Banyak Rumah Diterjang Banjir Bandang, BNPB Catat Kejadian Bencana Karena Faktor Cuaca, Terawangan Mbak You Kembali Terbukti?

Selasa, 22 September 2020 | 15:41
ANTARA FOTO/HARIANDI HAFID

Apa Itu Banjir Bandang

Fotokita.net - Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB mencatat, terjadi sejumlah bencana hidrometeorologi di Indonesia, beberapa hari terakhir.

Bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang dipengaruhi oleh faktor cuaca, misalnya banjir, longsor, dan puting beliung.

"Fenomena hidrometerologi yang berujung bencana mendominasi kejadian awal pekan ini. Misalnya banjir bandang, banjir dan angin kencang," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam keterangan pers, Selasa (22/9/2020).

Baca Juga: Covid-19 Makin Bikin Ngeri, Inilah Deretan Menteri Jokowi yang Positif Corona, Ada yang Kritis, Terbaru Fachrul Razi

"Kejadian terkini, yakni banjir bandang di Kabupaten Sukabumi yang terjadi pada Senin (kemarin) dan mengakibatkan dua orang meninggal dunia dan satu lagi masih dalam pencarian," lanjut dia.

Dampak banjir bandang tersebut menyasar tiga kecamatan di Sukabumi, Jawa Barat, yaitu Kecamatan Cicurug, Parungkuda, dan Cidahu.

Baca Juga: Terungkap, Sumber Dentuman di Jakarta Bikin Penasaran Warga, Ternyata Berasal dari Tempat yang Tak Disangka-sangka

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi masih terus melakukan pemutakhiran data dari lapangan.

Selain di Sukabumi, banjir juga melanda sejumlah desa di Kabupaten Bogor, Senin sore.

Dua sungai, yakni Cianten dan Disakati yang berada di wilayah Kampung Muara I meluap dan merendam sejumlah rumah di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan.

Di Kota Bogor, banjir akibat luapan air Sungai Cisadane, Senin sore mengakibatkan genangan di Kelurahan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, setinggi sekitar 30 sentimeter.

Baca Juga: Bak Disambar Geledek, Kasus Harian Covid-19 Pecah Rekor Lagi, Warga Jakarta dan Depok Mendadak Diminta Bersiap Hadapi Bencana Ini

Beralih ke Jawa Tengah, angin kencang melanda Desa Sudagaran, Kecamatan Sidareja Kabupaten Cilacap, pada Senin siang kemarin. Satu rumah roboh akibat fenomena alam itu.

Kejadian serupa terjadi di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Minggu siang.

Alex Suban/Warta Kota
Alex Suban/Warta Kota

Kampung Melayu banjir

Serangkaian peristiwa bencana itu menambah daftar bencana alam yang terjadi dari awal Januari 2020 hingga pertengahan September 2020.

Data BNPB hingga Senin (21/9/2020) kemarin, 2.069 bencana telah terjadi dengan korban meninggal dunia mencapai 283 jiwa.

Bencana didominasi fenomena hidrometeorologi berupa banjir 773 kejadian, puting beliung 547, dan tanah longsor 378.

Baca Juga: Dulu Kompak Pimpin Indonesia Selama 5 Tahun, Kini Jokowi dan Jusuf Kalla Berbeda Pendapat Karena Masalah Ini, Siapa yang Jadi Korbannya?

Sedangkan fenomena hidrometeorologi lainnya, yaitu kebakaran hutan serta lahan berjumlah 303 kejadian dan kekeringan 22 kejadian.

Paranormal kejawen, Mbak Youkembali mengungkapkan terawangannya.

Mbak You mengupas habis berbagai hal yang bisa terjadi di masa depan, bahkan dalam waktu dekat ini.

Seperti yang kita tahu, beberapa terawangan Mbak Yousering benar terjadi.

Kali ini, Mbak Youkembali menerawang soal bencana alam hingga kehidupan artis tanah air.

Dalam tayangan di kanal YouTube Mbak You(16/9/2020), sang paranormal menyebut akan menerawang apa yang bisa terjadi di bulan September.

Mbak You memulainya dengan menerawang bencana alam yang bisa terjadi di masa depan.

Baca Juga: Warga Jakarta Kembali Dengar Dentuman Misterius Pagi Ini, Mbah Mijan Malah Terawang Ada Tragedi Besar, Reaksi Keras Netizen Jadi Sorotan

Katanya, dalam waktu dekat bisa terjadi hujan lebat bahkan ada air yang pindah ke darat.

Tak sampai di situ, menurutnya akan ada petir menggelegar yang memakan korban.

"Akan ada hujan besar di beberapa bagian wilayah Indonesia yang sangat lebat sekali dan ada adanya banjir dan air laut pindah ke darat. Walau tidak banyak seperti kemaren-kemaren tapi akan ada perpindahan air laut ke darat," ungkap Mbak You.

"Dan saya khawatirkan ada petir yang sangat besar yang menghantam di tengah air hujan dan petir ini sangat membahayakan. Yang berteduh atau yang bekerja di luar sana hati-hati karena petir akan mengakibatkan korban jiwa," imbuhnya.

Mbak You juga menerawang dunia selebriti tanah air.

Menurut Mbak Youakan ada artis yang meninggal dunia, perceraian hingga pernikahan artis.

Tak tanggung-tanggung, Mbak Youjuga menyebutkan beberapa inisial artis yang dimaksud.

Baca Juga: Niat Hati Beli Hape Berkamera Buat Belajar Online, Anak SMP Ini Malah Diberi Gratis Karena Uangnya Kurang, Videonya Jadi Sorotan

"Ada inisial, saya sebut di sini, ada I, M, B trus ada P ada O, ada selebriti, pelawak, pelawak yang meninggal lagi juga ada, beberapa tempat fenomena alam, di Jawa Timur ada fenomena alam, artis yang cerai rujuk lagi, ada yang baru nikah udah cerai," jelasnya.

Lebih lanjut, menurut terawangan Mbak You, akan ada kasus prostitusi artis yang kembali terungkap.

Namun, ia tidak mau menyebut ciri-ciri artis yang dimaksud.

"Akan ada prostitusi, saya tidak mau memerdalam tapi ini ada artis lama main di sini. Ada prostitusi ada gigolo, ada narkoba," ungkap sang paranormal.

Menurutnya, sang artis melakukan hal tersebut salah satunya karena faktor ekonomi.

Faktor ekonomi yang berkaitain dengan kondisi di tengah pandemi seperti saat ini.

Baca Juga: Lama Sebelum Tagih Utang Bambang Trihatmodjo, Menkeu Sri Mulyani Sukses Rebut Rp 1,2 Triliun Harta Anak Kesayangan Pak Harto, Begini Kisah Pertarungannya

Mbak You juga menyebut soal adanya kasus narkoba di kalangan artis yang kembali terungkap, pelakunya mulai dari artis FTV hingga penyanyi.

"Narkoba orang lama masuk lagi, ada yang seperti baik juga kena, ada artis FTV, penyanyi juga ada kasus narkoba, dan inisial yang di luar dugaan kena narkoba," jelas Mbak You.

Apa yang diutarakan Mbak Youhanyalah penerawangannya saja ya, belum tentu akan terjadi.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma