Biodata Ahmad Munasir Dosen UII yang Dicari Interpol, Sempat Buka Data Digital Sebelum Hilang di Kota Ini

Minggu, 19 Februari 2023 | 18:09
Istimewa

Biodata Ahmad Munasir Rafie Pratama dosen UII yang dicari Interpol. Sempat buka data digital di kota ini.

Fotokita.net - Berikut biodata Ahmad Munasir Rafie Pratama dosenUII (Universitas Islam Indonesia) yang dicari Interpol. Ternyata sosoknya menghilang saat berada di kota ini.

Ahmaddilaporkan hilang sepulang dari Oslo, Norwegia. Dia dinyatakan hilang sejak 12 Februari 2023. Sebelum hilang, Rektor UII sempat satu rombongan dengan dosen tersebut.

Awalnya tim UII beranggotakan empat orang, termasuk Ahmad dan Rektor UII Fathul Wahid, ke USN untuk agenda mempererat kerja sama kedua universitas dengan dukungan pendanaan dari Uni Eropa melalui skema Erasmus+.

Pada Minggu, 12 Februari 2023, tim bertolak dari Norwegia melalui Bandara Oslo setelah sepekan beraktivitas di USN sejak 5 Februari. Para anggota tim berjumpa terakhir dengan Ahmad di Norwegia tanggal 12 Februari, kecuali Fathul pada malam sebelum kepulangan mereka.

Menurut rencana yang tersampaikan secara lisan, rute perjalanan kepulangannya adalah Oslo-Istanbul-Riyadh-Istanbul-Jakarta.

Ahmad Munasir hilang setelah mengikuti aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN), Norwegia.

"Setelah sepekan beraktivitas di USN, sejak 5 Februari 2023, pada 12 Februari 2023 tim meninggalkan Norwegia melalui bandara Oslo," kata Fathul Wahid dalam keterangan resminya.

"Menurut rencana yang tersampaikan secara lisan, rute perjalanannya adalah Oslo-Istanbul-Riyadh-Istanbul-Jakarta. AMRP tidak berbagi informasi penerbangan detail kepada kolega di UII dan juga kepada istrinya," sambungnya

Perjalanan ke Riyadh dilakukan, karena sebagian tiket dibayar oleh panitia konferensi di Arab Saudi yang mengharuskan rute tersebut. Sebelum ke Oslo, Ahmad memberikan pidato kunci pada konferensi internasional yang digelar di Riyadh.

"UII telah berupaya menghubungi banyak pihak untuk membantu. UII telah menyampaikan informasi ini kepada KBRI di Norwegia dan Turki, termasuk mengontak panitia konferensi di Riyadh yang memesankan tiket penerbangan," jelas Fathul.

Baca Juga: Profil Ahmad Munasir Dosen UII yang Hilang di Norwegia, Pemilik Gelar Mentereng, Fotonya Disebarkan

Ahmad berangkat ke Oslo, Norwegia, dalam rangka tugas dari kampusnya pada 4-11 Februari 2023. Ahmad direncanakan pulang dari Oslo pada 12 Februari 2023, kemudian langsung menuju Istanbul, Turki. Namun, Ahmad hingga saat itu belum bisa dihubungi atau hilang kontak.

Sementara itu, Rektor UII Prof Fathul Wahid mengungkapkan Ahmad Munasir Rafie Pratama sempat mengirim pesan kepada istrinya sebelum hilang kontak. Ahmad mengirim pesan pada tanggal 12 Februari 2023 siang saat menunggu boarding.

Kemudian, jejak daring Ahmad Munasir Rafie Pratama terakhir terlacak di Turki pada tanggal 13 Februari 2023 sekitar pukul 03.00 dan 08.00. Setelah itu tidak ada jejak daring yang dapat dilacak lagi dari Ahmad.

Lebih lanjut, Rektor UII Fathul Wahid mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan KBRI Norwegia dan Turki. Hal ini untuk mempermudah proses pencarian Ahmad Munasir Rafie Pratama, dosen UII yang hilang di Oslo, Norwegia.

Dosen Informatika UII dinyatakan hilang kontak saat perjalanan dari Norwegia, dipastikan telah meninggalkan Oslo dan sudah menginjakkan kakinya di Turki.

Rektor UII Fathul Wahid mengatakan upaya menelusuri keberadaan Ahmad terus dilakukan Tim Pusat Krisis UII. Salah satunya lewat penggalian jejak digital.

"Penggalian jejak digital memastikan bahwa AMRP (Ahmad) sudah meninggalkan Oslo, Norwegia, dan sudah berada di Istanbul, Turki," kata Fathul dalam keterangan resminya dikutip dari laman resmi UII, Sabtu (18/2/2023) malam.

Fathul melanjutkan, selain rekaman aktivitas sign out Google Drive pada 13 Februari 2023 pukul 03.57 waktu setempat, tim UII juga menemukan jejak digital lainnya.

Menurut penjelasan Fathul, Ahmad sempat terhubung ke internet melalui koneksi Virtual Private Network eduVPN yang mengarah ke kampus UII. Lokasi aksesnya di sekitar Istanbul pada 12 Februari 2023 antara pukul 19.00 hingga 23.00 waktu setempat.

Selain itu, tambah Fathul, informasi yang diperoleh UII dari KBRI Oslo menegaskan temuan jejak digital ini. Pihak lepolisian di Oslo memastikan bahwa catatan pihak imigrasi di bandara Oslo menunjukkan bahwa Ahmad sudah tidak berada di wilayah Schengen pada 12 Februari 2023.

Baca Juga: Foto Tampang Dosen Unsri Tersangka Pelecehan Mahasiswi Skripsi Diunggah, Jabatan Aslinya di Kampus Ternyata Bikin Terkejut

Istimewa

Dosen UII Ahmad Munasir Rafie Pratama sempat buka data digital sebwlum hilang di kota ini.

"Sampai saat ini, kami belum dapat memastikan apakah AMRP sudah meninggalkan Istanbul dan menuju Riyadh. Informasi status boarding yang masih kami tunggu dari Turkish Airlines akan mengungkap dengan lebih jelas," papar Fathul.

Upaya lain dari UII adalah meneruskan komunikasi dengan KBRI di Oslo dan KJRI Istanbul yang sudah berkoordinasi dengan otoritas setempat. Selain itu, tim UII turut mengajukan permohonan perlindungan Ahmad melalui Pelayanan dan Pelindungan WNI di Luar Negeri Kementerian Luar Negeri RI.

"Dan mengirimkan surat kepada Sekretaris NCB-Interpol Indonesia untuk menerbitkan Yellow Notice untuk pencarian orang hilang," pungkas Fathul.

Dosen UII yang hilang usai pulang dari Norwegia bernama lengkap Ahmad Munasir Rafie Pratama. Melansir situs UII, Ahmad Rafie Pratama tercatat sebagai Asisten Profesor Sekretaris Departemen Teknik Informatika UII yang bertindak sebagai Sekretaris Departemen.

Pada 2019, dia memperoleh gelar Ph.D. dalam Teknologi, Kebijakan, dan Inovasi dari Stony Brook University, State University of New York di AS dengan beasiswa Fulbright sementara juga mengambil beberapa kursus di New York University and Teachers College, Columbia University di bawah Inter-University Doctoral Consortium.

Sebelumnya, dia meraih gelar Master dari Monash University di Australia pada 2011 dan gelar Sarjana dari Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 2008. Berikut ini riwayat pendidikannya:

Doktor Filsafat (Ph.D) - Stony Brook University di Universitas Negeri New York, Amerika Serikat

Magister Teknologi Informasi di Monash University, Australia

Sarjana Teknik (S.T) di Universitas Gadjah Mada (UGM), Indonesia

Berdasarkan informasi dari akun media sosial resmi Polda DIY, Ahmad Munasir Rafie Pratama adalah warga Karangwaru Lor TR II/135 B, Jogja. Berikut ciri-ciri dan identitas Ahmad, dosen UII yang hilang di Norwegia.

Baca Juga: Foto Dosen Unsri yang Akui Lecehkan Mahasiswi Skripsi Tersebar, Kini Jadi Tahanan Polisi

Nama Lengkap: Ahmad Munasir Rafie Pratama

Tempat, Tanggal Lahir: Banjarmasin, 3 Maret 1986

Tinggi Badan: 175 cm

Berat Badan: 68 kg

Warna Kulit: Sawo Matang

Rambut: Ikal

Ciri Khusus: Tahi lalat di pipi kanan dan di bawah mata kiri.

Baca Juga: Geram Foto Keluarganya Disebar Sembarangan, Istri Dosen Unsri Reza Tersangka Pelecehan Mahasiswi Menangis, Begini Nasib Suaminya

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya