Ganti Tampilan Desain Dapur Sempit Buat Ramadan, Nuansanya Terlihat Mewah Gegara 8 Trik Sederhana

Senin, 20 Februari 2023 | 14:39
Instagram

Potret penampilan dapur sempit tampil mewah saat Ramadan.

Fotokita.net - Agar mood aktivitas saat Ramadan tetap terjaga, kita dapat mengganti tampilan desain dapur sempit.Nuansanya terlihat mewahgegara delapan trik sederhana.

Membuat desain ruang memasak ukuran sempit tentu bakal menjumpai banyak tantangan.Kesulitan bisa berupa pemilihan dan penataan furnitur dapur yang membutuhkan ruang lebih.

Dapur sempit adalah tempat mengolah makanan dengan ruang yang terbatas dan tidak cukup untuk memasak dengan mudah. Ini dapat berupa dapur di apartemen, rumah atau mungkin sebuah dapur di sebuah restoran yang mencoba melayani banyak pesanan dalam waktu yang singkat.

Ruang memasak berukuran kecil biasanya tidak memiliki banyak ruang untuk menyimpan bahan makanan, memasak, atau menyimpan peralatan masak.

Biasanya, lemari dapur dan rak juga tidak dapat digunakan secara maksimal di dapur sempit karena keterbatasan ruang.

Berikut delapan trik sederhana untuk mengganti tampilan desain dapur sempit buat Ramadan. Nuansanya menjadi terlihat semakin mewah.

Instagram

Foto tampilan dapur sempit yang terlihat mewah.

1. Gaya Klasik Bernuansa Hangat

Desain klasik tidak pernah salah dijadikan sebagai pilihan. Desain ini sudah ada sejak lama dan hingga kini masih menjadi favorit sebagian besar orang.

Karena dari segi tampilan termasuk sederhana, cocok diterapkan pada ruangan yang sempit. Sehingga membuat dapur kamu tidak terasa penuh sesak.

Desainnya apa adanya dan memanfaatkan space seadanya sehingga terasa nyaman dipandang.

Baca Juga: Trik Desain Interior Dapur Sempit Kekinian, Bermain Warna Agar Fotonya Terlihat Berbeda

2. Konsep Minimalis Nuansa Putih

Ini adalah contoh dapur sempit ukuran 2x2 meter yang mudah untuk ditiru. Karena tampilannya cenderung simpel dan sederhana.

Implementasi warna putih yang dominan pada ruangan membuatnya terlihat lebih luas. Meskipun ruangan sebenarnya terbilang sangat mungil dan hanya cukup untuk satu orang agar mobilisasi leluasa.

Agar ruangan tidak monoton lantaran semua sisinya hanya menampilkan warna putih, maka kamu bisa menambahkan vas bunga kecil sebagai hiasan.

Adanya vas bunga ini membuat desain dapur sempit di rumah akan terlihat lebih cantik.

Jika khawatir serbuk bunga bertebaran mengenai makanan, kamu bisa memilih menggunakan bunga artificial yang dimasukkan ke dalam vas.

Instagram

Foto tampilan desain dapur sempit bernuamsa putih yang membuat aktivitas Ramadan lebih segar.

3. Nuansa Modern Bentuk U

Selain dapur berbentuk L, kamu juga bisa mencoba desain dengan konfigurasi bentuk U. Bentuk ini masih cocok diimplementasikan pada dapur ukuran kecil.

Meskipun mungil, ruang memasaktetap terlihat fungsional dan memudahkanmu untuk bergerak. Terutama jika kamu menerapkan sistem kitchen work triangle yang efisien.

Kitchen work triangle merupakan sistem yang membuat kamu bisa bergerak dengan mudah dan cepat dari atau menuju kompor, wastafel, serta kulkas.

Jadi ketiga elemen utama dapur ini harus diletakkan di tempat yang strategis. Pada desain ruang masak bentuk U ini kulkas berada dekat dengan wastafel. Sehingga bahan makanan bisa langsung dicuci, kemudian dimasak.

Baca Juga: Interior Dapur Sempit Anti Sumpek, Disemir Dua Warna Cantik, Potretnya Bikin Ramadan Makin Happy

4. Tampak Cantik dengan Bentuk L

Ukuran dapur yang terbatas tidak seharusnya menjadi halangan bagi kamu untuk berkreasi. Ruang masakbentuk menyerupai huruf L untuk menciptakan kesan yang lapang dan lebih luas pada ruangan.

Konfigurasi bentuk L ini juga membuat kamu menjadi lebih mudah ketika memasak.

Dengan kompor yang dekat dengan lemari pendingin serta wastafel, maka proses memasak akan menjadi lebih mudah dan praktis.

Adanya kabinet di bagian atas memungkinkan kitchen set tampak clean, membuat dapur terasa rapi. Jika kamu memerlukan wadah, hanya perlu membuka rak yang berada di atas kepala.

5. Ruang Masak dengan Elemen Kayu

Kombinasi antara elemen kayu dan warna putih pada dapur membuat ruangan terasa hangat dan alami.

Kita bisa menghadirkan rak terbuka yang terbuat dari kayu untuk ditempatkan di dapur. Sehingga kehadirannya dapat menonjolkan tema ruangan sekaligus membuat perkakas kita tersimpan dengan rapi.

Letakkan penataan perabot dengan baik agar semakin sedap dipandang mata.

Baca Juga: Cocok Buat Ramadan, Desain Dapur Sempit Diberi Kombinasi Warna Bersahaja, Potretnya Kian Cantik

6. Konsep Minimalis dengan Area Makan

Memiliki dapur sempit minmalis yang luasnya terbatas bukan berarti kita tidak bisa menggabungkannya dengan area makan. Dapur sempit konsep minimalis masih dapat menampung meja makan kecil dengan beberapa kursi.

Jika menerapkan konsep open space, meja makan tersebut dapat sekaligus dimanfaatkan sebagai pembatas area dapur.Membuat dapur menjadi area yang nyaman untuk memasak maupun menyantap hidangan lezat.

Agar lebih terlihat cantik dan nyaman sebagai tempat makan, kitaboleh menambahkan beberapa dekorasi. Misalnya tanaman hias, vas bunga di atas meja, maupun hiasan dinding. Dengan penataan yang tepat, kamu tidak perlu khawatir dapur akan terasa penuh sesak.

7. Konsep Minimalis Kontemporer

Desain dapur sempit dengan konsep minimalis kontemporer adalah pilihan apik jika kita ingin dapur tampak anti mainstream. Dinding batu bata berwarna putih semakin menggambarkan jelas desain kontemporer yang diusung.

Berpadu dengan kitchen set dari kayu yang seratnya tampak jelas, menciptakan kombinasi yang sempurna. Membuat dapur menjadi area yang menyenangkan untuk memasak meskipun mungil.

8. Nuansa Hangat dengan Skylight

Dapur sempit ini terasa hangat berkat adanya skylight yang dipasang di ruangan. Lampu dipasang dekat dengan area memasak, sehingga kitabisa melihat dengan jelas setiap bahan makanan dan bumbu yang sedang diolah.

Tidak banyak perabotan yang disimpan pada dapur ini, sehingga kesannya clean. Jika dirasa terlalu monoton, kitabisa menambahkan tanaman hias di rak sebagai pemanis.

Baca Juga: Desain Dapur Sempit Ditata Pakai Cara Beda, Fotonya Gak Jadi Pengap

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya