Bukan Cuma Plesetkan Marga Latuconsina, Andre Taulany Pernah Tersandung Kasus Lawakan yang Menyinggung Umat Islam Hingga Harus Dicutikan dari Acaranya

Rabu, 20 Mei 2020 | 20:12
Instagram/andreastaulany

Andre Taulany

Fotokita.net -Komedian dan presenter kondang Andre Taulany bukan sekali ini terkena kasus soal penghinaan yang bermula dari plesetan dalam materi lawakannya.

Beberapa waktu lalu, kehidupan Andre Taulany jadi sorotan masyarakat usai kasus penghinaan yang ia dan Erin Taulany lakukan.

Andre Taulany bahkan mendatangi Majelis Ulama Indonesia untuk meminta maaf atas apa yang ia lakukan.

Kasus Andre diawali dari sang istri yang ianggap menghina salah satu Capres.

Video Andre tersebut langsung viral di media sosial.

Baca Juga: Usaha Mantan Suaminya Sempat Diterpa Isu Bangkrut, Kini Maia Estianty Justru Makin Lengket dengan Pengusaha Tajir yang Bisnisnya Jalan Terus di Tengah Pandemi

Selain itu, ia pun kini diberhentikan dari salah satu acara di televisi swasta.

Video viral pelesetan Adisomad yang dilontarkan Andre Taulany pun menuai kontroversi.

Baca Juga: Mbah Mijan Rajin Sebarkan Hasil Firasat Soal Kejadian Masa Depan Lewat Media Sosial, Ternyata Inilah 5 Prediksi Sang Paranomal yang Terbukti Meleset: Masihkah Ramalannya Bisa Dipercaya?

Komedian itu dituding menghina ulama akibat pelesetan Adisomad.

Pelesetan Adisomad dituduh merupakan penggabungan dari dua nama ustaz ternama, yakni Ustaz Abdul Somad alias UAS dan Ustaz Adi Hidayat.

Pelesetan itu dilontarkan saat membawakan acara Ini Talkshow di layar kaca.

Kini, Andre Taulany pun buka suara dan menjelaskan maksudnya.

Suami Erin Taulany itu menjelaskan, tudingan itu hanyalah salah sangka.

Baca Juga: Tak Mau Suaminya Berpaling Pada Perempuan Lain, Artis Cantik yang Bikin Pangling Ini Rela Lakoni Perubahan Drastis: Hapus Semua Tato di Tubuhnya

Ia berani sumpah tak bermaksud menghina ulama seperti tudingan yang diberikan padanya.

Menurutnya, pelesetan itu secara spontan terlontar tanpa memojokkan siapa pun.

Ia menjelaskan pelesetan Adisomad itu untuk merek sebuah sepatu.

"Kejadian kemarin itu jangan jadi salah sangka karena apa yang dituduhkan pada saya itu enggak bener. Saya itu melesetin kata merek sepatu. Demi Allah tidak tahu, saya spontan mengatakan itu dan yang tersebut namanya adalah Adisomad," kata Andre Taulany dalam program Entertainment News.

Baca Juga: Mbak You Ngotot Minta Reino Barack Pertahankan Rumah Tangganya, Ternyata Suami Syahrini Itu Kedapatan Tunjukkan Gelagat Tak Biasa Semasa Awal Pernikahan: Dia Tak Tahu Mau Bertindak Apa

Ia mengaku, kala itu tak terpikir olehnya Adisomad itu merupakan penggabungan dari dua nama ulama.

Ia memastikan hanya bicara spontan dan tak ada penghinaan.

"Saya enggak kepikiran ke situ, saya cuma spontan. Tidak ada unsur menghina di situ enggak ada kok," ujarnya.

Andre menyebut, munculnya pemikiran pelesetan itu merupakan penggabungan dua nama ulama bersumber dari anggapan netizen di media sosial.

"Yang menganggap itu penggabungan dua nama kan bukan saya. Itu kan netizen yang meramai-ramaikan dan maksud saya kan enggak seperti itu," katanya menegaskan.

Ia melihat, tudingan itu muncul karena cuplikan dari potongan video yang beredar.

Baca Juga: Bagikan Foto Lawas dengan Sang Nenek, Biduan Dangdut Ini Warisi Kecantikan Alami Hingga Hidung Nan Runcing: Pantas Saja Bisa Bikin Perwira Polisi Bertekuk Lutut

Potongan video itulah yang bisa membentuk persepsi publik bahwa pelesetannya itu dianggap penghinaan terhadap Ustaz Abdul Somad dan Ustaz Adi Hidayat.

"Cuma mungkin yang beredar potongan-potongan jadi enggak ada. Coba lihat versi full nya deh," ujarnya.

Ia menyebut, pelesetan yang dibawakannya itu merupakan teknik dalam berkomedi.

Ia menyebut itu merupakan komedi klasik yang sudah banyak digunakan pelawak-pelawak senior.

"Saya rasa komedi seperti itu komedi lawas ya, udah dari zaman dulu pelesetan itu udah banyak jauh sebelum saya jadi komedian, yang senior-senior main pelesetan banyak banget," katanya.

Walaupun namanya kini tercoreng, Andre Taulany mengaku tak akan gentar dalam berkomedi.

Ia menyebut akan tetap bekerja seperti biasa karena berkomedi adalah pekerjaannya.

Baca Juga: Kembali Pimpin Korea Utara Sehabis Lenyap dari Peredaran Selama 20 Hari, Kim Jong Un Lepas Tangan Sewaktu Rakyatnya Kelaparan Hingga Makan Daging Anak Sendiri

"Kalau berkarya terus berjalan karena kan itu ibadah, saya kan pekerja seni saya berkomedi, pekerjaan saya di situ, ini kan ibadah, saya akan terus bekerja selama itu bisa bermanfaat bagi orang banyak, menghibur orang," kata Andre Taulany.

Andre Taulany pernah diistirahatkan dari sebuah program TV lantaran kasus lawakan nabi.

Pengistirahatan Andre Taulany dimaksudkan agar sang presenter bisa lebih tenang dalam menyelesaikan kasus yang tengah di alaminya.

Akan tetapi, kini Andre Taulany sudah kembali mengisi acara bareng Sule.

Namun siapa sangka di balik kembalinya Andre Taulany di program TV bareng Sule itu, sang presenter mengaku turun berat badan hingga 4 kilogram.

Tak hanya itu, ada banyak cerita di balik kembalinya Andre Taulany ke layar kaca.

Mulai dari perubahan berat badannya hingga pembelajaran hidup yang dia alami di bulan puasa tahun 2019.

Baca Juga: Saksikan Mantan Suami Selingkuhi Perempuan Lain di Apartemen dengan Mata Kepala Sendiri, Kehidupan Artis Cantik Ini Berubah Drastis: Hilang dari Dunia Entertainment dan Mantap Berhijab

Seperti yang diketahui, komedian kelahiran Jakarta itu kini sudah kembali mengisi program sahur bareng Sule.

Kehadiran Andre di acara tersebut sontak mendapat sambutan hangat dari para sahabat seperti Sule, Nunung, dan Vincent Rompies, dan Desta.

Kembalinya Andre Taulany menjadi pengisi acara tersebut pada Selasa (21/5/2019) lalu ternyata menyimpan kisah di bailknya yang cukup mengejutkan.

Hal ini dibagikan oleh sang presenter lewat kanal YouTubenya di TAULANY TV pada Sabtu (25/5/2019).

Dalam video berdurasi 17 menit itu, Andre mengaku jika dirinya sempat mengalami penurunan berat badan hingga 4 kilogram tanpa harus diet.

"Agak kurusan nih, seneng banget bisa turun hampir 4 kilogram tanpa harus diet, jadi ternyata puasa itu menyehatkan dan juga menurunkan berat badan, Alhamdulillah," ucap Andre Taulany.

Baca Juga: Mbah Mijan Rajin Sebarkan Hasil Firasat Soal Kejadian Masa Depan Lewat Media Sosial, Ternyata Inilah 5 Prediksi Sang Paranomal yang Terbukti Meleset: Masihkah Ramalannya Bisa Dipercaya?

Selain mengaku turun berat badan, Andre juga mengaku senang dengan Ramadhan kali ini.

Hal itu lantaran ia bisa memiliki waktu lebih banyak dengan keluarga di bandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun ini puasanya banyak sekali peristiwa-peristiwa yang memberikan hikmah besar dalam hidup saya.

Yang pertama adalah di bulan Ramadan ini 15 hari saya benar-benar istirahat berkumpul sama keluarga, sahur bersama, buka puasa bersama, setelah hampir 10 tahun saya puasa dan sahur di luar, di tempat syuting.

Jadi baru tahun inilah saya bisa cukup leluasa, cukup luang waktunya sekitar 15 hari kumpul bareng keluarga tercinta. Pokoknya nikmat," cerita Andre Taulany.

Tak hanya itu, Andre juga mengaku istirahat di sosial media.

Baca Juga: Mbah Mijan Rajin Sebarkan Hasil Firasat Soal Kejadian Masa Depan Lewat Media Sosial, Ternyata Inilah 5 Prediksi Sang Paranomal yang Terbukti Meleset: Masihkah Ramalannya Bisa Dipercaya?

"TV istirahat, sosial media istirahat, honor istirahat, tapi saya bersyukur.

Saya nggak main sosial media hampir 2 minggu dan itu nikmat banget," lanjut Andre Taulany.

Andre Taulany mengaku kembali ke layar TV lantaran itu sebagai mata pencahariannya.

Selain itu, Andre mengaku rindu dengan para rekan-rekan kerjanya.

Cerita Andre Taulany itu lantas mendapat banyak tanggapan positif yang terlihat di kolom komentar.

Beberapa komentar yang terlihat adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Kabar Gembira, Biarpun Kapasitas Tes Covid-19 Indonesia Tertinggal Jauh dari Malaysia, Jokowi Tak Masalahkan Pasar Ramai Kembali untuk Sambut Lebaran Tahun Ini

Mas Ipul Welcome back Bang Andre, We missing your joke. Keep the spirit and humble

Diana’s Tale Diana Lah “honor istirahat” Mendadak lucu . Terlepas dari kontroversi yang sudah lewat, semua pasti ada hikmahnya. Jadi Sukses trus Mas Andre & keluarga

Mr. 3xtrem Orang yang hebat adalah orang yang mampu mengakui kesalahan dan meminta maaf tanpa rasa canggung .. Gua salut sama lu bang

gina isnayuni I know you are a good person bang Andre.. tetep semangaaat

Inggrid Diana Di setiap kejadian pasti ada hikmah, sukses slalu bang Andre, banyaakk yg mencintaimu.

Di panggung komedi, sosok Andre Taulany terkenal bisa membuat penontonnya tertawa hingga sakit perut karena lawakannya.

Namun beberapa kali lawakan Andre dianggap melewati batas oleh sejumlah pihak. Akibatnya Andre harus berurusan pihak terkait untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Berikut ini lawakan kontroversial Andre Taulany yang membuatnya terkena masalah.

Baca Juga: Jokowi Getol Minta Ilmuwan Indonesia Temukan Vaksin Corona, Kabar Duka Kembali Datang dari Surabaya: Dokter Meninggal Karena Covid-19, Istrinya Kritis

1. Dianggap menghina pemuka agama

Paruh pertama tahun 2019, Andre sempat diduga menghina seorang pemuka agama di Indonesja terjadi ketika ia menjadihostdalam acara yang dipandunya bersama Sule.

Selama memandu acara, Andre sempat melontarkan candaan kepada bintang tamu yang akhirnya dianggap telah menghina seorang tokoh pemuka agama.

Andre meminta maaf atas ketersinggungan itu.

2. Dituding menistakan Nabi Muhammad

Selang beberapa saat, pada Mei 2019 lalu, Andre mendatangi kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menyampaikan permintaan maaf.

“Dengan segala kerendahan hati, apabila ada candaan saya atau mungkin kata-kata saya yang secara tidak langsung menyakiti perasaan saudara-saudara semua, seluruh umat islam, saya mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar besarnya atas kehilafan dan juga kelalaian saya yang tanpa saya sengaja,” kata Andre.

Baca Juga: Kerap Pamer Koleksi Foto Tubuh Sintalnya, Ibu 3 Anak yang Bikin Masyarakat Indonesia Jadi Kompak Akui Kerap Dapat Titipan dari Pesohor: Biasanya Mereka Gerilya Gitu

MUI menerima permintaan maaf Andre.

Lawakan yang dianggap menghina Nabi Muhammad SAW sudah terjadi pada tahun 2017 lalu, dan kembali ramai setelah tersebar di media sosial.

Saat itu Andre ingin berseloroh soal wangi-wangian. Ia bahkan diistirahatkan sementara dari program yang dipandunya, Ini Talkshow selama 15 hari.

3. Menghina marga Latuconsina

Baru-baru ini, Andre kembali dituding menghina marga Latuconsina dalam lawakannya bersama Rina Nose di program Ini Ramadhan.

Andre dan Rina melakukan plesetan nama pada marga Latuconsina milik Prilly Latuconsina Kejadian tersebut langsung ramai menjadi bahan perbincangan di sosial media, dan banyak yang menyayangkan candaan Andre serta Rina.

Baca Juga: Biarpun Prilly Latuconsina Sudah Legawa Terima Permintaan Maaf Andre Taulany, Seorang Pengacara Ngotot Perkarakan Sang Komedian ke Polisi: Ternyata Marga Ini Adalah Milik Kaum Ningrat

Ruswan Latuconsina yang mengaku sebagai perwakilan keluarga besar Latuconsina melaporkan Andre dan Rina ke Polda Metro Jaya atas dugaan pencemaran nama baik melalui media elektronik.

Andre dan Rina telah menyampaikan permohonan maaf. Sementara itu, Prilly mengaku ia dan keluarga besarnya dari Kampung Pelau, Maluku telah memaafkan dua komedian itu.

Prilly juga mengatakan tidak mengenal Ruswan Latuconsina yang berasal dari Kampung berbeda.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya