Follow Us

Sejarah dan Bukti Berdirinya Kerajaan Tarumanegara, Materi Belajar dari Rumah di TVRI SD Kelas 4 5 6 Kamis 30 April 2020

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 29 April 2020 | 20:14
Situs kerajaan Tarumanegara yang masih tersisa.
Dok. Google

Situs kerajaan Tarumanegara yang masih tersisa.

Fotokita.net - Pada Kamis 30 April 2020 Belajar dari Rumah untuk siswa-siswi SD Kelas 4 5 6 membahas tema Sejarah Kerajaan Tarumanegara yang tayang pada pukul 09.00 – 09.30 WIB.

Berikut ini dipaparkan soal dan jawaban materi yang membahas tema Sejarah Kerajaan Tarumanegara dalam program Belajar dari Rumah di TVRI untuk SD Kelas 4 5 6 yang tayang pada Kamis 30 April 2020.

Mempelajari sejarah kerajaan memang sesuatu yang menarik. Kita bisa mengetahui kapan kerajaan tersebut berdiri, dan siapa raja yang pernah memimpinnya.

Belajar sejarah terbukti menyenangkan, kan? Karena itu silakan catat baik-baik jawaban dari soal pertama dalam materi dengan tema Sejarah Kerajaan Tarumanegara: Jelaskan sejarah berdirinya Kerajaan Tarumanegara!

Baca Juga: Mengapa Sumber Energi yang Digunakan Tidak Boleh Dipakai Berlebihan? Inilah Jawabannya Materi X-Sains di TVRI SD Kelas 4 5 6 29 April 2020

Sejarah berdirinya Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara di bangun oleh raja Jayasinghawarman ketika memimpin pelarian keluarga kerajaan dan berhasil meloloskan diri dari musuh yang terus menerus menyerang kerajaan Salakanagara.

Di pengasingan, tahun 358 M, Jayasinghawarman mendirikan kerajaan baru di tepi Sungai Citarum, di Kabupaten Lebak Banten dan diberi nama Tarumanegara.

Nelayan menangkap ikan di Sungai Citarum
Bayu Dwi Mardana

Nelayan menangkap ikan di Sungai Citarum

Nama Tarumanegara diambil dari nama tanaman yang bernama tarum, yaitu tanaman yang dipakai untuk ramuan pewarna benang tenunan dan pengawet kain yang banyak sekali terdapat di tempat ini.

Baca Juga: Pulau Manakah di Indonesia yang Tidak Memiliki Gunung Api? Inilah Jawaban Materi Vulkanologi di TVRI SMP Kelas 7 8 9 Rabu 29 April 2020

Tanaman tarum tumbuh di sekitar Sungai Citarum. Selain untuk pengawet kain, tanaman ini merupakan komoditas ekspor dan merupakan devisa pemasukan terbesar bagi Kerajaan Tarumanegara.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest