Kabar Gembira BLT Subsidi Gaji Tahap 5 Ditransfer Hari Ini, Cepat Cek Rekening Mandiri, BNI dan BRI, Begini Cara Mudahnya

Rabu, 07 Oktober 2020 | 07:02
Kompas

Ilustrasi bantuan BLT Subsidi Gaji tahap 5

Fotokita.net - Cara mudah cek rekening Mandiri, BNI dan BRI, BLT Subsidi Gaji tahap 5 ditransfer hari ini.

Program bantuan langsung tunai (BLT) subsidi gaji kepada 15,7 juta pekerja yang berpenghasilan di bawah Rp 5 juta telah disalurkan oleh pemerintah hingga memasuki tahap terakhir penyaluran.

Bantuan terbagi dalam dua tahap, masing-masing menerima Rp 1,2 juta di setiap tahapnya.

Baca Juga: Kabar Gembira Buat Pekerja, BLT Subsidi Gaji Tahap 5 Ditransfer Besok, Begini Cara Cek di Rekening Mandiri, BNI dan BRI

Bantuan ini seperti rezeki nomplok bagi masyarakat yang sedang terdampak pandemi Covid-19.

Memang, BLT subsidi gaji tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat untuk konsumsi, terutama produk-produk UMKM.

Kepala Spesialis Investasi di PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Freddy Tedja mengatakan, di masa seperti saat ini, masyarakat diminta hati-hati dalam mengelola keuangan.

Terutama dana yang didapat dari BLT subsidi gaji. Namun demikian, dirinya memberikan cara mengelola keuangan bantuan subsidi gaji dengan bijak di masa pandemi.

Baca Juga: Buruh Merasa Dibohongi Penguasa Karena UU Cipta Kerja, Kabar Gembira Buat Pekerja Langsung Terlupakan, Padahal Gampang Tinggal Cek Di Sini

Berikut tiga prioritas penggunaan uang subsidi gaji yang disarankan Freddy.

1. Prioritaskan kebutuhan pokok dan kesehatan

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang luas, termasuk pada kondisi ekonomi masyarakat Indonesia.

Tidak ada yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Maka, prioritaskan penggunaan dana BLT untuk pemenuhan kebutuhan pokok dan kesehatan, seperti makanan yang bergizi, vitamin atau suplemen, masker, dan hand sanitizer.

2. Penuhi pos dana darurat

Pandemi telah membuat sebagian masyarakat kita terkena pemotongan gaji, dirumahkan, atau bahkan di- PHK.

Jika kondisi perusahaan tempat Anda bekerja masih baik, bekerjalah dengan giat dan sisihkan dana BLT serta sebagian gaji Anda untuk menambah isi pos dana darurat.

Baca Juga: UU Cipta Kerja Disahkan Terburu-buru, 2 Tukang Kritik Jokowi yang Baru Dapat Bintang Jasa Beri Respons Begini: Bisa Salah Resep

Dengan memiliki dana darurat, Anda akan lebih tenang dalam menghadapi segala kemungkinan di masa depan, termasuk kemungkinan pengurangan gaji maupun PHK di masa pandemi ini.

Dia mengajurkan, dana darurat sebaiknya disimpan di reksa dana pasar uang.

Selain likuid alias bisa dicairkan sewaktu-waktu tanpa penalti, reksa dana pasar uang memiliki potensi imbal hasil di atas tabungan dan deposito.

3. Bayar utang

Dana BLT juga bisa dimanfaatkan untuk mambayar utang ke kerabat, bank, dan lain-lain.

Dana bantuan ini sifatnya sementara, maka manfaatkan secara maksimal untuk membayar utang yang ada.

Kemudian, sesuaikan gaya hidup Anda, sehingga Anda bisa benar-benar terbebas dari utang ke depannya.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memastikan bantuan subsidi upah (BSU) atau subsidi gaji tahap 5 atau bantuan Rp 600 ribu ditransfer pada hari ini Rabu (7/10/2020).

Jumlah pekerja yang akan menerima subsidi gaji tersebut mencapai 618.588 pekerja.

Baca Juga: Buruh Kelimpungan Tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja, Bos Serikat Pekerja Dapat Tawaran Jabatan dari Jokowi? Begini Faktanya

Pemerintah sudah menerima data dari BPJS Ketenagakerjaan terkait penerima subsidi gaji tahap 5 dan telah memproses datanya selama empat hari kerja sesuai petunjuk teknis (juknis).

“Insya Allah akan bisa dicairkan sebagaimana sebelumnya akan disampaikan kepada KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara).

Kemudian KPPN mencairkan kepada bank penyalur. Dari bank penyalur akan disampaikan kepada penerima subsidi gaji atau upah,” ujarnya di Bogor, Selasa (6/10/2020).

Ia menegaskan, penerima bantuan subsidi gaji tidak hanya pekerja yang memiliki nomor rekening bank-bank BUMN, tetapi juga pekerja yang memiliki nomor rekening di luar bank milik negara tersebut.

“Alhamdulillah mudah-mudahan kita bisa menyelesaikan seluruh subsidi upah ini kepada penerima 12,4 juta penerima program.

Semuanya sudah diverifikasi dan divalidasi oleh BPJS Ketenagakerjaan,” ucapnya.

Data Kementerian Ketenagakerjaan per 5 Oktober 2020 mencatat, secara total penyaluran subsidi gaji tahap I telah mencapai 99,32 persen, tahap II mencapai 99,32 persen, tahap III mencapai 99,32 persen, dan tahap IV mencapai 95,32 persen.

Baca Juga: Pantas Buruh Cuek Pada Surat Terbuka Menaker, Omnibus Law UU Cipta Kerja Sunat Habis Uang Pesangon PHK, Begini Rinciannya

Dia berharap, program bantuan subsidi gaji memberikan manfaat dan meningkatkan daya beli masyarakat sehingga dapat meningkatkan konsumsi masyarakat di era pandemi Covid-19.

Sebagai informasi, bantuan subsidi gaji/upah diberikan kepada para pekerja/buruh yang memiliki upah di bawah Rp 5 juta sesuai upah yang dilaporkan dalam kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Bantuan subsidi gaji sebesar Rp 600 ribu diberikan selama empat bulan sehingga secara total penerima akan mendapat Rp 2,4 juta per orang.

Bantuan ini disalurkan dalam dua termin masing-masing sejumlah Rp 1,2 juta.

Baca Juga: Bukan Hanya UU Cipta Kerja, Inilah Deretan Aturan yang Bikin Rakyat Turun ke Jalan Selama Jokowi Berkuasa

Lalu bagaimana cara mengecek melalui bank BNI, BRI, dan Mandiri? Berikut ulasannya

Pengecekan dapat dilakukan melalaui SMS banking, berikut langkah-langkahnya

1. Bank BNI

Melansir daribni.co.id, ada dua cara mudah bagi Anda Nasabah BNI untuk menjadi User BNI SMS Banking yakni melalui BNI ATM atau melalui Cabang BNI.

Untuk daftar SMS Banking melalui ATM, berikut langkah-langkahnya:

- Masuk ke menu "Registrasi e-Channel"- Pilih "BNI SMS Banking".- Masukkan nomor ponsel Anda.- Buat PIN BNI SMS Banking (6 digit).- Masukkan Kode OTP aktivasi finansial.- Setelah Anda berhasil melakukan registrasi dan aktivasi di BNI ATM, Anda akan mendapatkan struk aktivasi dari BNI ATM dan ponsel Anda akan menerima SMS sukses aktivasi dari 3346.- Layanan BNI SMS Banking telah dapat digunakan untuk transaksi finansia

Untuk daftar SMS Banking melalui kantor cabang BNI, berikut langkah-langkahnya:

Baca Juga: Sebentar Lagi Transfer Ditutup, Cuma Isi NIK KTP dan Nama Orangtua Cek Status Penerima BLT Tahap 4, Simak Cara Gampangnya dari Hape

- Datang ke cabang BNI terdekat dengan membawa Kartu Indentitas diri (KTP, SIM, Passport), Bukti kepemilikan rekening perorangan (Taplus dan derivatifnya dan Giro perorangan) dan/atau BNI Card.- Petugas Cabang akan membantu Anda untuk melakukan proses registrasi dan aktivasi BNI SMS Banking.

Setelah terdaftar SMS Banking, kamu bisa cek saldo dengan caraketikSAL lalu kirim ke3346.

Mengirim SMS dan menerima SMS balasan dari3346 akan dikenakan biaya.

Baca Juga: Nyerah Hartanya Rp 1,2 Triliun Dirampas Sri Mulyani, Ternyata Pangeran Cendana Ini Masih Punya Deretan Bisnis yang Tak Bakal Habis 7 Turunan, Berikut Daftarnya

2. Bank Mandiri

Melansir daribankmandiri.co.id, berikut cara daftar SMS banking bank Mandiri.

Syarat Pendaftaran Layanan:

- Memiliki rekening Tabungan, rekening Giro Rupiah dan atau Deposito Rupiah Mandiri serta telah memiliki Sim Card yang dapat mengakses sms banking Bank Mandiri.

- Untuk pendaftaran di ATM, harus memiliki kartu ATM Mandiri. Untuk pendaftaran di cabang harus menunjukkan bukti identitas diri (KTP,SIM,Paspor,KIMS) dan bukti kepemilikan rekening (Buku Tabungan, kartu ATM Mandiri).

Baca Juga: Padahal Cuma Isi NIK KTP dan KK, Tapi Kenapa Banyak yang Gagal Dapat Bantuan Tunai Rp 3,55 Juta? Ternyata Inilah Alasannya

Cara Memperoleh Layanan:

- Daftarkan nomor ponsel Anda di ATM Mandiri atau ke cabang Bank Mandiri.

- Jika mendaftar di ATM Mandiri, masuk ke Menu Pendaftaran eBanking, pilih SMS Banking dan tekan Pendaftaran Mandiri SMS lalu ikuti langkah selanjutnya.

- Setelah pendaftaran sukses, layanan SMS Banking Anda siap digunakan.

Untuk mengecek saldo ketikSAL (kode rek sendiri) (4 digit terakhir no rek) kirim ke3355.

Mengirim SMS dan menerima SMS balasan dari 3355 akan dikenakan biaya.

  1. Bank BRI
Anda cukup dengan mengirimkan pesan transaksi yang anda inginkan berupaSMS ke 3300atau dengan menu melalui aplikasi.

Maka transaksi dapat Anda lakukan dalam genggaman tangan.

Baca Juga: Belum Juga Terima Subsidi Gaji Tahap 4? Begini Cara Mudah Upload Foto Saat Daftar di Akun Kemnaker.go.id Buat Cek Penerima Bantuan Rp 600 Ribu

Seperti dilansir dari Tribunsumsel.com dalam artikel'3 Cara Cek Saldo Bank BRI Lewat HP Android, Mudah dan Cepat'

Untuk lebih aman dan jelas, lebih baik mendaftar SMS Banking melalui kantor cabang.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma