Follow Us

Tertangkap Kamera Cium Tangan Wapres Kyai Ma'ruf Amin, Siapa Sosok Perempuan Berhijab yang Terpilih Sebagai Menteri Tenaga Kerja Ini?

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 23 Oktober 2019 | 10:29
3 Hari Dinantikan, Presiden Jokowi Akhirnya Umumkan Daftar Lengkap Nama Menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024
kompas.com/WAHYU PUTRO A

3 Hari Dinantikan, Presiden Jokowi Akhirnya Umumkan Daftar Lengkap Nama Menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024

Fotokita.net - Presiden Joko Widodo telah mengumumkan posisi Menteri Tenaga Kerja dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019 - 2024. Di pos menteri ini, Ida Fauziah secara resmi akan memangku jabatan.

Sewaktu penyerahan surat keputusan pengangkatan jabatan pada Rabu (23/10/2019), Ida Fauziah tertangkap kamera mencium tangan Wapres Kyai Ma'ruf Amin. Lantas siapakah sosok Ida Fauziah?

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ida Fauziah dipercayai Jokowi untuk menjadi menteri ketenagakerjaan di Kabinet Indonesia Maju.

Baca Juga: Resmi Diumumkan Jokowi, Begini Komposisi Menteri Kabinet Indonesia Maju. Adakah Wakil dari Papua?

Ida pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Fatayat NU. Ia mengatakan dalam diskusinya bersama Presiden pada Selasa (22/10/2019) telah membahas tentang penciptaan lapangan kerja hingga implementasi Kartu Kerja.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa Ida Fauziah mendatangi Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10/2019).
KOMPAS.com/Ihsanuddin

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa Ida Fauziah mendatangi Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Ida Fauziah adalah wakil rakyat sejak 1999 hingga sekarang atau 20 tahun duduk di kursi DPR. Perempuan kelahiran Mojokerto 17 Juli 1969 ini pernah menjadi Ketua Fraksi PKB di DPR.

Ida menyebutkan dirinya dihubungi oleh pihak istana pada Senin(21/10/2019) malam. Ia mengaku diajukan oleh Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, mewakili partai itu untuk berpartisipasi membantu Presiden Jokowi.

Baca Juga: Resmi Diumumkan Sebagai Menteri Kesehatan, Dokter Terawan Pernah Gemparkan Dunia Kodekteran dengan Metode Cuci Otaknya

Menteri di Kabinet Indonesia Maju
Kompas TV

Menteri di Kabinet Indonesia Maju

Ida pernah berpasangan dengan Sudirman Said di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah. Namun, dia gagal setelah kalah suara dari pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin.

Pada Pilpres 2019, Ida masuk pada tim kampanye nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf. Dia diamanati untuk menjabat sebagai direktur penggalangan pemilih perempuan.

Sebelumnya, kementerian ketenagakerjaan juga diisi oleh politisi asal PKB yaitu, Hanif Dhakiri. Hanif, menjelang akhir masa jabatannya juga sempat ditunjuk menjadi Plt. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Menpora). (Rina Ayu Larasati/Kompas.com)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest