Istrinya Jadi Ketua DPR Hingga Punya Harta Rp 364 Miliar, Suami Puan Maharani Ternyata Bukan Sosok Sembarangan, Begini Caranya Cari Rezeki

Rabu, 12 Agustus 2020 | 11:31
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Puan Maharani resmi jadi perempuan pertama yang jabat Ketua DPR RI periode 2019-2024.

Fotokita.net-Puan Maharani didapuk sebagai Ketua DPR periode 2019-2024 atau jadi ketua parlemen pertama sepanjang sejarah Indonesia.

Sebagai politikus senior, berapa harta kekayaan Puan Maharani?

Perempuan bernama lengkap Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi ini lahir dari keluarga politikus.Nama Puan Maharani memang bisa dibilang sangat lekat dengan PDI-P.

Ayahnya adalah Ketua MPR, sementara kakek dan ibunya merupakan mantan Presiden RI. Sebagai trah Soekarno, Puan juga seringkali digadang-gadang sebagai calon presiden.

Puan memilih bergelut dengan politik mengikuti jejak ibunya, Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga: Dikira Kejatuhan Bom Atom, Begini Informasi Awal Penyebab Ledakan Besar yang Lumat Kota Beirut Lebanon

Karier politiknya dirintis dengan menjadi anggota KNPI, lalu menjadi kader PDI-P, hingga kemudian melenggang ke Senayan sebagai anggota DPR RI periode 2009-2014.

Dia dilantik menjadi anggota dewan di usia 36 tahun.

Kariernya sebagai politikus mulai menanjak sejak menjadi Ketua Fraksi PDIP di DPR menggantikan seniorya Tjahjo Kumolo. Pada 2 pemilu berikutnya, Puan terpilih kembali menjadi anggota DPR.

Baca Juga: Amonium Nitrat Disebut Jadi Penyebab Ledakan Besar di Beirut Lebanon, Warga Indonesia Berikan Kesaksiannya Atas Tragedi Mencekam Itu: Seperti Gempa

Dikutip dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (PHKPN), Puan terakhir kali melaporkan kekayaannya pada 31 Desember 2018.

Artinya, tahun lalu, Puan tidak melaporkan harta kekayaannya ke KPK. Total harta yang dilaporkannya saat itu yakni sebesar Rp 367,79 miliar atau tepatnya Rp 363.790.695.900.

Kekayaannya tersebut meningkat pesat sejak beberapa tahun belakangan. Di LHKPN tahun 2014 atau saat dirinya baru menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kabinet Kerja 2014-2019, kekayaannya tercatat sebesar Rp 162,56 miliar.

Baca Juga: Indonesia Susul 6 Negara Masuk Jurang Resesi Gegara Pandemi Covid-19, Ahli Justru Minta Pemerintah Contoh Negara Ini

@puanmaharaniri

Puan Maharani bersama Presiden Indonesia ke-5, Megawati Sukarnoputri.

Pada tahun 2017, hartanya mengalami kenaikan cukup pesat. Di LHKPN yang dilaporkan pada 31 Desember 2017, total kekayaannya mencapai Rp 302,77 miliar.

Dari keseluruhan harta kekayaan yang dilaporkan terakhir pada Desember 2018 sebesar Rp 363,79 miliar, aset terbesarnya berasal dari surat berharga yang nilainya mencapai Rp 208,539 miliar.

Baca Juga: Bobby Nasution Bocorkan Nama Adik Sedah Mirah, Inilah Arti Nama Cucu Jokowi yang Tak Banyak Diketahui Orang

Sumber kekayaan terbesar berikutnya disumbang kepemilikan tanah dan bangunan yang nilai taksirannya sebesar Rp 148,86 miliar. Puan yang kini berusia 47 tahun ini total memiliki 74 bidang tanah dan bangunan.

Seluruh tanah dan bangunan tersebut dilaporkan di LHKPN sebagai hasil sendiri alias bukan berasal dari warisan atau hibah.

Sebagian besar aset propertinya tersebut berada di Provinsi Bali yang tersebar di Tabanan, Denpasar, Klungkung, Badung, dan Gianyar. Sebagian properti lainnya berada di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Bogor, dan Depok.

Baca Juga: Tak Ada Makan Siang Gratis, 3 Negara Ini Bantu Timor Leste Lepas dari Indonesia, Kini Harta Emas Hitam Jadi Kutukan Hingga Rakyat Timor Kembali Sebagai Korban

Untuk alat transportasi dan mesin, Puan memiliki 7 mobil dan 3 motor. Kendaraan termewahnya yaitu Toyota Land Cruiser Jeep tahun 2008 dengan taksiran Rp 400 juta.

Mobil lainnya yang dimiliki Puan antara lain VW Beetle Sedan tahun 2000 senilai Rp 200 juta, VW Karman Ghia 1961 seharga Rp 65 juta, Daihatsu Taruna tahun 2020 senilai Rp 130 juta, dan 3 mobil Mercedes Benz yang masing-masing bernilai Rp 150 juta.

https://pontianak.tribunnews.com/2019/10/07/lhkpn-puan-maharani-ketua-dpr-ri-20192024-koleksi-mobil-
TribunPontianak.co.id

Puan Maharani Ungkap Mobil Antik Peninggalan Bung Karno, Sampai Akui Sering Naik Bajaj ke Sekolah

Puan juga memiliki 3 unit motor Harley Davidson tahun produksi 2002-2003 yang masing-masing harganya Rp 85 juta, Rp 80 juta, dan Rp 120 juta.

Harta bergerak lain yang dilaporkan Puan di LHKPN adalah harta bergerak lain yang nilainya sebesar Rp 5 miliar serta aset berupa kas setara kas yang nilainya Rp 49,55 miliar.

Dalam laporan LHKPN terakhirnya, Puan juga diketahui memiliki utang sebesar Rp 49,7 miliar.

Di balik kesuksesan Puan Maharani yang sekarang jadi Ketua DPR RI, tak luput dari dukungan dari sang suami tercinta.

Ya dialah Hapsoro Sukmonohadi atau akrap dipanganggil dengan nama Happy Hapsoro.

Jarang terlihat di media, sosok Happy Hapsoro pun membuat publik menjadi penasaran dengan sosoknya.

Siapakah sosok Happy Hapsoro ini?

Baca Juga: Dijerat KPK dengan Uang Suap di Tangan, Akhirnya Tokoh Politik yang Pernah Jadi Penasihat Tim Kampanye Jokowi Ini Hirup Udara Segar Setelah 1 Tahun: Berkah Bulan Ramadhan

Ramai-ramainya kabar soal Indonesia mau beli pesawat Sukhoi Su-35 dari Rusia mengingatkan kita pada sosok Hapsoro Sukmonohadi.

Pengusaha kaya raya ini disebut pernah terlibat dalam pengadaan pesawat Sukhoi di zaman Presiden Megawati beberapa tahun yang lalu.

Tak banyak yang tahu, pria yang akrab disapa Happy Hapsoro itu ternyata suami Puan Maharani.

Artinya, dia adalah menantu sang ketua umum PDI Perjuangan, Megawati, sendiri.

(DOK PRIBADI)
(DOK PRIBADI)

Pernikahan Puan Maharani dengan Happy Hapsoro.

Kita tahu, Puan Maharani merupakan tiga bersaudara tiri, namun hanya ia sendiri yang menjadi legislator dan duduk di kabinet.

Saat masih anak-anak, kehidupan Puan Maharani sendiri tak berbeda jauh dengan kehidupan anak-anak lainya pada waktu itu.

Meski kita tahu ia merupakan cucu dari sang proklamator Bung Karno.

Puan Maharani mulai mengenal dunia politik saat masih SMP, itu adalah ketika ibunya Megawati Sukarnoputri mulai aktif kembali dalam kancah perpolitikan Indonesia.

Pada saat itu sang ibu Megawati Sukarnoputri mulai aktif berkeliling Indonesia.

Baca Juga: Kabar Baik Datang Bertubi-tubi di Tengah Pandemi! Setelah Orang Kepercayaan Jokowi Bawa Berita Bagus, Kali Ini Anak Buah Anies Baswedan Tak Mau Kalah: Angka Ini Naik Tajam

(Tribunnews.com/Mafani Fidesya Hutauruk)
(Tribunnews.com/Mafani Fidesya Hutauruk)

Ketua DPP PDI-P, Bambang Wuryanto, sekaligus Ketua DPR RI, Puan Maharani. bersama tiga bakal calon kepala daerah Solo, Achmad Purnomo, Gibran Rakabuming dan Teguh Prakosa, Senin (10/2/2020).

Itu adalah saat Puan Maharani mulai menyaksikan bagaimana seorang politisi bekerja.

Kemudian pada masa SMA Puan Maharani mulai mengikuti dan menyaksikan kegiatan ibunya ini secara langsung.

Baca Juga: Jual Seluruh Hartanya Sepulang dari Tanah Suci, Perubahan Drastis Mantan Bintang Film yang Senang Beradegan Buka-bukaan Ini Bikin Kita Terpukau

Puan Maharani bahkan pernah menyaksikan ibunya dikonfrontir oleh utusan penguasa yang melarangnya masuk dalam struktur PDI.

Pada saat itulah Puan Maharani belajar bagaimana menghadapi tekanan politik dan tetap berpegang teguh pada pejuangan.

Lanjut ketika kuliah Puan Maharani ini mengambil jurusan Komunikasi Massa Fisip di UI.

Pada masa ini Puan Maharani juga berkesempatan magang di majalah keadilan dan merasakan tantang dunia Jurnalistik.

Instagram Puan Maharani
Instagram Puan Maharani

Ketua DPR, Puan Maharani.

Mulai dari mencari narasumber berita hingga kesibukan kantor sebelum naik cetak.

Setelahnya Puan Maharani kerap mendampingi, menyaksikan, dan juga belajar dari sang ibu hingga akhirnya dapat melahirkan PDI Perjuangan.

Begitu juga saat para aktivis dan pejuang reformasi berkumpul di rumah kebagusan.

Puan Maharani pun juga berada di situ mendengar berbagai perbicaraan mereka dan juga sekalian ikut membantu di dapur umum.

Kemudian waktu terus bergulir dan Puan Maharani pun ikut serta dalam menjalankan usaha keluarga serta terus mendampingi sang ibu Megawati Sukarnoputri dalam berbagai acara politik termasuk lahirnya PDI Perjuangan.

Baca Juga: Lebih Cepat dari Prediksi WHO, Ilmuwan China Bawa Angin Segar Buat Kita: Vaksin Covid-19 Sebentar Lagi Siap Digunakan

Puan Maharani bahkan sempat diajak memulai kariernya dalam dunia politik.

Namun ajakan tersebut ditolak karena merasa masih belum waktunya karena kedua anaknya masih memerlukan dampingan dari orangtua.

Sosok Happy Hapsoro sang suami dan 'Pabrik Uangnya'

Suami Puan Maharani yang sering dikenal dengan Happy Hapsoro ini bukanlah orang sembarangan.

Ia punya banyak 'pabrik uang' karena memiliki jabatan penting di beberapa perusahaan besar.

Melansir Tribun Timur, ia adalah putra dari pengusaha property dan juga jasa forwarding Bambang Sukmonohadi.

Baca Juga: Maksud Hati Ingin Berkontribusi di Tengah Pandemi, Pemberi Bantuan Nasi Bungkus Malah Harus Berurusan dengan Polisi Gara-gara Cuma Soal Nama Ini

Itu adalah perusahaan besar milik Megawati Sukarnoputri yang membangun kondominium di kawasan bekas Bandara Kemayoran, Jakarata Pusat yang bernama Blossom Residence.

Kedekatannya dengan kekuasaaan membuat Bambang Sukmonohadi dan Happy Hapsoro pernah ikut terkait dengan proyek pengadaan jet tempur Sukhoi asal Russia.

Proyek ini pun sempat diributkan di DPR RI.

Baca Juga: Tak Rela Dimadu dalam Rumah Tangga Kecilnya, Artis Cantik Ini Bongkar Habis Kenangan Kelam Sang Habib Kondang: Imajinasinya Terlampau Tinggi, Susah!

(EGLOBALTRAVELMEDIA.COM.AU)
(EGLOBALTRAVELMEDIA.COM.AU)

Happy Hapsoro.

Selain itu Happy Hapsoro sendiri juga menggeluti bisnis minyak dan gas bumi serta memiliki perusahaan bernama Odira Energy Persada.

Dalam perusahaan ini ia menduduki kursi komisaris.

Tak hanya itu ia juga memiliki perusahaan lain yaitu PT Red Planet Indonesia Tbk yang bergerak di operator jaringan hotel dengan merek Red Planet dan PT Pusako Tarinka Tbk.

Di perusahaan ini ia menduduki kursi presiden komisaris.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Terburuk dalam Sejarah Gara-gara Pandemi Covid-19, Siapa Sangka Pengusaha Ini Malah Sanggup Raup Rp 587 Miliar Tiap 24 Jam: Apa yang Dijualnya?

Mengutip data dari Reuters, Happy juga pernah menduduki kursi Presiden Direktur PT Odira Energy Buana, Komisaris PT Prima Utama Mandiri, Direktur PT Vetira Prima Perkasa, Presiden Komisaris PT Rukun Raharja Tbk (penyedia jasa pelabuhan, operator pelabuhan di Bitung, penyuplai gas ke PLN, dan saham).

Selain itu ia juga menduduki kursi Komisaris PT Meteor Mitra Mandiri, Direktur PT Pink Sport Indonesia, dan Presiden Komisaris PT Triguna Internusa Pratama (anak usaha PT Rukun Raharja Tbk).

Baca Juga: Tersimpan Rapat Selama 40 Tahun, Jati Diri Kondektur Nan Penuh Liku Ini Akhirnya Terkuak: Anak Soekarno, Pindah Agama Hingga Diminta Tes DNA

PT Rukun Raharja Tbk sempat menjadi sorotan investor, juga dekat dengan pemerintah saat ini.

Karena itulah harga sahamnya naik hampir tiga kali lipat.

Dari jabatannya di beberapa perusahaan tersebut, terlihat bukan seperti apa 'pabrik uang' suami Puan Maharani ini?

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma