangi pemerintah pusat menangani Covid-19 di Indonesia.

"Yang bersangkutan sedang diklarifikasi keterangannya," katanya.

Menurut informasi yang beredar, petugas patroli siber awalnya mendapatkan informasi konten terkait dr Lois. Salah satunya di akun Instagram yang menyatakan ketidakpercayaannya terhadap Covid-19. Selain itu, dokter Lois Owien tidak menyarankan untuk melakukan vaksin.

Baca Juga: Hotman Paris Disebut Bangkrut, Sahabat Melaney Ricardo Banjir Kritik Usai Tampil Bareng dr Lois Owien

Instagram

Dr. Lois Owien kerap menyebut nama Jenderal Made Datrawan dalam unggahannya. Ini sosok Jenderal Made Datrawan.

"STOP menyiksa dan membunuh dengan obat dan Vaksin," demikian salah satu bunyi unggahan dokter Lois Owien.

Dalam video itu, Hotman Paris sempat mendebat pernyataan kontroversial terkait Covid-19 yang disampaikan dr Lois. Awak media juga sudah menghubungi langsung Hotman Paris mengenai penangkapan dr Lois ini namun Hotman memilih tidak memberikan tanggapan.

Pernyataan serupa ditemukan di Twitter. Muncul unggahan yang berisi ketidakpercayaan dr Lois terhadap Covid-19.

Baca Juga: PPKM Adalah Singkatan Apa? Berikut Aturan yang Direvisi Pemerintah

Terakhir dokter Lois Owien tampil di acara offline TV Hotman Paris Show dan di-record dalam konten YouTube Hotman Paris Show. Dia menyebutkan bahwa korban yang meninggal bukan karena Covid-19, melainkan karena interaksi antarobat. Diketahui, pelapor menggunakan akun YouTube Hotman Paris Show sebagai barang bukti pengaduan.

Lantas siapakah Jenderal Made Datrawan yang disebut oleh dokter Lois Owien dalam salah satu unggahannya?

Baca Juga: Cara Mengusir Lalat dari Rumah dengan 7 Bahan Dapur, Ternyata Segampang Ini

Instagram

Dr. Lois Owien kerap menyebut nama Jenderal Made Datrawan dalam unggahannya. Ini sosok Jenderal Made Datrawan.

Sebagai seorang dokter, selain mengaku tidak percaya dengan adanya Covid-19, dokter Lois Owien pun sering mengunggah postingan 'halu' yang tak masuk di akal, salah satunya tentang Jenderal Made Datrawan.

Dalam unggahannya, dokter Lois Owien menyebut bahwa Jenderal Made Datrawan sepaham dengannya, bahkan memujinya sebagai dokter paling cerdas di dunia.

"Tanyakan siapa saya kepada Jend. Made Datrawan dan Komjen Dharma. Maka jawabnya: Dokter paling jenius sepanjang sejarah kedokteran dunia! Karena terbukti membantu banyak negara di dunia agar bisa merdeka dari pandemi rekayasa ini!" begitulah tulis dokter Lois Owien di akun Twitternya, @LsOwien.

Baca Juga: Air Rebusan Bawang Putih Sembuhkan Covid-19, Ini Fakta Sebenarnya

Namun pernyataan tersebut kini telah terbantahkan.

Dari salah satu unggahan di Twitter, dr. Mohammad Muchlis, seorang dokter yang pasiennya memiliki kakek yang merupakah rekan sejawat Jenderal Made Datrawan.

Baca Juga: Satu Indonesia Nyesal Baru Tahu Sekarang, Ramuan 4 Bahan Dapur Ini Lebih Ampuh Usir Virus Dibanding Susu Beruang

Twitter @anasanti_mila

Klarifikasi Jenderal Made Datrawan yang namanya disebut dr. Lois Owien. Siapa Jenderal Made Datrawan?

Melalui dr. Mohammad Muchlis, Jenderal Made Datrawan telah mengklarifikasi pernyataan dokter Lois Owien.

Berikut ini dapat kita simak klarifikasi lengkapnya.

"Sore tadi saya dihubungi kakek pasien saya yang bedinas di Wantanas (TNI AU bintang 2) untuk bisa bicara langsung dengan Mayjen Made, koleganya di Wantanas. Saya pun meminta konfirmasi beliau. Intinya seperti yang disampaikannya adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Tolong Mulai Sekarang Jangan Lagi Panik Borong Vitamin, Minuman Murah Ini Ampuh Tangkal Berbagai Penyakit

1. Beliau memang pernah didatangi dr. L tersebut. dr. L menyampaikan pandangan/pendapatnya tentang Covid 19 di hadapannya. Menanggapai dr. L, beliau meminta yang bersangkutan untuk membuat naskah tertulis dan kemudian dipaparkan secara terbuka di hadapan para dokkter ahli yang menangani Covid selama ini.

2. Tapi hal itu tidak dilakukan dr. L, tapi yang bersangkutan malah sibuk memposting macam-macam di laman FB-nya, hal-hal yang kontroversial, yang nyeleneh dan rada-rada 'halu'.

Baca Juga: Sentil Raffi Ahmad yang Keluyuran Usai Divaksin, Kini Sherina Munaf Positif Covid-19, Curiga Tertular dari Sosok Ini

Instagram

Dr. Lois Owien kerap menyebut nama Jenderal Made Datrawan dalam unggahannya. Ini sosok Jenderal Made Datrawan.

3. Mayjen Made tidak aktif di Facebook. Foto beliau bisa saja diambil dari berbagai sumber (seperti profil WA).

Jadi boleh dikatakan dr. L mencatut nama Mayjen Made, dikatakan sebagai pendukung perjuangan dr. L. Padahal Mayjen Made mendukung dr. L dalam konteks dr. L diminta membuat tulisan ilmiah yang kemudian dipaparkan secara terbuka dan didiskusikan lebih jauh bersama para pakar," demikian klarifikasi Jenderal Made Datrawan sebagaimana yang disampaikan oleh dr. Muhammad Muchlis.

Baca Juga: Dituding Tak Siap Beri Obat Gratis Pasien Isoman Lewat Telemedicine, Kemenkes Buka Suara

Lantas, siapakah Jenderal Made Datrawan? Ia adalah seorang mayor jenderal Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun) dengan gelar lengkap Mayjen TNI Made Datrawan, S.I.P.

Dengan informasi itu, maka dapat diketahui siapa Jenderal Made Datrawan dan apa kaitannya dengan dokter Lois Owien.

Baca Juga: Video Nakes Kelelahan Usai Makamkan Pasien Covid-19 Heboh, Ini Fakta Sebenarnya

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya