Bak Disambar Geledek Sudah Dinyatakan Lolos, Ada 220 Ribu Penerima Mendadak Gagal Dapat Bantuan Tunai Rp 3,55 Juta, Ternyata Begini Penyebabnya

Selasa, 29 September 2020 | 09:42
Tribunnews.com

Ilustrasi bantuan tunai Rp 3,55 juta dari pemerintah.

Fotokita.net - Sudah dinyatakan lolos, ada sekitar 220 ribu penerima mendadak gagal dapat bantuan tunai Rp 3,55 juta, ternyata begini penyebabnya.

Sudah ada lebih dari 227.818 penerima Kartu Prakerja yang dicabut kepesertaannya oleh pemerintah.

Para penerima yang dicabut kepesertaannya berasal dari Kartu Prakerja gelombang 1-5.

Rinciannya adalah 180.000 peserta dari gelombang 1-4, dan 47.818 peserta dari gelombang 5.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Sudah 4 Kali Transfer, Ternyata 330 Ribu Pekerja Belum Terima Bantuan Rp 2,4 Juta Karena 5 Alasan Ini, Cepat Cek Lewat Hape

Head of Communications Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatumengatakan pencabutan dilakukan sesuai dengan siklus batas akhir 30 hari.

"Pencabutan kepesertaan dilakukan sesuai dengan siklus batas akhir 30 hari setelah seseorang lolos seleksi," kata Louisa, Senin (28/9/2020), dikutip dari Kontan.

Baca Juga: Transfer BLT Subsidi Gaji Ditutup Akhir September, Ternyata Tak Semua Pekerja Dapat Bantuan Rp 600 Ribu Karena Alasan Ini, Cepat Cek Status Penerima Lewat Hape

Louisa mengatakan sedang masih menyelidiki alasan sebagian penerima Kartu Prakerja gelombang 5 yang belum juga mengambil pelatihan pertama.

Pada gelombang 1-5 ada 3 alasan utama yang membuat peserta tidak kunjung mengambil pelatihan pertama yakni peserta sudah mendapat pekerjaan, lupa password, dan tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Louisa pun meminta agar penerima program Kartu Prakerja ini segera melakukan pembelian pelatihan pertamanya supaya tidak dicabut status kepesertaannya.

Baca Juga: Belum Terlambat Transfer BLT Masih Dibuka, Cepat Lakukan Hal Ini Saat Dapat SMS Bantuan Tunai Rp 2,4 Juta

Pada gelombang 1-5 ada 3 alasan utama yang membuat peserta tidak kunjung mengambil pelatihan pertama yakni peserta sudah mendapat pekerjaan, lupa password, dan tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Louisa pun meminta agar penerima program Kartu Prakerja ini segera melakukan pembelian pelatihan pertamanya supaya tidak dicabut status kepesertaannya.

Baca Juga: Sebentar Lagi Transfer Ditutup, Cuma Isi NIK KTP dan Nama Orangtua Cek Status Penerima BLT Tahap 4, Simak Cara Gampangnya dari Hape

Kompas.com

Ilustrasi kartu prakerja

Pencabutan status kepesertaan ini pun diatur dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020.

Dalam pasal 20 ayat 1 disebutkan, penerima kartu prakerja bebas memilih pelatihan yang telah disetujui oleh PMO, dan pemilihan pelatihan untuk pertama kali dilakukan tidak lebih dari 30 hari setelah peserta ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja.

Dalam hal penerima Kartu Prakerjatidak melakukan pemilihan pelatihan dalam jangka waktu 30 hari, maka penerima kartu prakerja dicabut kepesertaannya.

Selanjutnya, bila penerima Kartu Prakerjadicabut kepesertaannya, maka bantuan pelatihan yang tersisa dalam kartu prakerja dikembalikan ke rekening dana Kartu Prakerja, bantuan insentif yang tersisa dalam kartu prakerjadikembalikan ke rekening dana kartu prakerja.

Baca Juga: Kabar Gembira Pendaftaran Sudah Dibuka, Cepat Isi Nomor KK dan NIK KTP Agar Dapat Bantuan Tunai Rp 3,55 Juta, Bisa Lewat Hape Juga

Penerima kartu prakerja tidak dapat mengikuti kembali program kartu prakerja.

Berdasarkan data PMO kartu prakerja, sudah ada 3,4 juta penerima Kartu Prakerjagelombang I hingga gelombang VIII yang sudah membeli pelatihan.

Baca Juga: Padahal Cuma Isi NIK KTP dan KK, Tapi Kenapa Banyak yang Gagal Dapat Bantuan Tunai Rp 3,55 Juta? Ternyata Inilah Alasannya

dok. Tribunnews.com

Upload foto KTP dalam pendaftaran kartu prakerja.

Selanjutnya, ada 2,4 juta penerima yang sudah menyelesaikan minimal 1 pelatihan. Sementara, total penerima kartu prakerja hingga gelombang 8 adalah 4,68 juta orang.

"Untuk gelombang 9 baru selesai minggu lalu, jadi belum bisa kita lihat polanya," kata Louisa.

Pemerintah akan buka gelombang 11?

ProgramKartu Prakerjayang secara resmi mulai menerima pendaftaran pada 11 April 2020 yang lalu.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 10 Belum Dibuka, Tapi Mau Dapat Uang Rp 50 Ribu Nggak Pake Ribet? Cepetan Klik https://dashboard.prakerja.go.id

Sekarang, program ini sudah menyerap 98 persen dari total target penerimaKartu Prakerjatahun 2020.

Setelah ditutupnya pendaftaran gelombang 9 pada 21 September total dari jumlah peserta yang menerimaKartu Prakerja mencapai angka5.480.918 atau 98 persen dari total kuota tahun 2020 yang sebesar5.597.183 kuota.

ADITYA PRADANA PUTRA/Antara) via kompas.com
ADITYA PRADANA PUTRA/Antara)

Pendaftaran kartu prakerja

Program unggulanJokowiini memberikan pada para pesertanyadana insentif berjumlah Rp3,55 juta.

Rincian dari dana tersebut adalah sebesar Rp1 juta diberikan untuk membeli pelatihan yang sudah disediakan oleh pihak Kartu Prakerja.

Kemudian, ada dana insentif sebesar Rp600 ribu per bulan.

Dana insentif ini akan diberikan pada para pesertaKartu Prakerjaselama 4 bulan dengan total Rp2,4 juta.

Baca Juga: Belum Juga Terima Subsidi Gaji Tahap 4? Begini Cara Mudah Upload Foto Saat Daftar di Akun Kemnaker.go.id Buat Cek Penerima Bantuan Rp 600 Ribu

Kemudian ada insentif survei sebesar Rp50 ribu yang akan diberikan usai peserta mengisi survei sebanyak 3 kali.

Diketahui untuk programKartu Prakerjaini, pemerintah mengalokasikan anggaran hingga Rp20 triliun.

Sampai sekarang, sudah ada 10 gelombang yang dibuka olehManajemen Pelaksana Program (PMO)KartuPrakerja.

PendaftaranKartu Prakerjagelombang 10 ini sudah dibukasejak Sabtu (26/9/2020) siang pukul 12.00 WIB.

Dikutip Tribunnewswiki dari Kompas.com, ada kuota116.261 yang tersedia di gelombang 10 ini.

Penyerapan ini menjadikan kuota programKartu Prakerjatahun 2020 perserta terpenuhi 100 persen dengan jumlah sebesar 5,59 juta .

Untuk diketahui, ada peserta yang dicabut kepesertaannya sebanyak189.436 orang.

Baca Juga: Belum Terlambat, Cuma Isi NIK KTP Nama Lengkap dan Alamat Rumah Bisa Dapat Bantuan Tunai Rp 2,4 Juta, Cepat Daftar Sekarang Di Sini

Jumlah tersebutadalah 3,46 persen dari jumlah penerimaKartu Prakerja.

Pencabutan ini dikarenakan peserta yang lolos tersebut tidak mengikuti pelatihan pertamanya dalam selang waktu 30 hari setelah dinyatakan lolos.

Baca Juga: Syok Dapat Bantuan Tunai Rp 2,4 Juta, Pedagang Jamu Ingin Lakukan Hal Ini Usai Ketiban Rezeki dari Pemerintah

Komite Cipta Kerja berencana akanmengalokasikan dana dan kuota ke peserta lain.

Lalu apakah hal ini akan membuka kemungkunan dibukanyaKartu Prakerjagelombang 11?

Menjawab hal tersebut,Louisa Tuhatu mengatakan terselenggara atau tidaknnya Kartu Prakerjagelombang 11 ini akan tergantung dari keputusan komite kelak, Minggu (27/9/2020).

"Gelombang 10 ini menuntaskan kuota tahun 2020. Apakah akan ada gelombang tambahan itu tergantung keputusan KCK," jawab Louisa.

Baca Juga: Cek Status Penerima Bantuan Rp 600 Ribu, Inilah Solusi Gagal Upload Foto Saat Daftar Akun di Kemnaker.go.id

Louisa meng menuturkan, bagi para peserta yang lolos segera menyelesaikan pelatihan pertama dalam kurun waktu 30 hari kerja.

Tentu saja masalah ini supaya kepesertaanKartu Prakerjabagi pelamar yang lolos tidak ditarik kembali.

"Itu (imbauan) yang paling utama," ungkap Louisa.

(Tribunnewswiki/Ika/Tyo/Kontan/Lidya Yuniartha)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma