Rangkuman Jawaban Soal Pesona di Balik Eceng Gondok di TVRI untuk SMP Kelas 7-9 Jumat 15 Mei 2020

Jumat, 15 Mei 2020 | 04:48
pixabay/M. AFIFUNNA'IM

Rangkuman Jawaban soal Pesona di Balik Eceng gondok di TVRI Jumat 15 Mei 2020

Fotokita.net -Siswa-siswi yang duduk di SMP Kelas 7-9 Sederajat juga mendapatkan tayangan materi pelajaran dalam program Belajar dari Rumah TVRI pada Jumat 15 Mei 2020.

Agar memudahkan belajar dari rumah, berikut ini rangkuman jawaban soal dariBelajar dari Rumah TVRI untuk siswa SMP yang membahas tentang kerajinan dari Eceng Gondok dalam tayangan berjudulPesona di Balik Eceng Gondok.

Setelah tayangan berakhir, masing-masing siswa baik SMP maupun SMA akan mendapatkan 3 soal yang harus dijawab dan dikerjakan.

Untuk memudahkan teman-teman dalam menjawab semua soal tersebut, kalian bisa menonton tayangannya pada hari Jumat 15 Mei 2020 pukul 09.30 – 10.30 WIB di TVRI.

Baca Juga: Apa yang Bisa Kita Teladani dari Perjuangan Jenderal Sudirman? Jawaban Soal Belajar dari Rumah TVRI Kamis 14 Mei 2020

Untuk orangtua dirumah, berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan :

  1. Pandulah anak memahami instruksi lisan dari tayangan program dengan cara meminta anak mengulanginya. orang tua juga perlu mengajukan pertanyaanpertanyaan kepada anak tentang kata-kata yang belum dipahami, lalu membantu menjelaskannya. Setelah anak mengerti, mintalah anak untuk membuat kalimat dari kata-kata tersebut.
  2. Khusus untuk instruksi/pertanyaan tertulis (dalam bentuk teks), mintalah anak membaca kembali instruksi tersebut.
  3. Pandulah anak untuk menyampaikan pendapatnya dengan melakukan diskusi.
  4. Perhatikan bagaimana susunan kalimat yang dibuat anak.
  5. Bantu anak agar bisa menyampaikan gagasan dengan kalimat yang benar dan runut.
  6. Orang tua diharapkan bisa mengarahkan anak agar bisa mengemukakan pendapatnya lewat diskusi. Mintalah anak menyampaikan gagasannya secara lisan. Jika memungkinkan, direkam.
  7. Untuk tugas tertulis, bantulah anak menuliskan baris demi baris tugasnya.
Baca Juga: Angka Berapa Saja yang Hilang dari Deret Bilangan Berikut? Jawaban Khan Academy Bilangan TVRI Kamis 14 Mei 2020

Freepik.com

Rangkuman Jawaban Belajar Menyimak, program Belajar dari Rumah TVRI Kamis 15 Mei 2020.

Televisi Republik Indonesia (TVRI) bekerja sama denganKementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI menayangkan program Belajar dari Rumah untuk memfasilitasi siswa/siswi segala tingkatan, yang tengah menjalani pembatasan aktivitas sosial akibat pandemi Covid-19.

Tayangan ini diberi nama Program Belajar dari Rumah. Programyang ditayangkan TVRI Nasional ini merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan kini dihadirkan melalui Program Belajar dari Rumah.

Baca Juga: Setujukah Kamu dengan Pernyataan Rendi? Berikan Alasanmu! Jawaban Soal Matematika Mantul Volume dan Luas Balok, Prisma, dan Limas TVRi Selasa 12 Mei 2020

Tribunnews

Belajar dari Rumah TVRI.

Kebijakan siaran belajar dari rumah yang ditayangkan di stasiun TVRI Nasional telah diterapkan sejak Senin, 13 April 2020 dan akan berlangsung hingga 3 bulan mendatang pada jadwal yang telah ditentukan.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) melalui TVRI meluncurkan program " Belajar dari Rumah" sebagai alternatif belajar di tengah pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

Baca Juga: Sejarah dan Bukti Berdirinya Kerajaan Tarumanegara, Materi Belajar dari Rumah di TVRI SD Kelas 4 5 6 Kamis 30 April 2020

Berikut ini Fotokita.net berikan Materi Lengkap Soal Jawaban TVRI Jumat 15 Mei 2020 SMP kelas 7-9 di bawah ini yang bisa digunakan oleh orangtua di rumah.

Kerajinan Eceng Gondok

Eceng Gondok adalah jenis tumbuhan yang hidup mengapung di air.

Eceng Gondok Bernama latinEichhornia Crassipes,tanaman Eceng Gondok ini hidup di rawa-rawa atau sungai di berbagai belahan Indonesia.

Bahkan, eceng gondok memiliki beberapa nama khusus, misalnya di Lampung dinamakan Ringgak, di Dayak dinamakan Ilung-ilung, di Manado dinamakan Tumpe, dan di Palembang dinamakan Kelipuk.

Tanaman eceng gondok dapat tumbuh sangat cepat, tidak membutuhkan waktu lama untuk menyebar dan menutupi seluruh permukaan sungai atau rawa.

Dalam waktu 7 bulan saja, 10 tumbuhan eceng gondok dapat berubah menjadi 700.000 tumbuhan. Inilah mengapa kemudian eceng gondok dikelompokkan sebagai gulma, dan masuk dalam kategori perusak lingkungan perairan.

Baca Juga: Apa yang Bisa Kita Teladani dari Perjuangan Jenderal Sudirman? Jawaban Soal Belajar dari Rumah TVRI Kamis 14 Mei 2020

edunews.id

Ringkasan dan Jawaban Soal Pesona di Balik Eceng Gondok. Materi Belajar dari Rumah 15 Mei 2020

Langkah pembuatan kerajinan tangan dengan bahan eceng gondok

Pengumpulan eceng gondok

Pemisahan pangkal tangkai

Pengeringan pangkal tangkai

Penguliran

Pembentukan/penganyaman jadi karya seni (Tas, hiasan dinding, dompet, kursi dll)

Tangkapan layar Youtube/ Ida Hidayati
Tangkapan layar Youtube/ Ida Hidayati

Ringkasan materi pesona di balik eceng gondok.

Pertanyaan Materi SMP Kelas 7-9

1. Upah adalah komponen yang paling mendasar dari produktivitas kerja. Jika upah pekerja diabaikan oleh pengusaha sebagai pelaku industri, apa dampak yang paling fatal dari hasil kerja?

2. Tuliskan tahap awal eceng gondok untuk dapat menjadi bahan baku kerajinan!

3. Jika kamu ingin berkreasi dengan eceng gondok, apa yang akan kamu kreasikan menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi, dan mengapa kamu memilihnya?

Baca Juga: Tuliskan Beberapa Koleksi Jejak-jejak Sejarah Jenderal Sudirman di Museum Vredeburg, Jawaban Soal Belajar dari Rumah TVRI 14 Mei 2020

Upah Adalah Komponen Yang Paling Mendasar Dari Produktivitas Kerja. Jika Upah Pekerja Diabaikan Oleh Pengusaha Sebagai Pelaku Industri, Apa Dampak Yang Paling Fatal Dari Hasil Kerja?

Jawaban :Dampak yang paling fatal dari hasil kerja jika upah pekerja diabaikan oleh pengusaha sebagai pelaku industri yaitu :

  1. Para Pekerja akan berhenti dari pekerjaannya karena tidak mendapatkan upah
  2. Hasil kerja akan menjadi buruk karena para pekerja tidak memiliki motivasi untuk bekerja karena mereka akan memikirkan upah yang mereka dapatkan
  3. Barang ataupun jasa yang dihasilkan dari pekerjaan tersebut tidak akan sesuai dengan apa yang diinginkan.
1. Dampak bila pengusaha mengabaikan upah para pekerja maka akan fatal akibatnya.

Kinerja tenaga kerja, produktivitas, kualitas, dan kuantitas produk pun menjadi turun.

Hal itu dikarenakan tenaga kerja yang ada tidak pernah termotivasi untuk melakukan lebih banyak buat perusahaan atau pengusahanya.

Baca Juga: Rangkuman Jawaban Soal Matematika Garis dan Sudut Belajar dari Rumah TVRI Kamis 14 Mei 2020

Yunaidi Joepoet

Eceng gondok dan sampah menjadi ancaman utama waduk ini. Normalisasi waduk ini dimulai sejak perteng

Tuliskan Tahap Awal Eceng Gondok Untuk Dapat Menjadi Bahan Baku Kerajinan!

Jawaban :

Tahap pertama, carilah tanaman eceng gondok untuk bahan baku kerajinan, kemudian di keringkan agar bisa digunakan

Proses pengeringan eceng gondok ini akan memakan waktu sekitar 10 hari pada musim kemarau.

Setelah eceng gondok kering, barulah bisa digunakan untuk bahan baku kerajinan

Langkah-langkah membuat kerajinan dari eceng gondok :

Persiapan :

Menyiapkan bahan utama yaitu eceng gondok kering

Menyiapkan peralatan seperti papan, kayu, gergaji, martil, paku, bahan kain, alat penjepit, gunting, pernis, kuas, lem

Baca Juga: Pendapat Siapa yang Benar? Jelaskan Alasanmu! Jawaban Matematika Garis dan Sudut di TVRI Kamis 14 Mei 2020

qlapa.com
qlapa.com

Handbag Tas Eceng Gondok Bulat dari Native Borneo

Proses :

Jemur batang eceng gondok di bawah sinar matahari secara langsung sampai kering (kurang lebih seminggu)

Setelah eceng gondok kering, potong ujung-ujungnya, lalu pipihkan batang eceng gondok tersebut menggunakan alat penjepit

Siapkan model, ukuran, bentuk tas atau kerajinan yang akan dibuat.

Buat cetakan dari kayu sebelum menganyam eceng gondok agar lebih mudah menentukan ukuran produk.

Batang eceng gondok yang sudah dipipihkan bisa langsung dibuat produk anyaman atau tali tambang untuk selanjutnya dibuat anyaman sesuai selera

Setelah anyaman setengah jadi, gunakan lem untuk memperlekat daya anyaman agar tidak mudah bergeser.

Agar warna alami eceng gondok muncul, cat anyaman menggunakan pernis berwarna transparan, lalu jemur selama 15 menit

Setelah pernis kering, tambahkan aksesoris agar anyaman terlihat lebih cantik.

Baca Juga: Menurut Kalian Pendapat Siapa yang Benar? Jelaskan Alasanmu! Jawaban Soal Matematika Garis dan Sudut di TVRI Kamis 14 Mei 2020

Jika Kamu Ingin Berkreasi Dengan Eceng Gondok, Apa Yang Akan Kamu Kreasikan Menjadi Kerajinan Yang Memiliki Nilai Jual Yang Tinggi, Dan Mengapa Kamu Memilihnya?

Jawaban :

Dengan menggunakan bahan eceng gondok, kita bisa berkreasi membuat Tikar sebagai alas duduk, bisa juga dibuat kreasi Sandal atau sepatu untuk alas kaki, Bahan eceng gondok juga bisa dijadikan Tas anyaman untuk membawa barang, membuat tempat tissue, topi serta perabot rumah tangga

Alasan saya memilihnya adalah bahan-bahan ini merupakan bahan yang memiliki permintaan yang tinggi dipasaran dan semua orang juga membutuhkan bahan-bahan peralatan rumah tangga tersebut, sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

Baca Juga: Apa Dampak Negatif Jika Banyak Generasi Muda Indonesia Yang Tidak Suka Membaca Buku? Jawaban Belajar dari Rumah TVRI Rabu 13 Mei 2020

Saya ingin membuat beberapa produk dari eceng gondok seperti tas belanja untuk ibu-ibu ke pasar.

Karena dengan tas belanja yang ramah lingkungan seperti eceng gondok ini, kita akan mengurangi ketergantungan pada kantong plastik.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya