Follow Us

Jawaban Aktivitas Ekonomi yang Ada di Lingkungan Daerah Tempat Tinggalmu Kelas 4 SD Tema 9

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 11 April 2022 | 23:51
Ini jawaban aktivitas ekonomi yang ada di lingkungan daerah tempat tinggalmu soal buku tematik kelas 4 SD Tema 9 halaman 34.
Freepik

Ini jawaban aktivitas ekonomi yang ada di lingkungan daerah tempat tinggalmu soal buku tematik kelas 4 SD Tema 9 halaman 34.

Fotokita.net - Berikut jawaban aktivitas ekonomi yang ada di lingkungan daerah tempat tinggalmu yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 4 SD Tema 9 halaman 34.

Kegiatan ekonomi masyarakat sangat tergantung kepada sumber daya alam yang dimiliki daerahnya. Sebagai contoh, masyarakat di pedesaan memanfaatkan tanahnya untuk ditanami berbagai tanaman pertanian dan perkebunan. Sebaliknya dengan m asyarakat di daerah di pesisir pantai. Sebagian besar kegiatan ekonominya mengandalkan hasil perikanan laut.

Berikut beberapa kegiatan ekonomi masyarakat yang tergantung kepada sumber daya alamnya.

1. Masyarakat Daerah Pantai

Pantai merupakan batas pertemuan antara daratan dengan lautan. Pantai menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Pantai menjadi sumber daya alam yang berharga bagi Indonesia. Indonesia memiliki banyak pantai yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Kegiatan ekonomi utama masyarakat di sekitar pantai adalah sebagai nelayan. Namun, oleh karena pemandangan di pantai sangat indah maka berkembanglah sektor pariwisata. Kompleks-kompleks pertokoan, penginapan dan hotel, serta jasa pemandu wisata dan penyewaan alat-lat menyelam menjadi usaha ekonomi baru masyarakat di pesisir pantai.

2. Masyarakat Daerah Laut

Potensi perikanan laut Indonesia sangatlah besar. Hal ini karena sebagian besar wilayah Indonesia adalah lautan. Laut memiliki banyak potensi. Kita bisa memanfaatkan berbagai hasil laut seperti ikan, mutiara, kerang, kepiting, udang, teripang, dan rumput laut. Di laut juga ada kegiatan pengeboran sumber energi minyak bumi.

Baca Juga: Jawaban Hak dan Kewajiban Setiap Warga Negara Terhadap Sumber Energi

Kita juga bisa memanfaatkan laut sebagai wisata bahari. Kalau kita menyelam, kita bisa menyaksikan keindahan laut. Beberapa daerah yang memiliki keindahan bawah laut seperti Raja Ampat di Papua dan Bunaken di Sulawesi Utara.

3. Masyarakat Daerah Sungai

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest