Follow Us

Kapal India Bawa Covid-19 ke Riau, Kondisi Sang Kapten Bikin Khawatir

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 05 Mei 2021 | 16:48
Di Rumah Sakit Lok Nayak Jai Prakash Narayan (LNJP), salah satu fasilitas khusus Covid terbesar di India, ambulans tak berhenti membawa pasien. Tsunami Covid-19 di India telah membuat khawatir banyak negara di dunia.
REUTERS/Danish Siddiqui TPX IMAGES OF THE DAY via CNN Indonesia

Di Rumah Sakit Lok Nayak Jai Prakash Narayan (LNJP), salah satu fasilitas khusus Covid terbesar di India, ambulans tak berhenti membawa pasien. Tsunami Covid-19 di India telah membuat khawatir banyak negara di dunia.

Fotokita.net - Kapten kapal asal India diketahui merapat di pelabuhan Kota Dumai, Riau, telah dinyatakan positif Covid-19.

Kapten inisial JRM itu sebelumnya sempat diperiksa petugas bersama 22 Anak Buah Kapal (ABK) saat kapal mereka bersandar di Pelabuhan Dumai, Provinsi Riau.

Hal itu dibenarkan Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar kepada, Senin (3/5/2021) usai rapat koordinasi dengan Forkopimda Riau bersama bupati/walikota se-Riau secara virtual di Gedung Daerah Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Gubri mengatakan, dari 22 ABK yang melakukan pemeriksaan swab, satu diantaranya, yakni kapten kapal, positif Covid-19.

Baca Juga: Kapal China Bantu Angkat KRI Nanggala-402, Sekutu Amerika Langsung Pergi

"Dari 22 ABK yang diperiksa hanya satu yang positif. Yang lain hasil pemeriksaan swab negatif semua," kata Syamsuar.

Dari pemeriksaan itu, satu orang, yakni kapten kapal dinyatakan positif Covid-19.

Selain kapten kapal, anak buah kapal (ABK) ternyata juga terpapar virus mematikan itu.

Ada empat ABK dinyatakan positif terpapar COVID-19, setelah melalui PCR test oleh tenaga medis yang diberi kewenangan mengawasi awak kapal tersebut.

Baca Juga: Terkuak, Begini Cara WN India Bisa Masuk Jakarta Tanpa Proses Karantina, Polisi Beberkan Kronologinya: Ini Mafia

"Ada tambahan lagi, empat ABK-nya positif, setelah dites PCR," kata juru bicara Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovie, Selasa (4/5/21), dikutip dari media center riau.

Kondisi keempat ABK kapal India tersebut, masih tergolong ringan. Berbeda dengan kapten kapal India yang kini sudah mendapatkan perawatan khusus di salah satu rumah sakit di Pekanbaru, digolongkan dalam kondisi sedang menuju berat.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest