Bukan Habib Rizieq Shihab, Ternyata Sosok Ini Bertemu Anies Baswedan dalam 1 Minggu Terakhir, Sebelum Sang Gubernur Positif Covid-19

Selasa, 01 Desember 2020 | 13:12
KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan salam kepada Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (23/11/2020)

Fotokita.net - Bukan Habib Rizieq Shihab, ternyata sosok ini bertemu Anies Baswedan dalam 1 minggu terakhir, sebelum sang gubernur positif Covid-19.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab yang keluar pada Selasa (1/12/2020) dini hari.

Anies melaksanakan tesswabdi Balai Kota DKI Jakarta pada Senin kemarin. Dia mengaku tergolong pasien tanpa gejala.

Baca Juga: Baru Saja Bangga Lebih Bugar Daripada Sang Wakil, Anies Baswedan Akhirnya Positif Covid-19, Begini Kondisi Terkini Sang Gubernur

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, dia akan menjalani isolasi mandiri di Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Anies akan melakukan isolasi sendiri tanpa didampingi anggota keluarganya.

"Isolasi mandiri yang saya lakukan akan dilakukan di rumah dinas di mana saya akan tinggal sendiri," ujar Anies dalam video di akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan, Selasa (1/12/2020).

Baca Juga: Sang Wakil Positif Corona, Ini Rahasia Anies Baswedan Tetap Bugar Meski Ketemu Banyak Orang, Termasuk Habib Rizieq

Anies mengemukakan, keluarganya akan melakukan isolasi di rumah pribadinya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

"Keluarga akan tetap tinggal di rumah pribadi yang memang selama ini kami tempati," ujar Anies.

Dia juga menjelaskan akan mengikuti seluruh prosedur pengobatan yang akan diberikan dan ditetapkan oleh tim medis.

Baca Juga: Bukan Hanya Acara Maulid Nabi dan Nikahan Putrinya, Ternyata Polisi Periksa Habib Rizieq Karena 2 Kasus Ini, Luka Lama Diungkit Lagi?

Anies memastikan bahwa dia termasuk kategori orang yang tidak bergejala saat terpapar Covid-19.

"Saat ini kondisi saya alhamdulillah baik, alhamdulillah tidak ada gejala," kata dia.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga terpapar Covid-19.

Baca Juga: Ogah Di-tracing Hingga Resmi Dipanggil Polisi, Imam Besar FPI Kena Peringatan Keras Mantan Danjen Kopassus: Saya Minta Saudara Rizieq Kooperatif!

Riza mengumumkan dirinya positif Covid-19 pada hari Minggu lalu. Menurut Anies, kemungkinan dia terpapar Covid-19 dari Riza karena dia memiliki aktivitas yang intens dengan Riza Patria sebelumnya.

"Setelah mendengar kabar bahwa Pak Wagub positif, sementara kami ada interaksi yang cukup dekat," kata Anies.

Baca Juga: Buru Teroris MIT Ali Kalora yang Renggut 4 Warga Desa, Ini Kehebatan Pasukan Paling Elite TNI, Kebanggaan Panglima Hadi Tjahjanto: Keberhasilan Operasi Dekati 100 Persen

Anies juga menjelaskan, dia mendapat kabar bahwa dirinya terpapar Covid-19 setelah melakukan tes swab PCR kemarin dan hasilnya diketahui pada Selasa dini hari tadi.

Anies kini menjalani prosedur isolasi mandiri di Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta serta mengikuti prosedur pengobatan yang sudah ditetapkan oleh tim medis.

"Saat ini kondisi saya alhamdulillah baik, alhamdulillah tidak ada gejala," kata Anies melalui keterangan video kepada wartawan, Selasa.

Baca Juga: Akhirnya Muncul Usai Didesak Netizen, Jokowi Kutuk Pembantaian 1 Keluarga di Sigi Hingga Perintahkan Panglima Kirim Pasukan Paling Elite TNI

Lalu, apa saja kegiatan Anies dalam sepekan terakhir?

Sebelum dinyatakan positif Covid-19, Anies masih aktif menjalankan kegiatan sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Pada Senin (23/11/2020), Anies menyambut kedatangan Kapolda Metro JayaIrjen Pol MuhammadFadil Imran di Balai Kota.

Baca Juga: Tanpa Bermaksud Dahului Takdir, Paranormal Kejawen Ini Singgung Pergantian Presiden Hingga Bikin Rezeki Makin Susah di Tahun Depan, Politik Tambah Panas?

Fadil menjelaskan kedatangan dia ke Balai Kota untuk untuk memperkenalkan diri sebagai Kapolda Metro Jaya yang baru.

Pada Selasa (24/11/2020), Anies menginspeksi proses pengerukan Waduk Pondok Ranggon bersama Wali Kota Jakarta Timur M Anwar.

Keesokan harinya, Anies menghadiri rapat virtual pemberianpenghargaan AnugerahKeterbukaan InformasiPublik oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia di Balai Kota.

Baca Juga: Disentil Soal Kerumunan Saat Daftar Pilkada Usai Habib Rizieq Dipanggil Polisi, Anak Jokowi Balas Komentar Menohok: Saya Siap Dihukum!

KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan salam kepada Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (23/11/2020).

Pada Kamis (26/11/2020), Anies berinteraksi dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta AhmadRiza Patriadalam rapat paripurna di gedung DPRD DKI Jakarta.

Lalu pada Jumat (27/11/2020), Anies menghadiri penerimaan penghargaan Bhumandala Award tahun 2020 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Akui Datangi Acara Maulid Nabi yang Dihadiri Habib Rizieq, Wagub DKI Ahmad Riza Patria Positif Covid-19, Sosok Ini Jadi Sumber Penularannya

Anies kemudian mengimbau masyarakat yang pernah interaksi dengan dirinya untuk melakukan tes swab di puskesmas terdekat atau isolasi mandiri di rumah.

"Bagi siapapun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari terakhir, bisa kontak ke puskesmas terdekat untuk menjalani swab test.

Baca Juga: Terungkap, Alasan Imam Besar FPI Pergi Lewat Pintu Gudang Rumah Sakit, Dirut RS UMMI Cuci Tangan Habib Rizieq Pulang Duluan

Tentu tim tracing dari Dinkes juga akan mendata dan menghubungi kontak erat saya. Seluruh prosedur terkait akan dijalankan," ujar Anies.

(Kompas.com/Rindi Nuris Velarosdela)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya