Siap-siap Pamer Senjata Terkini Korea Utara, Kim Jong Un Dapat Kiriman Karangan Bunga dari Jokowi, Inilah Isi Pesannya

Kamis, 24 September 2020 | 07:16
AFP/KCNA VIA KNS/STR via Kompas.com

Dalam foto yang diambil pada 5 September 2020 dan dirilis oleh kantor berita Korea Utara KCNA pada 6 September 2020, nampak Kim Jong Un mengunjungi area yang terdampak Topan Maysak di Provinsi Hamgyong Selatan.

Fotokita.net - Siap-siap pamer senjata terkini Korea Utara, Kim Jong Un dapat kiriman buket bunga dari Jokowi, inilah isi pesannya.

Para ahli berpendapat bahwa Kim Jong Un akan memamerkan senjata terbaru milik Korea Utara dalam beberapa pekan mendatang.

Kecurigaan tersebut berlandaskan atas latihan militer yang digelar untuk mempersiapkan parade militer dalam rangka perayaan ulang tahun Partai Buruh bulan depan.

Baca Juga: Bocorkan Cara Eksekusi Pamannya Sendiri ke Donald Trump, Kini Kim Jong Un Tembak Mati 5 Pejabat Korea Utara Karena Hal Sepele Ini

Beberapa pengamat mengatakan Korea Utara mekungkinan memanfaatkan parade militernya untuk memamerkan rudal terbesar yang mereka miliki untuk pertama kalinya sejak 2018.

Foto satelit juga menunjukkan "kesibukan" baru di pangkalan Sinpo South Shipyard, di mana kapal selam dibangun sebagaimana dilansir dari Mirror, sabtu (19/9/2020).

Baca Juga: Bukan Hanya Bangga Diberitahu Kim Jong Un Eksekusi Pamannya Sendiri, Donald Trump Blak-blakan Akui Remehkan Bahaya yang Sedang Terjadi di Amerika Ini

"Kami memantau perkembangan, karena ada kemungkinan akan dilakukan uji coba rudal balistik yang diluncurkan oleh kapal selam," kata Panglima Militer Korea Selatan yang baru menjabat, Won In-choul.

Para ahli mengatakan dorongan dari Korea Utara untuk memperoleh rudal yang diluncurkan dari kapal selam adalah perkembangan yang mengkhawatirkan.

Pasalnya, rudal akan sangat sulit untuk dideteksi sebelum diluncurkan. Sebuah sumber mengatakan kepada Daily NK bahwa galangan kapal "dipenuhi dengan kegiatan untuk mempersiapkan peluncuran rudal balistik".

Baca Juga: Disebut Yang Mulia, Donald Trump Bangga Kim Jong Un Bocorkan Cara Eksekusi Pamannya Sendiri

Dave Schmerler, seorang peneliti di James Martin Center for Nonproliferation Studies, mengatakan ada tanda-tanda pekerjaan sedang dilakukan pada barkas rudal tersebut.

Pada 4 September, pusat kajian strategis dan internasional yang berbasis di Amerika Serikat ( AS) tersebut mengatakan citra satelit menunjukkan aktivitas di Sinpo yang "sugestif, tetapi tidak meyakinkan, dari persiapan untuk uji coba rudal balistik yang akan datang".

KCNA
KCNA

(ilustrasi) salah satu rudal Korea Utara

Menteri Unifikasi Korea Selatan Lee In-young berharap saluran komunikasi, termasuk kantor penghubung antar-Korea, dapat segera dipulihkan.

“Dan kami dapat melanjutkan dialog dengan pikiran terbuka pada masa yang lebih awal,” kata Lee.

Baca Juga: Kim Jong Un Kembali Pecat Pejabat Partai, Pembelot Cantik Ini Bongkar Fakta Mengejutkan Soal Diktator Korea Utara: Dianggap Dewa yang Bisa Baca Pikiran

Jung Changwook, Kepala Forum Studi Pertahanan Korea di Seoul, mengatakan Korea Utara dapat melakukan uji coba untuk meningkatkan kemampuan serangan nuklirnya dan menekan Washington setelah pemilihan umum AS pada awal November.

Kendati demikian, Jung mengatakan rudal yang ditembakkan dari kapal dapat memiliki jangkauan potensial hingga 499 kilometer.

Dengan jangkauan potensial sejauh itu, Jung menambahkan rudal Korea Utara tidak menimbulkan ancaman langsung terhadap daratan AS.

bignewsnetwork
bignewsnetwork

Militer Korea Utara punya kemampuan menembakkan rudal balistik dari kapal selam

Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un menerima sekeranjang bunga dari Presiden Indonesia, Joko Widodo dalam rangka HUT ke-72 Korea Utara.

Melansir media pemerintah, KCNA, pada Selasa (22/9/2020), karangan bunga tersebut diserahkan kepada pejabat terkait oleh Duta Besar Indonesia untuk negara Korea Utara yang memiliki nama resmi Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK),pada Selasa.

Kim Jong Un, Ketua Komisi Urusan Negara DPRK, juga menerima pesan ucapan selamat dari orang nomor satu Indonesia tersebut.

Baca Juga: Dulu Nyinyirin Jokowi Soal Dinasti Politik, Mantan Wakil Ketua DPR Ini Akhirnya Buka Suara Usai Dihujat Karena Dukung Habis-habisan Anak Presiden di Pilkada Solo

"Izinkan saya untuk menyampaikan kepada Yang Mulia dan rakyat Republik Demokratik Rakyat Korea, ucapan selamat yang tulus atas kesempatan peringatan ke-72 hari berdirinya DPRK pada 9 September 2020," ujar Joko Widodo (Jokowi), seperti yang dilansir dari KCNA pada Rabu (23/9/2020).

"Saya yakin semangat hari jadi akan menguatkan upaya pemerintah dan masyarakat DPRK untuk mengatasi tantangan akibat pandemi Covid-19," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga ingin menegaskan kembali komitmennya dalam memperkuat kerja sama antara Indonesia dan DPRK untuk kepentingan bersama kedua negara, serta untuk perdamaian, kemajuan di kawasan dan sekitarnya.

"Mohon terima, Yang Mulia, jaminan yang diperbarui atas pertimbangan tertinggi saya, dan harapan terbaik saya untuk kesehatan Yang Mulia yang baik, serta kesuksesan yang berkelanjutan dalam tugas-tugas mulia Yang Mulia," pungkas Jokowi.

Pada HUT ke-75 Indonesia, Kim Jong Un juga tidak terlewat mengirimkan pesan ucapan selamat merayakan hari kemerdekaan kepada Presiden Joko Widodo.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Luar Negeri Korut, Senin (17/8/2020), Kim mengungkapkan ucapan selamat yang hangat kepada Jokowi dan rakyat Indonesia.

Baca Juga: Cek Status Penerima Bantuan Rp 600 Ribu, Inilah Solusi Gagal Upload Foto Saat Daftar Akun di Kemnaker.go.id

Selain mengucapkan selamat atas hari ulang tahun (HUT) ke-75 Indonesia, Kim juga memuji kemajuan Indonesia dalam mengembangkan perekonomian dan kebudayaan nasional.

“Serta membangun masyarakat yang sejahtera di bawah panji kedaulatan, kemerdekaan, dan non-blok yang ditinggikan,” kata Kim, dikutip dari situs resmi Kementerian Luar Negeri Korut.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma