Follow Us

Bukan Hanya Mendoan, Ini 10 Foto Tempe Hasil Olahan Chef Kelas Dunia, Bikin Bangga!

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 29 Oktober 2022 | 18:13
Inilah 10 foto tempe hasil olahan chef kelas dunia yang bikin kita bangga. Ternyata bukan hanya tempe mendoan lho!
Instagram

Inilah 10 foto tempe hasil olahan chef kelas dunia yang bikin kita bangga. Ternyata bukan hanya tempe mendoan lho!

Fotokita.net - Tempe atau tempeh menjadi trending setelah Google doodle menampilkan doodle tempe mendoan pada hari ini Sabtu (29/10/2022). Ternyata bukan hanya mendoan, ini 10 foto tempe hasil olahan chef kelas dunia. Bikin kita bangga!

Tempe sudah lama dikenal sebagai makanan khas warga Tanah Air. Menurut Google, protein nabati bergizi ini adalah makanan fermentasi asal Indonesia yang usianya kini ditaksir telah mencapai 400 tahun.

Salah satu olahan tempe adalah mendoan. Namun, sebetulnya tempe sudah menjadi olahan khas dalam berbagai masakan kelas dunia. Inilah 10 foto tempe hasil olahan chef kelas dunia.

Google membuat tempe menjadi perbincangan hangat. Sebab, apabila kita membuka halaman utama Google, maka akan nampak logo Google yang dibuat sedemikian rupa dengan menampilkan gambar tempe mendoan.

Google doodle tempe mendoan (tempeh) itu adalah karya ilustrator artis tamu Reza Dwi Setyawan asal Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Ada alasan mengapa Google memilih tempeh atau tempe mendoan di Google Doodle hari ini. Menurut Google, protein nabati bergizi ini adalah makanan fermentasi asal Indonesia yang usianya kini ditaksir telah mencapai 400 tahun.

Doodle menampilkan Tempe Mendoan, salah satu varietas Tempe goreng di Indonesia yang merupakan bagian ikonik dari masakan Indonesia dan dinyatakan sebagai Warisan Budaya Takbenda pada hari ini di tahun 2021 lalu.

Tempeh atau tempe mendoan biasanya terbuat dari kedelai, tetapi dapat dibuat dari banyak kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan lainnya dengan proses fermentasi yang sama. Sedangkan mendoan adalah makanan tempe goreng yang berasal dari Eks Keresidenan Banyumas, Jawa Tengah.

Kata Mendoan sendiri berasal dari bahasa Banyumasan, yaitu mendo yang berarti setengah matang atau lembek. Dengan demikian, tempe mendoan artinya kegiatan memasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat, sehingga masakan tidak benar-benar matang.

Menurut keterangan di situs resmi Google, tempeh pertama kali didokumentasikan pada tahun 1600-an di Desa Tembayat, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia dan tercatat dalam Serat Centhini, kompilasi dua belas jilid kisah dan ajaran Jawa, ditulis dalam bentuk syair dan diterbitkan pada tahun 1814.

Untuk tempe mendoan sendiri mempunyai jenis tempe yang khusus, dengan ciri bentuk yang tipis. Pengolahan tempe mendoan dapat dilakukan menjadi tiga macam, yaitu mendoan goreng basah, mendoan goreng kering dan juga keripik mendoan.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Malang yang Cocok Buat Healing Bareng Keluarga, Bonusnya Foto Estetik!

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest