Boy William Akui Terima Endorse Tiket ke Paris, Lantas Apa Itu Kasus Carding yang Juga Seret Gisella Anastasia dan Jessica Iskandar?

Kamis, 23 Juli 2020 | 19:45
Kompas

Boy William dan Ayu Ting Ting

Fotokita.net - Polda Jawa Timur telah memeriksa sejumlah artis terkaitpembobolan kartu kredit atau carding. Salah satunya, artis dan YouTuber Boy William.

Boy Williamdiperiksa Polda Jawa Timur sebagai saksi pada Rabu (22/7/2020). Presenter sekaligus aktor itu menjalani lima jam pemeriksaan penyidik Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim.

Di ujung lorong ruangan yang berbatasan langsung dengan lobi gedung Ditreskrimsus Mapolda Jatim, Boy melayani tanya jawab awak media.

Baca Juga: Prilly Latuconsina Kerap Diledek Gegara Ogah Tidur Bareng Kekasih, Melaney Ricardo Malah Dibikin Melongo Usai Sengaja Pancing Sang Artis Cantik: Pantesan Lo Putus

Boy mengaku ada 30 pertanyaan yang diajukan penyidik tentang dugaan keterlibatannya sebagai artis endorse akun medsos travel penyedia tiket murah yang dikelola empat orang tersangka.

Boy William melakukan kerjasama atauendorsementtiket murah.

Kerja sama tersebut kemudian membawa Boy William ikut terseret dalam kasus pembobolan kartu kredit atau carding.

Baca Juga: Terungkap, Warisan Julia Perez Malah Diberikan Kepada Sosok Ini, Adik-adiknya Malah Kepergok Adu Cakar Berebut Harta Sang Kakak Sampai Ruben Onsu Harus Turun Tangan

Boy William mengaku pernah menerima satu kali tawaran endorsement tiket murah yang ditawarkan oleh para pelaku.

Dari tawaran itu, Boy William memperoleh income sebuah voucher tiket gratis penerbangan pulang-pergi ke Paris, dan penginapan hotel.

Baca Juga: Begini Cara Simpel Menyadap WhatsApp Pasangan Kita Tanpa Aplikasi, Cukup Pakai Browser Hape Saja, Awas Jangan Sampai Ketahuan!

"Kalau nominalnya aku tidak tahu karena aku tidak pernah tahu. Tapi aku menerima jasa tiket itu," jelas Boy William seperti dikutip dari Tribun Jatim dengan judul Diperiksa 5 Jam, Boy William Dicecar 30 Pertanyaan Kasus Carding, Ungkap Perkenalannya dengan Pelaku,

Boy William juga mengaku sama sekali tidak mengetahui jika bisnis travel yang meminta jasa endorsemen kepada dirinya itu, belakangan kemudian bermasalah karena memanfaatkan uang proses carding, hingga berurusan dengan hukum.

"Buat kita mah, lihatnya ada orang punya usaha butuh promosi, ya mari kita kerja sama. Tapi di balik itu kita enggak tahu," tuturnya.

SURYA.CO.ID

Boy William saat berada di Mapolda Jatim, Rabu (22/7/2020)

Lima Jama Diperiksa Dicecar 30 Pertanyaan

Boy William diperiksa sekira lima jam. Ia datang sejak pukul 07.00 WIB.

Youtuber ini mengaku dicecar sekira 30 pertanyaan yang menguliti dugaan keterlibatannya sebagai artis endorsemen agen travel penyedia tiket murah yang dikelola empat orang pelaku.

"All good. Lumayan banyak, 30 pertanyaan, saya lupa," ujarnya pada awak media.

Baca Juga: Foto-fotonya Selalu Kebanjiran Like, Siapa Sangka Prilly Latuconsina Terus Diledek Teman-temannya Gegara Ngotot Tak Mau Lepaskan Keperawanan Sebelum Nikah: Pantesan Putus Pegangan Tangan Doang!

Awal Perkenalan

Disinggung mengenai kedekatan dengan para pelaku, Boy William mengaku sempat mengenal dua orang pelaku, berinisial S dan M.

Itupun proses kenalannya, saat meeting mengenai tawaran jasa endorsement.

"Jadi mereka kasih saya jasa untuk terbang. Dari situ kita meeting, kontekan, ya di situ kami kenal," pungkasnya.

Sebelumnya, empat orang petinggi agen travel berakun Instagram (IG); @tiketkekinian ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim.

Mereka bernama Sergio Chondro, Farhan Darmawan, Mira Deli Ruby, dan Meliana Kurniawan.

Mereka diketahui sejak 2019 menjalankan bisnis agen travel, namun memanfaatkan uang hasil membobol kartu kredit (Carding).

Baca Juga: Rela Buang Uang Miliaran Rupiah Hingga Jalani Operasi Plastik Demi Penampilan Cantik, Foto Jadul Krisdayanti di Cover Majalah Malah Bikin Heboh Netizen: Beda Ya Sama Sekarang

Selama kurun waktu itu, tiga orang komplotan itu berhasil mereguk keuntungan dari bisnis lancung itu, sekitar Rp 900 Juta.

Dalam menjalankan bisnisnya, para pelaku belakangan diketahui melibatkan sedikitnya tujuh orang artis sebagai endorsemen, diantaranya:

1) Gisella Anastasia. Diduga menerima sedikitnya Rp 25 Juta untuk biaya tiket penerbangan dua orang kelas bisnis dari Jakarta ke Australia.

2) Jessica Iskandar. Diduga menerima uang senilai empat juta rupiah sebagai biaya tiket penerbangan Rute Jakarta ke Bali.

3) Tyas Mirasih. Diduga memperoleh fasilitas salah satu kamar penginapan di Marina Singapura Bay dengan senilai lima juta rupiah.

Baca Juga: Senang Pamer Foto yang Bikin Naluri Laki-laki Meledak, Siapa Sangka Artis Cantik Bertubuh Aduhai Ini Ngotot Ogah Lakukan Hubungan Intim Sebelum Nikah, Ternyata Alasannya Sederhana: Suka Diledekin Juga

4) Boy William. Diduga menerima uang senilai Rp 75 Juta sebagai biaya tiket penerbangan Rute Jakarta ke Paris.

5) Awkarin. Diduga menerima uang senilai tiga juta rupiah sebagai biaya tiket penerbangan Rute Jakarta ke Singapura.

6) Ruth Stefani. Diduga menerima uang senilai Rp 1.3 Juta sebagai biaya tiket penerbangan Rute Jakarta ke Malaysia.

7) Sarah Alana Gibson, artis atau selebgram berwajah imut berpipi chubby yang kabarnya sedang menempuh pendidikan strata satu jurusan hukum di universitas negeri terkemuka di Jakarta.

Lalu, seperti apa kasus carding yang menyeret sederet nama publik figur itu?

Kasus carding awalnya terungkap dari penyelidikan Polda Jawa Timur, Februari lalu.

Dalam kasus itu, polisi menangkap satu pembobol kartu kredit dan dua pengusaha agen wisata yang memanfaatkan hasil pembobolan kartu kredit itu.

Dari tiga tersangka itu salah satunya berinisial MR, aktor pembobol kartu kredit yang membeli fasilitas travel seperti penerbangan dan hotel.

Baca Juga: Diam Seribu Bahasa Hingga Diterawang Kisah Cintanya Telah Kandas, Jessica Iskandar Akhirnya Beri Jawaban Lewat Foto Bermakna Mendalam Ini, Netizen Seketika Teteskan Air Mata

Sementara dua pengusaha agen wisata itu berinisial SG dan FD. "MR membobol kartu kredit warga Jepang untuk dibelanjakan fasilitas travel," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Jatim, Kamis (27/2/2020).

Fasilitas travel dan penerbangan itu dibeli SG dan FD dengan harga murah dari MR, sekitar 40 persen sampai 50 persen dari harga normal.

"Oleh SG dan FD, tiket dan voucher dijual dengan harga murah karena dia mendapatkan harga murah dari MR," jelas Trunoyudo.

Ternyata, MR membeli data kartu kredit milik orang lain itu dari spammer (pencuri data kartu kredit) melalui media sosial.

Satu data kartu kredit dibeli seharga Rp 150.000 hingga Rp 200.000. Kebanyakan, kartu kredit yang dibobol itu milik warga negara Jepang.

Ketiganya mendapatkan untung ratusan juta dari aksi kriminal itu. FD melakukan lebih dari 400 transaksi tiket hasil carding selama dua tahun, sejak awal 2018. Keuntungan yang didapat mencapai Rp 240 juta.

Baca Juga: Posisinya Makin Terjepit Pasukan Tempur Taktis, KKB Papua Pimpinan Egianus Kogoya Kembali Kehilangan 2 Tokoh Penting Ini, TNI: Mereka Dihadang Tim Satgas Pamtas

Sementara SG telah melakukan kurang lebih 500 transaksi tiket hasil carding. Ia mengantongi keuntungan lebih dari Rp 300 juta.

Sedangkan MR mengaku telah melakukan 500 transaksi tiket hasil carding, dengan keuntungan sekitar Rp 240 juta.

Kepada penyidik, SG dan FD mengaku menggunakan jasa sejumlah artis untuk mempromosikan usahanya.

Baca Juga: Mantan Istrinya Hampir Bunuh Diri Lantaran Tak Sanggup Diselingkuhi, Penyanyi Religi Ini Merasa Dapat Ujian dari Tuhan: Semuanya Baik Terus Tiba-tiba Duarr!

Polda Jatim saat itu berencana memanggil para artis tersebut untuk diperiksa sebagai saksi.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo mengatakan, ada enam artis yang dibayar untuk mempromosikan produk wisata oleh dua pengusaha travel, SG dan FD.

(Kontributor Surabaya, Achmad Faizal|Editor : Dheri Agriesta)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Terseret Kasus Carding, Berapa Nominal yang Diperoleh Boy William dari Jasa Endorse Tiket Murah?

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma