Follow Us

Jawaban Bagaimana Seharusnya Para Nelayan Mencari Ikan Supaya Kelestarian Ekosistem Tetap Terjaga

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 06 Oktober 2022 | 23:59
Ini jawaban bagaimana seharusnya para nelayan mencari ikan supaya kelestarian ekosistem tetap terjaga.
Pxhere

Ini jawaban bagaimana seharusnya para nelayan mencari ikan supaya kelestarian ekosistem tetap terjaga.

Fotokita.net - Berikut ini jawaban bagaimana seharusnya para nelayan mencari ikan supaya kelestarian ekosistem tetap terjaga yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 4 SD tema 4.

Ayah bekerja sebagai seorang nelayan tradisional. Ia tinggal di kampung nelayan. Ia pergi melaut pada malam hari. Ayah membawa sampan dan jaring untuk pergi berlayar.

Saat ayahku berlayar, ia harus menghadapi ombak dan badai di laut. Karena hanya menggunakan sampan, ayahku tidak dapat pergi melaut terlalu jauh.

Tangkapan ikan ayah kadang banyak kadang sedikit. Semua bergantung pada cuaca. Sampan ayahku tidak bermesin, jadi ayah tidak perlu membeli bahan bakar.

Aku mendengar sekarang ada juga nelayan yang lebih modern. Kapalnya lebih besar dan menggunakan bantuan mesin sehingga tidak mudah terkena guncangan ombak.

Kapal ini menggunakan mesin sehingga memerlukan bahan bakar. Banyak pemilik kapal yang tidak mempedulikan penggunaan bahan bakar bahkan ada yang boros sehingga dapat mencemari lingkungan perairan.

Mereka bisa berlayar ke laut lepas sehingga tangkapan ikannya banyak. Alat penangkap ikan mereka berupa jaring dan juga radar yang bisa mendeteksi kumpulan ikan, bahkan ada yang menggunakan bom.

Jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa yang digunakan oleh nelayan tradisional untuk menangkap ikan?

Jawaban: Mereka menggunakan sampan dan jaring untuk pergi berlayar.

2. Apa yang digunakan oleh nelayan modern untuk menangkap ikan?

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest