Ustaz Abdul Somad Tersangka Penipuan Uang Sumbangan Umat, Begini Fakta Sebenarnya

Minggu, 30 Mei 2021 | 18:43
Instagram @supirustadz

Video yang menyebut Ustaz Abdul Somad menjadi tersangka kasus penipuan uang sumbangan umat beredar di media sosial.

Fotokita.net - Sebuah video berisi konten yang menyebut Ustaz Abdul Somad menjadi tersangka kasus penipuan uang sumbangan umat beredar di media sosial. Begini fakta sebenarnya.

Video yang menyebutkan Ustaz Abdul Somad menjadi tersangka dan polisi sudah mengamankan uang hasil sumbangan umat mulanya diunggah di YouTube. Akun Suara Inspirasi mengunggah video itu pada 18 Mei 2021.

Video yang menampilkan wajah Ustaz Abdul Somad itu dibuatdengan durasi sepanjang 10 menit 3 detik.

Baca Juga: Terus Pamer Foto Mesra, Tangan Ustaz Abdul Somad ke Fatimah Az Zahra Jadi Sorotan

Video tersebut memuat judul“Berita Terkini ~ UAS Jadi Tersangka!! Polri Amankan Uang Sumbangan Umat”.

Di bagian sampul video, seorang pria tampak mirip dengan Ustaz Abdul Somad mengenakan baju tahanan berwarna oranye.

Masih di halaman sampul video itu terdapat kutipan sebagai berikut“Akhirnya terungkap- Polri Temukan Bukti Baru, UAS Terjerat Pasal Berlapis”.

Lalu apakah klaim video itu benar?

Baca Juga: Disebut 3 Kali Nikah, Sosok Istri Pertama Ustaz Abdul Somad Terungkap, Siapa yang Menjodohkan?

Dalam penelusuran yang dilakukanturnbackhoax.id, klaim bahwa Ustaz Abdul Somad menjadi tersangka kasus penggalangan dana adalah salah.

Faktanya, hingga saat ini belum ada informasi resmi dan valid terkait klaim tersebut.

Konten video itu juga tak ada informasi atau narasi yang menyatakan Ustaz Abdul Somad telah diamankan oleh polisi terkait tuduhan kasus penipuan uang sumbangan umat.

Baca Juga: Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Ustaz Abdul Somad Mendadak Kehilangan Sosok Tercinta: Senyum Itu Ku Rindukan

Video hanya berisi sorotan beberapa tokoh terkait transparansi uang donasi yang telah terkumpul.

Selain itu, berdasarkan penelurusan melalui yandex, thumbnail video yang menunjukkan Ustaz Abdul Somad menggunakan baju tahanan berwarna oranye bersama Polri adalah hasil suntingan.

Baca Juga: Nikahi Santriwati Gontor yang Lebih Muda 24 Tahun, Sosok Ini Ternyata Sukses Jodohkan Ustaz Abdul Somad dengan Fatimah Az Zahra

Instagram @supirustadz

Foto UAS dan Fatimah Az Zahra. Video yang menyebut Ustaz Abdul Somad menjadi tersangka kasus penipuan uang sumbangan umat beredar di media sosial.

Hasil penelurusan yandex menunjukkan gambar tersebut identik dengan artikel berjudul “Perkembangan Kasus Memiles, Siapa Lagi Artis yang Diperiksa” yang diunggah di situs kompas.tv pada 21 Januari 2020.

Foto dalam artikel itu tidak terdapat sosok UAS yang mengenakan baju tahanan berwarna oranye dan artikel tersebut juga tidak ada kaitannya dengan kabar UAS jadi tersangka.

Baca Juga: Open Donasi Beli Kapal Selam Baru, Ustaz Abdul Somad Ingatkan Hal Ini, Menhan Prabowo Subianto Buka Suara

Video serupa yang menyatakan UAS terjerat kasus penipuan telah banyak beredar di beberapa akun Youtube dan dibagikan melalui beberapa platform media sosial lainnya.

Menanggapi hal tersebut beberapa media pemeriksa fakta telah membantah tuduhan tersebut karena tidak ada informasi dan pemberitaan resmi dan pihak Polri maupun stakeholder lain yang terlibat.

Baca Juga: Ngaku Sudah Siap Mental, Mantan Istri Ustaz Abdul Somad Malah Bongkar Rahasia Sang Pendakwah yang Selama Ini Ditutup Rapat-rapat, Netizen Syok

Instagram Supir Ustadz

Ustaz Abdul Somad makin rajin membagikan foto kemesraannya dengan sang istri, Fatimah Az Zahra. Tangan UAS ke istri jadi sorotan.

Dengan demikian, klaim Ustaz Abdul Somad menjadi tersangka kasus penipuan uang sumbangan umat adalah hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan.

Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia), informasi tersebut salah.

Baca Juga: Dijodohkan Kiai Hingga Beri Mahar Bernilai Fantastis, Ucapan Ustaz Abdul Somad Sebelum Menikah Jadi Sorotan: Nanti Kau Akan Jadi yang Kedua

Dari penelusuran yang ada, tidak ditemukan pemberitaan yang valid dan kredibel terkait penangkapan UAS sebagai tersangka kasus penipuan uang sumbangan umat.

Video hanya berisi pernyataan terkait donasi yang dibuka Ustaz Abdul Somad dan pandangan beberapa tokoh terhadap aksi penggalangan dana tersebut.

Baca Juga: Pilih Fatimah Az Zahra Santri Gontor yang 24 Tahun Lebih Muda, Ustaz Abdul Somad Bikin Kecewa Lantaran Tolak Dijodohkan dengan Selebgram Cantik: Hanya Foto, Enggak Lebih

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya