Anaknya Dilantik Sebagai Prajurit TNI AD 3 Tahun Lalu, Orang Rimba yang Tinggal di Belantara Jambi Titip Pesan Begini Buat KSAD Andika Perkasa

Minggu, 14 Juni 2020 | 12:05
YouTube

Prada Budi, orang rimba yang jadi TNI AD

Fotokita.net-Dengan bentuk negara kepulauan, warga Indonesia tinggal di daratan yang terpisah-pisahkan lautan. Kehidupan yang terpisahkan laut itu membentuk budaya unik di antara warganya.

Itu sebabnya, Indonesia mengenal banyak suku yang tinggal tersebar di daratan besar hingga pulau-pulau kecil.

Ada banyak suku yang masih bertahan hidup di pedalaman belantara, mereka pun meneruskan tradisi leluhur.

Baca Juga: Siapa Pramono Edhie Wibowo? Adik Ipar SBY yang Pernah Jadi Anak Buah Prabowo Semasa Aktif di Kopassus Sukses Pimpin Tim Ekspedisi Merah Putih ke Puncak Everest Hingga Berhasil Kalahkan Malaysia

Di antara banyak suku yang memilih bertahan hidup di rimba Nusantara, Orang Rimba dari Suku Anak Dalam di wilayah Jambi adalah salah satu contohnya.

Untuk diketahui, Suku Anak Dalam ini bisa ditemui di beberapa Kabupaten di Provinsi Jambi dan Sumatra Selatan.

Dilansir Gridhot dari kanal YouTube TNI AD, rupanya terdapat seorang prajurit yang berasal dari Suku Anak Dalam, yakni Prada Budi.

Baca Juga: Pernah Diblokir Syahrini, Ajudan Pribadi yang Sempat Jadi Pemulung dan Kuli Bangunan Kini Tinggal di Apartemen yang Tak Kalah Mewah dengan Incess, Lihat Foto-fotonya

Prada Budi dilantik menjadi prajurit TNI pada tahun 2017.

Rupanya, Prada Budi memiliki motivasi tersendiri untuk menjadi seorang prajurit TNI, salah satunya ialah untuk memotivasi kerabatnya sesama Suku Anak Dalam.

Menurutnya, dengan motivasi tersebut anak-anak Suku Anak Dalam akan dapat berpikir bahwa mereka juga bisa mendapatkan hak yang sama di mata negara.

Kala itu, Prada Budi diberikan izin oleh komandannya untuk menjenguk orang tuanya yang tengah berada di Bukit Dua Belas.

Baca Juga: Baru 2 Hari Kerja Jadi Sopir Raffi Ahmad, Dorce Dapat Banyak Fasilitas Mewah dari Sang Majikan, Suami Nagita Slavina Mantap Depak Sopir Lamanya?

YouTube

Prada Budi, orang rimba yang jadi TNI AD

Kedatangannya disambut sanak saudaranya dengan begitu hangat.

Prada Budi dikerumuni dan diantarkan menuju ke tempat ibunya yang terbaring.

Ayah Prada Budi, Bebayang, berpesan agar anak-anak yang kini tinggal di hutan rimba nantinya dapat menjadi tentara seperti putranya.

Baca Juga: Niatnya Kasih Saran Positif Buat Krisdayanti dan Raul Lemos, Tapi Malah Masuk Akun Gosip Gegara Tulis Nama Raul Gonzales, Kak Seto Malah Tertawa: 'Aku Kira Pemain Bola'

Kolase YouTube TNI AD dan Swarnatv Official

Prada Budi, orang rimba yang jadi TNI AD

"Semua anak-anak yang tinggal di hutan rimba bisa menjadi tentara mengikuti anak saya, Budi. Itu harapan saya kepada Bapak KSAD,"

Adapun saat ini, Prada Budi bertugas menjaga Perbatasan Indonesia dengan Timor Leste di Yonif R 142/KJ.

Baca Juga: Dulu Cuma Jadi Selingkuhan, Akhirnya Artis Cantik yang Punya Penghasilan Gede Ini Malah Dipilih Sebagai Istri Sah Aktor Kondang

Tugas Prada Budi rupanya tak hanya menjaga perbatasan saja.

Namun, laki-laki yang berasal dari Suku Anak Dalam ini juga mengajar anak-anak di perbatasan, tepatnya di SD 1 Motaain, Kabupaten Belu.

Tangkap Layar: Youtube/TNI AD
Tangkap Layar: Youtube/TNI AD

3 Tahun Lalu Anaknya yang Suku Anak Dalam Jambi Dilantik Jadi Prajurit TNI, Sang Ayah Prada Budi Titipkan Pesan Menyentuh ini ke KSAD Andhika Perkasa

Pengalamannya hidup di pedalaman membuatnya terbiasa dengan keadaan.

Hal itu juga yang membuatnya mampu menyemangati anak-anak di daerah perbatasan tersebut.

"Kebetulan kakak berasal dari Suku Anak Dalam yang lebih parah dari di sini. Kalau adik sudah mempunyai ruangan seperti ini, kakak lebih parah lagi adik," ucapnya.

Baca Juga: Niatnya Saingi Senapan Serbu SS-1 Buatan Pindad, Senjata Laras Panjang Buatan Malaysia Malah Jadi Bahan Olok-olok Dunia Lantaran Desainnya Macam Mainan Bocah

Baca Juga: Tutup Usia Karena Serangan Jantung, Adik Ipar SBY Pernah Mau Lakukan Hal Ini Demi Kesembuhan Mendiang Ani Yudhoyono, Ternyata Jadi Anak Buah Prabowo Semasa Aktif

Ia mengatakan bahwa sekolah tempatnya mengajar jauh lebih baik ketimbang sekolahnya dulu.

Sulitnya akses menuju ke sekolah justru membuat guru yang datang menghampiri murid-muridnya yang merupakan Suku Anak Dalam.

"Dulu kakak belajar di hutan yang ada di sana. Belajarnya di bawah pohon, gurunya datang ke sana," katanya.

"Kalau adik sudah punya meja-meja bagus seperti ini, kakak belum. Jadi harus semangat belajarnya ya dik. Kakak aja yang dari jauh bisa seperti sekarang menjadi Tentara Nasional Indonesia Republik Indonesia," imbuhnya.

Prada Budi mengaku sangat antusias mengajar anak-anak sekolah dasar di perbatasan.

Tak hanya itu saja, ia juga mengaku sangat prihatin melihat kehidupan dan pendidikan mereka.

Baca Juga: Kakaknya Dituding Curi Resep Ayam Geprek Benny Sujono, Jordi Onsu Beri Bukti Janjian Bikin Inovasi Menu dengan Bekas Teman Bisnisnya: Lagipula Sumbernya Juga Banyak di Internet

Prada Budi berharap agar sanak saudaranya yang berasal dari Suku Anak Dalam bisa lebih maju dan dapat hidup dengan layak.

Tak hanya itu saja, ia juga mengharapkan pendidikan serta fasilitas kesehatan yang layak dapat dijangkau oleh Suku Anak Dalam, pun dengan masyarakat lain yang berada di perbatasan.

(Desy Kurniasari)

Artikel ini telah tayang di Gridhot.ID dengan judul"Putranya yang Merupakan Suku Anak Dalam Jambi Dilantik Jadi Prajurit TNI 3 Tahun Lalu, Ayah Prada Budi Titip Pesan Ini ke KSAD Andika Perkasa".

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma