Setting Kamera, Ini Cara Foto yang Keren Cuma Modal Smartphone

Rabu, 22 Februari 2023 | 23:58
Istimewa

Begini cara foto yang keren cuma bermodalkan smartphone Android. Cukup pakai setting kamera seperti ini.

Fotokita.net - Siapa sih yang tak ingin mendapatkan foto keren cuma modal smartphone kesayangan. Nah, agar bisa dapat gambar bagus, kita mesti tahu trik setting kamera di HP. Yuk, kita simak caranya.

Seperti yang kita ketahui sebenarnya bagi seorang yang suka traveling hanya ingin menikmati pemandangan-pemandangan yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya.

Itu sebabnya, mereka tidak lupa untuk mengabadikan momen yang indah dengan cara mengambil foto dan video tempat wisata tersebut.

Untuk mengambil foto maupun video dengan kualitas yang bagus biasanya harus mempunya minimal kamera DSLR. Lantas, bagaimana jika kita tidak mempunyai kamera DSLR dan hanya bermodalkan smartphone Android?

Seperti pepatah bialng, ada harga ada kualitas. Ya, untuk menunjang kebutuhan fotografi dengan hasil yang memuaskan memang perlu budget yang lumayan.

Namun bagi Anda yang hanya mengandalkan kamera HP untuk mengambil foto atau video tidak usah berkecil hati.

Anda masih bisa mengambil foto dan video dengan hasil yang tidak kalah dari kamera DSLR.Sebagai studi kasus buat Anda yang ingin menghasilkan video dengan kualitas bagus khususnya pada saat video call.

Berbagai pertanyaan yang masuk mengenai cara penggunaan kamera agar terlihat lebih fokus saat mengambil foto di ruang terbuka bermodal HP Android.

Jika Anda biasanya mengambil gambar atau video melalui HP Android hanya mengatur cahaya agar terlihat lebih terang, sebenarnya itu masih belum cukup.

Namun sayang, banyak pengguna yang belum mengerti bagaimana cara setting kamera HP agar lebih bagus. Itu sebabnya, pada artikel kali ini kami akan membahas agar foto atau video yang dihasilkan melalui HP tidak kalah bagus dengan hasil dari kamera DSLR.

Baca Juga: Pakai Setting Kamera Begini, Cara Foto Potrait Model Saat Mendung

Cara Foto yang Keren Cuma Modal Smartphone

Ada 3 cara agar foto diambil dari ponsel Anda terlihat bagus. Adapun berikut cara foto yang bagus dengan smartphone.

1. Menggunakan Kamera Ultra Wide

Langkah pertama yang harus Anda lakukan agar hasil kamera di HP terlihat bagus dengan cara menggunakan kamera ultra wide.

Menggunakan kamera ultra wide Anda bisa menjangkau foto menjadi lebih luas, kelebihan dari lensa ultra wide bisa menangkap sudut pandang dengan memanfattkan objek pada lensa.

Maka dari itu tidak heran jika pengguna yang mengaktifkan mode ultra wide hasilnya akan lebih tajam dan terlihat lebih smooth dari pada menggunakan kamera biasa.

Ciri khas lensa yang melengkung inilah yang menjadi favorit bagi pengguna ponsel, karena hasilnya mirip dengan kamera DSLR.

2. Mengatur ISO Kamera Smartphone

Cara foto yang bagus dengan HP berikutnya dengan cara mengatur iso kamera HP. Dengan mengatur ISO kamera pada HP akan meningkatkan tingkat sensitivitas sensor pada cahaya, jadi Anda bisa mengatur tangkapan cahaya yang masuk saat proses pengambilan foto maupun video.

Dengan mengatur ISO lebih tinggi, maka tangkapan cahaya juga semakin tinggi sehingga gambar yang dihasilkan bisa lebih maksimal.

Pastikan Anda juga mengatur ISO cahaya sesuai dengan keadaan sekitar agar related.

Baca Juga: Cara Foto Kolase Estetik di Android, Cukup Pakai Aplikasi Ini

3. Mengatur Aperture di Smartphone

Anda bisa memanfaatkan fitur aperture yang ada dalam ponsel. Dengan cara mengatur aperture di HP Anda bisa mengontrol seberapa lebar atau sempit pada sensor cahaya.

Mengatur aperture menjadi lebih lebar bisa meningkatkan eksposure pada ponsel. Hal ini bertujuan untuk bisa meredam kedalaman foto atau video agar menjadi sedikit blur, sehingga foto yang dihasilkan lebih aesthetic.

Jika Anda ingin hasil foto tetap fokus maka aperture harus diatur lebih sempit agar gambar yag dihasilkan lebih fokus. Namun Anda harus mengubah eksposure dengan memodifikasi ISO menjadi f / 1.8 lebih lebar dari f / 2.8.

Memang masih banyak pengguna Smartphone yang belum bisa memaksimalkan fitur-fitur yang berada di ponsel mereka sendiri.

Hal itu bagi pecinta fotografi merasa sedikit insecure karena hasil yang ditampilkan melalui HP Android berbeda dengan hasil dari kamera DSLR.

Kemajuan teknologi yang semakin pesat, menjadikan vendor ternama seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, dan Realme mengeluarkan fitur-fitur terbaru untuk mendukung fotografi di ponsel mereka.

Bagaimana cara setting kamera hp agar bagus mudah bukan? Anda harus mengetahui setelan HP android agar bisa memaksimalkan fitur-fitur didalamnya seperti settingan kamera yang dijelaskan di atas.

Anda juga bisa memanfaatkan mode pro kamera HP agar lebih jelas hasil gambar pada saat membuat video.

Baca Juga: Cara Foto Keren Sendiri yang Bagus, Cocok Buat Kamera Smartphone

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya