Dulu Jadi Raja dalam Sederet Film Laga, Kondisi Terkini 3 Aktor Kondang Ini Bikin Sedih, Ada yang Harus Pakai Kursi Roda

Kamis, 10 September 2020 | 20:34
1000 × 647Images may be subject to copyright Wong Fei Hung skin for Lee Sin League of Legends board

Jet Li memerankan Wong Fei Hung

Fotokita.net -Dulu jadi raja dalam sederet film laga, kondisi terkini 3 aktor kondang ini bikin sedih, bahkan ada yang harus pakai kursi roda.

Kabar sedih bagi penggemarfilm-filmlagaMandarin, tiga dari banyaknyaaktorlaganya kini harus berjuang di kehidupannya sekarang.

Ketiga sosokaktor-aktor itu ialahJetLi,JackieChandanSammoHung.

Mereka merupakanaktorlegendaMandarindi era 1980-an hingga awal 2000-an.

Aksi-aksi mereka dalam berakting sungguh dikagumi banyak orang apalagi penggemar setianya.

Baca Juga: Sepandai-pandainya Tutupi Rahasia, Akhirnya Terbongkar Juga, Sosok Ini Ungkap Identitas Kekasih Baru Ivan Gunawan: Awalnya Temen, Jadi Demen

Namun, ketiganya kini sudah tak muda lagi.

Kondisi kesehatan mereka dikabarkan sempat drop karena sakit parah.

Bahkan ada yang alami stres hingga sakitdioperasi.

Perjuangan hidup di usia tua paraaktorlagaMandarinini menjadi sorotan dunia apalagi para pecintanya.

Dahulu mereka merupakan artis Asia yang merajaifilm-film action.

Baca Juga: Kembali Bikin Ulah dalam Sidang Perdana, Sisir Jerinx SID Saat Rapikan Rambut Sebelum Masuk Ruangan Malah Jadi Sorotan

Tapi sekarang kondisi tubuh telah lain, perubahan fisik sangat mengejutkan.

Masih ingat artis film Jet Li, Sammo Hung dan Jackie Chan?

Bila Anda penggemarfilmaction era 1990-2010-an, pasti mengetahui.

Jet Li,SammoHungdanJackieChanmerupakan artis besar dan berbayaran tinggi, namun kondisinya sekarang jauh berbeda.

Kabar mengejutkan tersiar dariJetLi,SammoHungdanJackieChan.

Paraaktordari Asia Timur ini menembusfilmHollywood atas aksi gila mereka.

Bagaimana kabar mereka saat ini?

Baca Juga: Terlanjur Unggah Candaan Mengaku Bunuh Editor Metro TV, Nasib Warganet Berujung di Jeruji Besi, Begini Kronologinya

Jet Li

Kabar mengejutkan datang dariaktorlagaJetLi.

Kondisi kesehatannya sempat dikabarkan buruk sehingga penampilannya membuat para penggemarnya kaget.

Melansir dan menerjemahkan artikel South China Morning Post berjudul "Is this the sameJetLiwe all know? Martial arts legend battles illness and injuries as fans express shock".

Baca Juga: Nekat Turun Ke Kali Grogol, Nikita Mirzani Malah Foto-foto Santai Usai Ikut Bersih Sampah Bareng Pasukan Orange

instagram @mulan
instagram @mulan

Jet Li dalam acara premiere film Mulan

Sebuah foto menunjukan Jet Liyang terlihat sangat tua.

Kondisi Jet Lisetelah Divonis Hipertiroidisme & Tampak Rapuh, Foto Terbaru Bikin Heboh (Kolase Tribun Manado/Foto dari berbagai sumber) Ikon Hollywood, yang membintangi Lethal Weapon 4, Romeo Must Die dan Expendables 2, mengungkapkan lima tahun lalu dia telah menderita hipertiroidisme.

Foto terbaru dia mengunjungi sebuah kuil di Tibet telah banyak beredar dengan banyak orang terkejut oleh penampilan Li yang lemah.

Foto itu juga menunjukkan dia harus dibantu ketika dia berjalan.

Baca Juga: Terkuak, Maia Estianty Bongkar Sifat Tak Terduga Irwan Mussry, El Rumi: Cuma 2 Orang yang Bisa Atur Daddy

ImagineChina
ImagineChina

Jet Li dan Jack Ma

Tahun lalu,aktorkelahiran Beijing, Tiongkok, 26 April 1963, itu muncul.

Aktor berusia 56 tahun itu berbicara tentang penyakitnya setelah lama absen dari mata publik.

Ia muncul saat jamuan makan malam amal One Foundation di ibukota Cina.

Aktor itu kemudian mengatakan dia telah didiagnosis dengan tiroid yang terlalu aktif pada tahun 2010 dan meskipun dia minum obat yang menjaga penyakitnya, kondisinya terus kembali.

Baca Juga: Syok Lihat Ashanty Ngamuk di Rumah, Sang Asisten Malah Tolak Mentah-mentah Permintaan Istri Anang Hermansyah: Maaf, Enggak!

Hipertiroidisme menyebabkan perubahan dalam metabolisme dan detak jantung seseorang dan biasanya diobati melalui pengobatan.

Li mengatakan keyakinannya yang kuat pada ajaran Buddha serta meditasi dan membaca tulisan suci membantu menstabilkan kondisinya.

Bintang aksi itu juga mengatakan beberapa tahun yang lalu bahwa dia tidak dapat melakukan aktivitas fisik yang penuh stres karena kondisinya.

Dia mengungkapkan dia telah diperingatkan oleh dokter pada 2013 bahwa dia "akan berakhir di kursi roda" jika dia terus membuatfilmaksi yang menuntut secara fisik.

Baca Juga: Terbongkar, Ibunda Nagita Slavina Jadi Rebutan Usai Dicerai Gideon Tengker, Suami Barunya Ternyata Pernah Foto Bareng Presiden Amerika

Dia mengatakan pada saat itu: “Saya hanya seorang pria biasa. Saya bukan Wong Fei-hung. Saya bukan Huo Yuanjia (pahlawan kung fu yang dia gambarkan difilm). Saya sama seperti Anda. "

Dia juga menderita masalah kaki dan tulang belakang dan bahwa dia tidak dapat berdiri tegak terlalu lama, kesehatannya yang buruk akibat dari dekade peranfilmyang menuntut, stunts dan cedera .

Dia telah membuatfilmsejak ia terjun ke dunia seni peran sebagai mantan juara wushu nasional saat remaja di akhir 1970-an.

Baca Juga: Sempat Gandeng Putra Mahkota Abu Dhabi yang Super Tajir, Begini Nasib Pembangunan Ibu Kota Baru di Tengah Pandemi, Ada Di Ujung Tanduk?

instagram.com/jetli

Jane & Jada Li, putri Jet Li

Jet Li mengalami cedera besar pertamanya pada usia 18 tahun ketika aksi itu merobek lututnya yang membutuhkan tujuh setengah jam operasi.

Dia juga menderita cedera punggung yang serius pada usia 23.

Netizen terkejut oleh penampilannya di Tibet baru-baru ini setelah foto itu membuat putaran di media sosial, menarik banyak komentar, sebagian besar perhatian untuk kesejahteraannya.

Baca Juga: Nasi Sudah Jadi Bubur, Settingan Pacaran dengan Anya Geraldine Sukses, Kini Rizky Febian Kerepotan Hadapi Fans yang Murka Hingga Ancam Bunuh Sule

“Dia sangat aktif sebelum dan sekarang dia terlihat seperti orang tua,” kata seorang netizen Cina. “Kung fu-nya nyata danfilmnya bagus. Sayang dia menderita penyakit ini, ”kata yang lain.

"Saya bahkan tidak bisa mengenalinya," tambah seorang netizen lainnya. Salah satu jejaring sosial mengatakan penuaan adalah proses alami dan mempengaruhi semua orang tetapi Li telah terlalu lama menjalani hidup yang keras sebagai bintangfilmlaga.

Instagram @jetli

Jet Li aktif dalam kegiatan sosial

Sammo Hung

Aktor satu ini sering melihatnya di film sejak kecil, tubuhnya yang gemuk membuat orang tetap ingat, dia bahkan dijuluki sebagai orang paling terampil di dunia perfilman.

Tapi baru-baru ini,SammoHungternyata menggunakan kursi roda saat berbelanja di pasar, disampingnya ada dua perawat yang merawatnya.

Hal ini tentu membuat para penggemarnya sedih.

Sammo Hung adalah tokoh yang sangat penting yang membawa gelombang perubahan baru di Hong Kong pada tahun 1980an, membantu perkembangan seni bela diri dan memulai Jiang Shi genre.

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Biasanya Senang Pamer Foto Busana Serba Terbuka, Sosok Kondang Ini Mendadak Minta Anies Baswedan Shalat Tahajud

Jackie Chan

Tak kalah ngetopnya,JackieChanadalah bintang yang berusia 62 tahun.

Sampai saat ini ia masih terus berproduksi karyanya.

AKTOR kungfu asal Hong Kong,JackieChan, hingga kini masih aktif dalam dunia akting.

Meski usianya sudah mencapai 63 tahun,JackieChantetap memerankanaktorsekaligus sebagai stuntsman dan itu selalu menjadi bagian dari jiwanya.

Baca Juga: Biasa Dijadikan Lauk, Ternyata 5 Makanan Enak Ini Bisa Jadi Pemicu Stroke Ringan yang Dialami Pemeran Kang Mus Preman Pensiun Hingga Mata Kirinya Nyaris Buta

Bahkan masalah kesehatan yang dihadapinya tak menghentikannya untuk melanjutkan pembuatanfilmhingga selesai sepenuhnya.

Dalam konfrensi pers film terbarunya, 'The foreigner', Jackie ditanya mengenai operasi selama lima jam yang dilakukan padanya di London.

Hal itu ternyata diketahui kalau Jackie mengalami sakit otot saat syutingfilmKung Fu Yoga.

Situasinya semakin parah saat sedang sibuk mempersiapkan The Foreigner.

todayonline.com
todayonline.com

Jackie Chan saat menghadiri pesta pensiunan Komisaris Polisi Hong Kong

"Saya dipaksa masuk ke ruang operasi di London. Saya diberitahu operasi ini hanya memakan waktu 45 menit, tapi akhirnya menjadi lima jam.

"Dua asisten saya sangat khawatir dan menangis di luar ruang operasi.

"Keesokan harinya, saya kembali bekerja seperti biasa.

"Saya bisa main adegan perkelahian seminggu kemudian meski dokter menyarankan saya untuk beristirahat dulu," kata Jackie, yang dianggap peduli tyrhadapfilmitu daripada kesehatannya.

Baca Juga: Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Cuma Bisa Main Hape Karena Terserang Stroke, Kini Komedian Sinetron Bajaj Bajuri Ditipu Rp 3,3 Miliar

Jackie menambahkan, sutradarafilmtersebut, Martin konon memiliki pengalaman yang luas dan bisa menghasilkanfilmberkualitas tinggi.

Martin adalah sutradara dengan pengetahuan dan profesionalisme yang luas.

Dia sangat disiplin dan tidak membiarkan gangguan kebisingan di sekitar lokasi syuting," kata Jackie.

Jackie juga mengungkapkan karakternya saat Quan terpaksa menerima make up khusus untuk orangtua.

Baca Juga: Sebut Ada yang Tak Terlihat di Balik Sindiran Puan Maharani, Rocky Gerung Anggap Anak Megawati Jadi Titik Paling Lemah dalam Paket Rezim Jokowi

Tangkap layar Instagram @sherinasinna

Potret masa muda Triawan Munaf yang disebut mirip dengan aktor Jackie Chan.

"Saya harus berjalan perlahan untuk menggambarkan usia tua saya.

"Martin terkadang membuatku kewalahan karena jalannya terlalu cepat. Dia bilang aku Quan, dan bukanJackieChan.

"Inilah sebabnya ketika syuting berlangsung, suasana lokasi menjadi sangat sepi sehingga perasaan saya begitu berat," jelas Jackie.

"Sedangkan untuk Brosnan, Jackie juga senang berakting denganaktorJames Bond.

"Brosnan bisa datang ke lokasi syuting untuk berlatih berdialog dengan saya meski dia tahu hari itu tidak ada adegan akting untuknya.

Baca Juga: Makin Cemburu? Ayah Betrand Peto Masih Berani Keluarkan Larangan Ini Usai Tahu Anak Kandungnya Bakal Pindah ke Amsterdam Bareng Ruben Onsu

"Meski dia aktor terkenal, tapi sikap yang dia tunjukkan, saya cukup kaget dan tergerak, "kata Jackie.

Film 'The foreigner' akan diputar bersamaan di bioskop GSC secara nasional pada tanggal 30 September.

Baca Juga: Setiap Hari Bohongi Istrinya Hingga Jarang Pulang, Ternyata Pria Ini Lakukan Tindakan yang Bikin Gempar Warga, Ujungnya Dijatuhi Eksekusi Mati

Film tersebut juga akan ditayangkan di China pada tanggal yang sama. Sedangkan untuk Eropa dan Amerika Serikat, akan mulai pada 13 Oktober mendatang.

Itulah nasibJetLi,SammoHungdanJackieChan, artisfilmaction yang pernah jaya.

(tribunjambi.com)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma