YouTuber Ferdian Paleka Cuma Bisa Tertunduk Lesu dengan Tangan Diborgol, Begini Kata Wirang Birawa Soal Firasatnya yang Jadi Kenyataan

Jumat, 08 Mei 2020 | 12:29
Tangkap layar YouTube.com/Wirang Birawa

Wirang Birawa mengungkap firasatnya soal gempa yang melanda Maluku kemarin, Rabu (6/5/2020).

Fotokita.net - Publik senang karena polisi akhirnya bisa mengamankan Ferdian Paleka, Youtuber yang sudah bertindak tak terpuji dengan prank memberi sembako sampah kepada waria.

YouTuber Ferdian Paleka yang masuk daftar pencarian orang (DPO) Polrestabes Bandung akhirnya ditangkap pada Jumat (8/5/2020) dini hari.

Ferdian ditangkap bersama teman dan pamannya. Penangkapan ini dibenarkan Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga saat dikonfirmasi, Jumat.

"Benar, Pelaku FP, A, dan J (paman dari FP) telah diamankan di Tol Jakarta-Merak (daerah Tangerang)," ucap Erlangga.

Erlangga menjelaskan, polisi menangkap Ferdian Paleka pada dini hari setelah keluar dari Pelabuhan Merak, Banten.

"(Ditangkap) setelah keluar Pelabuhan Merak pada Jumat, sekira jam 01.00 WIB," lanjut Erlangga.

Baca Juga: Tak Cuma Orangtuanya yang Berusaha Sembunyikan Ferdian Paleka, Ternyata Orang Dekat YouTuber Sembako Isi Sampah Itu Ikut Dibekuk Polisi Setelah Sempat Kabur ke Palembang

Instagram Garis Luiz 37
Instagram Garis Luiz 37

Ferdian Paleka hanya bisa tertunduk saat diledek oleh polisi.

Video penangkapan Ferdian Paleka sebelumnya juga diunggah seorang polisi Brigadir Satu Muhammad Gariz Luis melalui akun Instagram-nya, @garizluis37.

"Main-main sama Polda Jabar @divisihumaspolri," tulis @garizluis37 dalam keterangan video. Dia juga mengunggah foto Ferdian Paleka yang tengah diborgol.

Adapun video aksi YouTuber Paleka Present viral di media sosial setelah melakukan prank terhadap waria atau transpuan di Bandung.

Baca Juga: Selalu Dicap Jelek Sebagai Perusak Rumah Tangga Orang, Istri Ahmad Dhani Bongkar Perjalanannya Berhijrah Lantaran Dipicu Kejadian Tak Biasa Ini: Aku Itu Sombong Banget Selama Ini

Paleka Present yang terdiri dari Ferdian Paleka dan Tubagus itu membagikan bingkisan berisi sampah dan batu kepada waria yang mereka temui di jalan.

Aksi yang diunggah di YouTube itu pun menuai kecaman dari bebagai pihak. Ferdian dilaporkan atas dugaan pencemaran nama baik dan terancam UU ITE.

Pihak kepolisian telah mendatangi kediaman Ferdian Paleka, tetapi hasilnya nihil lantaran yang bersangkutan sudah tidak berada di rumah. Pada kesempatan yang sama, orangtua dari Ferdian juga berjanji akan menyerahkan anaknya kepada pihak kepolisian. Kehadiran Ferdian nantinya akan dimintai keterangan terkait aksi prank yang dibuatnya.

Youtuber yang membuat prank sembako berisi sampah dan batu untuk transpuan akhirnya ditangkap polisi. Ia ditangkap oleh Polrestabes Bandung di Jalan Tol Tangerang-Merak pada Jumat dinihari, 8 Mei 2020.

Hal ini terlihat dari unggahan seorang polisi yang juga selebgram, Brigadir SatuMuhammad Gariz LuisMa’luf di akun Instagramnya.

Baca Juga: Kapten Kapal China Bilang ABK Indonesia Dilarung Ke Laut Karena Penyakit Menular, Lantas Apa yang Sudah Dilakukan Anak Buah Jokowi Terkait Berita Viral di Korea Itu?

Instagram @lambe_turah

Ferdian Paleka tertunduk lesu di kantor polisi

Ia mengunggah beberapa foto penangkapan Ferdian dan temannya yang hanya tertunduk lesu dengan tangan terborgol.

“Polisi kena prank? Kita cuman ngasih pilihan menjadi manusia (menyerahkan diri) atau dimanusiakan? Pilihannya malah mengajak main-main kan? Ya oke kita mulai permainan sampai tamat,” tulisnya pada keterangan foto-foto yang diunggahnya itu.

Keterangan yang ditulis Gariz ini untuk menepis ledekan netizen yang menyatakan polisi juga terkena prank setelah melihat jejak Ferdian terlacak di Bogor.

Baca Juga: Heboh Foto-foto Syahrini Kenakan Baju Minim Hingga Bagian Sensitifnya Diremas Laki-laki di Tengah Pesta, Kakak Aisyahrani Tanggapi Begini: Iya Itu Memang Aku

Saat dikejar, ternyata di mobil itu bukan Ferdianmelainkan ayah dan saudaranya yang berusaha menyembunyikan keberadaan YouTuber itu.

Ada lima foto yang diunggah Gariz. Foto pertama menunjukkan saat proses penangkapan Ferdian di jalan tol.

Instagram @lambe_turah

Youtuber Ferdian Paleka ditangkap

Slide kelima adalah sebuah foto tangkap layar dari media Jawa Barat yang menjelaskan polisi juga mengejar kuntilanak.

“Udah dikasih kisi-kisi padahal, jangankan manusia, hantu pun kita kejar,” tulisnya di Instagram Story.

Gariz juga mengunggah ulang foto saat Ferdian dan temannya dengan tangan saling berkaitan oleh borgol di Instagram Storynya. “Akhir perburuan Youtuber sampah,” tulis Gariz. Pada bagian lain, ia menuliskan, “Jelas tertunduk lo sekarang!”

Baca Juga: Ancam Tembak di Tempat, Polisi Berhasil Lacak Tempat Persembunyian YouTuber Ferdian Paleka Setelah Kabur dari Merak: Tunggu Tanggal Mainnya!

Ikut senang,WirangBirawa pun mengapresiasi kinerja polisi yang berhasil menangkap FerdianPaleka.

Hal tersebut diurai WirangBirawa saat membagikan foto FerdianPaleka usai ditangkap.

Dalam foto terlihat FerdianPaleka tertunduk lesu dengan rambut berantakan.

Mengenakan kaos abu-abu,FerdianPaleka tampak pasrah.

"Jadi pelajaran untuk kita semua , menegur tdk harus menghina dgn memberi bantuan isi sampah , berkarya lah dengan bijak , membuat lucu tidak harus menginjak-injak harga diri seseorang...Acungin Jempol kinerja pak polisi indonesia," kata WirangBirawa dilansir TribunnewsBogor.com, Jumat (8/5/2020).

Baca Juga: Viral Jenazah ABK Asal Indonesia Dilempar ke Laut, Kasus Perbudakan Nelayan di Benjina yang Dibongkar Susi Pudjiastuti Jadi Trending: Saya Sudah Teriak Sejak 2005

Penangkapan FerdianPaleka tentu jadi kabar yang ditunggu-tunggu publik.

Seolah tahu bahwa WirangBirawa kerap membuat ramalan atau firasat jitu, salah seorang netizen pun mengurai analisanya.

Menurutnya, penangkapan FerdianPaleka itu tak lepas dari firasat WirangBirawa yang jadi kenyataan.

"Pasti dah ni polisinya difirasatin wirang makanya bisa ketangkep nii bocah," kata akun @mayaastuti_johosang.

Melihat anggapan netizen tersebut, WirangBirawa pun langsung menjawabnya.

Dengan tegas, WirangBirawa membantah sangkaan tersebut.

Baca Juga: Jarang Terekspos ke Publik, Sosok Ini Disebut Menjadi Sumber Kekuatan Mendiang Didi Kempot Sepanjang Karirnya: Rajin Wirid Demi Sang Maestro Sehat

Diakui WirangBirawa, penangkapan FerdianPaleka murni karena kesigapan polisi.

"ngga, kinerja pak polisi patut kita acungin jempol," jawab WirangBirawa.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya