Pesta Nikah Putri Cantik Habib Rizieq Digelar Sehabis Maghrib, Ahli Bingung Sikap Pemerintah di Tengah Pandemi: Ini Maunya Apa?

Sabtu, 14 November 2020 | 09:04
Kompas

Habib Rizieq Shihab

Fotokita.net - Pesta nikah putri cantik Habib Rizieq Shihab digelar sehabis Maghrib, ahli bingung sikap pemerintah di tengah pandemi: ini maunya apa?

Tenda mulai dipasang jelang pernikahan putri Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Rangka tenda mulai didirikan di Jalan KS Tubun, tepatnya di salah satu jalur menuju ke Tanah Abang.

Pantauan Kompas.com pada Jumat (13/1/2020) pukul 20.40 WIB, jalur yang dipasangi tenda ditutup.

Baca Juga: Undang 10.000 Orang Ke Acara Nikahnya, Ternyata Calon Menantu Habib Rizieq Masih Keturunan Langsung Nabi Muhammad SAW, Begini Silsilahnya

Sejumlah pekerja terlihat masih memasang terpal untuk menutupi rangka tenda yang telah berdiri.

Penutupan satu jalur dilakukan di Jalan KS Tubun sebelum Gang Petamburan III hingga Rumah Sakit Pelni.

Baca Juga: Disentil Nikita Mirzani Habib Adalah Tukang Obat, Habib Rizieq Shihab Malah Lakukan Ini Hingga Massa Putih-putih Bikin Puncak Pass Lumpuh

Kendaraan yang menuju ke arah Tanah Abang terlihat melintas di jalur yang menuju ke arah Slipi.

Salah satu pekerja pemasangan tenda, Harun, mengatakan bahwa tenda yang dipasang di Jalan KS Tubun memiliki panjang 200 meter.

"Panjangnya kira-kira 200 meteran lah," kata Harun. Menurut dia, warga masih bisa melintas di sepanjang Jalan KS Tubun pada Sabtu besok.

Baca Juga: Ngamuk Berat Usai Dikatai Lonte Oplosan, Nikita Mirzani Bongkar Sosok Kelam Ustadz Maaher At Thuwailibi, Ternyata Pernah Hina Polisi

Sebab, jalan disebut baru akan ditutup pada siang, sekitar pukul 13.00 WIB. Sedianya acara pernikahan akan digelar di kediaman Rizieq, di Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat pada Sabtu (14/11/2020).

Adapun acara baru akan berlangsung sekitar pukul 18.00 WIB. "Maghrib besok (hari ini-red) katanya baru mulai acara," kata Harun.

Baca Juga: Alih-alih Ikuti Permintaan Pemerintah Usai Kembali dari Arab Saudi, Habib Rizieq Siap Gelar Pesta Pernikahan di Tengah Pandemi, Ternyata Sudah Dapat Izin dari Sosok Ini

Profil Najwa Shihab putri Habib Rizieq.

Acara pernikahan putri dari Rizieq Shihab, yakni Syarifah Najwa Shihab akan digelar di kediaman Pimpinan Front Pembela Islam tersebut, di Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat, pada Sabtu (14/11/2020) malam.

Jalan KS Tubun Raya akan ditutup untuk kegiatan esok hari. Beberapa pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berdagang di sekitar jalan KS Tubun Raya memutuskan untuk tidak berdagang.

"Enggak dagang jadinya, sempit juga pasti besok karena ini dipasang tenda kan. Terus ada panggung. Ditutup jalan dua ruas," ujar seorang pedagang saat ditemui oleh Kompas.com, Jumat malam.

Baca Juga: Ngamuk Berat Usai Dikatai Lonte Oplosan, Nikita Mirzani Bongkar Sosok Kelam Ustadz Maaher At Thuwailibi, Ternyata Pernah Hina Polisi

Ia juga menjelaskan bahwa saat kepulangan Rizieq Shihab 10 November lalu, dia tak membuka dagangannya.

"Mau dipindahin jualan ke tempat lain juga susah, ini harus dorong gerobak, terus tenda kita juga, ya sudah jadi enggak jualan saja," katanya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, tenda sepanjang 200 meter telah terpasang di satu ruas jalan KS Tubun Raya yang mengarah ke Jalan Tanah Abang.

"Sudah dari tadi abis maghrib masangnya," ujar seorang petugas yang memasang tenda, ketika ditemui oleh Kompas.com.

Baca Juga: Alih-alih Minta Maaf Usai Singgung 'Habib Tukang Obat', Nikita Mirzani Bikin Geram 2 Ulama Kondang Ini: Ultimatum Mulut Sampah Nyai

Sementara ruas jalan sebaliknya yang menuju arah Slipi belum dipasang tenda.

Lurah Petamburan Setiyanto menyatakan telah mendapat pemberitahuan terkait kegiatan ini.

Diprediksikan akan ada 10.000 orang menghadiri kegiatan esok hari.

Baca Juga: Disambut Meriah Puluhan Ribu Pengikut Hingga Tokoh Nasional, Ahok Akhirnya Buka Suara Terkait Kepulangan Habib Rizieq Shihab ke Tanah Air

"Kalau dari suratnya sih 10.000 jemaah yang akan hadir," ujar Setiyanto kepada Kompas.com, Jumat (13/11/2020).

Setiyanto mengaku sudah berkoordinasi dengan panitia agar protokol kesehatan dapat diterapkan dengan baik pada esok hari.

"Dari sana (panitia) disediakan hand sanitizer dan masker bagi yang enggak bawa masker," tambahnya.

Baca Juga: Bak Ketiban Durian Runtuh, Usai Ditunjuk Jadi Direktur, Pemulung Viral Ini Diajak Syekh Ali Jaber Umrah Hingga Diangkat Anak

Sementara, pihak kelurahan juga akan membantu dengan menyediakan tempat cuci tangan bagu pengunjung kegiatan esok hari.

Adapun, Pimpinan FPI Habib Rizieq Shihab tiba di Indonesia pada Selasa (11/10/2020) setelah lebih dari tiga tahun berada di Arab Saudi.

Kepulangan Rizieq sempat membuat keramaian di Bandara Soekarno-Hatta dan kawasan Petamburan, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Bak Disambar Petir di Siang Bolong, Orang No 1 DKI Jakarta Gembira Habib Rizieq Pulang Ke Tanah Air, Anak Buah Anies Baswedan Malah Bilang Imam Besar FPI Lakukan Pelanggaran Ini

Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia Pandu Rionoheran dengan sikap pemerintah, yang terkesan tidak bertindak apa pun untuk mencegah penularan Covid-19 ketika Habib Rizieq Shihabtiba di Indonesia, Selasa (10/11/2020).

Begitu juga dengan kegiatan majelis Ta'lim Al Alaf yang dihadiriHabib Rizieq Shihabdi Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/10/2020).

Menurut Pandu, kerumunan massa yang terjadi pada dua peristiwa tersebut berpotensi meningkatkan penularan Covid-19.

"Saya itu bingung pemerintah ini maunya apa, kan harusnya bisa mencegah," kata Pandu kepada wartawan, Jumat (13/11/2020).

Baca Juga: Kasus Habib Rizieq Dihentikan Mabes Polri, Mantan Anggota DPR Langsung Meradang: Tak Ada Alasan Polisi Untuk Tidak Menindaklanjuti

Menurut dia, seharusnya pemerintah dari awal bisa menerapkan protokol kesehatan begituHabib Rizieq Shihabtiba di Indonesia.

Rizieq Shihab terlebih dahulu dikarantina untuk diketahui kondisi kesehatannya, sebelum diperbolehkan pulang ke kediamannya.

"Seharusnya bisa dijemput khusus, nanti dikasih tahu nanti Pak Habib Rizieq diperiksa dulu, ini kan masih pandemi."

"Ini dibiarkan terus, sepertinya memang enggak jelas kita mau mengatasi pandemi atau enggak," ujarnya.

Baca Juga: Disambut Ribuan Pendukungnya yang Telah Rindu, Habib Rizieq Shihab Segera Nikahkan Sosok Cantik Ini, Siapakah Dia?

Pandu kemudian membandingkan dengan koleganya yang baru pulang dari luar negeri.

Menurut dia, temannya tersebut sebelum pulang ke rumah, dikarantina terlebih dahulu di RS Darurat Wisma Atlet.

"Kalau dulu temen saya itu baru pulang dari luar itu masuk Wisma Atlet dulu, dites, baru kemudian bisa keluar, saya enggak tahu apakah sekarang sudah berubah aturannya."

"Kalau belum berubah, kok ada keistimewaan untuk Pak Habib Rizieq?" ucapnya.

Baca Juga: Ungkap Alasan Rizieq Shihab Pulang ke Tanah Air, Sosok Ini Ikut Sambut Kepulangan Imam Besar FPI: Takut Dituntut Sang Habib?

Pandu mengatakan, apabila pemerintah serius menerapkan protokol kesehatan, sebenarnya bisa mengajak atau meminta bantuanHabib Rizieq Shihabagar memberitahukan penerapan protokol kesehatan kepada para simpatisannnya, begitu tiba di Indonesia.

Sehingga, setiap kegiatan atau acara yang digelar mereka, dapat meminimalisasi potensi penyebaran Covid-19.

"Iya, harusnya diingatkan dan pemerintah meminta bantuan Pak Rizieq buat mengingatkan semua pendukungnya untuk mematuhi protkol 3M, itu yang harusnya diterapkan."

"Ini malah didiamkan dari awal."

Baca Juga: Jumlah Pengikutnya Disebut Menteri Jokowi Tak Banyak, Massa Penjemput Habib Rizieq Shihab Bikin Pusing Polisi di Tol Bandara Soetta: Sudah Beratlah...

"Saya sangat cemas dan prihatin, kita ini sekarang kan masih pandemi," paparnya.

Pandu juga mengaku heran kepada pemerintah yang tidak mengingatkan Rizieq Shihab dan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

Seharusnya, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah mengingatkan agar menghindari kerumunan dalam melakukan kegiatan.

"Saya heran kok enggak ada yang mengingatkan, mungkin beliau (Rizieq) enggak tahu."

Baca Juga: Jumlah Rekening Penerima Lebih Sedikit, Subsidi Gaji Rp 1,2 Juta Sudah Ditransfer Hari Ini, Buruan Pantau Nama Kita di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

"Karena baru pulang seharusnya diingatkan, baik itu (oleh) satgas nasional maupun daerah, karena di Megamendung," tuturnya.

Seharusnya, menurut Pandu, protokol kesehatan diterapkan kepada siapapun tanpa terkecuali.

Misalnya, begitu tiba di Bandara Soekarno-Hatta, otoritas setempat memastikanHabib Rizieq Shihabnegatif Covid-19.

Baca Juga: Alhamdulillah, Bansos Tunai Rp 300 Ribu Cair di Bulan November, Cukup Isi Nama dan NIK KTP Buat Cek Penerima BST Di Link Ini

Rizieq Shihab seharusnya dikarantina terlebih dahulu beberap hari, untuk memastikan kondisi kesehatannya, sebelum pulang ke rumah dan beraktivitas.

"Saya enggak tahu aturannya bagaimana, ini kan tanggung jawab pemerintah pusat kan, jadi dari waktu di bandara itu seharusnya (dipastikan) negatif," bebernya.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya